Cara Membuat Buku Saku Sendiri Sesuai Kebutuhan Anda

cara membuat buku saku | cara membuat buku saku sendiri | cara membuat buku saku panduan | cara membuat buku saku pramuka

Buku saku adalah buku panduan yang sudah disederhanakan namun tetap memuat informasi yang terkait. Cara membuat buku saku itu sendiri juga tergolong mudah, sehingga setiap orang pasti bisa membuatnya.

Cara Membuat Buku Saku | Buku saku biasanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi secara ringkas, cepat, fleksibel, dan tentu saja, tidak memakan banyak tempat di dalam rak Anda! Alasan mengapa buku saku harus memenuhi standar tersebut, ya karena itu adalah buku saku. Buku saku tidak akan disebut buku saku jika tidak bisa dimasukkan ke dalam saku bukan?

Contoh yang paling sering kita jumpai adalah ketika kita membeli sebuah gadget atau perangkat elektronik baru. Pada umumnya, perusahan elektronik tersebut selalu melampirkan sebuah buku saku sebagai panduan untuk kita dapat menggunakan alat tersebut. Panduan tersebut ada yang memuat tutorial umum bagi para penggunanya, ataupun tutorial singkat.

Buku saku juga tidak terbatas pada buku yang berbicara tentang panduan menggunakan alat ini ataupun itu. Akan tetapi, buku saku juga ditujukan untuk menjadi panduan untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya, buku saku panduan sholat bagi kaum muslim yang sudah malang melintang di dalam perpustakaan masjid.

Lalu, bagaimana cara membuat buku saku yang baik dan sesuai standar? Berikut ini tata caranya.

Baca juga : Pentingnya literature review dalam penulisan jurnal

  1. Petakan apa saja hal yang ingin dijabarkan

“Contoh mudah: bayangkan, Anda adalah penulis yang ingin membuat buku saku pramuka”

Hal pertama yang harus dilakukan di dalam membuat buku saku adalah melakukan brainstorming. Jika Anda misalnya ingin membuat buku saku untuk kegiatan perkemahan, petakan apa saja yang harus dibahas dalam kegiatan perkemahan. Misal, bagaimana membuat api unggun, bagaimana membangun tenda, sandi-sandi, dan sebagainya.

Jika Anda merasa bahwa semua materi tersebut tidak dapat dijadikan satu ke dalam buku saku, ya jangan dipaksakan. Justru dengan membuat buku saku tersebut menjadi beberapa seri, Anda dapat menciptakan buku saku yang efisien dan bisa juga lebih menguntungkan.

  1. Urutkan setiap bab atau subbab (Jangan sampai berantakan!)

Sebuah panduan yang baik tentunya adalah panduan yang terstruktur rapi dan berurutan. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah memahami dan mudah untuk menguasai teknik yang Anda ajarkan ke dalam buku saku tersebut.

  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Jika Anda memiliki banyak kosakata ilmiah yang tinggi, sebaiknya Anda simpan dulu baik-baik. Sebab, pembaca Anda nantinya tidak selalu orang yang memiliki tingkat intelektualitas yang sama dengan Anda. Sehingga, alangkah baiknya Anda menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Salah satu trik untuk membuat bahasa dalam buku saku tersebut adalah menulis bahasa verbal ke dalam tulis. Maksudnya, buatlah sebisa mungkin kalau buku saku Anda akan berbicara pada pembacanya kelak. Selain membuat pembaca lebih mudah memahami buku saku Anda, Anda juga tidak perlu susah-susah untuk menyusun kata-kata.

Simak pula :Tiga hambatan besar dalam menulis buku

  1. Gunakanlah kalimat yang lugas, tegas, nan efektif

Bagi Anda yang terbiasa menulis dengan kalimat yang bertele-tele, mulai sekarang coba perbaiki. Berbeda dengan buku pada umumnya, buku saku memiliki ukuran yang relatif kecil. Standar ukuran buku tersebut adalah A6.

Sekarang coba bayangkan dengan ruang sekecil itu, Anda harus memasukkan semua konten agar panduan di dalamnya tidak melenceng dari kodratnya. Triknya, Anda harus menggunakan kata-kata umum yang menggambarkan konten di dalamnya secara jelas. Jika Anda harus memasukkan kalimat, Anda harus menggunakan kalimat yang singkat namun efektif.

  1. Berikan Ilustrasi (Sangat direkomendasikan jika pembaca tidak mempunyai gambaran)

Pikiran manusia pada dasarnya lebih mudah mengingat ataupun memahami suatu hal dengan sebuah gambaran proyeksi. Itulah mengapa kita lebih mudah menghafalkan wajah orang daripada namanya.

Misalkan, jika Anda membuat buku saku tentang simpul tali kreatif tanpa membuat ilustrasi sedikit pun, maka Anda telah menyesatkan banyak umat. Apalagi target pasar Anda adalah anak-anak yang ingin belajar simpul tali, bayangkan berapa bulan yang harus ditempuh oleh si anak hanya untuk membuat satu buah simpul tali?

Maka dari itu, berikanlah ilustrasi yang jelas dalam buku saku Anda. Gambar dengan resolusi rendah, atau yang susah dilihat juga tidak dapat membantu banyak dalam hal ini. Kreatifitas Anda dalam poin ini sangatlah menentukan.

 

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda ingin artikel selain cara membuat buku saku, Anda dapat mengunjungi artikel lainnya disini!

Jika Anda telah menguasai cara membuat buku saku, dan tertarik untuk membuat buku saku, ayo kunjungi salah satu percetakan termurah di Jogja, penerbit deepublish.

Selain menerbitkan buku, deepublish juga mencetak buku ber-ISBN, deepublish juga mencetak buku saku, kalender, dan apapun yang berkaitan dengan percetakan dengan harga yang pastinya terjangkau!

 

[mag]



This post has been seen 6153 times.
(Visited 4,116 times, 31 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *