Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah: Inilah 5 Jenis Tulis Ilmiah

cara membuat karya tulis ilmiah

iklan menerbitkan buku ajar gratis

Cara membuat karya tulis ilmiah bukanlah sesuatu yang mudah, namun penghargaan moril yang ditawarkan dengan menulis karya ilmiah sungguh tinggi.

Cara membuat karya ilmiah perlu Anda lakukan sebagai dosen dalam rangka publikasi karya ilmiah. Para ilmuwan telah mendefinisikan karya/karangan ilmiah dalam berbagai pengertian. Salah satunya adalah Eko Susilo (1995:11) yaitu “Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.” Dalam kata lain, karya ilmiah adalah karya tulis yang berlandaskan kebenaran yang objektif dan positif sesuai data dan fakta di lapangan. Cara membuat karya tulis ilmiah tidak berlandaskan kebenaran yang bersifat normatif. Adapun kesimpulan subjektif, subjektifitas dalam karya ilmiah tidak boleh terlalu dominan, karena kebenaran dalam karya ilmiah harus tetap terjaga dari campur tangan pendapat pribadi semata.

Sebelum melakukan cara membuat karya tulis ilmiah, Anda pelru mengetahui jenis-jenis karya ilmiah. Produk cara membuat karya tulis ilmiah dibedakan berdasarkan penggunaannya. Beberapa di antaranya, digunakan sebagai laporan penelitian bagi lembaga yang membiayai segala hal yang berkaitan dengan penelitian tersebut. Lain halnya dengan karya ilmiah untuk seminar, karya ilmiah ini biasanya berupa jurnal ataupun makalah yang berkaitan dengan topik seminar. Meskipun begitu, pada umumnya di perguruan tinggi, Arifin (2003:1) menyimpulkan ada 5 jenis karya ilmiah yaitu; makalah, kertas kerja, skripsi, tesis, dan disertasi.

 

  1. Makalah

Makalah adalah salah satu produk cara membuat karya tulis ilmiah yang memuat kajian tentang suatu masalah di lingkungan sekitar. Landasan pembahasanya adalah keberadaan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Kajian yang termuat dalam makalah menggunakan pola pikir yang deduktif dan induktif. Pola pikir deduktif adalah cara berpikir yang ditangkap atau diambil dari pernyataan yang bersifat umum lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Sedangkan pola pikir induktif adalah cara mempelajari sesuatu yang bertolak dari hal-hal atau peristiwa khusus untuk menentukan hukum yang umum.

Makalah juga bisa diartikan sebagai karya akademis produk dari cara membuat karya tulis ilmiah yang diterbitkan pada suatu jurnal yang bersifat ilmiah. Salah satu karya ilmiah ini juga biasanya digunakan sebagai persyaratan ujian pada suatu mata kuliah. Terlebih lagi, dalam tugas tersebut biasanya mahasiswa dituntut untuk memuat saran pemecahan tentang suatu secara ilmiah kedalam makalah mereka. Walau makalah adalah bentuk paling sederhana diantara karya tulis ilmiah lainnya, bahasa yang digunakan dalam makalah tetaplah bahasa yang tegas dan lugas.

  1. Kertas Kerja

Mungkin jenis ini tidak terlalu populer di antara jenis karya ilmiah lainnya, tetapi karya ilmiah ini juga disajikan berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Dalam teori akuntansi, Kertas kerja adalah suatu alat bantu untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan dan membantu proses penutupan buku besar suatu perusahaan (kemdikbud.go.id). Berdasarkan teori itu pula, kertas kerja disimpulkan sebagai alat bantu dalam penyusunan laporan penelitian yang lebih kompleks. Analisis dalam kertas kerja lebih mendalam daripada analisis dalam makalah. Pada umumnya, kertas disajikan dalam kegiatan seminar ataupun lokakarya.

1. Skripsi

Skripsi adalah istilah yang digunakan di dunia dikti Indonesia dalam pengilustrasian karya tulis ilmiah guna memperoleh gelar sarjana (S1). Penyusunan skripsi tidak boleh disusun oleh mahasiswa semata, namun ada seorang dosen ataupun tim yang ditunjuk untuk membimbing mahasiswanya. Meskipun begitu, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia menerapkan sistem wajib melakukak cara membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi untuk kelulusan mahasiswanya.

Pada pengertian yang lebih mendalam, skripsi adalah karya ilmiah yang memuat pendapat penulis terhadap pendapat orang lain. Pendapat yang dikemukakan wajib berlandaskan data dan fakta yang empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung dan tidak langsung. Penelitian langsung adalah penelitian yang diambil berdasarkan observasi lapangan dan percobaan di laboratorium. Sedangkan penelitian tidak langsung adalah penelitian yang diambil melalui studi kepustakaan. Kedua jenis penelitian ini dibutuhkan jika ingin memenuhi syarat pembuatan skripsi yang bagus.

Dalam cara membuat karya tulis ilmiah berupa skripsi, ada tata aturan yang berlaku. Metodologi penelitian yang dibuat harus teliti dan cermat agar tidak salah arah. Selain itu, adapun dalil-dalil dibutuhkan dalam pembuatan skripsi bertujuan untuk menjaga keselarasan kajian dengan bidang yang digelutinya. Setiap bidang jurusan memiliki dalil-dalil, hukum, dan segi tata kerja yang bermacam-macam.

2. Tesis

Hampir seperti, tesis adalah pernyataan atau teori yang didukung oleh pendapat-pendapat untuk dikemukakan sebagai studi sistematis dalam suatu masalah. Akan tetapi, tesis adalah karya ilmiah yang sifatnya lebih mendalam daripada skripsi. Tesis merupakan salah satu karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa pascasarjana secara individual berdasarkan hasil penelitian empiris untuk dijadikan sebagai kajian akademik.

Dalam cara membuat karya tulis ilmiah berupa tesis mengandung metode pengumpulan data, analisis pengolahan data, dan menyajikan kesimpulan beserta rekomendasi atas suatu masalah. Karya tulis ilmiah ini, lebih tepatnya, mendiskusikan tentang pengujian terhadap satu atau lebih hipotesis. Karya tulis ini juga nantinya digunakan sebagai syarat untuk mendapat gelar magister (S2) bagi mahasiswa pascasarjana.

3. Disertasi

Adalah karya tulis ilmiah yang mengutarakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang valid dengan analisis terperinci. Dalam kata lain, disertasi adalah karya ilmiah yang memuat teori baru dengan menguji hipotesis berdasarkan teori yang sudah ada sebelumnya. Paparan diskusi didalamnya juga memuat argumen serta sanggahan dari guru besar penguji suatu lembaga pendidikan tinggi.

Disertasi juga memiliki karakteristik tersendiri agar dapat dibedakan dengan tesis maupun karya ilmiah tingkat tinggi lainnya. Disertasi berfokus pada kajian mengenai salah satu disiplin Ilmu Pendidikan sesuai dengan bidang yang dipelajari. Kajian dalam disertasi juga berfokus pada penemuan baru dalam disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam. Selain itu, karya ilmiah ini menggunakan data primer sebagai data utama, ditunjang oleh data sekunder apabila diperlukan. Disertasi diitulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali untuk program studi bahasa asing.

Karya ilmiah perlu melalui cara membuat karya tulis ilmiah yang bersifat orisinil. Orisinil yang dimaksud adalah karya ilmiah ini memang hasil nyata dari penulis itu sendiri. Data yang ada didalamnya harus dibatasi sebagai referensi semata, dan tidak boleh mengganggu orisinilitas disertasi. Jika temuan orisinil ini dapat bertahan dari setiap sanggahan guru besar sebagai penguji, maka penulis berhak menyandang gelar doctor (S3).

Pada akhirnya kita wajib mengetahui setiap jenis karya ilmiah yang akan kita buat. Setiap karya pula, membutuhkan inovasi kedepan dan kerja keras didalamnya. Terlebih lagi, wajib hukumnya bagi kita, sebagai civitas academica, untuk memperkaya ilmu yang kita miliki. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda!

 

Demikian artikel berjudul Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah: Ini 5 Jenis Karya Ilmiah Yang Wajib Anda Ketahui! Semoga bermanfaat.

[Mas Aji Gustiawan]

 

Referensi:

1.Dwiloka, Bambang dan Rati Riana. 2002. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Edisi Revisi 2012. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

  1. http://www.republikmuda.com/2015/09/pengertian-dan-cara-membuat-makalah.html

3.https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=12&idmateri=77&lvl1=5&lvl2=1&lvl3=1&kl=11

4.http://mediainformasill.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-disertasi.html

5.http://www.zonaspesial.com/pengertian-skripsi-tesis-disertasi-serta-perbedaannya/

 

 

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Customer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR.

Silakan ISI FORM di laman ini. 🙂

iklan menerbitkan buku ajar gratis



This post has been seen 3812 times.
(Visited 907 times, 13 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *