Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Mencari Jurnal di Publish or Perish

Cara Mencari Jurnal di Publish or Perish

Sudahkah Anda mengetahui tata cara mencari jurnal di Publish or Perish (PoP)? PoP bisa dijadikan destinasi untuk mencari referensi ilmiah sekaligus menelusuri riwayat publikasi, baik publikasi diri sendiri maupun orang lain. 

Meskipun tidak memberi akses mengunduh langsung seluruh hasil publikasi ilmiah yang ditemukan. Namun PoP memberi link menuju ke jurnal tersebut melalui website resminya untuk melakukan pengunduhan ketika diperlukan. Lalu, bagaimana cara mencari jurnal di PoP? 

Mengenal Publish or Perish

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mencari jurnal di Publish or Perish, maka pahami dulu definisinya. Publish or Perish adalah sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memanen metadata bibliografi (bukan full-text PDF) karya ilmiah semua bidang ilmu secara gratis.

Metadata yang dimaksud disini adalah data dari suatu referensi ilmiah (publikasi ilmiah). Misalnya saat Anda mencari jurnal, dengan mengetik judul jurnal tersebut atau bidang keilmuannya di aplikasi PoP. Maka akan ditampilkan hasil referensi. 

Anda bisa mengetahui jurnal mana saja yang sesuai, ketika dipilih maka muncul informasi metadata. Seperti judul, nama penulisnya, nama penerbit jurnalnya, kapan diterbitkan, dan lain sebagainya. 

Sehingga seperti yang disampaikan di awal, Publish or Perish tidak melayani fitur pengunduhan dokumen publikasi ilmiah. Hanya menyajikan metadata publikasi, akan tetapi tersedia link untuk menuju ke website publikasi ilmiah tersebut berada. 

PoP kemudian menyajikan data publikasi ilmiah berbasis CrossRef, Google Scholar, Pubmed, Open Alex, Scopus, Semantic Scholar, Microsoft Academic, dan juga Web of Science. Sehingga seluruh publikasi yang terindeks disini akan terbaca di aplikasi PoP. Begitu juga sebaliknya. 

Meskipun tidak bisa mengunduh publikasi ilmiah dari PoP, akan tetapi bisa mengunduh metadata dalam format RIS. Sehingga bisa dihubungkan ke aplikasi manajemen referensi seperti Zotero. Sehingga membantu membuat kutipan dan daftar pustaka. 

Fungsi Software Publish or Perish Bagi Penulis

Aplikasi Publish or Perish belum tersedia untuk perangkat mobile seperti smartphone, baik yang berbasis Android maupun iOS. Meskipun begitu, sudah tersedia aplikasi untuk perangkat berbasis Windows, Mac, dan juga Linux. 

Lalu apa saja fungsi dari aplikasi PoP ini? Secara umum, PoP sangat dibutuhkan oleh kalangan akademisi baik dosen maupun mahasiswa serta kalangan peneliti dari lembaga penelitian. Fungsi dari Publish or Perish antara lain: 

1. Tools untuk Menganalisis Kinerja Penelitian 

Fungsi pertama dari aplikasi PoP ini adalah menjadi alat bantu untuk menganalisis kinerja penelitian. Sebab tersedia fitur untuk mengetahui berapa jumlah sitasi dari suatu publikasi ilmiah. 

Lewat fitur ini, Anda bisa mengetahui juga author atau penulis mana yang paling produktif melakukan publikasi ilmiah. Sehingga bisa digunakan untuk mengecek kinerja penelitian sendiri maupun penulis lain sesuai kebutuhan. 

2. Membantu Mengidentifikasi Topik Penelitian 

Fungsi kedua dari aplikasi Publish or Perish adalah membantu mengidentifikasi topik penelitian. Artinya, Anda akan dibantu aplikasi ini untuk menemukan topik-topik penelitian yang menarik dan sedang menjadi tren (banyak dicari dan dibutuhkan). 

Bagi penulis ilmiah, menemukan topik yang menarik memang terasa susah. Sehingga bisa mengandalkan PoP untuk membantu melakukan analisis topik apa saja yang saat ini menarik dan layak dikembangkan menjadi tulisan ilmiah. 

3. Menemukan Publikasi Ilmiah yang Relevan 

Fungsi yang ketiga adalah membantu menemukan publikasi ilmiah yang relevan sehingga bisa dijadikan referensi atau rujukan. Ketika menyusun karya tulis ilmiah, tentu membutuhkan referensi untuk menopang data yang dipaparkan. 

Semakin kredibel referensi yang digunakan maka akan berimbas pula pada kredibilitas karya yang disusun. PoP membantu menemukan lebih banyak referensi ilmiah dari berbagai database sehingga membantu menemukan referensi paling relevan dan paling berkualitas. 

4. Membantu Menyiapkan Proposal Penelitian 

Fungsi keempat dan terakhir dari aplikasi Publish or Perish adalah membantu menyiapkan proposal penelitian. Mulai dari membantu menemukan topik yang tepat, menemukan referensi yang sesuai, dan rancangan penelitian yang baik. 

Sebab di PoP bisa ditemukan berbagai hasil publikasi ilmiah yang isinya menjelaskan hasil suatu penelitian. Sehingga bisa dijadikan sumber ide untuk melakukan kegiatan penelitian berikutnya, khususnya dengan topik yang sama dan dikembangkan. 

HATI-HATI! Saat mencari artikel, pastikan jurnal tidak masuk DAFTAR MERAH. Cek pembahasan detailnya:

Cara Mencari Jurnal di Publish or Perish

Publish or Perish kemudian bisa diandalkan seorang penulis untuk menemukan referensi ilmiah yang berkualitas. Sebab basis data yang menjadi acuan aplikasi ini memang dikenal kredibel, termasuk Scopus dan World of Science seperti penjelasan sebelumnya. 

Lewat aplikasi ini, Anda cukup menuju satu pintu untuk mengakses seluruh publikasi ilmiah dengan topik sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana cara mencari jurnal di aplikasi PoP? Sebelum melakukan pencarian, pastikan sudah menginstal aplikasi PoP di perangkat Anda. 

Selanjutnya, bisa melakukan pencarian pada jurnal ilmiah yang dibutuhkan dan berikut adalah langkah-langkahnya dikutip melalui salah satu konten di kanal YouTube Buiramira Official: 

  1. Buka aplikasi Publish or Perish di perangkat elektronik Anda. 
  2. Jika sudah terbuka, silakan pilih database yang diinginkan untuk mendukung pencarian. Tersedia pilihan CrossRef, Google Scholar, Pubmed, Open Alex, Scopus, Microsoft Academic, Semantic Scholar, dan juga Web of Science. Silakan klik salah satunya. 
pilih database yang diinginkan untuk mendukung pencarian di Publish or Persih
  1. Ketik bidang keilmuan jurnal yang dibutuhkan di kolom “Title”. 
  2. Jika ingin mendapat hasil pencarian spesifik, silakan ketik kata kunci spesifik di kolom “Keyword” kemudian filter tahun penerbitan atau opsi lain mengetik ISSN suatu publikasi ilmiah. 
ketik kata kunci spesifik di kolom “Keyword”
  1. Klik tombol “Search” dan tunggu beberapa saat sampai PoP menunjukan hasil pencarian. 
  2. Klik judul publikasi ilmiah yang dirasa sesuai kebutuhan, maka akan langsung terhubung ke website resmi asal publikasi tersebut. Selesai!

Mau cari jurnal yang kredibel? Ikuti tutorial berikut ini:

Cara Mencari Jurnal Internasional di Publish or Perish

Lalu, bagaimana cara mencari jurnal internasional di Publish or Perish? Pada dasarnya tata cara pencarian tidak berbeda jauh dengan tata cara mencari jurnal di Publish or Perish yang dijelaskan sebelumnya. 

Hanya saja bisa melakukan beberapa trik berbeda, agar bisa mendapatkan hasil rekomendasi dari aplikasi PoP untuk jurnal internasional saja. Berikut langkah-langkahnya: 

  1. Buka aplikasi Publish or Perish di perangkat elektronik Anda. 
  2. Jika sudah terbuka, silakan pilih database yang diinginkan untuk mendukung pencarian. Tersedia pilihan CrossRef, Google Scholar, Pubmed, Open Alex, Scopus, Microsoft Academic, Semantic Scholar, dan juga Web of Science. Silakan klik salah satunya. 
  3. Pilih database yang mengindeks jurnal internasional saja. Contohnya Scopus, World of Science, atau Pubmed (untuk bidang medis). 
Pilih database yang mengindeks jurnal internasional
  1. Ketik bidang keilmuan jurnal yang dibutuhkan di kolom “Title”. Sebaiknya menggunakan bahasa Inggris atau bahasa lain yang diakui PBB dimana umum digunakan untuk menulis artikel di jurnal internasional. 
  2. Jika ingin mendapat hasil pencarian spesifik, silakan ketik kata kunci spesifik di kolom “Keyword” kemudian filter tahun penerbitan atau opsi lain mengetik ISSN suatu publikasi ilmiah.
  3. Klik tombol “Search” dan tunggu beberapa saat sampai PoP menunjukan hasil pencarian. 
  4. Klik judul publikasi ilmiah yang dirasa sesuai kebutuhan, maka akan langsung terhubung ke website resmi asal publikasi tersebut. 
  5. Klik judul publikasi ilmiah yang dirasa sesuai kebutuhan, maka akan langsung terhubung ke website resmi asal publikasi tersebut. Selesai!

Pernah cari jurnal tapi hasil tidak sesuai? Ikuti cara berikut:

Kelebihan Publish or Perish 

Meskipun Publish or Perish memang tidak memfasilitasi proses mengunduh dokumen publikasi ilmiah, baik jurnal maupun prosiding (konferensi ilmiah). Namun, bisa menjadi satu pintu untuk mengakses seluruh database jurnal ilmiah. Baik nasional maupun internasional. 

Selain itu, masih banyak kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Terutama jika sudah paham betul bagaimana cara mencari jurnal di Publish or Perish. Berikut kelebihan Publish or Perish: 

1. Memberi Akses Satu Pintu ke Beberapa Database Jurnal 

Kelebihan yang pertama adalah PoP memberi akses ke satu pintu untuk sejumlah database jurnal dengan kredibilitas tinggi. Sehingga Anda tidak perlu masuk ke database tersebut secara langsung dan satu per satu untuk mencari referensi. 

Cukup membuka aplikasi PoP maka akan merekomendasikan publikasi ilmiah sesuai judul dan kata kunci yang diketik. Kemudian baru membuka laman database dimana jurnal tersebut berasal dan terindeks. Hal ini tentu membuat proses pencarian menjadi lebih mudah. 

2. Bersifat Gratis

Kelebihan kedua dari Publish or Perish adalah sifatnya yang gratis. Akademisi, baik dosen maupun mahasiswa dijamin memilih platform gratis terlebih dahulu untuk mendapatkan referensi ilmiah terbaik. Aplikasi ini menjadi salah satunya. 

Sejak proses mengunduh master aplikasi, proses instal, sampai proses melakukan pencarian referensi bisa dilakukan tanpa keluar biaya. Hanya saja sifat aplikasi ini online, sehingga saat penggunaan wajib terhubung internet. 

Selain itu, sejumlah database yang menjadi basis data bagi PoP untuk merekomendasikan publikasi ilmiah sifatnya berbayar. Misalnya World of Science yang wajib berlangganan (berbayar) untuk mengakses jurnal yang terindeks di dalamnya. 

3. Memberi Kemudahan Menemukan Referensi Terbaik 

Anda mungkin bisa menemukan jurnal ilmiah dengan masuk ke database langsung, entah Google Scholar atau Scopus. Namun, Anda hanya mendapatkan perbandingan terbatas dari satu database saja. 

Jika benar-benar mencari referensi paling relevan dan paling baik kualitasnya, maka Perish or Publish memberi jawaban. Sebab hasil pencarian untuk seluruh database yang menjadi sumber data. Sehingga Anda berpeluang mendapat referensi terbaik dari yang terbaik. 

4. Bisa Mendukung Penggunaan Aplikasi Manajemen Referensi 

Kelebihan menggunakan cara mencari jurnal di Publish or Perish berikutnya adalah bisa mendukung penggunaan aplikasi manajemen referensi. Misalnya Zotero seperti penjelasan sebelumnya. 

Meta data dan link ke jurnal ilmiah maupun prosiding bisa diunduh dalam format RIS kemudian bisa dihubungkan ke Zotero atau aplikasi manajemen referensi lain yang mendukung format ini. Sehingga bisa masuk ke aplikasi dan memudahkan pembuatan sitasi, baik untuk kutipan maupun daftar pustaka. 

5. Memberi Efisiensi Waktu, Tenaga, dan Biaya 

Publish or Perish memberi efisiensi dari segi waktu, tenaga, dan juga biaya. Sebab memberi akses ke berbagai database dengan membuka aplikasi satu ini saja. Anda tidak perlu membuka banyak tab saat melakukan penelusuran lewat browser. 

Selain itu, PoP akan memberi rekomendasi yang cukup banyak sesuai dengan kata kunci untuk melakukan pencarian. Sekaligus dari berbagai database seperti penjelasan sebelumnya. Sehingga Anda bisa melakukan pencarian lebih cepat dan tepat. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa dan bagaimana cara mencari jurnal di Publish or Perish yang tentu bermanfaat bagi seorang penulis karya ilmiah. Oleh sebab itu, bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menunjang kegiatan mencari referensi yang kredibel. 

Apakah Anda sudah pernah menggunakan Publish or Perish? Apabila Anda kesulitan menemukan referensi di sana, silakan tulis di kolom komentar, ya.

Publish or Perish tidak banyak diketahui oleh penulis. Yuk, beri tahu rekan Anda untuk mempermudah mereka saat mencari referensi. Semoga bermanfaat!

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama