Cara mencari jurnal ilmiah Indonesia dan internasional sebenarnya mudah, asalkan kamu mengetahui dimana mencari jurnal tersebut. Tapi sayangnya nggak semua mahasiswa tahu situs-situs tersembunyi yang dapat membantumu mencari jurnal internasional.

Melalui artikel ini kami ingin membantumu cara cari jurnal internasional yang mudah. Sebelum membahas cara cari jurnal internasional, mari kita ulas terlebih dahulu tentang jurnal. 

download ebook gratis

Jurnal adalah sumber referensi utama dalam penulisan karya ilmiah. Oleh karena itu hampir setiap mahasiswa atau peneliti yang akan membuat karya atau tulisan ilmiah pasti akan mencari jurnal sebagai bahan bacaan dan referensi dari tulisan atau artikelnya.

Jenis-jenis Jurnal yang Perlu Diketahui

Nah sebelum mencari jurnal nasional dan internasional, pastikan kamu sudah bisa membedakan ciri jurnal yang kredibel atau dapat dipercaya. Berikut adalah kriterianya:

1. Jurnal Nasional 

  • Karya ilmiah ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan;
  • Memiliki ISSN;
  • Memiliki terbitan versi daring (online);
  • Dikelola secara profesional: ketepatan keberkalaan, ketersediaan petunjuk penulisan, identitas jurnal, dll.;
  • Bertujuan menampung/mengomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu;
  • Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang memiliki disiplin keilmuan yang relevan;
  • Diterbitkan oleh penerbit, badan ilmiah, organisasi profesi, atau perguruan tinggi dengan unit-unitnya;
  • Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris dengan abstrak dalam Bahasa Indonesia;
  • Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari sedikitnya 2 institusi yang berbeda; dan
  • Memunyai dewan editor/editor yang terdiri atas para ahli dalam bidangnya dan berasal dari sedikitnya 2 institusi yang berbeda.

Baca Juga: 14 Website Tempat Mencari Jurnal Indonesia Bagi Peneliti

2. Jurnal Nasional Terakreditasi

Jurnal nasional terakreditasi adalah terbitan berkala ilmiah yang memenuhi kriteria sebagai jurnal nasional dan mendapat status terakreditasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau kepala LIPI dengan masa berlaku hasil akreditasi yang sesuai. Daftar jurnal nasional terakreditasi Dirjen Dikti dan daftar Akreditasi Majalah Ilmiah LIPI.

3. Jurnal Internasional

  • Jurnal internasional adalah terbitan berkala ilmiah dengan kriteria berikut:
  • Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan;
  • Memiliki ISSN;
  • Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Inggris, Perancis, Arab, Rusia, dan Tiongkok);
  • Memiliki terbitan versi daring;
  • Dikelola secara profesional;
  • Dewan editor (editorial board) adalah pakar di bidangnya dan sedikitnya berasal dari 4 negara;
  • Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam satu terbitan (issue) ditulis oleh penulis dari berbagai negara; dan
  • Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari berbagai negara dalam setiap terbitannya.

Lalu bagaimana cara cari jurnal nasional? Jawabannya adalah bisa melalui perpustakaan atau situs internet yang menyediakan jurnal internasional.

Ada banyak cara mencari jurnal ilmiah indonesia dan internasional. Untuk mempermudah pencarian dalam mencari jurnal, berikut kami rangkum 10 cara mencari jurnal ilmiah indonesia dan internasional yang mudah. 

Cara Mencari Jurnal Ilmiah Indonesia

1. Partner Universitas 

Biasanya setiap universitas memiliki partner dengan suatu website jurnal berbayar. Kamu disini bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan gratis di lingkungan kampus kamu. Jika kamu belum tahu cara mengaksesnya, tanyakan pada pihak kampus yang berkepentingan dalam masalah ini seperti bagian akademik.

Baca Juga: Cara Menulis Kutipan Langsung dan Tidak Langsung dari Buku, Jurnal, dan Internet

2. Cara cari jurnal internasional di IEEE

Jika kamu mempunyai budget yang cukup dan kampus tidak memfasilitasi jurnal di IEEE ini, kamu boleh coba berlangganan di website IEEE ini. IEEE atau singkatan dari The Institute of Electrical and Electronics Engineers merupakan website penyedia jurnal terbesar. Jurnal-jurnal yang lolos masuk IEEE ini sangat berkualitas sehingga tempat ini adalah tempat paling favorit bagi para penulis jurnal. 

Sayangnya memang website ini mengharuskan pengguna berlangganan untuk dapat menggunakan fasilitasnya. Memang cukup mahal harga berlangganannya, tetapi jurnal-jurnal disini sangat bermanfaat. 

3. DOAJ

Cara mencari jurnal ilmiah indonesia dan internasional selanjutnya, kamu bisa mengakses DOAJ. DOAJ kepanjangan dari directory of open acces journals. Jumlah jurnal di portal ini ada lebih dari 20.000 jurnal yang dapat Kamu akses. 

Menariknya, di sini Kamu juga tidak hanya mengakses jurnal, tetapi juga dapat mengakses artikel-artikel ilmiah yang ada kaitannya dengan karya ilmiah.

DOAJ dapat di akses oleh siapa saja, karena memang diperuntukan untuk orang lain. Kamu pun dapat memperoleh jurnal Internasional di sini. Kamu dapat mengakses jurnal dengan masuk ke halaman mereka di http://doaj.org/directory.

4. Google Scholar

Cara mencari jurnal indonesia dan internasional juga dapat kamu cari melalui Google Scholar. Mahasiswa di Indonesia biasanya sudah familiar dengan google scholar. Karena mereka sudah sering mengakses ini. Bagi mahasiswa yang membutuhkan jurnal di Google scholar juga direkomendasikan. Karena jurnal dipasang dan diberikan secara gratis. Umumnya jurnal di sini berupa PDF.

Kelebihan dari google scholar memiliki banyak variasi jurnal dan laporan. Mulai dari tesis, papar, jurnal hingga literature ilmiah. Wajar jika google scholar ini tepat dan diperuntukan untuk semua kalangan yang membutuhkan. Kamu pun dapat mengaksesnya di http://scholar.google.com/.

5. Citeaseer

Citeaseer bagi mahasiswa mungkin terdengar asing. Mungkin saja kamu juga merasa demikian. Namun melalui situs ini, kamu bisa mencari jurnal ilmiah indonesia dan internasional yang terpercaya.

Citeaseer memiliki fungsi yang mirip dengan google scholar, yaitu menyediakan jurnal secara gratis. System pencarian jurnal pun juga mirip, cukup memasukan kata kunci saja, nanti akan muncul banyak koleksi jurnal yang kamu cari.

Baca Juga: 5 Tips Publikasi Jurnal Nasional Gratis

6. PubMed Central

Apakah kamu seorang dosen dan peneliti di bidang biomedis? Jika iya, PubMed Central adalah portal penyedia jurnal khusus biomedis. Karena portal ini sudah tersegmentasi, maka isi di dalamnya seputar dunia medis.

Apakah PubMed Central berbayar? Setiap jurnal yang tersedia, dapat di download secara gratis. Kamu bisa mendapatkanya lewat http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/PubMed. 

Tahukah kamu jika PubMed Central ini ternyata dikembangkan oleh U.S. National Library of Medicine (NLM), yang memang spesifik tentang dunia medis. Jadi sudah pasti, hasilnya sudah berbahasa Inggris ya.

7. Biomed Central

Selain PubMed Central, ada juga Biomed Central. Khusus Biomed Central menyediakan jurnal yang di khususkan untuk jurnal-jurnal di bidang biologi dan perobatan. Jika kamu sedang melakukan riset dan membutuhkan data referensi tentang tema ini, Kamu pun dapat mengaksesnya di http://www/biomecentral.com

8. ScienceDirect

ScienceDirect merupakan situs yang menyediakan online resources untuk keperluan riset. Hingga saat ini, ScienceDirect sudah memiliki koleksi hingga lebih dari 16 juta artikel ilmiah dan 1,2 juta di antaranya termasuk artikel open access, 2500 jurnal, 250 jurnal dengan full open access dan 39.000 buku.

Semua riset open access yang dipublikasikan oleh ScienceDirect sudah melalui proses peer-reviewed. Sehingga, pengguna dapat mengakses penelitian yang relevan dan terpercaya dengan bebas.

Meskipun rata-rata koleksi penelitian yang dimiliki ScienceDirect adalah penelitian dibidang teknik ataupun medikal, namun koleksi penelitian tentang ilmu sosial dan humaniora yang mereka sediakan juga cukup banyak.

9. ProQuest

ProQuest merupakan platform yang menyediakan layanan akses berbagai sumber penelitian ilmiah yang dapat digunakan untuk para akademisi, institusi maupun peneliti dari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan.

Koleksi dari ProQuest meliputi disertasi, tesis, ebook, jurnal ilmiah, arsip surat kabar, koleksi sejarah berbentuk digital dari museum serta perpustakaan dan masih banyak lagi. Hingga sekarang koleksi tersebut diestimasi mencapai 6 miliar digital pages.

Selain itu, ProQuest juga menyediakan fitur open access, yaitu PQDT Open. Layanan ini dapat memberikan kamu kebebasan untuk mengakses tesis dan disertasi dengan gratis.

10. LIPI

Cara mencari jurnal indonesia dan internasional juga dapat melalui LIPI, loh. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI merupakan lembaga penelitian pertama yang didirikan dan merupakan lembaga penelitian yang ditunjuk pemerintah yang menaungi berbagai penelitian ilmiah di Indonesia.

Banyak kalangan dari berbagai profesi, lembaga penelitian, lembaga pendidikan yang menerbitkan jurnal ilmiah di situs ini, dan telah tercatat sebanyak 8.000 jurnal ilmiah yang telah diterbitkan sampai Januari 2017.

11.  Economics

Pilihan situs jurnal ilmiah dan internasional selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengakses jurnal secara gratis adalah yang disediakan oleh economics.

Alamat yang bisa diakses adalah http://economics-ejournal.org/ yang bisa digunakan untuk mendapatkan banyak sekali jurnal akademik yang tentu saja berpusat pada bidang ekonomi. Berbagai jurnal dalam alamat ini bisa kamu akses secara gratis karena mempunyai sifat yang open access.

12. IOSR Journals

Kemudian cara mencari jurnal ilmiah indonesia dan internasional juga bisa IOSR Journals. Alamat yang bisa diakses adalah di http://iosrjournals.org/ yang disediakan oleh Internasional Organization of Scientific Research. Lembaga tersebut merupakan penyediaan jurnal yang bisa diakses secara gratis dan merupakan lembaga swasta yang bekerja secara independen. Untuk jenis jurnal yang disediakan pada umumnya akan membantu untuk penelitian dalam bidang profesional dan pendidikan.

13. Freefullpdf.com

Cara mencari jurnal ilmiah dan internasional selanjutnya yakni dengan berkunjung ke situs penyedia jurnal gratis yakni freefullpdf.com. Di sini kamu dapat menemukan jurnal dengan berbagai topik pembahasan secara gratis. 

Mulai dari ilmu pengetahuan alam, matematika, sosial, kesehatan hingga psikologi. Menariknya lagi pada website ini, kamu bisa melakukan pencarian khusus untuk menemukan paper berbentuk pdf. Untuk mencarinya kamu bisa mengetikkan kata kunci yang sudah disediakan situs tersebut.

Baca Juga: Strategi Publikasi Jurnal Ilmiah Internasional Bereputasi

14. Academia.edu

Mungkin bagi para mahasiswa sudah tidak asing dengan situs ini. Seperti namanya, Academia.edu memang menyediakan beragam artikel dan jurnal ilmiah yang bisa diakses oleh siapapun. Situs satu ini sering kali muncul di beberapa kata kunci hasil pencarian Google khususnya kata kunci yang berhubungan dengan pendidikan.

Situs penyedia karya tulis ilmiah yang digawangi oleh Akademia ini wajib kamu sambangi untuk mencari berbagai referensi di berbagai bidang pendidikan.

Cukup daftar menggunakan email atau facebook, kamu sudah bebas menjelajahi berbagai koleksi jurnal nasional atau pun internasional di dalamnya. Untuk mengaksesnya kamu hanya tinggal mengunjungi situs ini https://www.academia.edu/. 

15. Oxford Academic

Tidak ketinggalan, Oxford Journal pun juga turut menjadi dewa penyelamat para mahasiswa akhir yang bingung harus mencari referensi ilmiah. Di situs ini terdapat banyak pilihan jurnal yang bisa kamu akses dengan mudah. Tentu situs ini juga terpercaya.

Ya, sesuai namanya situs ini dimiliki oleh salah satu kampus terbaik di dunia yakni – Oxford University – tidak hanya bisa diakses gratis, namun juga bisa diunduh. Untuk mengaksesnya kamu bisa berkunjungi ke laman https://academic.oup.com/journals/

Demikian 10 situs yang bisa kamu gunakan sebagai cara mencari jurnal Indonesia dan internasional. Sebenarnya masih banyak situs lain yang bisa kamu explore lebih jauh. Namun contoh di atas merupakan situs yang biasa diakses oleh para akademisi untuk mencari jurnal yang kredibel. Semoga artikel ini bermanfaat!