7 Cara Mencari Penghasilan Tambahan, Mudah dan Terpercaya

cara mencari penghasilan tambahan

Memiliki penghasilan yang besar tidak selalu mengandalkan gaji dari pekerjaan utama, bisa juga dari pekerjaan dan usaha sampingan. Lalu, bagaimana cara mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan atau usaha sampingan tersebut? 

Pertanyaan ini tentu akan sering ditanyakan banyak orang yang masih kebingungan harus mulai mencari darimana. Pasalnya tidak semua orang paham skill apa saja yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. 

Cara Mencari Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan adalah penghasilan yang didapatkan selain dari penghasilan utama. Misalnya, saat Anda bekerja sebagai pegawai di perusahaan swasta. Maka gaji dari perusahaan adalah pemasukan utama, di luar itu maka disebut penghasilan tambahan. 

Penghasilan tambahan bisa memberi pemasukan lebih besar untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan alokasi dana di sektor tabungan dan dana pensiun. Tak pelak banyak yang tertarik dengan sumber penghasilan tambahan tersebut agar hidup lebih sejahtera. 

Ada banyak cara mencari penghasilan tambahan dan adanya internet memberi kemudahan secara lebih. Cara mencari penghasilan tambahan dapat dilakukan melalui situs freelance, website resmi perusahaan, portal lowongan kerja, dan lainnya.

Berikut detail pilihan cara mencari mencari penghasilan tambahan: 

1. Mengunjungi Situs Freelancer 

Cara pertama untuk membantu menemukan sumber penghasilan tambahan adalah mengunjungi situs-situs freelancer. Situs seperti ini selalu membagikan lowongan kerja sebagai freelancer atau pekerja lepas. 

Disini para freelancer bisa menemukan job maupun proyek sesuai dengan skill dan rate penghasilan sesuai harapan mereka. Pilihannya pun banyak dan bisa dikerjakan kapan saja sesuai kesepakatan dengan klien. 

Pilihan situs yang cukup populer seperti UpWork, Fiverr, Sribulancer, Project.co.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak semua situs hanya menyediakan freelance luar negeri. Ada juga loker dari Indonesia. 

2. Masuk ke Portal Lowongan Kerja 

Pilihan cara mencari penghasilan tambahan yang kedua adalah dengan mengunjungi portal lowongan kerja. Portal lowongan kerja adalah sebuah situs yang secara khusus menyediakan informasi lowongan kerja. 

Portal ini biasanya bersifat lokal, jadi hanya membagikan informasi lowongan kerja di suatu daerah atau kota. Entah itu loker di Semarang saja seperti di situs Portal Jateng.ID, kemudian di Cirebon seperti di Lokercirebon.com, dll. 

Jika sudah punya pekerjaan kenapa harus mencari pekerjaan di portal semacam ini? Portal lowongan kerja tak hanya membagikan loker full time tapi juga part time. Sehingga jika menemukan loker paruh waktu yang cocok bisa melamar. 

Pekerjaan paruh waktu inilah yang nantinya menjadi sumber penghasilan tambahan. Jadi, bisa dicoba dan membantu menemukan pilihan loker dengan lebih cepat. Usahakan teliti memilih loker untuk menghindari penipuan. 

3. Mencari Info dari Akun Loker Media Sosial 

Pilihan ketiga dalam cara mencari penghasilan tambahan adalah dari media sosial. Dimulai dari mengunjungi akun-akun yang rutin membagi informasi loker, baik full time maupun part time. 

Memudahkan pencarian Anda bisa mengetik kata kunci spesifik. MIsalnya mengetik “lowongan kerja” atau “loker”. Maka algoritma dari media sosial akan merekomendasikan sejumlah akun dengan keterangan dan nama seperti kata kunci. 

Akun-akun yang masih aktif akan rutin membagikan informasi lowongan kerja. Baik di satu kota secara khusus maupun secara nasional. Zaman sekarang ada pekerjaan paruh waktu yang sifatnya remote sehingga bisa dikerjakan dimana saja. 

4. Mengunjungi Situs Resmi Perusahaan 

Berikutnya adalah mengunjungi situs resmi perusahaan. Saat ini nyaris tidak ada perusahaan yang tidak memiliki situs resmi. Sebab sudah masuk di era digitalisasi dan memiliki situs resmi adalah upaya memudahkan perusahaan dikenal publik. 

Situs resmi ini biasanya selalu update dan selain membagikan event perusahaan juga membagikan informasi tentang lowongan kerja. Jadi, beberapa situs memiliki menu “karir” dan ketika di klik maka muncul informasi loker. 

Jika merasa ada posisi yang memang cocok dengan kualifikasi yang Anda miliki dan bisa dijadikan pekerjaan sampingan. Maka silahkan untuk melamar, siapa tahu diterima dan bisa memiliki sumber penghasilan tambahan. 

5. Melihat Peluang dari Hobi dan Keahlian Pribadi 

Cara mencari penghasilan tambahan tidak selalu hanya mengandalkan internet. Anda juga bisa memulainya dengan cara sederhana, salah satunya melihat peluang baik dari hobi maupun keahlian yang selama ini dimiliki. 

Misalnya, Anda memiliki hobi membaca kemudian menemukan peluang menjadi pembaca novel online yang memberi penghasilan. Sebagai sumber penghasilan tambahan, tentunya mendapat nominal yang kecil tapi pekerjaannya mudah layak dipertimbangkan. 

Contoh lainnya, ketika Anda baru saja menamatkan pendidikan tinggi di jurusan komputer. Kemudian melihat sekolah di dekat tempat tinggal sudah ada pelajaran komputer. Para tetangga kemudian mencari guru les komputer. 

Maka Anda bisa membuka usaha guru les komputer, baik secara privat maupun mengajar kelompok siswa. Peluang dari keahlian ini tentu saja menarik ditekuni karena bisa mengandalkan ilmu dan keterampilan yang sudah dikuasai. 

6. Mencari Inspirasi dari Influencer 

Cara keenam dalam daftar cara mencari penghasilan tambahan adalah dengan mengikuti unggahan influencer yang dipandang memotivasi. Influencer biasanya sering membagikan aktivitas harian dan kisah sukses mereka. 

Tidak sedikit yang membagikan pengalaman mengerjakan pekerjaan freelance, paruh waktu, dll. Sehingga bisa membuka mata Anda mengenai adanya peluang menekuni suatu pekerjaan sampingan agar bisa mendapat penghasilan ekstra. 

Selain itu, beberapa influencer juga sering bekerjasama dengan sejumlah brand. Jika brand ini membuka peluang kemitraan, maka Anda bisa langsung tahu dan mencoba dengan melamar. Jadi, silahkan mencari influencer yang rutin membagi informasi karir dan loker. 

7. Rajin Membuka Media Sosial 

Cara yang terakhir untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan adalah dengan rajin membuka media sosial. Kenapa? Sebab banyak perusahaan membuka loker melalui akun media sosial resmi mereka. 

Selain itu, ada banyak akun yang rutin membagikan info loker di suatu perusahaan yang dianggapnya menarik dan kredibel. Oleh sebab itu, silahkan rajin membuka media sosial untuk menemukan loker pekerjaan paruh waktu. 

Selain itu, beberapa orang di akun media sosial mereka juga berbagi pengalaman menjalankan suatu usaha sampingan atau menekuni pekerjaan sampingan. Misalnya menjadi penjual komentar di media sosial, menjadi admin media sosial, menjadi host live streaming, dll. Sehingga bisa dicoba untuk dipraktekkan langsung. 

Merasa kurang dengan pendapatan sekarang? Intip ide usaha sampingan berikut ini:

Contoh Sumber Penghasilan Tambahan yang Ditemukan dari Website Perusahaan

Jika ingin memilih cara mencari penghasilan tambahan yang terjamin aman dan bebas resiko penipuan. Memang lebih tepat jika mengunjungi situs resmi milik suatu perusahaan. Bisa jadi sedang membuka lowongan kerja atau program kemitraan. 

Misalnya di situs resmi milik Penerbit Deepublish yang sedang membuka program Mitra Net Promoter. Lewat program ini Anda dan siapa saja bisa bergabung yang kemudian menghubungkan konsumen untuk berkolaborasi dengan Penerbit Deepublish. 

Ada banyak layanan dari Penerbit Deepublish bisa ditawarkan ke konsumen para Mitra Net Promoter. Kabar baiknya, fee dari program ini bisa dari fee naskah sampai komisi bagi hasil. Para mitra bahkan banyak yang sudah menghasilkan fee sampai puluhan juta. 

Tertarik untuk mencoba? Anda bisa mendaftar langsung sebagai Mitra Net Promoter. Dijamin aman dan gratis tanpa biaya apapun. Informasi tentang pendaftaran, sistem kerja, dan sebagainya bisa mengunjungi laman Daftar Mitra-Netpromoter Deepublish. Kapan lagi kerja sampingan, tapi income jutaan? Yuk, daftar jadi Mitra-Net Promoter Deepublish sekarang!

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2022 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama