⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

11 Kerja Sampingan Tanpa Modal Bagi Dosen

Kerja Sampingan Tanpa Modal

Sebagai seorang dosen, mendapat penghasilan sampingan dari penghasilan utamanya sebagai dosen tentu sah-sah saja. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, tentu Anda juga mendapat penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk menambah penghasilan dan tabungan dan bahkan bisa digunakan untuk berbagai hal.

Oleh sebab itu, banyak dosen yang memiliki kerja sampingan tanpa modal dan bahkan penghasilannya bisa sangat menjanjikan dan bermanfaat. Tapi kira-kira apa saja kerja sampingan tanpa modal yang bisa dilakukan dosen di tengah kesibukannya mengajar dan menyusun bahan ajar bagi mahasiswanya ya?

11 Kerja Sampingan Tanpa Modal Bagi Dosen 

Di bawah ini, akan dijelaskan beberapa kerja sampingan tanpa modal yang bisa dilakukan oleh seorang dosen di tengah kesibukannya mengajar dan menyiapkan bahan ajar bagi mahasiswa. Tentu saja, semua kerja sampingan tanpa modal bagi dosen ini juga bermanfaat bagi karirnya karena masih bersangkutan dengan dunia pendidikan.

1. Menjadi Youtuber

Saat ini, menjadi Youtuber adalah pekerjaan yang sangat diimpi-impikan semua orang. Penghasilan menjadi Youtuber sangat menggiurkan sehingga banyak yang akhirnya membuat konten berbagai macam agar berhasil menjadi Youtuber yang memiliki banyak pengikut dan juga memiliki banyak penonton pada kontennya.

Dosen pun bisa melakukan kerja sampingan tanpa modal sebagai Youtuber ini. Apa yang bisa dilakukan seorang dosen menjadi Youtuber? Sebagai seorang dosen, Anda bisa memberi manfaat pada banyak orang dengan menjadi Youtuber pendidikan. Ini bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan dan juga bisa membantu pekerjaan Anda sebagai dosen.

Anda bisa menjelaskan berbagai materi yang relevan dengan bahan ajar yang Anda sedang siapkan. Anda juga bisa memberi tips bagaimana cara menjadi mahasiswa yang memiliki nilai yang baik, atau bagaimana cara atau solusi menyelesaikan tugas dengan memberi berbagai materi melalui konten YouTube Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi Youtuber dengan membuat konten yang berisi tips-tips apa yang dibutuhkan dosen dan lain sebagainya. Meski menjadi dosen, bukan berarti konten yang Anda ciptakan tidak menarik. Anda bisa mengeksplorasi kira-kira bagaimana tren yang saat ini disukai oleh mahasiswa yang melihat YouTube.

Kemudian, terapkan tren tersebut dan gabungkan dengan konten khas pendidikan yang Anda bawakan. Dengan demikian, selain berhasil menjadi YouTuber ternama dan juga membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dan menempuh kuliah, Anda dapat menghasilkan penghasilan tambahan melalui kerja sampingan tanpa modal tersebut.

Tak main-main, penghasilan sampingan sebagai Youtuber ini bahkan bisa menyaingi gaji dari pekerjaan Anda sebagai dosen. Anda bisa meraih jutaan rupiah setiap kali membuat konten, tergantung bagaimana jumlah unggahan Anda, jumlah subscriber, jumlah views, peringkat YouTube Anda dan bagaimana grafik harian akun Anda.

2. Menjadi Podcaster

Sama halnya dengan seorang kerja sampingan tanpa modal sebagai seorang Podcaster juga memiliki penghasilan yang menjanjikan. Podcaster tak jauh berbeda dengan Youtuber. Hanya saja, seorang Podcaster memang harus memiliki kemampuan berbicara lebih baik dan juga agar menarik perhatian pendengar.

Hal ini karena menjadi Podcaster hanya didengarkan suaranya saja. Sehingga suaranya harus jelas dan juga dapat menyampaikan konten dengan baik. Dan tentu saja, kemampuan tersebut pastinya sudah dimiliki oleh seorang dosen, sehingga kerja sampingan tanpa modal sebagai Podcaster ini sangat cocok untuk seorang dosen.

Anda dapat menyampaikan berbagai konten menarik sebagai seorang pendidik di Podcast. Misalnya menyampaikan materi pembelajaran, isu-isu yang sedang ramai yang menyangkut studi pendidikan yang Anda geluti, atau bahkan bisa mengundang bintang tamu dosen lain sebagai pembicara untuk membuat konten.

Tentu saja ini hal yang menarik dan akan menyita perhatian dari para mahasiswa, tak hanya dari mahasiswa Anda sendiri tapi juga mahasiswa dari berbagai universitas. Dengan adanya Podcast pendidikan yang dibangun oleh seorang dosen, tentu mahasiswa akan sangat terbantu ketika memiliki masalah dalam tugas atau perkuliahan.

Selain itu, penghasilan menjadi seorang Podcaster juga sangat menjanjikan sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan untuk tabungan atau lain sebagainya bagi seorang dosen dan juga mengisi waktu luang di sela-sela mengajar sebagai dosen.

3. Menjadi Penulis Buku

Kerja sampingan tanpa modal selanjutnya yakni sebagai penulis buku. Tentu hal ini sangat dekat dengan karir Anda sebagai seorang dosen. Sebagai seorang dosen, menulis dan menerbitkan buku hasil tulisannya sendiri adalah hal yang biasa dilakukan. Dan hal ini tentu akan menghasilkan uang tambahan.

Anda bisa menjadi penulis buku mata kuliah atau bahan ajar yang relevan dengan studi yang Anda kuasai. Dengan demikian, selain dapat membantu mahasiswa mendapatkan buku yang sesuai dengan mata kuliah yang mereka pilih, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan dari buku yang Anda tulis.

Tentu saja dalam menerbitkan buku ini Anda membutuhkan penerbit yang dapat dipercaya untuk menerbitkan buku Anda yang notabene merupakan buku pendidikan. Anda sebagai penulis juga harus mencari penerbit yang memberi keuntungan lebih bagi penulis.

Salah satu penerbit yang memiliki kredibilitas baik dalam menerbitkan buku pendidikan adalah Penerbit Deepublish. Anda bisa menjadikan Penerbit Deepublish sebagai pilihan Anda sebagai rekan untuk menerbitkan buku pendidikan yang Anda tulis. Di Penerbit Deepublish, Anda akan ditawari berbagai keuntungan yang bisa didapatkan sebagai penulis.

Baca Juga:

Prinsip Penilaian Angka Kredit Dosen

Penilaian Poin Angka Kredit Dosen – Kuasai 3 Ketentuan

Bisa Membantu Akreditasi Institusi, Inilah 7 Manfaat Menulis Buku Bagi Dosen

Kenapa Dosen Harus Menulis Buku?

4. Menjadi Mitra Penerbit Buku 

Jika Anda belum memiliki keberanian untuk menulis dan menerbitkan buku, Anda bisa bergabung menjadi mitra penerbit buku. Mitra penerbit buku ini juga bisa menjadi kerja sampingan tanpa modal yang sangat menjanjikan bagi dosen.

Apa itu mitra penerbit buku? Mitra penerbit buku adalah program yang biasanya ditawarkan oleh para penerbit buku bagi Anda yang memiliki jaringan luas untuk mencari penulis yang siap menerbitkan naskahnya ke penerbit Deepublish. 

Hanya dengan bekerja sama dengan penerbit, maka Anda bisa mendapatkan jaringan yang lebih luas dan bahkan bisa menambah penghasilan yang cukup menjanjikan dari hasil penjualan buku tersebut.

Anda bisa bergabung menjadi mitra penerbit buku pada program Mitra Plus yang ditawarkan oleh Penerbit Deepublish. Jika Anda bergabung ke dalam Mitra Plus Penerbit Deepublish, akan banyak keuntungan yang Anda dapatkan selain menambah penghasilan Anda sebagai seorang dosen.

Cara menjadi Mitra Plus Penerbit Deepublish juga tidaklah sulit, tetapi Anda akan mendapat penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan. Jika Anda tertarik, Anda bisa membaca terlebih dahulu apa itu program Mitra Plus yang ditawarkan Penerbit Deepublish dan bagaimana keuntungan yang bisa diperoleh.

Anda bisa mengunjungi laman untuk mengetahui berbagai hal tentang Mitra Plus Penerbit Deepublish di sini. Dengan bergabung menjadi Mitra Plus Penerbit Deepublish, Anda tentu akan sangat terbantu dan mendapat penghasilan tambahan yang menjanjikan.

5. Menjadi Freelance Writer

Anda juga bisa mendapatkan kerja sampingan tanpa modal sebagai seorang dosen sebagai freelance writer. Seorang freelance writer adalah orang yang menawarkan jasa menulis secara mandiri atau independen terhadap lebih dari satu klien. Dari situ lah Anda akan dibayar ketika sudah menyelesaikan tulisan.

Jenis freelance writer ini ada berbagai macam. Jika Anda seorang dosen, Anda dapat menjadi freelance writer bagi klien yang membutuhkan tulisan, baik artikel atau esai di bidang pendidikan dan Anda akan mendapat penghasilan dari hasil tulisan Anda.

Pekerjaan ini sangat menjanjikan dan juga menggiurkan, apalagi seorang dosen sudah terbiasa menulis. Dengan demikian, selain akan mendapat penghasilan tambahan, Anda juga dapat mengasah kemampuan menulis dan juga mengolah kata sehingga Anda memiliki kemampuan lebih dalam hal menulis yang bisa terus dikembangkan.

Selain itu, hasil tulisan seorang dosen menjadi freelance writer ini juga akan membantu para mahasiswa atau siapa pun itu untuk mendapatkan materi dan juga banyak pengetahuan lain, sesuai tulisan apa yang dikerjakan seorang dosen ketika menjadi freelance writer atau penulis lepas.

6. Menjadi Freelance Designer

Sama halnya sebagai seorang freelance writer, kerja sampingan tanpa modal sebagai freelance designer juga bisa mengisi waktu luang di sela-sela kegiatan seorang dosen menjadi pendidik. Freelance designer ini juga merupakan jasa yang ditawarkan seseorang untuk membuat desain apapun dan mendapat bayaran dari beberapa klien.

Jika Anda seorang dosen dan memiliki kemampuan atau keterampilan mendesain, Anda bisa menjadi seorang freelance designer. Salah satunya, Anda bisa membantu membuatkan desain cover atau tata letak buku dari para dosen yang akan terbit sampai proses desain selesai dan final.

Dengan demikian, Anda akan mendapat penghasilan tambahan. Selain dapat menawarkan jasa secara pribadi, Anda juga bisa bekerja sama menjadi freelance writer bagi penerbit yang membutuhkan jasa freelance designer. Dari situ lah Anda bisa meraup penghasilan tambahan sebagai seorang freelance designer.

Baca Juga:

4 Tips Meningkatkan Budaya Menulis Buku Untuk Kalangan Dosen

5 Alasan Dosen Menulis Buku Ajar

Keuntungan Menulis Buku Bagi Dosen

Menerbitkan Buku bagi Dosen : Dapat Poin Kredit Tinggi

7. Membuka Jasa Kursus Online

Kerja sampingan tanpa modal selanjutnya bagi dosen adalah membuka jasa kursus online. Hingga saat ini, jasa kursus online masih sangat dibutuhkan banyak pihak. Jika Anda menjadi dosen, Anda dapat membuka jasa kursus online yang berhubungan dengan studi yang Anda kuasai.

Misalnya jika Anda seorang dosen matematika, Anda bisa membuka jasa kursus online atau les matematika yang bisa dilakukan secara online. Anda bisa mematok bayaran setiap jam kursus atau setiap pertemuan tergantung bagaimana kesepakatan yang disetujui antara Anda dan juga orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Atau Anda juga bisa menetapkan besaran bayarannya sesuai yang Anda inginkan dan tergantung jenis jasa yang Anda tawarkan tersebut. Membuka jasa kursus online ini tak hanya bisa dilakukan dalam hal memasak, menjahit, dan berbagai hal lainnya, tetapi juga bisa dalam hal pendidikan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam perkuliahan.

Tentu saja, Anda tetap harus melakukan pekerjaan ini secara profesional dan tidak ada iming-iming memberi nilai tambahan bagi yang ikut jasa kursus online yang Anda tawarkan.

8. Membuka Jasa Penerjemah Bahasa

Anda juga bisa melakukan kerja sampingan tanpa modal sebagai seorang penerjemah bahasa. Dosen tentu memiliki kemampuan lebih dalam berbahasa asing, dan jika Anda percaya diri dengan kemampuan Anda atau bahkan studi yang Anda ampu sangat relevan dengan pekerjaan sebagai seorang penerjemah, Anda bisa melakukannya.

Anda bisa menawarkan jasa sebagai penerjemah bahasa, baik dalam hal menerjemahkan buku maupun menerjemahkan ucapan langsung atau dokumen lain. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan sebagai seorang penerjemah.

Anda bisa mendapat bayaran setiap lembar buku atau dokumen yang diterjemahkan, atau jika Anda menjadi penerjemah bahasa tutur secara langsung, Anda bisa mendapatkan bayaran setiap jam atau sesuai kesepakatan dengan pengguna jasa Anda.

Dengan demikian, Anda bisa mendapat penghasilan tambahan dan juga memperluas relasi dengan melalukan kerja sampingan tanpa modal sebagai penerjemah serta dapat mengembangkan kemampuan Anda dalam berbahasa asing.

9. Membuka Jasa Konsultasi

Kerja sampingan tanpa modal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membuka jasa konsultasi. Jasa konsultasi ini bisa untuk mahasiswa, bagi penulis buku yang temanya relevan dengan studi yang Anda pelajari, dan masih banyak lagi. Anda bisa melakukan kerja sampingan tanpa modal dengan membuka jasa konsultasi sebagai dosen.

Dengan begitu, Anda dapat membantu klien atau pengguna jasa Anda dalam menyelesaikan masalahnya melalui jalur komunikasi, atau Anda juga dapat memberi bimbingan kepada klien Anda untuk mengatasi masalah dalam berkonsultasi tersebut.

Kerja sampingan tanpa modal sebagai konsultan ini sudah banyak dilakukan oleh para praktisi atau ahli selain dosen saja dan hal ini sangat bermanfaat dan sampai saat ini, masih banyak orang yang membutuhkan jasa konsultasi tersebut dalam hal apa pun.

10. Menjual Buku (Diarahkan Menjadi Reseller)

Anda bisa melakukan penjualan buku meski bekerja sebagai dosen. Akan tetapi, Anda tak perlu bersusah-payah dalam menulis buku, menerbitkan, dan melakukan distribusi yang rumit dalam menjual buku. Anda bisa bergabung menjadi seorang reseller buku sebagai kerja sampingan tanpa modal.

Kerja sampingan tanpa modal ini  biasanya ditawarkan oleh para penerbit. Salah satu penerbit yang menawarkan jasa reseller adalah Penerbit Deepublish. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda lakukan sebagai seorang reseller yang bergabung dengan Penerbit Deepublish.

Selain Anda akan mendapat keuntungan dan penghasilan tambahan dari menjadi reseller. Anda hanya perlu mendaftarkan diri sebagai seorang reseller dan Anda akan diberikan daftar harga buku yang bisa Anda jual baik ke kampus, ditawarkan ke dosen lain, dan lain sebagainya dan mendapat keuntungan yang menjanjikan. 

Jika ingin bergabung, Anda bisa mencari tahu melalui laman di sini.

11. Menjual Second Stuff

Kerja sampingan tanpa modal selanjutnya adalah menjual second stuff atau yang saat ini populer dengan kata thrifting. Jika thrifting yang saat ini populer adalah menjual barang bekas bermerek, sebagai dosen yang memiliki banyak buku dan juga banyak karya, Anda bisa menjual buku-buku bekas yang Anda miliki.

Selain mendapat keuntungan, Anda juga bisa membantu pembeli Anda mendapatkan buku yang sesuai dengan yang mereka butuhkan. Tentu saja, Anda bisa menjual buku yang sekiranya tidak dibutuhkan karena sebagai dosen, pasti akan mendapat banyak kiriman buku yang tak bisa dipungkiri pasti ada buku yang kurang menarik bagi Anda.

Tapi siapa tahu buku yang kurang menarik itu justru dibutuhkan orang lain dan hal ini dapat dimanfaatkan sebagai mungkin sebagai kerja sampingan tanpa modal.

Dengan mengetahui apa saja kerja sampingan tanpa modal bagi dosen atau yang bisa dilakukan dosen di atas, maka sebagai seorang dosen, Anda dapat mengisi waktu luang Anda di tengah-tengah kesibukan Anda sebagai dosen dan tentu saja mendapat penghasilan tambahan.

Artikel Terkait:

10 Kerja Sampingan Dosen yang Paling Menguntungkan

12 Tipe Mengajar Dosen Masa Kini di Kampus, Valid kan?

10 Tipe Dosen saat Mengajar Daring, Anda yang Mana?

10 Alasan Perlunya Dosen Menjalin Hubungan Baik dengan Mahasiswa

Seberapa Penting Dosen Menulis Buku? Temukan Jawabannya Disini

5 Tipikal Dosen saat Menguji Sidang Skripsi, Relate Banget?

10 Tipe Dosen saat Mengajar Daring, Anda yang Mana?

Berikut ini Tips Menulis Buku Referensi dengan Tim Dosen

Langkah Mudah Membuat Jurnal Ilmiah Bagi Dosen

Berikut Langkah Mengetahui Penerbit Buku Dosen yang Berkualitas

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama