Cara menulis cerpen online. Apakah Anda penggemar tulisan cerpen dan bingung bagaimana membuat cerpen yang bagus? Jika iya, kebingungan Anda itu wajar kok. Bagi Anda yang sedang ingin belajar menulis cerpen, ada banyak cara menulis cerpen online yang bisa diaplikasikan.

Cerpen merupakan salah satu karya tulis berbentuk prosa yang sering dibaca hingga saat ini. Cerpen umumnya muncul sebagai bacaan di surat kabar, media daring, kumpulan cerpen, dan media lainnya. Biasanya cerpen mengangkat berbagai macam jenis kisah. Baik itu kisah nyata maupun kisah fiksi.

Siapapun bisa menulis cerpen yang dapat menarik dan menghibur pembaca. Bagi yang sudah mahir dalam tulis menulis cerpen, membuat cerpen tentu merupakan hal yang mudah. Termasuk cara menulis cerpen online di media manapun. Namun, bagi para pemula yang ingin memulai menciptakan sebuah cerpen, memerlukan usaha tersendiri agar cerpen dapat menarik dan menghibur pembaca.

download ebook gratis

Cerpen memiliki ciri, unsur, dan perbedaan tersendiri dari novel atau karya tulis lainnya. Nah bagi Anda yang sedang memulai untuk menulis sebuah cerpen dan ingin menerbitkannya di media massa online atau sejenisnya, ada baiknya Anda mengetahui cara menulis cerpen online yang baik dan benar. Selain itu, akan kami ulas juga beberapa media massa online yang memberi kesempatan penulis untuk menerbitkan cerpennya.

Cara Menulis Cerpen Online: Mulai dari Tips Hingga Situs Rujukan Cerpen Online

blog menulis cerpen

Judul Menggunakan Aturan 80/20

Dunia publikasi mengenal aturan 80/20. Rata-rata 8 dari 10 orang akan membaca judul, tetapi hanya 2 dari 10 yang akan terus membaca isi. Judul adalah ‘janji’. Pembaca mengharapkan judul sebagai ‘kunci’ untuk mereka-reka isi cerita.  Semakin anda berjanji, semakin pembaca penasaran untuk menebak isi cerita, semakin besar peluang mereka meneruskan.

Ini hanya permainan ‘menggoda pasangan’. Seperti gadis di pesta topeng yang menampilkan mata namun menutupi seluruh wajah. Penelitian menunjukkan bahwa judul yang kuat terdiri dari 8 kata atau kurang. Selain itu, pemakaian kata benda sebagai judul juga cenderung lebih menarik perhatian. Pada dasarnya manusia suka hal yang kongkrit ketimbang abstrak, bukan? Tak ada salahnya Anda mencoba tips cara menulis cerpen online satu ini.

 

Paragraf Pertama Cukup 2 – 4 Baris

Cara menulis cerpen online yang menarik selanjutnya adalah pada penulisan di paragraf pertama. Paragraf pertama bisa dibilang sebagai penentu apakah cerpen ini menarik untuk dibaca lagi atau tidak. Untuk itu jangan terburu-buru menyesaki pembaca dengan paragraf pembuka yang panjang. Kalimat panjang dan berbelit hanya akan membuat pembaca Anda bosan dan mereka cenderung akan pergi.

Umumnya  membaca membaca paragraf pertama masih dalam rangka mengambil keputusan, terus membaca atau berhenti. Mereka ingin menentukan keputusan dengan segera, tanpa membuang waktu. Maka solusi cara menulis cerpen online supaya dibaca oleh pembaca sampai selesai yakni penulis paragraf pendek di paragraf pertama. Penulis senior menasehatkan untuk mengetengahkan konflik dan atau menghadirkan salah seorang karakter pada pembuka. Cuplikan tersebut dapat menumbuhkan rasa penasaran pembaca. Nasehat itu terbukti manjur. Cobalah.

 

Panjang Tulisan Berkisar 100 – 1.000 Kata

Tips cara menulis cerpen online selanjutnya yakni memperhatikan jumlah kata dalam sebuah cerpen. Lazimnya jumlah kata yang ditemui pada cerpen di Indonesia kisaran 1.000 – 2.100 kata (6-8 halaman kwarto, spasi ganda). Itu persyaratan standar dari editor koran hari minggu.

Sementara menurut Edgar Allan Poe, 1846, Jumlah itu dianggap cukup memenuhi definisi klasik dari cerpen jika:

Cerita pendek harus dapat dibaca dalam waktu sekali duduk. Namun saya sendiri sangsi bisa menahan mata pembaca di hadapan PC atau notebbok untuk menatap lebih dari 1.000 kata. Terlepas dari kepiawaian anda menulis alur cerita, menggerakkan cursor terus menerus bergulir kebawah cukup menggangu konsentrasi. Kriteria cerpen yang bagus tidak mensyaratkan panjang pendeknya tulisan?

 

Cara Menulis Cerpen Online : Memberi Jeda

Selanjutnya yakni membiarkan pembaca memberi jeda saat membaca cerpen Anda. Biarkan pembaca menarik nafas. Tips ini bagus untuk cerpen dalam kisaran 1.000 kata. Caranya dengan potong cerita dengan gambar atau ilustrasi yang relevan dengan isi cerpen. Paragraf yang pendek dan pemakaian format rata kiri akan memperbanyak ruang putih dalam tubuh tulisan. Tampilan ini cenderung menyegarkan mata.

 

Cara Menulis Cerpen Online : Menghapus Iklan dan Link

Cerpen sejatinya bukan konten pemasaran. Hindari menempatkan iklan (teks atau banner) dalam tubuh postingan. Meski blog cerpen anda bertujuan komersil. Tips cara menulis cerpen online ini relevan dengan banyaknya ads yang bermunculan sekarang. Iklan hanya akan memecah perhatian dan menggangu kenyamanan. Orang membaca cerpen untuk rekreasi dan bukan untuk membeli produk.

 

Situs Rujukan untuk Menambah Uang Saku

Anda bisa membuat cerpen pribadi atau cerpen yang Anda tulis untuk diri sendiri, membagikannya di blog dan media sosial, atau Anda dapat mengirimnya ke media masa agar diterbitkan. Anda dapat mulai menulis kumpulan cerpen lalu dikirimkan ke penerbit, atau menulis cerpen lalu dikirimkan ke media massa seperti koran daerah, serta beberapa koran lokal seperti kompas, dll.

Namun tentu saja akan ada seleksi yang cukup ketat sebelum nantinya cerpen yang dikirimkan diterima dan diterbitkan.

 

Beberapa situs ini bisa Anda jadikan rujukan untuk menambah uang saku dari menulis cerpen:

Vebma

Vebma adalah salah satu platform menulis yang menurut saya cocok untuk digeluti bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan dengan menulis cerpen online dan mendapatkan bayaran. Di Vebma sebenarnya kita tidak hanya bisa menulis dan menerbitkan Cerpen saja melainkan kita pun bisa menuliskan tulisan-tulisan informatif lainnya seperti tulisan opini, edukasi hingga tulisan berita dan tulisan-tulisan umum lainnya.

 

Plukme

Cara menulis cerpen online dan mendapatkan tambahan uang dari platform menulis yang cukup populer akhir-akhir ini adalah Plukme. Di Plukme setiap penulis bebas menuangkan tulisannya. Baik tulisan umum hingga cerpen dan mendapatkan benefit dari tulisan-tulisannya yang berhasil dipublikasikan ke Plukme.

 

BASABASI.CO

BASABASI.CO adalah Platform digital yang menyediakan bahan bacaan yang berkualitas bagi pembacanya termasuk menyediakan ruang kirim tulisan berupa cerpen, puisi dan berbagai jenis tulisan lainnya seperti opini, review film hingga tulisan-tulisan lainnya seperti review buku pendidikan, review buku cerpen, novel, dll.

 

Republika

Selain ketiga situs di atas, Jika Anda memang sudah memiliki keahlian menulis cerpen tingkat mahir dan merasa tulisan cerpenmu memiliki nilai ‘seni’ maka kamu bisa mencoba untuk mengirim ke koran republika.

 

Kompas

Cara menulis cerpen online dan dibayar, Anda bisam melalui situs atau redaksis kompas. Di sini anda tidak hanya dibolehkan mengirim karya berupa cerpen untuk dipublikasikan ke media mereka. Melainkan Anda juga bisa mengirim tulisan berupa puisi maupun dongeng.

 

Jawa Pos

Selain memuat berita juga gosip artis, Jawa Pos juga sering menampilkan cerpen-cerpen berkualitas untuk pembacanya. Tidak hanya itu, anda juga bisa menulis resensi buku termasuk puisi untuk dikirimkan ke redaksi Jawa Pos.

Media Indonesia

Cara menulis cerpen online dan dibayar selajutnya jika Anda mengirimkan cerpen Anda ke Media Indonesia. Media Indonesia menjadi salah satu tempat anda menulis cerpen. Sebagaimana pada semua redaksi cerpen yang dikirimkan harus terjamin keorisinalitasnya dan belum pernah dipublikasikan di media lain dalam bentuk apapun.

 

Tempo

Tempo adalah salah satu media yang sangat populer dan cukup fenomenal di Indonesia. Selain cerpen dan puisi kamu juga bisa mengirim tulisan lain berupa resensi buku dengan honor yang cukup lumayan.

Demikianlah ulasan cara menulis cerpen online dan dimana situs yang bisa Anda gunakan untuk mengirim cerpen online. Apakah artikel ini bermanfaat? Semoga setelah membaca artikel di atas Anda semakin semangat untuk menulis cerpen dan menerbitkannya secara online maupun offline.


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula