fbpx

8 Aplikasi Cara Menulis Novel Tanpa Laptop

aplikasi cara menulis novel tanpa laptop

Cara menulis novel tanpa laptop. Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, rasanya sebagai penulis terasa aneh apabila tidak membawa laptop, ya? Meski ini tidak berlaku ke semua penulis, meski begitu tidak dapat ditampik bahwa laptop menjadi barang penting yang dimiliki penulis. Ibarat sebuah perang, laptop inilah yang menjadi senjatanya.

Impian terbesar seorang penulis adalah ingin sekali bisa menulis di mana saja, kapan saja. Tentu saja untuk mewujudkan keinginan itu setiap penulis harus punya gadget, minimal laptop yang bisa dibawa ke mana saja. Tapi, tenang. Tidak semua harus menggunakan laptop, Anda tetap bisa menulis dan menjadi penulis dengan menggunakan gadget lain.

Cuma punya smartphone? Atau malas menulis manual tapi keberatan juga kalau harus membawa laptop kemana-mana? Tak apa, cara menulis novel tanpa laptop pun bisa Anda lakukan melalui smartphone. Yap, menulis online bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital berupa gadget dan aplikasi.

Jadi kalau Anda suka menulis tidak perlu ribet lagi jika ingin menyimpan naskah hasil karya kalian. Karena cukup download aplikasi untuk menulis dalam gadget, Anda pun sudah langsung bisa menulis di mana pun dan kapan pun berada!

Berikut ini aplikasi gadget yang bisa menunjang Anda menulis novel tanpa laptop :

Cara Menulis Novel Tanpa Laptop yang paling terkenal : Wattpad

Cara menulis novel tanpa laptop bisa Anda lakukan di Wattpad. Wattpad adalah aplikasi untuk membaca ataupun mengirimkan karya tulisan dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Aplikasi menulis ini sudah tidak asing dan cukup populer. Dari Wattpad kini banyak sekali penulis yang dapat menerbitkan bukunya secara fisik dan tidak sedikit pula yang berhasil menjadi best seller.

deepublish aplikasi Wattpad

Sebut saja Almira Bastari dan Valerie Patkar yang sama-sama berangkat dari Wattpad hingga kini menjadi penulis buku best seller. Almira telah menerbitkan Resign! sementara Valerie sukses dengan Claires. Hingga saat ini Wattpad memiliki 100 juta cerita yang bisa dibaca secara online.

Wattpad sudah tersedia versi yang lebih mudah diakses yakni di Android dan iOS. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk menulis novel tanpa laptop, bukan? Untuk membuat akun, Anda cukup registrasi dengan menghubungkan akun Anda dengan Facebook atau Google+, kemudian ikuti petunjuk yang tersedia.

Kembali ke atas ▲

Storial.co

Storial.co juga menjadi aplikasi yang bisa digunakan sebagai cara menulis novel tanpa laptop. Storial.co merupakan situs menulis online di Indonesia, yang dibuat dengan tujuan melahirkan banyak penulis baru. Baru beberapa bulan diluncurkan, Storial.co sudah memiliki lebih dari 500 judul cerita.

Aplikasi ini juga memiliki komunitas menulis. Jadi bagi Anda yang bingung mencari inspirasi, ingin berdiskusi dengan sesama penulis, atau memiliki pertanyaan seputar kegiatan menulis, Anda dapat bergabung dalam komunitas di Storial.co ini. Anda bisa membuka situs web ini melalui gadget smartphone Anda. Pastikan Anda jaringan interet, ya!

Tampilan Storial.com memiliki desain yang modern dan cantik yang menjadi kelebihan tersendiri bagi aplikasi ini. Selain itu terdapat pula fitur khusus yang bisa menghubungkan langsung penulis dengan para pembacanya.

Kembali ke atas ▲

JotterPad

JotterPad sangat cocok digunakan untuk para penulis yang ingin menulis novel, puisi, lirik lagu, hingga artikel. Format tulisan yang dapat dibuat di JotterPad memiliki banyak pilihan. Mulai dari txt, pdf, markdown, hingga docx.

deepublish aplikasi JotterPad

Aplikasi ini dapat ditemukan di Android maupun iOS. Jotterpad juga memiliki desain yang user-friendly, sehingga mudah untuk digunakan di mana saja dan kapan saja. Kelebihan JotterPad lagi adalah ia menampilkan visual font tulisan yang  memiliki banyak pilihan dan enak dibaca. Andapun dapat merasakan sensasi membaca secara online layaknya membaca dari buku fisiknya.

Kembali ke atas ▲

Cara Menulis Novel Tanpa Laptop bisa dengan Aplikasi Penana

Mungkin masih terdengar asing nama aplikasi ini pada telinga orang Indonesia. Cara menulis novel tanpa laptop selanjutnya dapat menggunakan aplikasi Penana. Aplikasi ini tergolong baru di antara aplikasi lainnya. Selain menyediakan fitur-fitur menulis, Penana juga menyediakan fitur yang cukup unik yang jarang dimiliki aplikasi menulis lainnya yaitu, fitur lomba menulis rutin yang disebut NaNoWrimo.

Cara menggunakan aplikasi Penana juga sangat mudah.  Unduh aplikasi Penana melalui Google Play Store atau iOS store,  Penana langsung siap digunakan untuk menulis. Selain itu,  Anda juga bisa mendapatkan notifikasi dari pembaca yang berkomentar pada tulisan Anda.

Jika ingin mencari referensi tulisan dari tulisan-tulisan yang populer Anda bisa langsung melihatnya dalam fitur trending topic. Bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi yang memiliki fitur paling beragam dan menarik. Tentunya aplikasi ini akan memudahkan Anda juga dalam cara menulis novel tanpa laptop.

Kembali ke atas ▲

Steller

Cara menulis novel tanpa laptop bisa menggunakan aplikasi Steller. Steller merupakan singkatan dari storyteller yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti penutur cerita atau pendongeng. Anda tidak akan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya, karena semua elemen untuk bercerita, meliputi teks, foto, dan video tersedia lengkap di sini.

deepublish aplikasi cara menulis novel tanpa laptop steller

Jadi, tulisan yang dihasilkan dalam Steller akan lebih menarik dan interaktif karena menggabungkan elemen teks, foto, dan video. Cocok banget buat Anda yang suka menulis quotes atau puisi zaman now.

Kembali ke atas ▲

Cara Menulis Novel Tanpa Laptop juga bisa dilakukan dengan Write Tools

Dilansir dari laman Carisinyal.com, cara menulis novel tanpa laptop selanjutnya yakn bisa menggunakan aplikasi Writer Tools. Aplikasi ini bisa Anda download melalui Play Store atau Apple Store. Writer Tools sendiri merupakan aplikasi khusus penulis yang memiliki fitur menarik seperti ‘Timer’, yakni pengatur waktu yang berjalan selama 25 menit untuk menulis. Saat waktunya habis, Anda disarankan untuk berhenti menulis dan beristirahat sejenak.

Selain fitur ‘Timer’, Writer Tools juga dilengkapi dengan fitur ‘Writing Progress’, dimana Anda dapat memantau hasil kerja Anda secara berkala melalui tab ‘Writing Log’ untuk mengetahui jumlah kata yang telah Anda tulis. Menarik lagi dalam  fitur ‘Writing Progress’, Anda juga dapat mengetahui statistik dari buku yang Anda tulis melalui tab ‘Progress Stats’. Di sini anda juga bisa membuat profil dari setiap karakter novel Anda melalui fitur ‘Characters’ yang tersedia. Menarik ya?

Kembali ke atas ▲

My Story Today

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menulis novel dengan smarphone yakni aplikasi My Story Today. My Story Today menawarkan fitur untuk membantu Anda dalam menyusun novel Anda sendiri yang dapat ditemukan di Google Play Store. Dalam My Story Today, Anda dapat  menambahkan karakter serta setting tempat dalam cerita secara dinamis dan terintegrasi menggunakan rich text editor yang tersedia.

Kembali ke atas ▲

Novelist

Aplikasi lain cara menulis novel tanpa laptop adalah dengan aplikasi Novelist. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk para penulis novel. Anda bisa menggunakan tools yang ada pada aplikasi ini untuk menyusun rangkaian naskah Anda.

deepublish aplikasi Novelist

Melalui aplikasi tanpa laptop ini Anda juga dapat mengatur tanggal deadline untuk pekerjaan menulis Anda. Soal fitur yang ditawarkan, Novelist memiliki beragam fitur menarik yang bisa digunakan seorang penulis novel secara optimal. Mulai dari pemilihan template untuk buku, editor dengan teks format dan auto save, hongga mode preview yang enak dilihat.

Kembali ke atas ▲

Mengingat semakin banyak aplikasi yang mendukung para penulis menulis novel tanpa laptop. Jadi jika Anda malas menulis secara manual dan juga keberatan membawa laptop beberapa aplikasi di atas bisa jadi alternatif untuk berkarya.

Setelah Anda bisa menyalurkan karya Anda cara menulis novel tanpa laptop, mulailah mencari penerbit untuk menjadikan karya novel Anda bisa semakin dinikmati banyak orang. Bisa dibilang, keuntungan yang Anda miliki ketika Anda hanya menampilkan di situs website tidak sebanyak jika Anda mendapatkan royalti apabila novel Anda diterbitkan.

Anda tertarik menerbitkan novel? Hubungi Penerbit Deepublish sekarang. Nikmati penawaran menarik mulai dari harga dan kualitas cetak kelas premium, hingga pembagian royalti yang lebih besar dibandingkan penerbit lainnya. Hubungi Deepublish sekarang juga!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: Cara Menulis Novel : Elemen Novel yang Harus Anda Pahami


PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish