Cara menulis rumus di word sering digunakan untuk menulis rumus matematika, fisika atau kimia. Cara ini pun juga lebih sering digunakan oleh penulis buku ajar, buku referensi tentang rumus-rumus. Nah, barangkali Anda salah satu yang sedang binggung ingin menuliskan rumus-rumus di word?

Ternyata banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menulis rumus di word loh. Padahal, pihak MS Word itu sendiri sudah memberikan fasilitas rumus ini. Hanya saja, banyak orang yang tidak tahu cara-caranya. Penasaran bukan, bagaimana sih caranya? Langsung simak beberapa cara berikut ini.

Cara Menulis Rumus di Word dengan Mudah

1. Buka Microsoft Word

2. Pilih menu “Insert”

3. Klik “Equation” yang terletak di posisi sebelah kanan.

cara menulis rumus di word

4. Pada bagian bawah, Anda akan menemukan “Insert New Equation” lalu klik.

5. Otomatis Akan akan berada di menu “Design” tempat Anda memasukkan rumus-rumus di microsoft word.

6. Lanjutkan membuat rumusnya.

#1. Membuat Rumus Per / Pecahan

1. Pilih “Fraction”

membuat rumus pecahan

2. Kemudian pilih “gaya” yang ingin dipakai. Anda juga bisa memilih rumus yang biasa dipakai (tersedia) di menu “Common Fraction”.

3. Tinggal isi dengan angka / huruf sesuai dengan rumus yang ingin Anda buat.

membuat rumus pecahan

4. Anda juga dapat memasukkan Pangkat di dalam rumus tersebut, dengan klik “Script”.

#2. Membuat Rumus Pangkat / Kuadrat di Ms Word

1. Pilih “Script”

membuat rumus pangkat atau kuadrat di word

2. Pilih template / style yang ingin Anda pakai. Atau bisa menggunakan rumus yang sudah ada di Common Subscripts and Superscripts.

pangkat kuadrat di word

#3. Cara Membuat Rumus Akar di Word

1. Pilih “Radical”

membuat akar di word

2. Anda bisa memilih template yang tersedia.

Jika pangkat 2, pilih saja yang pangkat 2. Atau ada juga yang pangkat 3 atau custom.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Layout Buku Sendiri Di Microsoft Word

Cara Menulis Rumus di Microsoft Word dengan Object

1. Tentu saja langkah pertama harus masuk di lembar kerja Ms Word terlebih dahulu.

2. Setelah itu, Anda bisa tekan menu Insert. Jika Anda masih binggung, anda bisa lihat anak panah di gambar di bawah.

langkah 1 menulis rumus di microsoft word

3. Setelah masuk ke insert, maka kamu akan melihat beberapa tampilan dan pilihan. Kemudian temukan Object di sisi kanan, dan tekan anak panahnya.

langkah 2 menulis rumus di word - klik object

4. Maka akan muncul beberapa pilihan, nah Anda pilih lagi object dan akan kembali muncul dua dua pilihan lagi lebih banyak. Nah, kamu cukup klik lagi Object. Maka nantinya Anda akan diarahkan masuk ke banyak pilihan. Kamu bisa pilih dan klik Microsoft Equation 3.0 seperti gambar berwarna biru di bawah.

menulis rumus di word

5. Jika sudah sampai tahap ini, bisa lalu tekan ‘OK’. Atau bisa juga tekan klik dua kali pada Microsoft equation 3.0.

Maka akan muncul banyak sekali template rumus-rumus yang bisa diisikan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain template rumus, ada juga simbol-simbol yang sering digunakan dalam matematika.

Template rumus ada banyak pilihan yang sering digunakan untuk membuat rumus matematika ataupun fisika. Dari tampilannya, memang hanya dasarnya saja. Tampilannya seperti di bawah ini.

langkah menulis rumus di ms word

Dari equation yang tampak di atas, tersedia pula beberapa simbol dalam matematika, rumus, singma, pangkat dan masih banyak lagi. Tentu saja setiap poinnya memiliki cara kerjanya masing-masing. Terkait teknis bagaimana cara penggunaannya, tentu saja tidak bisa saya tuliskan seecara lengkap di sini, karena keterbatasan ruang.

Misalnya untuk simbol berikut dapat digunakan untuk penulisan perpangkatan. Baik itu pangkat atas, bawah ataupun simbol-simbol yang berpangkat di bagian bawah.

Jadi ketika Anda ingin menuliskan perpangkatan, kamu cukup arahkan kursor kea rah template simbol rumus di atas, maka secara otomatis akan keluar beberapa variasi template pangkat seperti berikut :

langkah menulis rumus di word

Nah, apabila Anda ingin menulis tentang pengakaran, maka Anda bisa menekan simbol seperti berikut di sana akan disediakan mulai pengakaran yang disertai beberapa pilihan template seperti gambar berikut.

menulis rumus di word

Dari template tersebut, Anda tinggal memasukan angka yang Anda inginkan. Nah, buat Anda yang ingin mencari simbol-simbol yang tidak dapat ditemukan di toolbar, Anda bisa mencari simbol tersebut di sini.

Simbol ini maka kamu akan dapat beberapa pilihan simbol yang tidak dapat ditemukan di toolbar. Penasaran bukan, isi simbol tersebut apa saja? Dapat dilihat sebagai berikut.

langkah menulis rumus di word

Baca juga : 6 Cara Membuat Buku Di Word Sampai Jadi

Bagaimana Melakukan Editing Pada Rumus Yang sudah Ada?

Ternyata menguasai cara menulis rumus di word saja tidak cukup. Muncul pertanyaan sederhana dan umum. Misalnya pertanyaan bagiamana cara melakukan editing pada rumus yang sudah terlanjur jadi, dan ingin ada yang edit?

Proses edit rumus tidak sama dengan edit teks di Ms Word yang tinggal arahkan kursor yang salah kemudian di backspace dan diganti begitu saja. Pada rumus matematika Anda bisa melakukan klik dua kali pada template yang akan di edit.

Maka template yang di klik dua kali akan berubah tampilan ke tempailan pertamakali Anda memasukan angka-angka di template. Sayangnya, kadang ada yang dua kali di klik bisa langsung masuk dan mudah di edit. Ada pula yang terjadi kasus, misalnya tidak bisa masuk karena eror. Maka, Anda harus menulis ulang bagian rumus yang eror tersebut. Tentu saja hal ini membuang waktu.

Itu sebabnya, saat menuliskan rumus, harus hati-hati dan teliti, agar tidak sering dilakukan edit sana dan edit sini. Tentunya, agar lebih efektif dan hemat waktu.

Beberapa Catatan dan Tips Menulis Rumus di Word

Nah, di tahap penulisan rumus di word, ada yang paling penting. Jadi, setiap kali menuliskan rumus, ada beberapa catatan yang tidak bisa dilakukan di template rumus tersebut.

Template rumus tidak bisa menuliskan kalimat

Jadi template rumus tersebut tidak dapat digunakan untuk mengetikan sebuah kalimat. Maksud tidak bisa membuat kalimat adalah tidak dapat menuliskan lebih dari satu kata. Karena satu kata dengan kata yang lain harus dipisahkan dengan spasi. Padahal, template rumus-rumus ini tidak dapat untuk spasi.

Lantas bagaimana jika terpaksa ada rumus yang melibatkan dua kata? Tenang, Anda bisa juga meminimalisirnya. Anda tetap memberikan spasi dengan cara tekan CTRL + Spasi. Maka bisa ada spasi. Tetapi ingat, penulisan kalimat dalam template ini hanya pendek-pendek kata saja.

Hanya cocok untuk menuliskan simbol-simbol seperti simbol huruf atau angka saja

Seperti yang disinggung di poin a template rumus ini tidak cocok untuk penulisan kalimat atau kata. Jadi hanya cocok untuk menuliskan huruf ke huruf dan simbol.

Misalnya simbol matematika yang sering digunakan adalah simbol X dan Y. Biasannya ketika kita menekan huruf X di keyboard, ketika ditulis di template rumus, akan berubah menjadi X dan Y seperti berikut dan maka secara otomatis akan menjadi simbol matematika yang sebenarnya.

Dibutuhkan Ketelitian

Tidak seperti halnya menulis atau mengetik kata dan kalimat di lembar kerja Ms Word. Saat mengerjakan rumus-rumus, dibutuhkan ketelitian dan kejelian. Karena untuk melakukan proses editing pun juga dibutuhkan ketelitian.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang cara menulis rumus di word yang bisa kamu coba. Setelah melihat tutorial atau cara di atas sebenarnya tidak terlalu sulit bukan? Anda pun bisa mempraktekannya. Jadi, mulai sekarang Anda bisa melanjutkan program atau rencana menulis buku atau tulisan yang ada rumus-rumusnya.

Daripada meminta jasa rental untuk menuliskan rumus, alangkah lebih memuaskan jika dikerjakan sendiri. alasannya pun sederhana, agar bisa ditulis sesuai dengan keinginan dan sesuai maksud yang Anda inginkan.

Tentu saja, akan lebih teliti dibandingkan menggunakan jasa oranglain. Memang dari segi waktu, kita harus rela mengorbankan waktu untuk mengerjakan. Tetapi dari segi uang, kita tidak perlu membayar jasa rental atau jasa pembuatan penulisan rumus.

Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat dan semoga Anda tidak lagi mengalami kesulitan dalam mempraktekan rumus matematika tersebut ya.

(Irukawa Elisa)