fbpx

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

cara menulis daftar pustaka dari jurnal pdf

Ternyata banyak orang yang masih kebingungan cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Dalam rangka menjawab kebinggungan bagaimana penulisan, sebelumnya akan dibahas secara garis umum, apa itu daftar pustaka dan apa saja ciri-ciri daftar pustaka.

Sebelum mengetahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal, wajib hukumnya mengetahui secara umum daftar pustaka. Tujuannya jelas, agar tidak terjadi kebimbingan pemahaman. Nah, mengulas apa saja? Berikut ulasannya.

 

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis dibagian akhir jurnal. Penulisan daftar pustaka ini digunakan sebagai referensi untuk menyusun identitas sumber referensi yang telah digunakan penulis dalam menuliskannya. Terkaiat bagaimana cara menulis daftar pustaka dari jurnal, akan diulas di sub bab di bawah.

Dari segi penulisan, daftar pustaka ditulis sesuai dengan kaidah tertentu. Ada banyak kaidah penulisan daftar pustaka, ada yang ditulis dengan cara format APA, Chicago dan masih banyak yang lain. Dari banyak jenis format tersebut, secara inti di dalamnya memenuhi beberapa unsur. Yaitu unsur, yaitu unsur nama penulis, tahun terbit/dipublikasikan, judul tulisan/jurnal, menyantumkan identitas penerbit/lokasi file tersebut diterbitkan.

Daftar pustaka ditulis disemua bentuk tulisan. Jadi tidak hanya ditulis ketika menulis jurnal, tetapi juga menulis skripsi, makalah, laporan, menulis buku hingga menulis artikel sekalipun.

 

Peranan Fungsi Daftar Pustaka

Ketika menulis daftar pustaka untuk jurnal, setidaknya akan ada beberapa peran dan fungsi yang diperolehnya. Salah satunya adalah menjadikan jurnal yang Anda tulis lebih valid. Karena diambil dari sumber terpercaya dan tentunya diambil dari ilmu yang relevan dengan kajian tulisan yang Anda tulis. Berikut adalah fungsi daftar pustaka.

  • Memiliki tanggungjawab ilmiah, jadi tulisan yang Anda tulis bisa bertanggungjawab atau tidak juga dapat dilihat dari sumber referensi yang Anda gunakan.
  • Memberikan Apresiasi Kepada Penulis. Kok bisa? Ketika kita mengambil atau membaca referensi untuk tulisan jurnal Anda, jika menggunakan referensi dari penulis A, maka itulah yang perlu Anda tuliskan. Sebagai bentuk apresiasi telah menggunakan ide atau gagasan karya orang lain dalam tulisan kita.
  • Meminimalisir terjadinya plagiarisme, karena banyak sekali kasus plagiarisme karena tidak tahu bahwa, apabila mengambil kutipan atau karya tulis dari penelitian lain, wajib menyantumkankan. Jika tidak dicantumkan, dapat dinilai sebagai tindakan plagiarisme.
  • Dalam penulisan jurnal, menuliskan daftar pustakan menjadi salah satu syarat utama. Karena syarat utamannya adalah memiliki daftar pustaka.

 

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal harus memahami terlebih dahulu tujuan penulisannya. Apa sih tujuan menulis jurnal? Karena tanpa mengatuhi tujuannya, ketika menulis kita kurang menjiwai. Berikut adalah tujuannya.

  • Bersifat memudahkan, tujuan penulisan daftar pustaka bertujuan untuk memudahkan para pembaca. Jadi banyak pembaca yang terbantuk mencari sumber referensi ketika melihat daftar pustaka yang dicantumkan. Pembaca pun juga merasa terbantu ketika ingin mempelajari ilmu lebih dalam dan spesifik dari isi jurnal tersebut.
  • Membantu pembaca mengembangkan gagasan, ide saat menulis karya ilmiahnya. Tidak hanya itu, juga membantu penulis untuk menyempurnakan tulisan lebih berisi dan berkualitas.
  • Membantu mengetahui sumber yang dipergunakan untuk mengkayakan ilmu pengetahuan di dalam karya tulis itu atau dimana.

 

Teknis Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal

Sebelum mengarah langsung ke cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Ada satu hal yang tidak kalah penting saat menulis jurnal. Jadi di dalam penulisan jurnal, perlu juga memperhatikan bagaimana mencatat kutipan dengan baik. Baik itu dengan cara mengutip kalimat, kata atau mengutip sebuah paragraf.

penulisan daftar pustaka dari artikel

Setiap kali mengutip, wajib hukumnya untuk mencantumkan informasi mengenai sumber yang digunakan. Kemudian, bagaimana cara menyantumkan sumber tersebut? akan diulas sebagai berikut.

  • Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa, penulisan daftar pustaka itu memiliki unsur-unsur penting seperti unsur penulisan nama, tahun terbit jurnal, judul jurnal dan nama penerbit jurnal. Ditambah mencantumkan informasi atau volume atau edisi jurnal. Bagian terakhir, menyantumkan link url jika jurnal tersebut dipublikasikan secara online. Khusus jurnal yang diakses secara online, juga ditambah tanggal akses jurnalnya.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal bisa berpedoman dengan tujuh unsur di bawah ini. Setidaknya, ketujuh unsur ini adalah patokan umum yang wajib ada saat menulis daftar pustaka. Jenis apapun itu daftar pustakanya. Berlaku untuk penulisan daftar pustaka dari jurnal, buku, karya ilmiah, skripsi dan masih banyak lain-lain.

  1. penulisan nama, tulisan nama penulis jurnal. Bisa Anda tulis dengan cara menuliskan nama belakang, kemudian diberi tanda (,) dan barulah disertai penulisan depan penulis. Setiap penulisan nama, berikan tanda titik (.) karena itu juga termasuk aturan yang sudah baku.
  2. tahun terbit jurnal diletakan setelah penulisan nama penulis. Setiap penulisan tahun terbit jurnal, juga selalu ditambah tanda titik (.).
  3. judul jurnal wajib dicantumkan setelah penulisan tahun terbit. Penulisan judul jurnal menjadi poin penting yang tidak boleh ditinggalkan saat menulis daftar pustaka.
  4. nama penerbit jurnal ditulis setelah tanda titik dalam judul jurnal. Nama penerbit jurnal ini juga secara tidak langsung dapat digunakan untuk mengetahui, penerbit mana yang menerbitkan. APakah penerbit yang memang berkredibel, atau dari instansi atau dari hal lainnya.
  5. volume atau edisi jurnal juga wajib dicantumkan. cara menulis daftar pustaka dari jurnal ini penting dicantumkan. Memang sedikit berbeda dengan penulisan daftar pustaka dari buku. Khusus untuk penulisan jurnal, wajib menyantumkan volume atau edisi jurnal sebagai identitas.
  6. menyantumkan link url, ini hanya berlaku apabila jurnal tersebut diambil dari portal online. Sekedar tambahan informasi bahwa, ada jurnal yang dipublikasikan oleh penerbit atau instansi, ada juga yang dipublikasikan secara online.
  7. tanggal akses jurnal juga perlu dicantumkan. Ini juga berlaku untuk jurnal yang dipublikasikan secara online.
  • Cara menulis daftar pustaka dari jurnal Sumber yang berbentuk Kutipan Kutipan

Khusus cara mengutip sumber yang ada dibagian teks, juga ada aturannya loh. Ada dengan cara menuliskan dengan memberi buka kurung, kemudian ditulis nama penulis dan tahun. Ada juga yang modelnya dipaparkan secara bercerita.

Contoh : Dinas Pariwisata akan mencanangkan objek wisata baru yang ke-7 dengan destinasi yang terintegrasi dengan pengujung. Rancangan ini dibuat dipelopori oleh 99 orang yang berpengalaman dibidangnya (Novia, 2019).

Kata yang dikurung tutup disertai dengan nama dan tahun menunjukan bahwa data tersebut ditulis oleh Novia, yang ditulis dalam sebuah buku yang diterbitkan di tahun 2019. Adapun metode cara menuliskan sumber kutipan dengan cara bercerita atau dengan cara kutipan langsung dan tidak langsung, yang akan di bahas di kesempatan yang lain.

Itulah cara-cara yang bisa Anda coba dan praktekan. Pada dasarnya, menulis daftar pustaka itu sangat mudah. Karena kita hanya menuliskan data atau identitas buku tersebut ke dalam lembar kerja seperti ke jurnal Anda. Tidak ada yang sulit sebenarnya ketika menuliskan daftar pustaka. Bahak, ketika menuliskannya pun, sebenarnya tidak mengharuskan kita berfikir lebih dalam.

Bagaimana? Apakah Anda masih kesulitan dengan ulasan cara menulis daftar pustaka dari jurnal satu ini? Jika masih, sebenarnya Anda cukup mengikuti aturan yang dipaparkan di atas, dijamin, Anda bisa menuliskannya. Anda hanya butuh rasa kepercayaan diri  lebih. Apapun itu, semoga pemaparan ini bermanfaat.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang daftar pustaka, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish