fbpx

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku

cara penulisan daftar pustaka dari internet

Contoh penulisan daftar pustaka dari buku. Dalam pembuatan sebuah buku non fiksi terdapat bagian daftar pustaka yang harus ada. Daftar pustaka berfungsi sumber atau referensi oleh seorang penulis dalam menyususun sebuah karya tulis ilmiah baru. Penulisan daftar pustaka secara umum terdiri atas nama penulis, tahun terbit, judul tulisan, identitas penerbit dan lokasi penerbit yang ditulis urut secara abjad dari atas ke bawah.

Daftar pustaka umumnya digunakan di semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, laporan, artikel dan lain sebagainya. Jika membuat tulisan ilmiah tapi sumber rujukannya (daftar pustaka) salah atau bahkan tidak ada, maka tulisan ilmiah tersebut dikatakan tidak dapat dipercaya alias hoaks. Dalam penulisan daftar pustaka ini terdapat aturan yang harus patuhi. Nah setiap tulisan memiliki kaidah yang berbeda-beda. Misalnya contoh penulisan daftar pustaka dari buku, makalah terdahulu, surat kabar, majalah ataupun dari internet.

Pada dasarnya dalam penulisan daftar pustaka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Daftar pustaka dibagi menjadi 3 macam berdasarkan jenis sumber buku yang digunakan.

  • Buku-buku dasar yaitu buku yang dipergunakan sebagai bahan orientasi umum mengenai pokok yang digarap itu.
  • Buku-buku khusus yaitu buku-buku yang dipakai oleh penulis untuk mencari bahan-bahan yang langsung berkaitan dengan pokok persoalan yang digarap.
  • Buku-buku pelengkap yaitu buku-buku yang topiknya lain dari topik yang digarap penulis

 

Untuk menyusun sebuah daftar pustaka ada aturan dalam rangkaiannya. Contoh penulisan daftar pustaka dari buku perlu mengurutkan sebagai berikut.

  1. Nama pengarang diurutkan menurut alfabet. Penulisan nama harus dibalik dan dipisah dengan tanda koma. Kadang ada lembaga yang menerapkan penulisan nama tidak dipisah dengan tanda koma.
  2. Bila tidak ada pengarang, maka judul buku atau artikel yang dimasukkan dalam urutan alfabet.
  3. Penulisan nama pengarang tanpa menggunakan gelar (akademik, keturunan, dan agama).
  4. Bila penulisannya lebih dari satu orang pengarang gunakan tanda koma untuk memisahkannya.
  5. Penulisan Judul buku dicetak miring tetapi judul artikel tidak.
  6. Judul buku setiap awal kata menggunakan huruf kapital, kecuali kata tugas.
  7. Judul artikel ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf awalnya.
  8. Jarak (spasi) antara satu referensi (satu judul) dengan referensi (judul lain) sesuai dengan jarak (spasi) makalah atau skripsi (1,5-2).
  9. Sambungan referensi diketik dengan cara menjorok ke dalam 5-7 ketukan dan spasi rapat (tunggal 1).
  10. Jika dari seorang penulis, digunakan beberapa rujukan, nama penulis cukup dicantumkan satu kali. Selanjutnya nama penulis diganti dengan garis (tanda pisah 3M).
  11. Jika untuk seorang pengarang terdapat lebih dari satu bahan referensi, untuk referensi yang kedua dan seterusnya nama pengarang tidak perlu diikutsertakan tetapi diganti dengan garis sepanjang 5 atau 7 ketukan.
  12. Jarak antara baris dan baris untuk satu referensi adalah satu spasi tetapi jarak antara pokok dan pokok lain adalah dua spasi.
  13. Baris pertama dimulai dari margin kiri. Baris kedua dan seterusnya dari tiap sumber harus dimasukkan ke dalam sebanyak 3 atau 4 ketikan.

Jika Anda sudah memahami susunan dalam pembuatan daftar pustaka, berikut ini contoh penulisan daftar pustaka dari buku secara rinci.

 

  1. Nama Penulis

Dalam penulisan daftar pustaka, nama penulis biasanya dibalik. Misalnya penulis buku bernama Handy Prayogo maka dalam daftar pustaka ditulisnya Proyogo, Handi.

penulisan daftar pustaka 2 orang

Namun jika terdapat penulis buku lebih dari satu orang, maka aturannya nama yang dibalik hanya nama penulis pertama. Penulis kedua, ketiga, dan seterusnya, nama tidak perlu dibalik. Jika penulis lebih dari tiga sebaiknya ditambahkan singkatan dkk atau et.all saja.

Contohnya:

Handi Proyogo dan Rangga Sastronegoro? ditulis menjadi Proyogo, Hadi dan Rangga Sastronegoro

Hadi Proyogo, Rangga Sastronegoro, Fauzi Hamzah, Seno Aji, Agustina ? ditulis menjadi Proyogo Hadi dkk atau Setiadi Hadi et.all

Berbeda lagi ketika rujukan buku yang Anda digunakan ternyata berasal dari seorang pengarang maka nama pengarang cukup ditulis sekali pada buku yang disebut pertama. Selanjutnya, cukup dibuat garis sepanjang 10 ketukan dan diakhiri dengan tanda titik.

 

Contoh:

Prayogo, Handi.

__________ .

__________ .

 

Tanda garis tersebut menyatakan bahwa penulisnya sama yakni Hadi Prayogo.

 

  1. Tanda Baca

Dalam penulisan daftar pustaka, tanda baca titik dan koma sangat kental terlihat. Tanda titik sebagai batas informasi, sementara tanda koma sebagai lanjutan jeda jika lebih dari satu kata pada nama. Seperti contohnya: Hadi Prayogo menerbitkan buku Cerdas Membaca pada tahun 2017 di Jakarta. Maka daftar pustaka yang ditulis:

Prayogo, Hadi. 2017. Cerdas Membaca. Jakarta

 

  1. Format Penulisan

Ada beberapa perbedaan ketika Anda menuliskan daftar pustaka meliputi contoh penulisan daftar pustaka dari buku yang bersumber pada artikel dalam jurnal, koran, atau majalah. Sekilas memang tidak berbeda jauh, namun Anda harus cermat supaya tidak salah. Secara format penulisan masih sama seperti di atas. Hanya penyusunannya yang sedikit berbeda.

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Format penulisan daftar pustaka semua kata harus diawali huruf kapital. Dengan susunan: Nama penulis (.) Tahun terbit (.) Judul buku (.) Kota penerbit

Judul buku ditempatkan sesudah tahun terbit dengan dicetak miring atau diberi garis bawah. Sementara kota penerbit ditulis setelah judul buku dan diakhiri tanda titik dua (:). Kemudian pencantuman penerbit dibagian akhir. Penerbit merupakan PT atau CV buku tersebut diterbitkan. Ditulis setelah kota penerbit dan diakhiri tanda titik (.).

Contohnya: Prayogo, Hadi. 2017. Cerdas Membaca. Jakarta: PT Gravindo Pratama.

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Secara Umum

Saat Anda menggunakan referensi buku jurnal, kaidah yang digunakan pun berbeda. Meski memang masih hampir sama saat mengutip dari sumber buku biasa. Anda perlu mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul artikel, hingga kota dan nama penerbit. Namun tetap ada perbedaan penulisan untuk beberapa urutan tersebut, yakni sebagai berikut.

Data Artikel:

Judul Jurnal        : Bahasa Sastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 3

Judul Artikel       : Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Yogyakarta

Penulis             : Fauzi Solikhin

Penerbit            : Kantor Bahasa Provinsi DIY Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kota Terbit         : Yogyakarta

Tahun Terbit        : 2015

 

Cara Penulisan:

Solikhin, Fauzi. 2015. “Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Yogyakarta” dalam Bahasa Bastra:urnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 3 (hlm. 125-130). Yogyakarta: Kantor Bahasa Provinsi DIY Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku Sumber Jurnal, Makalah, dan Laporan

Baik jurnal, makalah, atau laporan secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu berupa print out dan online atau digital. Berikut adalah susunan penulisan daftar pustaka dengan sumber jurnal:

– Nama penulis

– Tahun terbit jurnal

– Judul jurnal

– Nama penerbit

– Mencatumkan informasi tentang volume atau edisi jurnal

– Link url untuk mengakses jika jurnal bersumber dari jurnal online

– Tanggal akses jurnal

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku Sumber Skripsi, Tesis, Disertasi

Penulisan daftar pustaka dengan sumber baik skripsi, tesis, atau disertasi memiliki format yang sama, antara lain:

– Nama

– Tahun terbit

– Judul skripsi, tesis, disertasi yang bisa ditulis dalam tanda petik (“”)

– Nama fakultas

– Nama universitas

– Lokasi kota dari universitas.

– Cara Menulis Daftar Pustaka Sumber Internet/Website/Media Online

– Nama penulis artikel

– Tahun penulisan

– Judul artikel

– Link url

– Tanggal dan jam akses artikel

Demikian ulasan contoh penulisan daftar pustaka dari buku yang bisa Anda praktikkan saat menyusun suatu naskah buku. Mulai tulis naskah buku Anda dan jangan lupa mencantumkan daftar pustakanya.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang daftar pustaka, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish