Contoh Cover Buku Ajar dan Tips Membuatnya – Cover buku ajar yang bagus seperti apa sih? Berbicara soal buku ajar, tentu tidak asing lagi ditelinga para pengajar baik guru maupun dosen. Salah satu yang membuat buku ajar tampak menarik adalah dari covernya.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat cover buku ajar yang bagus, sebaiknya kita ulas dulu bagaimana cara menulis buku ajar yang tepat. Tentunya jangan sampai covernya saja yang bagus tapi isinya kurang mengena untuk peserta didik. 

Lantas bagaimana cara membuat buku ajar yang tepat? Simak baik-baik artikel ini karena ada banyak penjabaran yang bisa kamu praktikan di rumah. 

Pengertian Buku Ajar

Buku ajar merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Menurut pengertian Suharjono (2001) buku ajar adalah buku yang digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang

merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud-maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi dengan sarana sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.

Buku ajar merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran. Buku ajar memang merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar bagi siswa yang konvensional.

Namun meskipun konvensional dan sudah dipergunakan cukup lama dan banyak yang menganggap tradisional, buku pelajaran masih cukup mampu memberikan kontribusi yang baik pada pembelajaran. 

Beberapa materi pembelajaran tidak dapat diajarkan tanpa bantuan buku pelajaran. Buku ajar yang tersusun secara sistematis akan mempermudah peserta didik dalam materi sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran.

Maka dari itu, buku ajar harus disusun secara sistematis, menarik, aspek keterbacaan tinggi, mudah dicerna, dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku. 

Dengan adanya buku ajar kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi lebih lancar dan efektif. Dengan adanya buku ajar, keterampilan dan pengetahuan dasar siswa telah diperoleh sebelum masuk ke kelas sehingga selama di kelas dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemantapan ingatan, pemahaman konsep, berfikir kritis dan pengembangan pengetahuan.

Buku ajar menyediakan fasilitas bagi kegiatan belajar mandiri, baik tentang substansinya maupun tentang penyajiannya. Penggunaan buku ajar merupakan bagian dari budaya buku, yang menjadi salah satu tanda masyarakat maju. 

Di negara-negara berkembang dengan jumlah guru yang terbatas, buku ajar menjadi sangat penting dan merupakan satu-satunya sarana untuk kurikulum. Tanpa adanya buku ajar, keterampilan, konsep dan bahan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar, mengakibatkan kurikulum yang akan diterapkan di sekolahan tersebut tidak dapat terlaksana dengan baik.

Tidak adanya sumber informasi lain yang lebih luas, menjadikan buku ajar lain sebagai sumber bahan dan informasi yang amat sangat penting sekali dan sering buku ajar dijadikan satu- satunya sumber bahan dan informasi pengajaran bagi guru.

Lebih- lebih, baik guru maupun siswa tidak mempunyai akses pada bahan ajar dan sumber belajar alternatif, buku ajar dijadikan satu-satunya dasar untuk pengujian dan penilaian (evaluasi).

Manfaat Buku Ajar

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan beberapa manfaat buku ajar: 

  • Buku pelajaran membantu guru melaksanakan kurikulum karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku, 
  • Buku pelajaran juga merupakan pegangan dalam menentukan metode pengajaran. 
  • Buku pelajaran memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari pelajaran baru. 
  • Buku pelajaran dapat digunakan untuk tahun-tahun berikutnya dan bila direvisi dapat bertahan dalam waktu yang lama. 
  • Buku pelajaran yang uniform memberi kesamaan mengenai bahan dan standar pengajaran. 
  • Buku pelajaran memberikan kontinuitas pelajaran di kelas yang berurutan, sekalipun guru berganti. 
  • Buku pelajaran memberikan pengetahuan dan metode mengajar yang lebih mantap bila guru menggunakannya dari tahun ke tahun. 

Tidak kalah pentingnya, buku ajar harus berfungsi sebagai penarik minat dan motivasi peserta didik dan pembacanya. Motivasi pembaca bisa timbul karena bahasa yang sederhana, mengalir dan mudah dipahami.

Motivasi bisa timbul karena banyak gagasan dan ide-ide baru. Motivasi bisa timbul, karena buku ajar tersebut mengandung berbagai informasi yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik dan pembaca.

Tips dan Cara Membuat Cover Buku Ajar

Salah satu yang membuat buku ajar ini menarik yakni bagaimana kita dapat membungkus cover buku ajar secara apik dan tidak membosankan. Apalagi jika tujuan buku ajar untuk dipasarkan.

Buat kamu para pengajar yang kebingungan bagaimana cara membuat cover buku ajar yang menarik, langsung saja simak artikel berikut ini! 

1. Temukan Inspirasi dan Ide untuk Desain Cover Buku

Untuk membuat sebuah cover buku yang menarik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari inspirasi desain yang kamu gunakan untuk cover bukumu.

Aspek utama dari sebuah cover buku yang mesti kamu perhatikan adalah kekuatan penyampaian pesan yang ditampilkan dari visualnya. Kamu harus memastikan bahwa cover bukumu mampu menarik perhatian peserta didik yang menjadi target pasar.  

2. Memilih Software Desain Cover 

Mendesain cover sebuah buku dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi digital. Pada dasarnya, hampir semua software desain grafis bisa kamu gunakan untuk membuat desain sampul buku. 

Buat kamu yang belum mahir mendesain, aplikasi desain seperti Canva bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat desain sampul bukumu. Sementara untuk kamu yang sudah berpengalaman dalam bidang desain, aplikasi profesional seperti Adobe InDesign dan Adobe Photoshop bisa membantumu untuk menciptakan sampul buku yang lebih bagus. 

3. Memilih Elemen Grafis

Jika kamu berencana untuk mempublikasikan bukumu secara luas, kamu wajib mempertimbangkan penggunaan elemen-elemen visual pada sampul bukumu. Hal ini terkait dengan Hak Cipta yang biasanya ada pada gambar-gambar di internet. 

Kamu bisa mengambil foto sendiri sebagai bahan sampul atau menggunakan jasa fotografer profesional. Alternatif lainnya yang juga sering dipilih adalah dengan memakai gambar bebas copyright yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di situs internet seperti Pixabay dan Unsplash. 

Kalau kamu jago gambar, kamu juga bisa membuat sendiri visual yang kamu inginkan untuk cover bukumu. Hasilnya dijamin orisinil, unik, dan pastinya akan terasa lebih istimewa. 

4. Tentukan Dimensi Buku

Tahap berikutnya dalam pembuatan cover buku adalah penentuan dimensi desainnya. Jika kamu berniat untuk membuat sebuah ebook, Amazon merekomendasikan ukuran ideal 2,560×1,600 pixels untuk sampul buku elektronik. 

Untuk buku cetak, cara membuat cover-nya sedikit lebih kompleks dibanding buku elektronik. Setiap genre buku memiliki standar ukuran spesifik yang biasa digunakan di tempat percetakan. Untuk standart buku cetak bisa lihat di sini (https://blog.reedsy.com/standard-book-sizes/). 

5. Pemilihan Tipografi 

Elemen tipografi atau penggunaan huruf-huruf di cover buku ajar juga tidak kalah penting. Kamu dapat menggunakan beberapa variasi. Hindarilah penggunaan jenis font yang sama pada sampul buku untuk memberikan informasi mengenai judul, nama penulis, dan tagline. Pilihlah 2-3 variasi font yang berbeda untuk kamu gunakan pada teks di cover. 

Fokuskan teks pada judul buku, bukan namamu. Ingatlah untuk menyesuaikan ukuran nama penulis agar tidak lebih besar daripada judul buku. Kamu juga tidak perlu memberikan kalimat seperti “Ditulis oleh” atau “Novel oleh”. 

Keep it simple. Cantumkanlah informasi yang benar-benar relevan untuk diketahui oleh pembaca dan hindarilah informasi yang tidak perlu.

Contoh Cover Buku Ajar

Sudah mengetahui bagaimana cara membuat cover buku ajar bukan? Berikut ini adalah beberapa contoh cover buku ajar yang bisa menjadi referensi Anda.

Selain di bawah ini, Anda bisa menemukan contoh cover buku ajar lainnya di website katalog deepublish di https://penerbitbukudeepublish.com/

1. Contoh Cover Buku Manajemern & Bisnis

Buku ajar manajemen strategi
buku manajemen sdm
buku ajar manajemen pemasaran
buku manajemen pemasaran

2. Contoh Cover Buku Ajar Kesehatan & Kedokteran

buku ajar keperawatan kesehatan komunitas
buku kesehatan masyarakat
buku ajar etika keperawatan
buku ilmu kesehatan

3. Contoh Cover Buku Ajar

buku perlindungan konsumen
buku ajar hukum perdata
buku hukum perdata internasional
buku ajar hukum perkawinan

Demikian informasi tentang contoh cover buku ajar, Anda dapat membaca artikel kami yang lain sebagai berikut :

Sudah memiliki naskah buku ajar? Segera daftarkan diri Anda menjadi penulis di Penerbit Deepublish. Daftar di sini : Daftar Menerbitkan Buku