50+ Contoh Cover Buku: Kriteria dan Tips Membuatnya – Cover buku yang bagus seperti apa sih? Berbicara soal buku tentu tidak asing lagi ditelinga para pengajar baik guru maupun dosen. Salah satu yang membuat buku ajar tampak menarik adalah dari covernya.

Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat cover buku yang bagus, sebaiknya kita ulas dulu bagaimana cara menulis buku ajar yang tepat. Tentunya jangan sampai covernya saja yang bagus tapi isinya kurang mengena untuk peserta didik. 

download ebook gratis

Lantas bagaimana cara membuat buku ajar yang tepat? Simak baik-baik artikel ini karena ada banyak penjabaran yang bisa kamu praktikan di rumah. 

Kriteria Cover Buku Yang Baik

Contoh cover buku yang bagus seperti apa? Mungkin pertanyaan itu sering terdengar di telinga penulis buku. Ya cover menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah penerbitan buku. Ibarat pintu gerbang rumah, cover menjadi tempat dimana pertama kali orang bisa melihat buku Anda.

Beberapa tahun lalu genre buku ditulis dengan kata-kata di bagian cover. Hal ini tentu tidak menarik dan membuat kita kesulitan memilah-milah buku yang berbeda genre. Dengan adanya cover, Anda akan lebih mudah membedakan yang mana buku horor dan yang mana buku anak-anak.

Selain sebagai penanda judul sebuah buku, contoh cover buku juga berfungsi sebagai pelindung bagian dari isi buku yang berupa lembaran-lembaran, fungsinya juga sebagai pengikat lembaran-lembaran kertas isi buku agar tidak mudah lepas.

Contoh cover buku sendiri tak hanya menjaga isi buku. Cover Buku bertujuan untuk menandai buku agar mudah dikenali serta menginformasikan sedikit mengenai isi sebuah buku.

Selain itu cover buku dijadikan indikator profesionalisme penerbit. Penerbit yang kurang bagus biasanya mendesain covernya dengan tidak begitu menarik. Sedangkan penerbit besar biasanya handal dalam urusan mendesain cover.

Secara keseluruhan mengenai cover buku, baiknya memiliki desain yang menarik; agar mudah dikenali dan menjadi identitas buku itu sendiri. Jadi pas dijejerkan pada rak buku, kita sudah tahu buku mana yang kita cari, tanpa harus membaca judul satu persatu.

Pada Cover buku sendiri terdiri dari 3 bagian:

  • Sampul Depan: pada sampul depan terdiri dari Judul Buku dan Nama Penerbit
  • Sampul Belakang: umumnya berupa ringkasan penjelasan atau petunjuk dari isi buku, Nama Penerbit serta barcode ISBN
  • Punggung Buku (samping buku): Judul Buku, Nama Penulis serta Nama Penerbit. Pada punggung buku sendiri harus sesuaikan ketebalan buku, kalau terlalu tipis sebaiknya tidak menggunakan.

Lantas bagaimana contoh cover buku yang baik untuk sebuah buku? Setidaknya ada beberapa kriteria cover atau sampul buku yang baik adalah sebagai berikut ini

Kriteria cover atau sampul buku yang baik adalah:

  • Memuat informasi penting terkait buku, mulai dari judul buku, nama penulis, nama penerbit, hingga tempat diterbitkan
  • Memuat ilustrasi yang sesuai dengan isi buku
  • Tidak terlalu ramai dengan konten
  • Informasi ditulis dengan proporsi yang tepat sehingga tidak terlihat penuh sesak

Untuk membuat contoh cover buku yang menarik, setidaknya Anda juga memperhatikan tiga aspek ini: 

  • Temukan inspirasi dan ide untuk cover buku
  • Memilih software desain yang tepat
  • Memilih elemen grafis

Contoh Cover Buku Yang Baik

Nah dari teori diatas, sebenarnya ada banyak contoh cover yang bisa Anda amati di Penerbit Buku Deepublish. Anda bisa melihat komposisi warna, tulisan, layout yang tepat sesuai dengan genre buku Anda. Supaya tidak terlalu berbelit-belit, mari kita ulas saja contoh cover buku dari Penerbit Buku Deepublish. 

1. Cover Buku Perspektif Pendidikan Dalam Bingkai Ilmu Dan Tokoh

buku perpektif pendidikan dalam bingkai

Dalam Buku Perspektif Pendidikan Dalam Bingkai Ilmu Dan Tokoh kita dapat mengamati contoh cover buku yang memberikan clue dari isi buku tersebut. Misalnya Buku Perspektif Pendidikan Dalam Bingkai Ilmu Dan Tokoh ini mengulas tokoh-tokoh nasional, maka yang dijadikan sampul adalah foto dari tokoh pendidikan tersebut. 

Karena identik dengan masa lalu, maka pemilihan warna teduh bisa dicoba. Di contoh cover buku ini memilih menggunakan dominasi warna coklat yang memperlihatkan kehangatan. Kemudian di tengah terdapat judul yang tidak berbelit-belit serta tulisan di bawah sendiri yakni nama penulis. 

2. Cover Buku Novel Pelakor

buku novel pelakor

Pada contoh cover buku jenis novel pun ada beragam ide yang bisa Anda pakai. Misalnya di dalam cover novel Pelakor karya Edi Abdullah, seperti judulnya yang menggambarkan seorang pelakor maka cover di depan menonjolkan wajah perempuan dengan lipstik merah menyala. 

Visual tersebut seperti menggambarkan pelakor seperti apa. Dengan memberikan judul Pelakor saja seolah membuat kita memperhatikan buku apa ini. Cover yang hanya mengandalkan visual serta tulisan judul dan nama penulis sudah cukup elegan untuk dibuat sebuah contoh cover buku novel. 

3. Cover Novel Cinta Guru Honorer

novel misteri guru honorer ismiati

Masih dengan genre novel, contoh cover buku novel karya Iz Mahmudah justru menggunakan ilustrasi kartun yang menarik. Sesuai dengan judulnya, buku novel menggunakan warna terang hijau tosca dan putih dan ada ilustrasi dari kedua mempelai yang menggunakan baju honorer. 

4. Cover Buku Novel Menanti Restu Langit

menanti restu langit makhasin

Lain halnya dengan novel Menanti Restu Langit karya Makhasin yang mengisahkan tentang pengalaman kehidupan bahwa tak ada manusia yang sempurna. Namun, tidak ada alasan untuk mereka yang selalu ingin berhasil. Novel self motivation ini menggunakan cover buku dengan visual siluet yang duduk di malam hari. 

Pemilihan tone warna hitam jingga dan gemerlap bintang, seolah memberi tahu kita tentang isi buku ini terkait dengan restu dari langit. Tentang kepasrahan masa depan, tentang doa yang dilantunkan secara terus menerus. 

5. Cover Buku Psikologi Pendidikan Kajian Teoretik

buku psikologi pendidikan

Lain halnya dengan Buku Psikologi Pendidikan Kajian Teoretik yang merupakan buku referensi karya Jusrin Efendi dan Muhammad Munawir. Buku yang termasuk dalam kategori buku referensi ini tentu memiliki cover yang jauh lebih formal dibanding contoh cover buku novel sebelumnya. 

Menggunakan warna dominasi biru dan putih, serta pilihan font yang lugas, buku ini seolah sudah mencerminkan sebuah buku referensi yang bisa digunakan oleh para guru/dosen. Dengan cover visual gambar anak-anak belajar di kelas semakin membuat kita paham bahwa isi buku ini tidak jauh dari soal pendidikan di kelas. 

6. Cover Buku Iman Sebagai Basis Psikologi Pengembangan Karakter

cover buku

Sementara ketika kita melihat contoh buku cover Buku Iman Sebagai Basis Psikologi Pengembangan Karakter. Buku ini syarat akan nilai spiritual. Maka tak heran jika dibagian visual terdapat gambar tasbih sebagai makna spiritual iman. 

Berkaitan dengan iman, maka pemilihan warna putih sebagai dominasi warna cover juga tidak masalah. Dengan begitu para calon pembaca menjadi lebih paham bahwa arah buku ini mengulas seputar iman dan psikologi. 

7. Cover Buku Digital Marketing Melalui Aplikasi Playstore (Studi Kasus Wisata Belanja Di Martapura Kalimantan Selatan)

contoh cover buku digital marketing

Lain hal ketika kita berbicara buku soal marketing. Tentu contoh cover buku juga harus sesuai dengan konteks yang dibicarakan dong. Seperti halnya dengan Buku Digital Marketing Melalui Aplikasi Playstore (Studi Kasus Wisata Belanja Di Martapura Kalimantan Selatan), buku ini masuk ke dalam jenis buku referensi. 

Contoh cover buku marketing ini menggunakan visual warna merah yang mencolok kemudian ditambah dengan gambar online shop yang mengartikan bahwa buku ini mengulas tentang digital marketing.

Demikian penjelasan seputar kriteria contoh cover buku yang menarik versi Penerbit Buku Deepublish. Dapatkan buku-buku berkualitas hanya di Toko Buku Online Deepublish. Kami berfokus menjual buku-buku kuliah untuk Mahasiswa di seluruh Indonesia, dengan pilihan terlengkap Anda pasti mendapatkan buku yang Anda cari.

Sudah mengetahui bagaimana cara membuat cover buku ajar bukan? Berikut ini adalah beberapa contoh cover buku ajar yang bisa menjadi referensi Anda.

Selain di bawah ini, Anda bisa menemukan contoh cover buku ajar lainnya di website katalog deepublish di https://penerbitbukudeepublish.com/

8. Contoh Cover Buku Manajemern & Bisnis

Buku ajar manajemen strategi
buku manajemen sdm
buku ajar manajemen pemasaran
buku manajemen pemasaran

9. Contoh Cover Buku Ajar Kesehatan & Kedokteran

buku ajar keperawatan kesehatan komunitas
buku kesehatan masyarakat
buku ajar etika keperawatan
buku ilmu kesehatan

10. Contoh Cover Buku Ajar

buku perlindungan konsumen
buku ajar hukum perdata
buku hukum perdata internasional
buku ajar hukum perkawinan

Tips dan Cara Membuat Cover Buku Ajar

Salah satu yang membuat buku ajar ini menarik yakni bagaimana kita dapat membungkus cover buku ajar secara apik dan tidak membosankan. Apalagi jika tujuan buku ajar untuk dipasarkan.

Buat kamu para pengajar yang kebingungan bagaimana cara membuat cover buku ajar yang menarik, langsung saja simak artikel berikut ini! 

1. Temukan Inspirasi dan Ide untuk Desain Cover Buku

Untuk membuat sebuah cover buku yang menarik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari inspirasi desain yang kamu gunakan untuk cover bukumu.

Aspek utama dari sebuah cover buku yang mesti kamu perhatikan adalah kekuatan penyampaian pesan yang ditampilkan dari visualnya. Kamu harus memastikan bahwa cover bukumu mampu menarik perhatian peserta didik yang menjadi target pasar.  

2. Memilih Software Desain Cover 

Mendesain cover sebuah buku dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi digital. Pada dasarnya, hampir semua software desain grafis bisa kamu gunakan untuk membuat desain sampul buku. 

Buat kamu yang belum mahir mendesain, aplikasi desain seperti Canva bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat desain sampul bukumu. Sementara untuk kamu yang sudah berpengalaman dalam bidang desain, aplikasi profesional seperti Adobe InDesign dan Adobe Photoshop bisa membantumu untuk menciptakan sampul buku yang lebih bagus. 

3. Memilih Elemen Grafis

Jika kamu berencana untuk mempublikasikan bukumu secara luas, kamu wajib mempertimbangkan penggunaan elemen-elemen visual pada sampul bukumu. Hal ini terkait dengan Hak Cipta yang biasanya ada pada gambar-gambar di internet. 

Kamu bisa mengambil foto sendiri sebagai bahan sampul atau menggunakan jasa fotografer profesional. Alternatif lainnya yang juga sering dipilih adalah dengan memakai gambar bebas copyright yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di situs internet seperti Pixabay dan Unsplash. 

Kalau kamu jago gambar, kamu juga bisa membuat sendiri visual yang kamu inginkan untuk cover bukumu. Hasilnya dijamin orisinil, unik, dan pastinya akan terasa lebih istimewa. 

4. Tentukan Dimensi Buku

Tahap berikutnya dalam pembuatan cover buku adalah penentuan dimensi desainnya. Jika kamu berniat untuk membuat sebuah ebook, Amazon merekomendasikan ukuran ideal 2,560×1,600 pixels untuk sampul buku elektronik. 

Untuk buku cetak, cara membuat cover-nya sedikit lebih kompleks dibanding buku elektronik. Setiap genre buku memiliki standar ukuran spesifik yang biasa digunakan di tempat percetakan. Untuk standart buku cetak bisa lihat di sini (https://blog.reedsy.com/standard-book-sizes/). 

5. Pemilihan Tipografi 

Elemen tipografi atau penggunaan huruf-huruf di cover buku ajar juga tidak kalah penting. Kamu dapat menggunakan beberapa variasi. Hindarilah penggunaan jenis font yang sama pada sampul buku untuk memberikan informasi mengenai judul, nama penulis, dan tagline. Pilihlah 2-3 variasi font yang berbeda untuk kamu gunakan pada teks di cover. 

Fokuskan teks pada judul buku, bukan namamu. Ingatlah untuk menyesuaikan ukuran nama penulis agar tidak lebih besar daripada judul buku. Kamu juga tidak perlu memberikan kalimat seperti “Ditulis oleh” atau “Novel oleh”. 

Keep it simple. Cantumkanlah informasi yang benar-benar relevan untuk diketahui oleh pembaca dan hindarilah informasi yang tidak perlu.


Demikian informasi tentang contoh cover buku ajar, Anda dapat membaca artikel kami yang lain sebagai berikut :

Sudah memiliki naskah buku ajar? Segera daftarkan diri Anda menjadi penulis di Penerbit Deepublish. Daftar di sini : Daftar Menerbitkan Buku