11 Jenis Font Untuk Pilihan Desain Anda – Membicarakan tentang jenis font, tentu saja ada banyak sekali jenisnya. Mungkin bagi sebagian orang, mempelajari jenis-jenis font tidaklah penting.

Tetapi, bagi sebagian orang, terutama yang suka dengan desain grafis, mempelajari jenis font sangat penting loh. atau bagi redaksi yang mengurus masalah cover majalah atau tabloid juga penting banget mempelajari macam-macam font. 

download ebook gratis

Jadi jangan heran jika ada cukup banyak orang yang ingin mempelajari macam font apa saja yang sering digunakan bagi desain grafis, ataupun dalam pembuatan desain logo. Ternyata tidak hanya satu atau dua jenis saja, tetapi ada beberapa jenis yang sering digunakan. Sebagai berikut :

11 Jenis Font Untuk Pilihan Desain & Buku 

1. Font Serif

font serif

Jenis font serif adalah font yang memiliki kaki di bagian sudut bawah, dimana bagian kaki dibawah tersebut berbentuk serif bracketed. Font serif sering digunakan dalam desain karena dianggap lebih mudah dibaca. 

Font serif sebenarnya ada beberapa jenis. Diantara jenis tersebut mungkin sudah sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan digunakan di luar dunia desain.

Adapun jenis font serif, diantaranya ada :

  • Noto Serif
  • PT Serif
  • Source Serif Pro
  • Roboto Slab
  • Times New Roman
  • Georgia
  • Cambria
  • Perpetua
  • Trajan pro
  • Rockwell
  • dan masih banyak lagi. 

2. Font San-Serif

font sans serif

Nah, jenis font satu ini kebalikan dari serif. Jika pada font serif memiliki kaki, maka pada san-serif tidak memiliki kaki di tiap sudut hurufnya.

Adapun macam-macam sans serif yang bisa ditemui, diantaranya arial dan Calibri, dimana dua font ini sering sekali kita temukan bahkan digunakan dalam kehidupan sehari-hari saat mengetik teks dokumen.

Selain arial dan Calibri, ada juga font comic sans MS, Helvetica, franklin gothic book, verdana dan masih banyak lagi pilihan yang bisa dipilih.

Memang jenis sanserif ini memiliki banyak variasi font yang bisa dipilih, jika yang disebutkan di atas tidak ada yang sesuai, Anda bisa menggunakan font segoe UI, Helvetica, Gill Sans MT atau Lucida Sans. 

3. Font Slab

font slab

Mungkin anda asing dengan jenis font slab serif satu ini. jadi slabserif salah satu font yang berasal dari Inggris yang fontnya memiliki ciri balok tebal. Karakter dari font ini lebih berani dibandingkan jenis font yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena sudah ukurannya besar, dan sangat kental bold nya. 

Karena karakternya berani, maka jenis font satu ini lebih sering digunakan untuk membuat soft selling atau hard selling dalam poster, pamphlet ataupun pada iklan sebuah produk. 

4. Font Script 

font script

Jenis font yang mungkin jarang Anda dengar, terutama buat yang tidak terbiasa mengeksplor dunia font. Ternyata selain serif dan sanserif juga ada font script.

Nah, saat mendengar script, hal pertama yang terpikirkan apa? Mungkin teks naskah skenario kan? Ternyata font script merupakan font yang mirip dengan tulisan tangan.

Jadi sangat identic dengan penulisan-penulis manual tangan. Umumnya penulisan script banyak dimanfaatkan untuk menuliskan nama untuk keperluan pada undangan pertemuan atau undangan apapun, karena bentuk tulisan dianggap memiliki kedekatan personal. 

Adapun turunan jenis-jenis font script, diantaranya font vivaldi, segoe script dan lucida handwriting. Jadi buat Anda yang ingin mengetik di komputer dengan aksen atau penulisan yang kesannya personal, bisa menggunakan font ini.

5. Font Comic

font comic

Saat saya menyebutkan comic, bagi kawula muda yang hobi membaca anime pasti yang terfikirkan pertama kali adalah buku komik. Yap, sebenarnya font comic ini memiliki ciri bentuk tulisan yang sering digunakan untuk pengetikan buku-buku komik. 

Karakter font ini sesuai dengan segmentasi pembacanya, yaitu friendly, enak dibaca dan pokoknya anak muda gaul banget deh. Jadi buat Anda yang kebetulan punya passion di bidang menulis komik, bisa menggunakan font ini nih. 

6. Font Blackletter

font blackletter 686

Font blackletter disebut juga dengan Old English yang memiliki gaya gothic. Bisa saya bilang, font ini juga unik. Karena setiap huruf seolah memiliki aksesoris bertopi.

Memang terkesan rame atau ribet, tapi dari segi tingkat keterbacaan dan kenyamanan membaca, masih cukup baik. Jadi Anda jia ingin menggunakan font ini tidak perlu khawatir. 

7. Font Stencil

font stencil

Jika Anda seorang seniman, atau seorang pelukis pasti tidak asing dengan istilah ini. tapi bagi sebagian lain mungkin merasa asing dengan font stencil. Ternyata stensil itu sendiri merupakan metode yang seorang seniman membuat street art, dimana dari apa yang dituliskan atau coretnya memiliki keunikan. 

Namun terlepas dari keunikan font satu ini, ternyata font stencil lebih sering digunakan untuk untuk publikasi surat kabar. Misalnya ada berita yang di headline, maka mereka lebih cenderung menggunakan font satu ini. 

8. Font Typewriter dan Dekoratif

font stencil

Font typewriter adalah font yang berbentuk seperti huruf mesin tik. Pada umumnya, jenis ini lebih banyak digunakan untuk model-model konsep desain vintage ataupun retro.

Sedangkan untuk font dekoratif itu sendiri merupakan huruf yang dikembangkan dari huruf-huruf yang sudah ada, hanya saja ada bagian-bagian yang ditambah ornament atau garis-garis.

Karena hurufnya terlalu banyak dekor atau garis-garis, jenis font ini tidak banyak diminati. Karena dari tingkat keterbacaannya pun juga sangat rendah. Dari segi bentuknya pun juga tampak lebih rumit dan sulit. Jadi untuk desain yang menuntut keterbacaan tinggi, tidak pernah menggunakan jenis font ini. 

9. Font Pixel

jenis font pixel

Pernah mendengar jenis font pixel? Sebenarnya jenis font satu ini dikenal dengan yang namanya screen font. Font pixel ini salah satu jenis yang hanya menampilkan kontras warna hitam putih saja. Sedangkan dari ciri-ciri visualnya, pixel memiliki warna tajam namun dari bentuknya memiliki bentuk lebih tajam. 

10. Font Dingbat

font dingbats

Buat kamu yang mungkin masih awam, font dingbat merupakan font yang memiliki bentuk simbol dan karakter alphabet dan numeric.

Sebenarnya ada banyak sekali beberapa jenis yang termasuk dalam jenis dingbat, ada yang ikon social media, ikon tab hingga ikan handphone. Dari segi bentuknya, sebenarnya dingbat memiliki bentuk mirip ornament juga loh. 

11. Font Retro

font retro

Berbeda dari pixie, jenis retro salah satu font yang bisa dikreasikan lagi. Font Retro lebih banyak ditemukan di beberapa font seperti skrip, serif ataupun sans serif. Dari penggunaannya, ternyata retro lebih banyak digunakan untuk pembuatan seperti logo, poster yang mengusung tema klasik ataupun vintage. 

Nah, itulah beberapa jenis-jenis font yang sering digunakan untuk beberapa kepentingan. Misalnya untuk desain, untuk menulis dan apapun itu. Dari font yang disebutkan di atas, ternyata hanya sebagian saja. masih ada banyak font lain. Tentunya tiap masing-masing font memiliki keunikan masing-masing. 

Semoga pembahasan sekilas tentang jenis font sekilas di atas memberikan gambaran dan sedikit tahu tentang macam-macam font. Selamat berkarya.

Baca : 8 Pilihan Font Terbaik Untuk Buku