Jenis kertas ternyata memiliki banyak sekali macam-macamnya. Dari berbagai kertas yang ada, memiliki peruntukan berbeda-beda. Tidak dapat dipungkiri jika kertas sangat dekat kehidupan sehari-hari.

Bahkan, kertas tidak sekedar digunakan sebagai bahan cetak tulisan saja loh. Tetapi juga untuk pembuatan kantong belanjaan, sebagai kantong kemasan atau dus. 

download ebook gratis

10 Jenis Kertas Yang Sering di Gunakan Sehari-hari

Karena kertas memiliki banyak sekali fungsi dan memiliki tingkatan, maka penting sekali buat mengetahui masing-masing jenis kertas. Simak ulasan berikut. 

1. Jenis Kertas HVS

kertas hvs

HVS salah satu jenis kertas yang paling banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama sering ditemukan di tempat fotocopy. Selain itu, kertas HVS juga selalu digunakan untuk pembuatan tugas di kampus atau membuat skripsi.

Yah, meskipun sekarang banyak yang memilih mengumpulkan tugas melalui email, namun ada kalannya tugas secara hardfile juga masih digunakan. 

Penggunaan kertas HVS ternyata juga tidak hanya digunakan untuk mahasiswa saja. tetapi perusahaan dan dunia pendidikan hingga dunia penerbitan buku pastinya erat sekali dengan jenis kertas satu ini. secara tampilan, kertas HVS memiliki ciri-ciri permukaan kasar dengan ketebalan gsm 70-8- dan memiliki warna putih. 

2. Kertas NCR

kertas ncr
Source : indonesia.alibaba.com

Pernahkah Anda mendengar kertas NCR? NCR kepanjangan dari no carbon required jika masih merasa asing, kamu akan segera tahu jika melihat istilah lain. Jadi kertas ini untuk pembuatan nota, termasuk juga untuk pembuatan kwitansi ataupun bukti transaksi yang lain. 

Sebagai kertas nota atau kwitansi, tentu saja ada lembar dibagian bawah untuk arsip penjual atau pembuat nota. Adapun ciri-ciri dari jenis kertas NCR, yaitu memiliki warna yang bervariasi, lembar awal berwarna putih, kemudian ada yang berwarna pink atau kuning, dan masih banyak macam warna.

3. Jenis Kertas Ivory

kertas ivory

Ada banyak sekali jenis kertas dan peruntukannya, salah satunya kerta ivory yang sering digunakan untuk membuat kotak kemasan. Karena banyak sekali bentuk kemasan, maka kertas ivory ini pun juga memiliki variasi ketebalan, mulai ketebalan 210 gsm sampai dengan 400 gsm, tergantung peruntukannya. 

Ciri-ciri kertas ivory memang berbeda dengan kertas Hvs atau NCR. Umumnya kertas Ivory memiliki sisi berkilau di satu sisi, sisi lain memiliki bentuk yang redup. Contohnya adalah kemasan makanan yang dari luar berwarna putih mengkilap, namun pada bagian dalam lebih gelap dan kasar karena tidak terlihat secara langsung oleh mata. 

4. Jenis Kertas Art Paper

art paper
Source : shopee.co.id

Buat Anda yang tidak pernah berkecimpung di dunia perbukuan atau penerbitan, mungkin akan merasa asing dengan jenis kertas satu ini. Jadi art paper ini merupakan kertas yang memiliki kualitas yang bagus, karena memiliki tekstur lembut dan berkilau. 

Penggunaan art paper salah satu kertas yang sering dimanfaatkan untuk kebutuhan percetakan buku atau penerbit buku.  Selain digunakan untuk dunia percetakan buku, digunakan pula untuk membuat katalog, flyer hingga voucher. 

Alasan kenapa dunia percetakan buku dan pembuatan flyer lebih sering digunakan karena memiliki ketahanan lebih lama dibandingkan kertas HVS. Alasannya sederhana, karena Art paper memiliki tingkat ketebalan cukup tebal kira-kira 120-150 gsm. 

5. Jenis Kertas Art Carton

Jenis kertas Art Carton sedikit berbeda dibandingkan jenis kertas lainnya, karena jenis ini memiliki ketebalan lebih tebal dibandingkan jenis Art paper. Ada yang ketebalannya mencapai 210 gsm, 260 gsm dan 320 gsm, dan inilah karakteristik dari art carton. 

Tentu saja dari segi pemanfaatannya, art carton diperuntukan untuk kepentingan lain. Tidak lagi dipergunakan untuk percetakan buku, melainkan sering dimanfaatkan untuk membuat poster, sampul buku (terutama sampul buku hardcopy), pembuatan pamphlet hingga pembuatan buku menu. 

6. Jenis Kertas Kraft 

Kraft salah satu kertas yang yang sering digunakan untuk membuat paper bag. Pasti Anda sudah tahu sekarang banyak paper bag yang menarik dan asyik, dan tentu saja ramah lingkungan karena terbuat dari kertas yang mudah di daur ulang. 

Ciri-ciri kertas kraft secara tampilan memiliki warna kecoklatan. Dari segi tekstur, ternyata kertas ini tidak halus seperti kertas HVS ataupun kertas NCR. Jenis kertas ini memiliki tekstur lebih kasar. Meskipun demikian, jenis ini ternyata juga cukup banyak orang yang meliriknya. 

7. Jenis Kertas Corrugated

Hampir mirip dengan kertas kraft, ternyata corrugated ini salah satu kertas yang memiliki ciri yang mirip. Hanya saja perbedaannya pada corrugated memiliki permukaan bergelombang.

Dari segi ketebalannya pun, kertas ini juga lebih tebal karena memang peruntukan kertas ini lebih cocok digunakan untuk pembuatan kardus atau tas kertas. 

8. Kertas Matt Paper 

Matt paper dapat dikatakan pula sebagai kertas yang memiliki tampilan yang kurang cerah, alias redup. Warna yang redup ini bukan tanpa alasan loh, ternyata warna redup ini memiliki manfaat untuk menyerap tinta saat dilakukan proses percetakan. 

Matt paper salah satu kertas yang lebih sering digunakan untuk mencetakan majalah, tabloid ataupun surat kabar. Nah, saat mencetak majalah pun juga diperhatikan, karena khusus kertas Matt paper lebih tepat digunakan untuk percetakan yang membutuhkan ketebalan kertas sekitar 120 gsm sampai 150 gsm. 

9. Kertas Bw Carton

Jenis kerta BW Carton sebenarnya mirip seperti Matt Paper. Sebenarnya jenis kertas ini lebih nyaman digunakan untuk menggambar secara manual.

Jadi cocok banget buat kamu yang suka corat-coret menggunakan tangan.  Di dunia industri perusahaan, kertas BW Carton banyak dimanfaatkan untuk mencetak kalender, kartu nama, poster dan juga sampul buku.

10. Kertas Linen Jepang 

Dari namanya sudah ke-jepang-jepangan. Kertas linen Jepang salah satu kertas yang peruntukan fungsinya tidak jauh berbeda dengan kertas Bw carton ataupun Matt paper.

Dimana jenis kertas ini juga bagus untuk mencetak undangan, kertas sertifikat ataupun untuk kalender. Jadi Anda bisa memilih dari berbagai macam kertas tersebut. 

Dari apa yang tertulis di atas masih ada jenis kertas yang belum disebutkan, karena memang jumlahnya sebenarnya banyak sekali. Masih ada jenis kertas seperti fancy, jasmine, yellow board, manila, buffalo, concorde, buram dan masih banyak lagi. Tentu saja masing-masing kertas memiliki fungsi dan peruntukannya sendiri-sendiri. 

Dari pembahasan di atas, menunjukan bahwa ternyata penggunaan kertas tidak sekedar untuk mencetak buku saja. tetapi bisa untuk banyak hal. Mulai untuk membuat tas, membuat kartu nama, membuat dus hingga bisa juga digunakan untuk membuat snack makanan. Belum lagi ada kertas yang memang diperuntukan untuk mainan seperti kertas lipat. 

Nah, semoga dengan pembahasan tentang jenis kertas di atas memudahkan kita untuk mengetahui peran dan pentingnya kertas.

Ingat, dari semua kertas di atas kita harus tahu juga, bahwa setiap pembuatan kertas berasal dari serbuk kayu yang diambil dari kayu. Jadi, tetap jangan boros penggunaan kertas agar tidak terjadi penebang pohon secara brutal.

Kontributor : Irukawa Elisa