11 Daftar Penulis sukses di Indonesia – Penulis merupakan sebuah profesi yang biasanya berangkat dari hobi menulis, jumlah penulis di Indonesia bisa dibilang cukup banyak.

Di Penerbit Deepublish saja sudah ada 3000+ penulis sukses dengan segmen dosen. Nah, dalam lingkup nasional terdapat beberapa penulis-penulis hebat yang karyanya telah dilihat oleh jutaan masyarakat Indonesia, bahkan sampai diangkat ke film layar lebar.

Lantas siapakah 11 daftar penulis sukses di Indonesia tersebut? Berikut beberapa penulis buku yang mungkin salah satu atau salah dua ada yang kamu gemari? Simak ulasan berikut.

11 Daftar Penulis Sukses di Indonesia dan Karya-karyanya

1. Andrea Hirata 

Andrea Hirata
Source : IG @hirataandrea

Daftar Penulis sukses di Indonesia yang pertama adalah Andrea Hirata. Siapa sih yang tidak tahu penulis novel fenomenal ini? Pasti mengenalnya.

Lelaki kelahiran 24 Oktober 1967 ini ternyata mengawali dunia tulis menulis tidak semulus yang kita lihat hasilnya. Ada perjuangan dan pengorbanan yang harus dilakukan. 

Sebagai penulis buku, tentu saja ada pesan yang disampaikan oleh penulis. Jadi menulis itu pun tidak sekedar menulis kemudian dapat royalti. Bukan itu, tetapi bagaimana bisa menjadikan karya yang ditulis mampu memberikan gerakan dan semangat bagi pembaca untuk menjadi lebih baik.

Minimal pembaca mendapatkan pencerahan dan semangat. Tidak selalu memberikan semangat menulis, tetapi termasuk memberikan semangat kepercayaan diri pada si pembaca, itu sudah sangat luar biasa. Karena banyak penulis yang hanya lalu lalang dan kemudian tenggelam tanpa dikenang. 

Berikut ini adalah karya-karya Andrea Hirata :

  • Laskar Pelangi (2005)
  • Sang Pemimpi (2006)
  • Edensor (2007)
  • Maryamah Karpov
  • Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas (2010)
  • Sebelas Patriot (2011)
  • Laskar Pelangi Song Book (2012)
  • Ayah (2015)
  • #KARYA KE-10 ANDREA HIRATA (2017)
  • Sirkus Pohon (2018)
  • Orang-orang biasa (2019)

2. Tere Liye

Daftar Penulis sukses di Indonesia yang dijadikan motivasi menulis adalah Tere Liye. Penulis satu ini juga fokus menuliskan di jalur fiksi, seperti novel. Karya novelnya jumlahnya tidak terhitung jika dihitung menggunakan sepuluh jari, tidak cukup. 

Pelajaran yang dapat diambil dari penulis satu ini adalah konsistensi. Siapa yang menyangka jika Tere Liye ternyata sudah memulai menulis sejak 2005 yang lalu. Tentu saja jika dihitung sampai tahun sekarang, sudah bertahun-tahun menekuni dunia tulis menulis ini. Setidaknya proses menulis inilah yang bisa dijadikan motivasi menulis bagi pemula. Bahwa menjadi penulis terkenal itu tidak instans.

3. Haidar Musyafa

Haidar Musyafa
Source : IG @haidarmusyafa

Siapa yang suka baca novel biografi? Salah satu penulis yang fokusnya novel biografi adalah Haidar Musyafa. Lelaki kelahiran Sleman, 29 Juni 1986 ini mengawali menulis sejak 2013 yang lalu. Dari awal pertama kali menekuni dunia menulis sampai sekarang, memang tidak instans. 

Motivasi menulis Haidar Musyafa dibandingkan penulis lain cukup menarik. Karena dalam waktu  7 tahun (2013-2020) sudah melahirkan 30 judul buku.

Penulis buku Buya Hamka tidak berhenti menulis begitu saja. Sebaliknya, ia semakin termotivasi menulis buku baru. Adapun buku terbaru yang baru dan akan dirilis, yaitu buku biografi Pak AR dan Jejak-Jejak Bijaknya. 

4. Dewi Lestari

Dewi Lestari
Source : republika.co.id

Siapa nih yang pernah menonton atau membaca supernova? Pasti Anda sudah tidak asing lagi juga dengan penulis cantik satu ini. Salah satu alasan kenapa Dewi Lestari bisa dijadikan sebagai motivasi menulis mampu menjual novelnya sebanyak 12.000 eksemplar. Jumlah ini terbilang lumayan banyak. Mengingat tidak semua buku bisa terjual diangka tersebut. 

Bukunya juga mampu menembus pasar internasional loh. Dibalik kesuksesannya menjadi seorang penulis, ternyata Dewi Lestari juga seorang penerjemah karya sastra Indonesia. Sebagai seorang penulis, karya-karyanya tidak hanya supernova saja. Ada buku-buku laris lainnya, seperti buku Perahu kertas, filosofi kopi, aroma karsa dan masih banyak lagi. 

5. Eka Kurniawan 

Eka Kurniawan
Source : IG @gnolbo

Penulis yang bisa dijadikan motivasi menulis selanjutnya adalah Eka Kurniawan. Penulis lulusan UGM ini tipe penulis yang mandiri. Ia lebih senang menulis secara independen. Itu sebabnya ia tulisan-tulisannya pun memiliki ciri khas yang kental. Inilah yang seharusnya ditonjolkan bagi calon penulis yang akan datang. 

Karena kini banyak penulis yang mengekor buku-buku best seller tanpa memiliki identitas dan karakter si penulis itu sendiri. Itu sebabnya bukunya pun hanya cetak di pasaran, setelah itu tenggelam. Seolah tidak ada gaung dan jejak yang terkenang secara lekat dan mendalam. 

Nah, adapun karya-karya Eka Kurniawan, mungkin diantaranya pernah kamu baca. Ada buku berjudul Cantik itu Luka, Corat-coret di Toilet dan O, Lelaki Harimau dan Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas. 

6. Ahmad Fuadi 

Salah satu penulis yang masuk kedalam daftar penulis sukses di Indonesia adalah Ahmad Fuadi. Ahmad Fuadi adalah mantan wartawan senior Tempo, itu sebabnya tulisannya pun kritis dan renyah. Setidaknya di sinilah kita bisa belajar motivasi menulis tidak selalu diawali dengan menjadi penulis fiksi untuk menjadi penulis terkenal.

Tetapi mengawali menjadi wartawan sekalipun juga bisa mengasah kemampuan dan keterampilan dalam menulis, serta mengantarkan menjadi seorang penulis terkenal. 

Karya-karya buku fenomenal karyanya ada yang berjudul Negeri 5 Menara. Ahmad Fuadi salah satu penulis yang tidak sekedar menulis. Setiap tulisannya sangat memberikan nilai tersendiri bagi pembacanya.

Ada yang menjadikan pembaca termotivasi menulis, ada juga pembaca yang terdorong untuk berprestasi. Nah, adapun buku-buku terbitan lainnya seperti Ranah 3 Warna, Rantau 1 Maura, Anak Rantau, Berjalan Menembus batas dan Berjuang di tanah Rantau.  

7. Ayu Utami 

Penulis sekaligus seorang aktivis jurnalis dan sastrawan adalah Justina Ayu Utami. Penulis satu ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi menulis kamu. Kamu bisa membaca karya-karyanya dalam membangun emosi pembaca itu bagaimana dan seperti apa. Tidak hanya itu saja, Ayu Utami juga memiliki karakter penulisan yang berbeda juga loh. Barangkali Anda salah satu yang ingin mempelajari karakter tulisannya seperti apa dan bagaimana. 

Karya bukunya pun mendapatkan penghargaan seperti menang dalam Prince Claus Award di Belanda tahun 2000 silam. Meskipun nomornya tidak santer seperti Dewi Lestari, Andrea Hirata dan Tere Liye, ternyata karyanya tidak diragukan lagi. 

Tidak tanggung-tanggung, karya bukunya pun dirilis dalam 7 bahasa asing di seluruh dunia. Buku tersebut adalah novel “Saman”. Ada banyak buku karya yang telah dilahirkan. Diantaranya Lalita, Si Parasit Lajang, Larung, Bilangan Fu dan Anatomi Rasa.

8. Pidi Baiq

Pidi Baiq
Source : IG @pidibaiq

Pidi Baiq salah satu penulis novel romantis yang disukai pelajar ini pasti tidak asing lagi, ya salah satu karyanya yang luar biasa adalah Dilan. Pria kelahiran 8 Agustus 1972 juga dapat dijadikan motivasi menulis. Terutama buat kamu yang ingin menulis novel dengan sasaran pembaca kawula muda. 

Pidi Baiq memiliki kemampuan renyah dalam menafsirkan cinta. Itu sebabnya bukunya banyak diminati oleh para remaja yang rata-rata sedang merasakan indah dan sedih karena cinta. 

Meskipun beliau sudah tidak muda lagi, ternyata selera bahasa penulisannya berjiwa muda. Nyatanya karyanya laku keras bagi kawula muda. Mungkin karena bahasa yang disuguhkan unik, imajinatif, anti mainstream dan tentu saja ‘tau banget’ dunia anak remaja jaman now. Beberapa karya yang ditulisnya tidak hanya satu dua novel saja. Ada novel berjudul Drunken Molen, Drunken Mama, At-Twitter, Al-Asbun, Drunken Marmut dan masih banyak lagi.

Baca juga : Akun Instagram untuk Penulis, Begini Strategi Penulis Supaya Buku Laris

9. Ika Natassa

Ika natassa penulis ukses
Source : IG @ikanatassa

Penulis sukses di Indonesia adalah Ika Natassa dengan karyanya Novel Critical Eleven dan Antalogi yang sudah diangkan ke film layar lebar. Saat ini akun instagramnya @ikanatassa telah memiliki follower sebanyak 110k lebih.

Wanita kelahiran Medan tahun 1977 ini memiliki prestasi yang cukup luar biasa, terhitung beliau pernah masuk dalam nominasi bergengsi dalam Festival Film Bandung untuk Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop, dan Piala Maya untuk Skenario Adaptasi Terpilih.

Berikut ini beberapa karya terbaik Ika Natassa di Indonesia :

  • A Very Yuppy Wedding
  • Divortiare
  • Antologi Rasa
  • Twivortiare
  • Underground
  • The Architecture
  • Susah Sinyal.

10. Raditya Dika

Raditya Dika
Source : IG @raditya_dika

Kita pasti sudah tahu artis yang satu ini, terkenal berkat ajang kompetisi stand up comedy. Selain menjadi artis dan pemain film, Raditya Dika juga dikenal sebagai penulis novel yang karya-karyanya sering menduduki rak buku best seller.

Bahkan karya-karyanya juga diadaptasi menjadi film seperti manusia Setengah Salmon, Marmut Merah Jambu, Kambing Jantan, Cinta Dalam Kardus dan Cinta Brontosaurus.

Berikut adalah beberapa daftar karya-karya Raditya Dika :

  • 2005 – Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh
  • 2006 – Cinta Brontosaurus
  • 2007 – Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
  • 2008 – Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
  • 2010 – Marmut Merah Jambu
  • 2011 – Manusia Setengah Salmon
  • 2015 – Koala Kumal
  • 2018 – Ubur-Ubur Lembur

11. Erisca Febriani

Erisca Febriani
Source : IG @Eriscafebriani

Daftar penulis sukses yang ke-11 adalah Erisca Febriani, penulis yang memulai karirnya melalui aplikasi wattpad ini memiliki karya yang luar biasa. Kalian mungkin sudah tahu film berjudul “Dear Nathan”, nah film ini diadaptasi dari novel karya Ersica.

Berikut ini adalah beberapa karyanya :

  • Dear Nathan (Maret, 2016)
  • Serendipity (Desember, 2016)
  • Hello Salma (Maret, 2018)
  • Kisah untuk Geri (Maret, 2019)
  • Thank You Salma (2019)

Baca juga : Penulis Novel Terkenal dan Tips untuk Jadi Seperti Mereka

Itulah 11 daftar penulis sukses di Indonesia. Ada dua penulis sukses lain versi Deepublish, ada Najwa Shihab dan Sapardi Djoko Damono. Sebenarnya ada banyak penulis yang tidak cukup disebutkan satu persatu di sini. Semoga para penulis diatas bisa memotivasi menulis Anda.

Ingin menjadi penulis terkenal seperti mereka? Mulai menulis buku dan menerbitkannya di Penerbit Deepublish.

(Irukawa Elisa)