⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

10 Kegiatan Saat Puasa di Rumah Bagi Dosen

Kegiatan saat puasa di rumah

Menjelang bulan puasa tentunya ada banyak persiapan mulai dilakukan, termasuk menyusun 10 kegiatan saat puasa di rumah. Sebab bisa jadi sebagian besar dari kita memang menghabiskan banyak waktu di rumah saja selama puasa. 

Bisa karena memang kuliah sedang libur bagi dosen dan mahasiswa, bisa juga karena kantor masih menerapkan WFH sehingga aktif bekerja dari rumah. Bisa juga karena alasan lain yang membuat waktu di rumah lebih banyak. 

Baik belajar maupun bekerja dari rumah membuat waktu luang lebih banyak. Misalnya karena memang ada waktu yang habis di perjalanan PP dari rumah ke kantor. Waktu ini kemudian murni bisa dinikmati di rumah yang bisa dipakai untuk melakukan beberapa hal. 

Kira-kira, selama puasa kegiatan apa saja yang menarik untuk dilakukan di waktu-waktu seperti ini? Berikut beberapa rekomendasinya. 

Kegiatan saat Puasa di Rumah 

Ibadah puasa dijalankan oleh umat muslim yang di bulan Ramadhan hukumnya wajib. Jadi, apapun yang terjadi selama tidak berhalangan untuk menjalankannya maka wajib menunaikannya. 

Saat puasa kadang banyak yang merasa bingung harus melakukan apa, karena memang serba salah. Jika terlalu banyak beraktivitas ada kekhawatiran akan kehilangan banyak tenaga yang mengganggu ibadah puasa. 

Namun, jika kurang beraktivitas maka diri sendiri kurang produktif dan tentunya akan menyesal di penghujung hari. Mencegahnya, ada banyak kegiatan bisa dilakukan selama puasa di rumah. Berikut rangkuman 10 kegiatan saat puasa di rumah yang bisa dicoba: 

1. Berkumpul Bersama Keluarga Tercinta 

Kegiatan pertama yang masuk ke dalam daftar 10 kegiatan saat puasa di rumah adalah berkumpul bersama keluarga. Hal ini tentu lebih mudah dilakukan bagi siapa saja yang tinggal serumah dengan keluarga, artinya tidak sedang merantau. 

Jika sebelum masa pandemi waktu bersama keluarga sangat terbatas, misalnya hanya di hari Minggu. Itupun tidak bisa penuh berkegiatan dengan keluarga terutama dengan anak-anak. Maka manfaatkan bulan puasa untuk melakukannya. 

Tidak harus keluar rumah karena ibadah puasa terasa lebih lancar jika dijalankan di rumah saja. Silahkan menikmati aktivitas seru bersama keluarga di rumah. Bisa dimulai dengan saling cerita, menonton film bersama, membaca bersama, atau bermain bersama. 

Ada banyak permainan bisa dilakukan dan sebaiknya mengutamakan permainan non digital. Tanpa memakai smartphone, karena jika saling bermain game online maka kualitas kebersamaan kurang maksimal. 

2. Memperbanyak Kegiatan Ibadah 

Bulan Ramadhan disebut bulan suci oleh umat muslim, yang membuatnya menjadi bulan istimewa. Tidak hanya menjadi bulan dimana puasa wajib dilakukan tapi juga adanya pahala yang dilipatgandakan selama sebulan penuh. 

Maka manfaatkan hal ini untuk memperbanyak kegiatan ibadah, termasuk kegiatan ibadah dari rumah. Agama Islam memiliki banyak pilihan kegiatan ibadah yang sifatnya sunnah. 

Silahkan memilih ibadah sunnah mana saja yang sekiranya mudah dilakukan dan bisa menikmatinya. Misalnya sholat berjamaah yang sebelumnya sukar untuk dilakukan karena sama-sama sibuk. 

Kemudian mengaji Alquran bersama-sama dengan keluarga, sholat sunnah (tahajud, hajat, dhuha, dll), mengadakan pengajian di rumah sambil mengundang tetangga maupun kerabat dekat, berdzikir sebanyak mungkin, mendengarkan murotal, melantunkan pujian, dan sebagainya. 

Baca Juga:

Identitas Buku, Unsur-unsur, dan Contoh Lengkap

Ukuran Kertas A1, A2, A3, A4, A5, A6, dan F4 dalam mm, cm, dan inch

11 Jenis Jilid Buku yang Biasa Digunakan

3. Menghabiskan Waktu untuk Belajar 

Berapa banyak waktu yang digunakan untuk belajar? Diluar status sebagai pelajar dan mahasiswa, mungkin kegiatan belajar tidak pernah dilakukan. Hanya dari pengalaman dan aktivitas harian, itupun jika ada pelajaran yang bisa dipetik. 

Memahami bahwa ilmu pengetahuan dan wawasan luas sangat penting sebagai pedoman dalam hidup di dunia. Maka manfaatkan kesempatan berpuasa di rumah sambil belajar. Bisa menggunakan banyak sumber dan media. 

Jika suka belajar dari buku maka tinggal membaca buku, jika suka belajar dari video bisa mengakses channel Youtube yang edukatif, jika lebih suka hiburan dengan unsur edukatif. Maka bisa menonton dokumenter di sejumlah platform streaming

Belajar hal baru tidak harus belajar hal serius, bahkan menonton film dengan unsur edukasi di dalamnya termasuk proses belajar. Termasuk juga kegiatan mencoba memasak resep baru. Dimana sudah belajar untuk memasak. Jadi, silahkan pilih pembelajaran yang sesuai keinginan dan kebutuhan. 

4. Menulis Buku  

Ada banyak kegiatan menarik di rumah sehingga menentukan 10 kegiatan saat puasa di rumah dijamin terasa mudah. Selain yang sudah disebutkan, bisa juga mencoba menulis buku.  

Kegiatan ini sifatnya ringan dan dijamin tidak akan mengganggu ibadah puasa yang dijalankan. Bisa menulis secara manual dengan tangan bisa juga diketik lewat perangkat komputer. 

Mulailah dulu menulis tema-tema yang ringan, yang kebetulan kamu sukai, kuasai, atau tema juga diminati oleh banyak orang. Siapa tahu menjelang lebaran sudah menyelesaikan satu judul buku. 

Jika diterbitkan maka kamu bisa mendapatkan royalti, sekaligus bisa dikenal luas sebagai penulis yang karyanya keren. Ingin mencoba? Silahkan menulis dari sekarang. 

5. Mencoba Lebih Rajin Memasak 

Suka memasak? Memasak bisa masuk ke dalam 10 kegiatan saat puasa di rumah yang akan dilakukan sepanjang Ramadhan. Sebab bulan puasa menjadi momen tepat untuk rajin memasak. 

Banyak umat muslim yang kemudian lebih memilih sahur dan berbuka di rumah, termasuk menyantap masakan sendiri. Inilah momen terbaik untuk mengisi waktu luang dengan memasak. 

Bisa memasak menu-menu kesukaan yang memang sering disantap bersama keluarga dan orang terdekat. Bisa juga mengeksplor diri sendiri dengan mencoba resep-resep baru. Ada banyak media berbagi resep bisa ditelusuri. 

Misalnya di Youtube, kemudian aplikasi memasak seperti Cookpad, lalu video memasak di Instagram maupun Facebook, dan lain sebagainya. Media-media ini menyajikan banyak resep, mulai dari yang super simpel sampai yang super ribet. 

6. Membuat Kerajinan Tangan 

Jika termasuk pribadi yang kreatif dan tekun, manfaatkan bulan puasa untuk membuat kerajinan tangan. Ada banyak jenis kerajinan tangan bisa dicoba untuk mengisi waktu luang dan menghasilkan hasil karya yang bermanfaat. 

Kegiatan ini biasanya memakan waktu sehingga cocok menjadi 10 kegiatan saat puasa di rumah yang wajib dicoba. Mulailah dulu membuat kerajinan sederhana dan mudah, misalnya paper quilling

Yakni seni menggulung kertas aneka warna kemudian disusun menjadi bentuk tertentu. Nantinya bisa dijadikan hiasan dinding, bros, gantungan kunci, dan lain sebagainya. 

Masih banyak jenis kerajinan tangan lain bisa dibuat selama puasa di rumah. Siapa tahu menyukainya dan menekuninya dengan serius. Sehingga bisa punya brand sendiri dan dijual secara luas, baik online maupun offline. 

7. Menikmati Aktivitas Olahraga 

Sering merasa malas, lemah, letih dan sebagainya selama puasa? Jika sudah beristirahat dan ternyata keluhan tersebut tidak hilang. Maka dalam 10 kegiatan saat puasa di rumah ada baiknya memasukan kegiatan olahraga. 

Kenapa olahraga? Sebab olahraga ternyata efektif meningkatkan mood dan energi tubuh. Meskipun olahraga menuntut gerakan fisik berulang-ulang, namun menariknya setelah melakukannya badan menjadi segar. 

Sehingga bisa meningkatkan energi selama puasa dan menjadikan bulan Ramadhan lebih produktif. Berhubung menjalankan puasa maka perlu memilih olahraga yang ringan saja, seperti jalan kaki, jogging santai, dan sebagainya. 

Lakukan dalam durasi pendek antara 10 sampai 20 menit saja sehari. Kemudian pilih waktu terbaik, rata-rata orang memilih olahraga setelah Subuh karena tubuh masih fit dan udara masih segar. Tapi, bisa juga berolahraga menjelang jam buka puasa. 

8. Membersihkan dan Merapikan Rumah 

Jika selama ini jarang membersihkan rumah karena sibuk atau karena alasan lainnya. Berhubung puasa dijalankan di rumah saja, pertimbangkan untuk mengisi waktu luang dengan membersihkan dan merapikan rumah. 

Sekilas kegiatan ini akan membuat tubuh kelelahan, namun menariknya bisa membuat tubuh lebih bugar. Sebab saat membersihkan rumah tubuh aktif bergerak dan hal ini bagus untuk memperbaiki mood

Setelah kegiatan selesai dilakukan, maka rumah menjadi bersih dan rapi. Hal ini ikut memperbaiki mood juga. Sehingga menarik untuk dilakukan agar ibadah puasa bisa dalam suasana hati yang selalu menyenangkan. 

Selain itu, jika rumah sudah rapi dan bersih maka menjelang hari raya Idul Fitri tidak perlu terlalu sibuk. Cukup mengurus keperluan lain, karena rumah sudah siap untuk merayakan hari raya tersebut. 

9. Mencoba Merintis Bisnis Jualan Buku Online 

Puasa di rumah bukan berarti membuat waktu seharian dipakai untuk bersantai tanpa menghasilkan apa-apa. Jika selama ini punya mimpi memiliki usaha sendiri dan susah diwujudkan karena terlalu sibuk. 

Maka di bulan puasa bisa diisi dengan kegiatan merintis bisnis, misalnya bisnis jualan buku online yang bisa dijalankan dari rumah dan bisa dijadikan sampingan. 

Bisnis buku online memiliki potensi yang bagus, sebab siapa yang tidak butuh buku? Kemudian, siapa yang tidak suka buku? Banyak diantara kita yang punya hobi membaca dan rajin membeli buku baru. 

Oleh sebab itu berjualan buku bisa dicoba karena mudah dan potensinya juga sangat menarik. Siapa tahu bisnis yang dirintis selama puasa dari rumah bisa terus berjalan dan kemudian berkembang. 

Konon, bisnis yang dimulai dengan perasaan suka dan dijalani dengan ikhlas lebih mudah tumbuh. Jadi, silahkan mencobanya. 

10. Menonton Acara Berkualitas dan Edukatif 

Jika mencari 10 kegiatan saat puasa di rumah maka menonton acara berkualitas bisa masuk di dalamnya. Dewasa ini layanan televisi berlangganan sedang naik daun di Indonesia. 

Misalnya berlangganan di VIU, Netflix, dan lain sebagainya yang memberikan lebih banyak tontonan menarik. Belum lagi tv berlangganan yang tagihannya bulanan, disitu ada banyak stasiun televisi bisa dipilih. 

Sehingga ada banyak jenis acara sampai film bisa ditonton bersama keluarga tercinta. Selama puasa di rumah ada baiknya menonton acara-acara berkualitas dan memiliki unsur edukatif di dalamnya agar bermanfaat. 

Nikmati Beragam Kegiatan Selama Menjalankan Ibadah Puasa 

Dari 10 kegiatan saat puasa di rumah di atas, mana saja yang akan kamu nikmati? Ada baiknya membuat agenda kegiatan yang dibuat bervariasi. Misalnya hari ini membuat kerajinan tangan di waktu luang, besoknya menonton film favorit, besoknya beda lagi. 

Variasikan semua kegiatan yang direkomendasikan di atas agar tidak bosan selama puasa di rumah. Sebab kebanyakan orang mudah bosan jika berkutat pada aktivitas yang sama selama sebulan penuh. 

Jika dilakukan, dijamin tidak pernah bosan puasa di rumah dan bahkan bisa menikmati banyak kegiatan bermanfaat. Oleh sebab itu, silahkan mencoba 10 kegiatan saat puasa di rumah yang dipaparkan di atas. Sehingga puasa di rumah tahun ini lebih berkesan. 

Artikel Terkait:

Mengenal Ciri-Ciri Penerbit Buku yang Baik

Metode dan Trik Penerbit Buku Melirik Naskah

Apa itu Penerbit? Kenali Jenis-Jenisnya

Contoh Naskah Buku yang Diterima Penerbit

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama