Dosen ATW Tingkatkan Kesadaran Menulis Buku Ajar untuk Mahasiswa

buku ajar

Akademi Teknik Warga (ATW) Sukoharjo mengandeng Penerbit Deepublish mengisi pelatihan menulis buku ajar. Penanggungjawab Bina Akademik (ATW), Rahmat, menegaskan bahwa acara yang diselenggarakan pada Senin, 20 Agustus 2018 diikuti 50 dosen. Dalam acara tersebut menghadirkan Manager Marketing, Ardiansyah Bahrul Alam dan penulis Deepublish, V. Reza Bayu Kurniawan. S.T., M.Sc.

Acara yang berlangsung dari pagi sampai sore diikuti dengan antusias oleh para dosen. Sesi pertama diisi oleh Ardiansyah, yang menekankan pentingnya menerbitkan buku. Di sesi pertama inilah Ardi menjelaskan lebih spesifik teknik menerbitkan buku ajar di Deepublish berstandarisasi.

Sesi kedua, setelah istirahat pelatihan menulis buku dilanjutkan oleh Reza Bayu Kurniawan, penulis Deepublish yang beberapa bulan lalu bukunya lolos pendanaan penulisan buku ajar. Di sesi ini Reza memaparkan teknik penulisan buku secara lengkap dan tajam. Termasuk menjelaskan bagaimana menyusun SAP, teknik penulisan buku dan kerangka tulisan yang perlu dibahas di dalam buku ajar.

Rahmat, berharap workshop penulisan buku ajar mampu memotivasi dosen di ATW untuk berkarya dan menulis. Ia juga menyampaikan bahwa setelah pelatihan ini ada tindak lanjut untuk dosen di ATW. Diharapkan dosen ATW bisa produktif menulis buku ajar yang dikhususkan untuk mahasiswa ATW terlebih dahulu. Syukur dapat diterima oleh kalangan luar.

“Harapannya, dari pelatihan ini akan mendorong agar dosen inisiatif menulis buku, sekaligus memotivasi dosen yang sudah menulis buku menjadi lebih baik,” paparnya.

Rahmat sangat menyadari bahwa menulis buku ajar salah satu tugas dosen. Atas kesadaran itulah, bersama rekan-rekan dosen ATW bersama-sama belajar bagaimana menulis buku ajar yang terstandarisasi. Dari hasil buku yang dicetak, para dosen juga memberikan sarana  untuk mahasiswa dalam menggali ilmu dan memperluas pengetahuan mahasiswa lewat buku-buku karya para dosen. Dampak positif dosen menerbitkan buku selain membantu mahasiswa mendalami ilmu, ternyata juga membantu akreditasi dosen dan Perguruan Tinggi.

“Buku itu sebuah kewajiban dosen, dan saya mewajibkan seluruh dosen bisa membuat buku. Minimal untuk di konsumsi untuk mahasiswa,” tegasnya.

Harapannya, ATW bisa bekerjasama dengan Deepublish dalam proses penerbitan buku. Bapak Rahmat juga menyampaikan terimakasih kepada tim Deepublish yang bersedia datang jauh-jauh ke ATW dan bisa bekerjasama.

“Saya sangat terimakasih sekali kepada tim Deepublish yang sudah bersedia membantu kami. Prinsipnya saya sangat puas dan terimakasih atas kerjasamannya. Semoga kedepannya ada kerjasama lebih baik lagi,” tutupnya. (Elisa)

Ingin mengadakan workshop dan melibatkan Penerbit Deepublish dalam Pelatihan Menulis Buku Ajar? Hubungi Kami melalui [email protected]



This post has been seen 159 times.
(Visited 44 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *