Tahukah kamu bahwa cara kirim naskah ke penerbit tidak begitu susah? Apalagi di era modern seperti sekarang dimana proses pengiriman naskah sudah bisa dilakukan secara online. Baik melalui website, aplikasi, maupun alamat email milik penerbit. 

Buku yang disusun sebaiknya memang diterbitkan agar bisa dibaca banyak orang. Sekaligus membuat pembaca tersebut memetik manfaat dari apa yang dipaparkan dalam buku yang telah dibaca. 

Menerbitkan buku semakin mudah dilakukan, karena tidak hanya bisa diterbitkan melalui penerbit mayor yang persaingannya ketat di meja editor. Namun bisa juga diterbitkan ke penerbit indie yang setiap naskah kemudian dijamin terbit. 

Salah satu rekomendasinya adalah penerbit deepublish yang merupakan salah satu penerbit terbaik di Indonesia. Lalu, bagaimana mengirimkan naskah ke penerbit deepublish dan apa saja kategori naskah yang diterima? Berikut informasinya. 

Sekilas Tentang Penerbit Deepublish 

Jumlah penerbit dewasa ini semakin banyak, tidak hanya karena pertumbuhan penerbit indie yang semakin subur. Akan tetapi juga banyaknya penerbit mayor yang kemudian memiliki penerbit imprint. 

Banyaknya penerbit kemudian memiliki kebijakan sendiri dalam penerimaan naskah. Sehingga pada saat kirim naskah ke penerbit perlu disesuaikan dengan kebijakan penerbit tujuan. Biasanya penerbit memiliki website yang mencantumkan ketentuan ini. 

Salah satu penerbit yang bisa dipertimbangkan untuk menerbitkan naskah buku, khususnya buku ilmiah dan buku pendidikan adalah penerbit deepublish. Penerbit deepublish berbasis di kota Yogyakarta dan sudah beroperasi sejak tahun 2010 lalu. 

Penerbit deepublish adalah penerbit resmi yang menerbitkan naskah buku sesuai ketentuan yang berlaku. Apalagi penerbit deepublish tercatat sebagai salah satu anggota IKAPI. Sehingga dijamin buku terbitannya memiliki ISBN dan masuk ke dalam database Perpusnas. 

Selain itu, penulis dijamin mendapatkan royalti dari penjualan naskah milik mereka. Besaran royalti dan aspek lainnya akan dipaparkan dalam surat perjanjian kerjasama atau MoU. Sehingga bisa dibaca oleh pemilik naskah sebelum dilakukan kesepakatan bersama. 

Cara Kirim Naskah Penerbit Deepublish

Penerbit deepublish menerima naskah buku dalam beberapa kategori, dan naskah bisa dikirimkan secara online. Sehingga para penulis tidak perlu repot mencetak naskah ke media kertas lalu mengirimkannya lewat pos maupun jasa ekspedisi. 

Cukup kirimkan via email yang nantinya akan diberikan sekaligus dipandu oleh customer care penerbit deepublish. Berikut tata cara pengiriman naskah lewat email: 

  1. Siapkan naskah dalam format digital baik itu dalam format dokumen biasa maupun dibuat PDF. 
  2. Lampirkan seluruh dokumen yang melengkapi naskah tersebut. Penerbit deepublish mengharapkan seluruh naskah disertai dengan sinopsis, detail spesifikasi naskah, surat keaslian naskah, data diri, dan MoU yang didapatkan dari website maupun dari Customer Care penerbit deepublish. 
  3. Atur subjek email dengan format: Jenis Buku “Judul Buku”, contohnya: Buku Ajar “Metode Penelitian Kualitatif pada Penelitian Ilmiah”. 
  4. Kirimkan email tersebut ke alamat email penerbit deepublish. 

Alamat email untuk kirim naskah ke penerbit deepublish bisa didapatkan di website maupun dari Customer Care yang dihubungi penulis. Opsional lain dalam mengirimkan naskah adalah lewat laman https://penerbitdeepublish.com/kirim-naskah/

Pada laman tersebut, silahkan scrol ke bawah sampai menemukan tombol “Upload Naskah”. Ikuti prosedur sesuai dengan tampilan website pada layar perangkat. Sehingga naskah sudah bisa diterima, dibaca, dan dikoreksi oleh editor penerbit deepublish. 

Kategori Naskah yang Diterima 

Jika sudah mengetahui tata cara kirim naskah ke penerbit deepublish, maka wajib mengetahui juga kategori naskah yang diterima. Hal ini tentu lumrah karena setiap penerbit memiliki fokus sendiri-sendiri terkait jenis atau genre naskah buku yang diterbitkan. 

Ada penerbit yang khusus menerbitkan novel yang menceritakan kisah wanita, ada yang fokus menerbitkan buku fiksi ilmiah, ada juga yang fokus menerbitkan buku pendidikan. Kalau, penerbit deepublish sendiri fokus ke kategori mana? 

Jadi, penerbit deepublish memiliki fokus utama menerbitkan naskah-naskah buku ilmiah yang mencakup seluruh buku pendidikan. Meskipun begitu, penerbit deepublish juga diketahui menerbitkan naskah non ilmiah. Berikut detail penjelasannya: 

1. Buku Pendidikan 

Kategori naskah yang pertama adalah buku pendidikan, dan kategori ini menjadi kategori utama. Sebab sejak masa awal berdiri penerbit deepublish memang berfokus menyediakan buku pendidikan berkualitas secara luas. 

Sampai saat ini, naskah yang diterbitkan penerbit deepublish didominasi oleh buku pendidikan yang disusun oleh guru maupun dosen dari seluruh Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis buku pendidikan yang dilayani penerbitannya: 

a. Buku Ajar

Naskah buku pendidikan yang pertama adalah buku ajar, yakni buku pelajaran yang disusun oleh pakar atau ahli di suatu bidang keilmuan yang menyajikan materi pembelajaran yang mendalam dan disertai sarana-sarana pengajaran. 

Buku ajar secara sederhana bisa disebut sebagai buku pembelajaran yang dibaca oleh mahasiswa untuk mendampingi kegiatan belajar mereka. Baik itu belajar di kelas, di rumah, maupun dimana saja. 

Bahasa di dalam buku ajar dibuat semi formal dan disampaikan dengan teknik sederhana agar mudah dipahami. Sebab buku ajar memang dibaca oleh peserta didik yang bisa menjadi pengganti dosen saat berhalangan hadir. 

Isi dari buku ajar disesuaikan dengan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dan memuat seluruh materi dalam satu semester. Sehingga di satu mata kuliah bisa menyajikan beberapa sub bab di buku ajar. 

Buku ajar termasuk buku pendidikan yang perlu dan bisa diterbitkan secara umum. Setiap dosen yang menulis buku ajar bisa mengirimkan naskahnya ke penerbit deepublish agar bisa diterbitkan secara luas. 

b. Buku Referensi

Jenis kedua dari buku pendidikan yang naskahnya diterima dan diterbitkan penerbit deepublish adalah buku referensi. Prosedur cara kirim naskah ke penerbit deepublish sesuai penjelasan sebelumnya. 

Adapun yang dimaksud dengan buku referensi adalah buku ilmiah yang menyajikan serangkaian hasil penelitian yang original, mendalam, dan menyeluruh pada suatu cabang keilmuan. 

Buku referensi akan memadukan hasil beberapa penelitian yang masih berhubungan satu sama lain dan berada di satu bidang keilmuan. Maka isi pembahasannya lebih kompleks dan dijadikan pegangan dosen dalam mengajar. 

Satu naskah buku ajar akan memuat beberapa topik penelitian atau topik materi perkuliahan. Sehingga pembahasan di dalamnya lebih beragam dan kemudian wajib diterbitkan secara resmi agar bisa dilaporkan ke BKD dan menambah poin KUM dosen. 

c. Buku Monograf 

Penerbit deepublish juga menerima naskah buku pendidikan jenis buku monograf. Buku monograf adalah buku yang memuat hasil penelitian dan membahas satu topik saja di suatu bidang keilmuan. 

Artinya, buku monograf bersumber dari hasil penelitian dan hanya fokus membahas satu topik. Bisa juga diartikan fokus membahas satu materi perkuliahan yang akan disampaikan kepada mahasiswa. 

Jika buku referensi berisi banyak topik karena bersumber dari serangkaian hasil penelitian. Maka buku monograf fokus di satu topik pada satu atau beberapa hasil penelitian dengan tema yang sama. 

Buku monograf juga wajib diterbitkan dan memiliki ISBN, sehingga bisa diterbitkan secara luas. Sekaligus bisa dilaporkan ke dalam BKD dan menambah poin KUM bagi pengembangan karir akademik dosen. 

d. Bunga Rampai 

Penerbit deepublish juga menerima naskah buku dalam bentuk bunga rampai. Bunga rampai adalah kumpulan karya tulis ilmiah (KTI) dengan satu topik permasalahan yang dibahas melalui pendekatan dari beberapa aspek atau sudut pandang keilmuan.

Bunga rampai akan berisi berbagai hasil penelitian yang memiliki topik yang sama di suatu bidang keilmuan. Kemudian diterbitkan untuk dijadikan pegangan dosen dalam mengajar maupun melakukan penelitian. 

Bunga rampai yang berhasil diterbitkan secara resmi yakni memiliki ISBN dan detail lainnya. Maka bisa dilaporkan ke dalam BKD dan kemudian dosen akan mendapatkan tambahan poin KUM. 

2. Karya Tulis Ilmiah 

Penerbit deepublish juga menerima naskah dalam bentuk karya tulis ilmiah. Pengiriman atau tata cara kirim naskah ke penerbit deepublish untuk kategori ini masih sama seperti penjelasan di atas. 

Karya tulis ilmiah disini bisa dalam bentuk artikel ilmiah yang umumnya diterbitkan ke dalam jurnal maupun prosiding. Kemudian skripsi, tesis, disertasi, dan lain sebagainya juga termasuk karya tulis ilmiah. 

Penulis bisa melakukan konversi sendiri, yakni mengubah KTI tersebut menjadi naskah buku yang enak untuk dibaca masyarakat umum. Bisa juga memanfaatkan layanan parafrasa dari penerbit deepublish. 

Sehingga penulis cukup mengirimkan KTI yang dimiliki dan tim penerbit deepublish yang akan melakukan parafrase. Oleh penerbit deepublish kemudian akan menerbitkan naskah hasil parafrasa tersebut. 

3. Buku Fiksi 

Selain menerima naskah dalam bentuk buku pendidikan dan karya tulis ilmiah. Penerbit deepublish juga diketahui menerbitkan buku fiksi, berikut jenis-jenis naskah fiksi yang diterbitkan: 

a. Novel 

Penerbit deepublish menerima naskah buku dalam bentuk novel. Yaitu karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku.

Menerbitkan novel kini bisa dilakukan di penerbit deepublish, sehingga proses cetak menggunakan sistem print of demand yang jumlahnya bisa disesuaikan kebutuhan penulis. 

b. Komik 

Penerbit deepublish juga menerima naskah non ilmiah dalam bentuk komik yakni cerita bergambar. Selama naskah sudah lengkap dan kemudian mengikuti prosedur kirim naskah ke penerbit deepublish. Maka tidak butuh waktu lama naskah ini diproses. 

c. Kumpulan Cerpen 

Penerbit deepublish juga menerbitkan buku berisi kumpulan cerpen. Jadi, bagi penulis yang memiliki beberapa judul cerpen atau punya komunitas penulis cerpen dan ingin menerbitkannya dalam bentuk buku antologi cerpen. 

Maka bisa mengirimkan naskahnya ke penerbit deepublish yang akan dibantu proses cetak dan penerbitannya. Selain dicetak, penerbit deepublish juga melayani penjualan buku dalam format elektronik. 

d. Kumpulan Puisi 

Suka menulis puisi? Kemudian sudah ada puluhan atau bahkan ratusan puisi berhasil diselesaikan? Puisi-puisi ini sangat disayangkan jika hanya menjadi koleksi pribadi padahal bisa jadi akan banyak pembaca menyukainya. 

Pertimbangkan untuk menerbitkan buku berisi kumpulan puisi yang sudah disusun selama ini ke penerbit deepublish. Sebab penerbit deepublish bersedia menerbitkan kumpulan puisi kepada masyarakat luas. 

Selama naskah sudah memenuhi persyaratan dan dikirimkan sesuai prosedur kirim naskah ke penerbit deepublish. Maka naskah bisa diproses ke tahap cetak dan penerbitan. 

e. Buku Dongeng 

Terakhir adalah naskah buku dalam bentuk dongeng, yang target pembacanya adalah anak-anak. Dongeng sendiri adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi dan mengandung unsur kejadian luar biasa. 

Misalnya cerita tentang Cinderella yang mendapatkan bantuan ibu peri dan mencuri hati pangeran dan kemudian menjadi ratu dimana pangeran tersebut menjadi raja. 

Buku dongeng bisa berisi satu judul saja dan bisa juga berisi kumpulan dongeng yang disusun oleh penulis itu sendiri. Maupun disusun bersama dengan beberapa penulis. 

Dari semua jenis atau kategori naskah buku tersebut, mana yang akan kamu kirimkan ke penerbit deepublish? Jika sudah selesai disusun silahkan ikuti langkah-langkah kirim naskah ke penerbit deepublish agar bisa segera terbit dan dibaca banyak orang. 

Kirim Naskah ke Penerbit Deepublish Sekarang Juga

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan daftar menjadi penulis atau Anda bisa langsung kirim naskah dengan mengikuti prosedur berikut pada situs kami.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang percetakan buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!