Kumpulan daftar pustaka dari internet. Internet sebagai sumber informasi masa kini menjadi rujukan banyak orang untuk menulis. Tidak terkecuali dalam penulisan karya ilmiah. Tidak hanya artikel berita saja, namun melalui internet kita bisa mengakses berbagai macam jurnal baik dari dalam negeri maupun luaar negeri.

Jurnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Jurnal juga merupakan tulisan yang dikeluarkan oleh seorang yang berkompeten di bidangnya dan diterbitkan oleh Suatu instansi (Lembaga). Untuk Anda yang sedang menyusun karya ilmiah biasanya bingung mencari referensi.

Beberapa kendala klasik salah satunya yaitu bingung mencari jurnal, bingung mencari jurnal di mana? bingung harus kemana? Kebanyakan hanya langsung mengetik apa yang menjadi judul karya ilmiah di google. Padahal hal tersebut malah membuat bingung untuk memilih dan mencari jurnal yang sesuai dengan ketentuan dan memiliki keabsahan yang diakui.

download ebook gratis

Kebanyakan rekan-rekan masih yang bingung dimana mencari refrensinya, intip aja infografis dibawah

8 situs yang bisa Anda jelajahi sebagai kumpulan daftar pustaka dari internet :

  1. Perpusnas
  2. Jurnal Sains dan Teknologi
  3. Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir
  4. LIPI
  5. IPI
  6. Schoolar Google
  7. Academia
  8. Directory of Open Access Journal

#1. Perpusnas

Kumpulan daftar pustaka dari internet bisa Anda temukan di Perpusnas. Saat Anda berkunjung di perpustakaan yang mungkin terbayangkan hanya ribuan buku berjajar dalam rak dan sulit untuk menemukan buku yang kita inginkan karena saking banyaknya rak penuh buku yang ada. Padahal semakin majunya teknologi juga membawa perubahan pada tampilan perpustakaan.

Kini tampilan perpustakaan tidak lagi kita harus mencari berkeliling rak dan kemudian membaca tapi kini telah muncul yang disebut digital library yang menyediakan ribuan jurnal dan buku dalam bentuk softfile yang dapat diunduh tentunya hal tersebut sangat memudahkan dalam menyelesaikan tugas.

Digital Library yang ada di Indonesia salah satunya adalah Perpusnas atau  Perpustakan Republik Indonesia, di sini banyak sekali jurnal-jurnal ilmiah yang berbayar tetapi sudah pemerintah sewa sehingga gratis, nah hanya saja untuk bisa masuk kesini harus registarsi dulu menjadi member di sana. Alhasil tidak perlu kesulitan dalam mencari kumpulan daftar pustaka dari internet, Anda hanya perlu klik http://e-resources.pnri.go.id dan menikmati sajian jurnal online secara gratis.

#2. Jurnal Sains dan Teknologi

Selain Perpusnas, Anda bisa mencari kumpulan daftar dari internet melalui situs jurnal online di http://ejurnal.bppt.go.id. Pada situs tersebut dijelaskan bahwa Portal E-Jurnal merupakan kerjasama Pusat Manajemen Informasi dan unit-unit kerja terkait pada lingkungan internal BPPT untuk mewadahi karya-karya perekayasa, penulis, dan pihak-pihak lain yang ingin membagi ilmunya dalam tulisan.

Bagi yang berkecimpung pada dunia sains dan teknologi, Anda bisa juga menemukan jurnal khusus bidang sains dan teknologi. Situs ini menyediakan banyak sekali jurnal-jurnal khususnya jurnal berkaitan dengan jurnal sains dan teknologi. Jadi untuk menemukan kumpulan daftar pustaka dari internet Anda bisa berkunjung ke situs web E-Jurnal.

#3. Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir

Selain E-Jurnal, Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir milik BATAN juga bisa Anda jadikan sumber kumpulan daftar pustaka dari internet. Melalui situs website http://jurnal.batan.go.id/ dijelaskan bahwa Jurnal Pengembangan Energi Nuklir (JPEN) merupakan media penulisan ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir (PKSEN)- BATAN yang terbit 6 bulan sekali, setiap Bulan Juni dan Desember.

Naskah yang akan dimuat dalan JPEN dapat berupa hasil pengkajian, penelitian dan pengembangan energi nuklir dengan ruang lingkup: teknologi nuklir, ekonomi energi, industri nuklir, aspek tapak PLTN, lingkungan, atau informasi lain yang mendukung program pengemvangan energi nuklir.

Meski topik teknologi nuklir memang masih jarang di Indonesia. Tapi tenang saja, untuk jurnal teknologi nuklir yang kalian inginkan kalian bisa dapatkan di internet tentunya hehehehe. Ini adalah Situs yang menyediakan banyak sekali jurnal jurnal sains dan teknologi khususnya jurnal dalam bidang nuklir, situs ini cocok banget bagi teman-teman yang sedang mencari jurnal nuklir.

#4. LIPI

Indonesia juga punya situs web milik LIPI untuk membantu Anda dalam mencari kumpulan daftar pustaka dari internet. Sesuai dengan singkatannya sebagai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, LIPI menyediakan berbagai macam jurnal ilmiah yang bisa Anda buka secara gratis.

Tentunya untuk memberikan sumbangsih pengetahuan pada masyarakat Indonesia situs ini banyak sekali menyediakan jurnal-jurnal mulai dari jurnal kimia, jurnal biologi, jurnal teknik dan banyak lagi, sangat membatu sekali dan tentunya jurnal-jurnal yang di sediakan di LIPI itu gratis alias free download. Tertarik mencari jurnal online di sana? Silakan buka saja websitenya di http://www.jurnal.lipi.go.id

#5. IPI

Pernahkah Anda mendengar IPI? IPI adalah portal Garuda Publikasi Indonesia Index. Untuk rujukan situs penyedia jurnal Nasional yang ISSN bisa mencari di situs Portal Garuda atau IPI, disini kita bisa mencari jurnal dengan berdasarkan judul / title, abstrack, author / pengarangnya, dan affiliation.

menulis daftar pustaka

Bisa dikatakan situs ini sangat lengkap sekali tentunya dengan jurnal bertipe PDF lengkap. Tentu ini sangat membantu Anda dalam mencari kumpulan daftar pustaka dari internet, bukan?

Selain portal garuda masih banyak situs lain sebenarnya yang menyediakan jurnal ilmiah secara gratis seperti perpusnas, dan e-journal dari masing – masing universitas seperti Undiksha, IPB, dll.

#6. Schoolar Google

Bagi para pengguna setia google sepertinya sudah tidak asing ya dengan Google Scholar. Google Scholar juga merupakan salah satu penyedia jurnal internasional online yang cukup sering dipakai oleh mahasiswa. Peneliti dan dosen di Indonesia juga sudah familiar dengan google scholar. Karena mereka sudah sering mengakses ini.

Bagi mahasiswa yang membutuhkan jurnal di Google scholar juga direkomendasikan. Schoolar Google termasuk kategori situs web yang cukup digemari untuk mencari kumpulan daftar pustaka dari internet karena jurnal dipasang dan diberikan secara gratis. Umumnya jurnal di sini berupa PDF.

Kelebihan dari google scholar memiliki banyak variasi jurnal dan laporan. Mulai dari tesis, papar, jurnal hingga literature ilmiah. Wajar jika google scholar ini tepat dan diperuntukan untuk semua kalangan yang membutuhkan. Tertarik mencoba? Anda dapat mengaksesnya di http://scholar.google.com/

#7. Academia

Di situs Academi Anda dapat menemukan kumpulan daftar pustaka dari internet yang sudah terbukti keabsahannya.  Di sini tersedia banyak jurnal, termasuk jurnal internasional yang bisa kamu peroleh secara gratis.

Bisa dibilang Academia ini media sosialnya para akademis di dunia. Cara kerjanya hampir sama dengan Facebook, hanya saja konten yang dibagikan lebih fokus ke tema pendidikan. Kalau sedang membutuhkan materi pendidikan, Anda bisa mendapatkannya di http://www.academia.edu.

Lebih dari itu, Academia juga menyediakan jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang telah dipublikasikan oleh para peneliti. Jangan lupa daftar dulu, ya jika ingin mengakses situs jurnal gratis yang satu ini. Daftarnya bisa pakai akun Google atau Facebook yang Anda miliki.

#8. Directory of Open Access Journal

Selanjutnya ada juga Directory of Open Access Journal (DOAJ) yang bisa Anda jadikan acuan referensi kumpulan daftar pustaka dari internet. DOAJ atau Direktori Jurnal Akses Terbuka adalah situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

Proyek ini mendefinisikan jurnal akses terbuka sebagai jurnal ilmiah dan keilmuan yang memenuhi standar kualitas tinggi melalui penelaahan sejawat atau kontrol kualitas editorial serta menggunakan model pendanaan yang tidak mengenakan biaya kepada pembaca atau institusi mereka untuk mengaksesnya.

Untuk jurnal yang dimasukkan dalam DOAJ sebagai hak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke naskah lengkap artikel-artikel tersebut.

Tujuan DOAJ adalah untuk “meningkatkan visibilitas dan kemudahan penggunaan jurnal-ilmiah dan akademik akses terbuka sehingga meningkatkan penggunaan dan dampaknya. Pada 25 Februari 2018, basis datanya kini berisi sekitar 11.210 jurnal.

Kelebihan dari DOAJ ini, Anda gratis mengunduh jurnal internasional dari situs tersebut. Aksesnya terbuka untuk siapa saja dan tidak berbayar, jadi Anda bisa unduh jurnal sebanyak – banyaknya yang Anda mau.

Demikian referensi jurnal online yang bisa Anda jadikan kumpulan daftar pustaka dari internet. Semoga bermanfaat!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel: