fbpx

Daftar Pustaka Website Pemerintah dengan Berbagai Style

cara menulis daftar pustaka dari website pemerintah

Daftar pustaka website pemerintah. Ada banyak cara menulis daftar pustaka. Hal ini dikarenakan ada banyak sumber yang bisa digunakan untuk menulis daftar pustaka. Daftar pustaka sangat dibutuhkan pada penulisan karya ilmiah seperti skripsi, thesis, maupun buku non fiksi lainnya.

Penulisan daftar referensi atau daftar pustaka dalam sebuah penulisan karya ilmiah (jurnal, tugas akhir, tesis, disertasi, prosiding, laporan penelitian) menjadi hal yang penting untuk menyajikan secara detail sumber-sumber  informasi dalam sebuah tulisan. Dimana penulisan daftar pustaka ternyata ada beberapa metode (style), diantaranya: (a) Turabian Style, (b) Harvard Style; (c) Vancouver Style; (d) American Psychological Association (APA) Style; (e) Chicago Style; atau (f) Kombinasi dari berbagai style. Sementara untuk penulisan daftar pustaka dari website biasanya hanya menggunakan 3 style yakni: (a) APA Style, (b) Chicago Style, dan (c) MLA Style. Masing-masing style penulisan sumber kutipan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan, tetapi suatu style yang dipilih dan dianut harus diterapkan secara konsisten.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat daftar pustaka website pemerintah. Perlu diketahui bahwa kini pemerintah juga memiliki website-website resmi yang memberikan banyak informasi terkini. Tak jarang informasi tersebut menjadi literasi kita dalam menulis suatu karya ilmiah. Meski mudah diakses bukan berarti kita bisa sembarang mengambil informasi atau cuplikan kalimat dari website pemerintah. Ada beberapa cara untuk menulis daftar pustaka website pemerintah. Hal ini ditinjau dari tiga jenis style penulisan daftar pustaka yang telah dijelaskan di atas. Berikut ini akan kami berikan contoh-contohnya.

Secara umum cara menuliskan daftara pustaka adalah sebagai berikut:

  • Penulisan nama pengarang pertama dan seterusnya: nama belakang/keluarga diikuti dengan inisial nama depan dan tengah (jika ada). Hanya huruf pertama dari judul karya atau judul tambahan ditulis menggunakan huruf kapital.
  • Pada sumber online, tuliskan secara lengkap URL nya dengan cara menuliskan kata “retrieved from” atau “diakses dari” sebelum URL dan tidak dituliskan tanggal akses (tanggal unduh atau melihat web tersebut).
  • Untuk Prosiding yang diakses secara online maka gantikan kota terbit dan penerbit dengan nomor DOI (Digital Object Identifier) atau URL, seperti dalam artikel jurnal online.
  • Nomor DOI (Digital Object Identifier) adalah penanda yang spesifik dan tetap untuk dokumen online yang nama negara dari kota terbit dituliskan setelah kota terbit dan dipisahkan dengan tanda koma.
  • Tidak ada kata yang digarisbawahi, termasuk URL

 

APA Style

Cara penulisan daftar pustaka website pemerintah dengan APA Style. Penulisan kutipan APA style diterbikan oleh American Psychological Association, gaya penulisan jenis ini biasa digunakan dalam bidang .

  • Bidang Psikologi
  • Cognitive Sciences yang meliputi, Filsafat, Ilmu saraf, linguistik, antropologi, Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.
  • Social Sciences yang juga meliputi Akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejarah dan sosiologi. Dll

 

Contohnya dari penulisan jurnal:

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

Jacoby, W. G. (1994). Public attitudes toward government spending. American Journal of Political Science, 38(2), 336-361.

 

Sementara Anda juga bisa menulis daftar pustaka website pemerintah dari web pages. Format dasarnya:

Nama Penulis atau Pengarang. (tahun, bulan tanggal artikel). Judul/Nama dari web page: Anak judul dari page. Diakses dari URL

 

atau

Nama Penulis atau Pengarang. (n.d.). Judul/Nama dari web page: Anak judul dari page. Diakses bulan tanggal, tahun, dari URL Web pages

**dengan Pengarang

 

Hesti, Aprilia. (2019, Oktober 23). SSB Garuda Muda Jogja Wakili Indonesia Dalam Ajang Badung Internasional Footbal Championship U13 Ke-4. Diakses dari https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/8276

**Tanpa Pengarang

 

Kiwi. Fungsi Pemasaran. Diakses pada April 14, 2017, dari http://en.ABCD.org/Kiwi

 

Intinya cantumkan:

Nama pemilik situs. “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses). Hal ini sama dengan jika tanpa penulis, namun artikel dibuat oleh organisasi atau lembaga berita.

Contoh: Obvious Network. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (Diakses September 3, 2013).

Sementara jika ingin menulis daftar pustaka website dengan satu penulis. Cantumkan: Nama belakang, nama depan. “Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses).

Contoh: Smith, John. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (Diakses September 3, 2013).

Menulis pustaka website pemerintah dengan mengutip situs web dengan dua atau lebih penulis. Caranya yaitu dengan mencantumkan: Nama belakang, Nama depan, dan nama depan nama belakang (dari penulis kedua).”Judul halaman.” Judul situs. Alamat web (tanggal mengakses. Untuk situs dengan lebih dari dua penulis, cantumkan seluruhnya, dengan menaruh koma antar penulis)

Contoh dengan dua penulis : Smith, John, dan Jane Doe. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (diakses September 3, 2013).

 

Contoh dengan tiga atau lebih penulis : Smith, John, Jane Doe, dan Bob LaBla. “The Sky is Blue.” ObviousObservations.com. www.obviousobservations.com/JohnSmith (diakses September 3, 2013)

 

Chicago Style

Daftar pustaka website pemerintah Chicago Style biasanya untuk sebuah penerbitan. Berikut ini cara membuat daftar pustaka dengan Chicago Style:

– Temukan pemilik laman web. Cantumkan nama pemilik dengan menggunakan ejaan serta kapitalisasi yang digunakan pada laman web tersebut. Cantumkan tanda titik setelah nama pemilik.

– Setelah itu, cantumkan judul postingan atau artikel. Cantumkan tanda titik setelah judul tersebut. Cantumkan judul dengan lengkap di dalam tanda kutip.

– Cantumkan alamat laman web secara umum. Contohnya, NBC.com. Cantumkan tanda titik setelah ekstensi .com atau .gov. (Biasanya .gov merupakan situs pemerintah sehingga cocok untuk Anda jadikan referensi jika ingin membuat daftar pustaka website pemerintah).

– Salin URL laman tersebut. Tempel setelah laman web. Jangan cantumkan tanda titik pada bagian akhir.

– Cantumkan tanggal akses di bagian akhir. Cantumkan di dalam tanda kurung lalu cantumkan tanda titik di bagian akhir. Contohnya, “(diakses 3 Juni 2013).”

Contoh dari pengutipan laman web tanpa penulis dengan menggunakan gaya pengutipan Chicago adalah sebagai berikut: Wikimedia Foundation. “Neuropathy.” Wikipedia.org. http://en.wikipedia.org/wiki/Neuropathy (diakses 15 Juli 2013).

 

MLA Style

Daftar pustaka website pemerintah dengan “Modern Language Association” atau disingkat MLA style pada umumnya digunakan pada bidang humaniora. Penulisan daftar pustaka rtikel ataupun jurnal bertema sosial humaniora biasanya menggunakan style ini. Berikut ini cara membuat daftar pustaka MLA Style:

– Mulai dengan mencantumkan judul artikel di dalam tanda kutip. Cantumkan tanda titik sebelum tanda kutip penutup. Contohnya, “Childrearing in Asia.”

– Cantumkan nama laman web dengan huruf cetak miring. Cantumkan tanda titik setelah nama tersebut.

– Cantumkan informasi pemilik laman web. Contohnya, penerbit seperti Harper Collins dapat memiliki laman tersebut. Maka dari itu, cantumkan nama lengkapnya.

Lihat bagian bawah laman untuk menemukan informasi pemilik laman web. Jika Anda tidak dapat menemukannya, maka tekan bagian About atau “Tentang” pada laman web.

– Cantumkan informasi waktu penerbitan dengan format hari, bulan dan tahun. Contohnya, “26 Nov. 2018.” Jika tidak terdapat informasi waktu di dalam artikel tersebut, maka cantumkan “n.d.” pada bagian ini.

– Akhiri kutipan dengan mencantumkan tanggal akses.

Contohnya, dengan menggunakan sumber yang sama yaitu laman Wikipedia mengenai Neuropathy, maka Anda akan menulis “Neuropathy.” Wikipedia. Wikimedia Foundation. n.d. Web. 20 Januari 2019.

kumpulan daftar pustaka dari internet

Demikian ulasan cara membuat daftar pustaka website pemerintah yang bisa Anda gunakan dalam membuat karya ilmiah. Jika Anda memiliki referensi lain, Anda bisa menggunakannya. Yang penting saat menulis suatu karya ilmiah jangan sampai tidak mencantumkan daftar pustaka. Salah satu manfaat daftar pustaka yakni mengamankan karya Anda dari tuduhan plagiarism. Tetap semangat dalam menulis, selamat berkarya!


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang daftar pustaka, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish