Tahukah Anda Tantangan membuat Buku Teks?

-cara membuat buku Teks

Membuat buku

Banyak tantangan dalam membuat buku, tak terkecuali buku teks. Pada perkembangannya, buku teks seringkali terhambat masalah distribusi, tata niaga, harga jual, dan kualitas. Persoalan-persoalan lain terkait buku teks juga meliputi penulis dan tema. Buku teks seringkali kurang aktual dalam penyajian temanya. Selain itu, bisa juga tema yang ditulis sudah populer tetapi penulisnya tidak populer, atau sebaliknya. Buku teks juga mengalami kendala dalam proses penerbitannya karena naskahnya tidak sesuai kriteria untuk diterbitkan.

Di samping itu, persoalan penerbitan juga terletak pada penerbit. Seringkali naskah yang telah masuk ke penerbit diproses dengan kurun waktu yang lama. Terkadang penerbit juga tidak amanah dalam menjalankan perannya menerbitkan buku teks. Hal ini juga menjadi kendala bagi distribusi buku teks.

Persoalan-persoalan yang beragam tersebut kemudian menjadi penghambat sekaligus tantangan, bukan hanya bagi penulis, tetapi juga penerbit.Keduanya perlu bekerjasama untuk meningkatkan kualitas dan distribusi buku teks. Terlebih, kini proses penerbitan tidak lagi sulit. Penulis dapat membuat buku teks dan mengirimkannya ke penerbit terpercaya untuk segera diterbitkan. Jumlah penerbit yang bisa dipilih pun banyak. Anda sebagai penulis dapat mengirimkan naskah buku teks Anda ke penerbit yang banyak menerbitkan buku serupa. Sementara itu, penerbit dapat menawarkan perusahaan penerbitannya untuk bermitra dengan penulis.

Penulis buku teks, yang biasanya berasal dari kalangan akademisi perlu menjawab tantangan tersebut dengan berupaya menerbitkan buku teks berkualitas. Anda yang ingin menerbitkan buku teks dapat melihat persoalan-persoalan tersebut dan mengambil pelajaran. Perbaikan sistem penulisan dan penerbitan, berikut distribusi buku teks yang akan Anda tulis menjadi perhatian Anda. Untuk pemahaman awal, Anda sebaiknya benar-benar memahami tentang buku teks. Pemahaman akan karakteristik buku teks nantinya akan membawa Anda untuk fokus membuat buku dan menghasilkan karya terbaik.

Selain itu, Anda yang ingin membuat buku sekaligus menerbitkan buku teks perlu berkomitmen penuh untuk membuat buku yang berkualitas. Anda yang ingin membuat buku teks dapat mempersiapkan diri dan berkomitmen untuk memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Komitmen ini juga perlu dilandasi dengan keikhlasan dan semangat kreativitas.  Penulisan dapat terus dilatih dan dilakukan demi terciptanya buku teks yang baik. Penulisan yang berkelanjutan dapat menjadi usaha perekaman ilmu pengetahuan secara berkesinambungan. Persoalan kualitas kemudian bukanlah tantangan yang sulit lagi, selama masih terus dilakukan upaya perbaikan. Dari kebiasaan yang dilakukan terus-menerus, karya yang berkualitas juga dapat dihasilkan.

Dalam membuat buku teks yang berkualitas, Anda sebagai penulis dapat lebih membuka diri untuk belajar dan memperkaya wawasan. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak membaca. Membaca juga tidak hanya terbatas pada buku, tetapi juga media massa atau apapun yang berisi bacaan. Membaca akan meningkatkan kepekaan berbahasa danmemperkaya wawasan Anda.

Tidak hanya kepekaan berbahasa, kepekaan terhadap lingkungan sekitar juga perlu ditingkatkan guna menambah gagasan dalam menulis. Akan ada banyak ide cemerlang yang muncul apabila Anda sebagai penulis berupaya untuk lebih membuka mata dan telinga melihat sekeliling. Setelah mendapatkan ide, Anda dapat menuangkannya untuk mulai menggoreskan pena. Anda bisa mulai menuliskan kata dan kalimat.

Anda sebagai penulis juga perlu berdiskusi dengan para penulis buku teks lain untuk berbincang mengenai proses penulisan. Anda dapat mengasah kemampuan menulis dengan belajar dari penulis lain. Selain dapat berdiskusi mengenai penulisan, Anda juga dapat belajar mengenai bidang baru agar tidak terbatas pada satu konsentrasi.

Kualitas karya Anda dalam bentuk buku teks selanjutnya dapat diukur melalui kerjasama dengan penerbit. Nantinya, Anda perlu meminta masukan dari penerbit buku sebagai pihak yang menilai berkualitas atau tidaknya buku untuk diterbitkan. Penerbit buku akan membantu Anda dalam proses penyuntingan sehingga naskah yang ingin Anda terbitkan dapat segera dicetak. Bekerjasama dengan penerbit juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu memilih penerbit yang benar-benar terpercaya sehingga tidak ada lagi kendala waktu, biaya, dan proses penerbitan. Selain itu, Anda juga perlu menjamin bahwa penerbit membantu Anda dalam proses penyuntingan sehingga karya yang akan diterbitkan telah memenuhi kriteria buku teks.

Di samping itu, penerbit yang juga bermitra dengan penulis perlu lebih objektif dan berani dalam menilai naskah yang diterima. Penerbit harus lebih peka terhadap kemungkinan pelanggaran penulisan dan penerbitan buku. Berikutnya, penerbit juga harus menjadi mitra yang dapat dipercaya dan mendukung upaya penerbitan buku teks demi perkembangan ilmu pengetahuan.

Seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak buku teks yang beredar jika jumlah penulis yang berkomitmen menghasilkan buku teks juga bertambah. Tidak hanya bertambah dalam jumlah, buku teks yang berkualitas pun akan semakin bertambah jika semakin banyak ditulis. Penerbit juga akan semakin besar peranannya dalam menerima naskah-naskah buku teks yang masuk. Penerbit akan memiliki peran penting dalam menilai sekaligus mencetak buku teks yang berkualitas demi pendidikan bangsa. Kerjasama penulis dan penerbit ini nantinya akan dapat menjawab persoalan-persoalan terkait buku teks seperti di atas.

 

Apakah Anda sedang atau ingin membuat buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara membuat  anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Cara membuat buku sendiri | 4 Hal yang Mempengaruhi Produktivitas Dosen dalam Menulis.
  2.  Cara Membuat Buku sendiri: Cara Membuat Tulisan Mengalir Seperti Sungai
  3.  Cara Membuat Buku sendiri : Mengenal Lebih Jauh tentang Buku Referensi
  4.  Tips Cara Membuat Buku sendiri | 5 Bekal Berharga Untuk Menulis Buku

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

[Wiwik Fitri Wulandari]

 

 

 

Referensi:

  1. http://www.alimuakhir.com/2015/12/menjadi-full-time-writer-sebuah-peluang.html
  2. http://syamsudduhaa.blogspot.co.id/2013/10/penulisan-buku-teks-dan-tantangan-yang.html

 

 

 



This post has been seen 340 times.
(Visited 41 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *