fbpx

Membuat Daftar Pustaka Dari Dokumen Internet

daftar pustaka dari dokumen internet

Daftar pustaka dari dokumen internet. Internet sebagai sumber informasi terbesar di dunia. Bagaimana tidak, melalui internet kita bisa tahu informasi dari belahan dunia manapun. Begitupula saat kita mau mencari sumber rujukan atau referensi untuk karya tulis ilmiah.

Selain melalui buku, majalah, buklet, jurnal, internet juga menjadi jujukan referensi yang paling sering digunakan para penulis.

Daftar pustaka dari dokumen internet ini bervariasi. Tidak hanya berupa artikel online saja, tapi juga berupa buku, jurnal, video hingga buletin yang bersifat online.

Supaya Anda bisa semakin luas mencari sumber refensi untuk daftar pustaka, berikut ini kami ulas beberapa sumber dari dokumen internet buku online.

Jurnal Online

Jurnal online menjadi salah satu sumber untuk menulis daftar pustaka dari dokumen internet. Jurnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Untuk Anda yang sedang menyusun karya ilmiah biasanya bingung mencari referensi jurnal online manjadi salah satu sumber yang membantu.

Beberapa kendala klasik salah satunya yaitu bingung mencari jurnal, bingung mencari jurnal di mana? bingung harus kemana? Kebanyakan hanya langsung mengetik apa yang menjadi judul karya ilmiah di google. Padahal hal tersebut malah membuat bingung untuk memilih dan mencari jurnal yang sesuai dengan ketentuan dan memiliki keabsahan yang diakui.

Tidak hanya melalui google saja, mencari jurnal online untuk daftar pustaka dari dokumen internet bisa dengan beragam situs web seperti Perpurnas, LIPI, IPI, Google Scholar, hingga Academia. Jika bingung alamat website lengkapnya apa, Anda bisa langsung ketikkan saja keywordnya di Google, pasti situs web tersebut akan muncul sendiri.

E-book

Buku online atau sering disebut e-book adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. E-book ini juga bisa menjadi sumber daftar pustaka dari dokumen internet yang bisa Anda gunakan dalam penulisan karya ilmiah.

Cara mendapatkan ebook ini sebenarnya gampang-gampang susah. Jika Anda mengetik keyword untuk free eBook sebuah judul buku, browser sering kali menyuguhkan sekian banyak link dengan file yang katanya sesuai dengan yang Anda cari.

Hal ini akan menyulitkan, mengingat menemukan file eBook gratis yang ‘benar’ tanpa harus dibohongi oleh sang uploader bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi isi file eBook hanya bisa dilihat dengan mendownload lalu membukanya.

Tapi tenang, setidaknya untuk membuat daftar pustaka dari dokumen internet dengan ebook Anda bisa mencoba beberapa situs website ini supaya bisa mengunduh dengan gratis.

Readprint

Yang pertama untuk menyusun daftar pustaka dari dokumen internet, Anda bisa mendownload secara gratis melalui Readprint. Buku gratis yang ada di ReadPrint bermacam-macam. Mulai dari classic, science fiction sampai puisi-puisian.

Jika ingin menikmati feature penuh dari ReadPrint, sebaiknya Anda lakukan registrasi saja. Dengan begitu Anda bisa menikmati berbagai macam buku gratis, juga fitur untuk bookmarking, dan ada rekomendasi buku yang sekiranya Anda akan suka dan bermanfaat bagi karya tulis Anda. Anda juga boleh join ke online book clubs yang ada di sini untuk ngobrol-ngobrol soal literasi.

Berikut kami berikan tips supaya Anda nyaman membaca buku melalui Readprint:

  1. Pakai keyword search untuk menjadi judul buku, penulis atau quotes.
  2. Cari berdasarkan genre atau jenis buku, semisal; essai, fiksi, non-fiksi, dan lainnya.
  3. Cek top books yang bisa dibaca online berdasarkan kurasi dari komunitas di ReadPrint
  4. Cari buku berdasarkan alfabet (judul buku, nama penulis).
  5. Cek juga ReadPrint top 250 penulis.

Kalau ada buku yang Anda ingin download, ReadPrint memberikan link ke Amazon untuk semua buku yang ada di sana. Di mana Anda bisa langsung download buku-buku tersebut.

ManyBooks

Situs web selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menyusun daftar pustaka dari dokumen internet adalah ManyBooks. ManyBooks juga menjadi salah satu website terbaik untuk memberikan layanan ebook. Di sini Anda bisa mendownload secara gratis dengan berbagai formaty yang bisa Anda temui di internet. Lalu bagaimana cara mencari buku di ManyBooks? Gampang banget! Anda bisa mencari buku sebagai sumber daftar pustaka dari dokumen internet berdasarkan:

  • penulis
  • judul
  • subyek
  • bahasa
  • most popular
  • review pembaca
  • rekomendasi

Lantas bagaimana cara mendownloadnya?

Jika Anda tertarik untuk mendownload buku yang ada di ManyBooks sebagai daftar pustaka dari dokumen internet, pertama-tama Anda harus pilih dulu format buku yang mau didownload. Sebab tiap buku yang ada memiliki dropdown menu yang isinya adalah formay buku tersebut. Mulai dari zip file hingga PDF file.

The Literature Network

The Literature Network juga menjadi website yang menyediakan ebook gratis untuk sumber daftar pustaka dari dokumen internet yang bisa Anda gunakan. Bisa dibilang, The Literature Network adalah website yang rapi banget untuk ukuran website penyedia buku gratis. Susunan buku-bukunya berdasarkan nama penulis. Yang Anda perlu lakukan cukup ketik nama penulisnya, terus ada biografi mereka, ada juga related links & articles, kuis dan forum. Kebanyakan buku-buku di sini tentu saja gratis. Meski begitu pada beberapa buku tetap ada yang berbiaya. Tapi tenang biaya masih lumrah kok dengan ukuran manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk karya ilmiah Anda.

Scribd

Satu lagi sumber daftar pustaka dari dokumen internet yang bisa Anda pakai untuk karya ilmiah. Scribd menyediakan range bacaan luas. Mulai dari buku, file presentasi, textbook, dan lainnya. Semuanya diatur berdasarkan topic. Namanya Scribd. Infonya lagi website ini merupakan website dengan content publisher terbesar, dan selalu terupdate tiap bulannya. Jadi bagi Anda yang ingin mencari referensi ebook, Scribd juga direkomendasikan untuk Anda.

Librivox.org 

Kalau sebelum-sebelumnya hanya berupa ebook text, melalui Librivox.org Anda bisa mendapatkan ebook yang memiliki audio. Ya, Librivox.orgadalah pilihan buat Anda yang memang suka dengan audiobook. Di sini, selain berisi banyak buku gratis, ada juga audiobooks dari berbagai buku pilihan. Dan hebatnya lagi, audiobook ini dibuat oleh para relawan LibriVox yang membuat audiobook berkualitas tinggi untuk semua orang. Segera ketik link situs website Librivox.org untuk mencobanya secara langsung.

Project Gutenberg

Nah, kalau situs website satu ini merupakan website tertua penyedia ebook gratis. Menariknya dari beragam situs web yang ada, Project Gutenberg dinobatkan sebagai website penyedia buku gratis tertua (dan terlengkap) di internet. Ada sekitar 30,000 buku gratis yang tersedia dengan berbagai format.

Buku-buku di Project Gutenberg kebanyakan berbahasa Inggris, namun ada juga buku-buku berbahasa lainnya. Sebagai jujukan referensi untuk daftar pustaka dari dokumen internet, tak ada salahnya segera meluncur pada laman Project Gutenberg.

The Open Library

Yang menarik dari The Open Library adalah ribuan koleksi buku gratis yang tersedia dalam berbagai format, mulai dari PDF, ePub, Daisy, DjVu dan ASCII text. Dan ebook-ebook ini bisa dicari lewat spesifikasinya lewat fitur “show only ebooks” di kolom search. Pas udah ketemu ebook yang Anda butuh, langsung keliatan deh ketersediaan format dari buku itu.

SlideShare

Berbicara soal ebook dan bacaan di internet, sepertinya kurang lengkap tanpa mengulas SlideShare. SlideShare cukup sering muncul di laman google dan digunakan oleh para akademisi untuk mengunggah karya ilmiah, presentasi, maupun jurnal mereka. SlideShare sendiri sebenarnya merupakan online forum website di mana semua orang bisa upload digital presentation mereka.

Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai macam online presentation dari berbagai kategori. Banyak orang menggunakan dan memanfaatkan SlideShare untuk research, ide, atau belajar banyak hal. Untuk file yang bisa di download, Anda bisa mendapatkan file dalam format dokumen dan PDF untuk sumber daftar pustaka dokumen internet.


Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel:


Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish