Menulis Karya Ilmiah

Cara Mudah Mendaftar Di Sinta (Science and Technology Index)

Cara Mudah Mendaftar Science and Technology Index (SINTA) (SINTA) merupakan sistem yang diperkenalkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

SINTA salah satu wahana untuk mengkomunikasikan karya iptek anak-anak negeri. Sebenarnya lebih tepatnya diperuntukan untuk eksplorasi update jurnal penelitian. Baik jurnal nasional maupun internasional.

Pengertian SINTA

Science and technology index (SINTA) merupakan pusat indeks institusi dan kepakaran di Indonesia yang sifatnya memudahkan peneliti, dosen institusi.

Jadi, semua dosen, peneliti dari institusi yang memiliki hasil jurnal penelitian, baik Internasional maupun Nasional bisa dimasukan ke laman SINTA.

Sayangnya, untuk saat ini masih diperuntukan untuk peneliti dan dosen. Sedangkan untuk masyarakat non dosen/peneliti, yang tertarik di penelitian atau semacamnya, masih belum dilayani.

Lantas, apa saja sih hal menarik dari Science and Technology Index (SINTA)? Apa yang akan diperoleh dosen dan peneliti yang mengirimkan jurnal ke science and technology index? Sebenarnya ada banyak hal yang akan di dapatkan. Diantarannya, SINTA juga menyediakan benchmark, analisis, identifikasi hasil dari penelitian.

Penyedia benchmark, analisis dan identifikasi ini diberikan untuk penulis maupun institusi. SINTA menawarkan akses cepat dan komprehensif bagi para peneliti, institusi maupun jurnal di Indonesia.

Sehingga, hasilnya dapat digunakan untuk memperkuat dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam mengidentifikasi hasil penelitian dari masing-masing institusi.

Lalu, apa saja cara penting yang patut diperhatikan bagi peserta baru science and technology index? Apakah ada cara khusus? Berikut ulasannya.

Sekilas Tentang Pendaftaran di SINTA

Laman Science and Technology Index (SINTA) berisikan banyak penulis, peneliti dan dosen dari berbagai daerah dari berbagai institusi. SINTA telah diakses lebih dari 50.000 titik. Di Asia sudah di akses lebih 4.016.196. Di Eropa, ada 830.151 orang yang sudah mengakses SINTA. Jumlah akses yang besar ini diperoleh dalam waktu hitungan bulan.

Oleh sebab itu, SINTA secara tidak langsung dapat digunakan untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif sekaligus sebagai tempat untuk analisis kecenderungan penelitian dan direktori pakar.

Sinta merupakan salah satu penghubung antara dosen, peneliti dan media dalam proses publikasi. Science and Technology Index juga menjadi salah satu media rujukan dari banyak kalangan, termasuk di kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi.

Hasil riset yang dilakukan pun juga lebih tertarget dan dapat dicatat. Sehingga ada pertanggungjawaban yang jelas, atas hasil penelitian yang Anda lakukan.

Jadi, SINTA salah satu media untuk mempublikasikan jurnal secara elektonik. Dimana di tempat ini dilengkapi oleh profil penulis. Adapun fungsi dicantumkan atau dipublikasikan profil penulis. Yaitu untuk menjaring relasi dan perkenalan.

Minimal dengan profil di sana, ada anggota dosen/peneliti yang berminat, dan berinisiatif untuk bekerjasama dan menghubungi langsung secara personal. Intinya, segala peluang kemungkinan masih berpeluang.

Adapun syarat bergabung di Science and Technology Index, pendaftar harus tergabung terlebih dahulu di google scholar dan scopus. Adapun isi di dalamnya, meliputi kutipan, indek, buku dan hasil paten lain.

Jadi pendaftar / penulis akan mengupload tulisan di google scholar, hasil karya yang menarik dan bagus akan memperoleh Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor dan regulasi terkait di masa yang akan datang. Tentunya, inilah yang dicari-cari, karena membantu sertifikasi atau kenaikan jabatan.

Cara Mendaftar di SINTA

Pendaftaran Science and Technology Index (SINTA) secara default dapat menggunakan data NIDN, khusus bagi dosen. Pendaftar juga disuruh memasukan nama dan affiliation dari forlap dikti. Sebelum mendaftarkan ke SINTA, pendaftar harus sudah masuk ke akun akun scopus, Anda dapat mendaftarkan diri dan klik link ini www.sinta.ristekdikti.go.id/

Secara teknis, pendaftaran Science and Technology Index (SINTA) dapat dilakukan melalui 3 tahap. Yaitu tahap registrasi, verifikasi dan singkronisasi.

1. Tahap registrasi

Tahap paling awal adalah tahap registrasi. Di tahap inilah pendaftar saat masuk ke laman akan mengisi form meliputi nama, NIDN (yang berprofesi dosen), memasukan ID Google scholar, mengisi perguruan tinggi dan memasukan email. Di tahap registrasi pastikan mengisi semua form yang harus di isi. Jika tidak, akan mempengaruhi proses verifikasi.

Oleh sebab itu, siapkan data-data yang dimintai oleh form registrasi. Sebenarnya form regristrasi isinya standar. Anda bisa mencantumkan satu persatu. Isi data selengkap mungkin, agar lebih cepat diverifikasi. Karena fungsi regristrasi untuk database untuk pihak SINTA.

2. Verifikasi

Setelah proses registrasi sudah selesai. Anda bisa langsung mengirimkan. Maka data yang Anda kirimkan pun akan diterima oleh admin SINTA. Admin SInta akan menerima regristrasi Anda untuk ditinjau dan dievaluasi. Jadi Anda tinggal menunggu verifikasi dari tim verifikator Ristek Dikti.

Pemeriksaan verifikasi ini melalui beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan nama, NIDN, memverifikasi artikel di Google Scholar. Selanjutnya, juga akan dilakukan validasi lewat email. Oleh karena itu, Anda juga harus siap mengecek email, sekedar untuk mengupdate perkembangan.

Bagi Anda yang memperoleh email, dan akhirnya lolos, Anda pun tinggal memverifikasi. Ketika sudah di verifikasi, maka berstatus “verified”. Ketika sudah di verifikasi oleh Tim verifikator RistekDikti, maka ID Google Scholar tidak dapat diedit lagi, hanya tim SINTA yang dapat melakukan perubahan. Jadi, sejak awal untuk berhati-hati ketika membuat akun.

3. Sinkronisasi

Tahap singkronisasi merupakan tahap pemindahan publikasi yang sudah di validitasi dari Google Scholar, yang nantinya akan disalin ke Scopus Sebagai database Science and Technology Index (SINTA) . Di tahap inilah peserta akan memperoleh poin dan profil (nama) akan muncul di daftar Afiliasi instansi masing-masing.

Di tahap sinkronisasi ini sebenarnya sama pentingnya. Karena jika Anda belum tersinkronkan, maka Anda pun tidak bisa melakukan pemindahan publikasi. Dan hanya anggota yang sudah tervaliditasi yang bisa melakukan sinkronisasi. Apakah Anda sudah tersinkron? Jika belum, Anda bisa kembali cek ulang, apakah selama proses registrasi sudah terdaftar dan terverifikasi?

Cara Mengindeks Jurnal di Sinta

Apakah sampai di sini Anda masih merasa bingung? Di sub bab kali ini akan mengulas bagaimana sih cara mengindeks jurnal di Science and Technology Index? Karena ternyata banyak yang masih bingung bagaimana caranya.

Proses indeks jurnal di SINTA melalui beberapa tahap yang meliputi tahap pendaftaran ke portal Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA), Anda dapat mendaftarkan diri ke http://arjuna.ristekdikti.go.id/.

Selanjutnya Anda akan masuk dan mengisi evaluasi diri. Di sinilah, Anda dapat mempelajari aturan akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah berdasarkan instrumen Akreditasi Peraturan Dirjen Dikti No. 1 Tahun 2014. Semua syarat dan informasi yang Anda cari ada di sini.

Lantas, apakah semua jurnal yang di input ke SINTA akan lolos? Jawabannya tidak. Tidak semua jurnal yang di input akan lolos. Karena memang ada tahap seleksi. Adapun beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar Jurnal di SINTA cepat terindeks. Sebagai berikut.

  • Laporan memperoleh evaluasi diri lebih 70. Nah, di sinilah Jurnal yang anda Input setidaknya memperoleh nilai lebih dari 70. Sebenarnya perolehan nilai agar lolos evaluasi di kisaran nilai 70-85. Jika dinilai menggunakan abjad, maka diakreditasi menjadi akreditasi B. Dan akan dimasukan ke jurnal dengan kategori Sinta 2. Apabila evaluasi yang Anda peroleh lebih dari 85, maka Anda memperoleh akreditasi A, dan akan dimasukan ke kategori Science and Technology Index (SINTA) 1.
  • Mematangkan dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh aturan yang tertulis. Karena Subdit akan menurunkan 4 Asesor akreditasi dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti. Jadi memang jurnal yang masuk benar-benar dinilai sangat selektif. Adapun hal yang akan dinilai, yaitu menilai manajemen jurnal yang masuk di Arjuna Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual.
  • Adapun jika belum yakin dengan jurnal, maka dapat mengajukan evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan oleh 2 orang Evaluator Jurnal dari Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah. Tugas evaluator adalah menilai sekaligus memverifikasi kebenaran hasil evaluasi diri. Berikut kategorisasi yang diambil dari http://sinta2.ristekdikti.go.id
    Kategori Jurnal Keterangan Sinta 1 Terakreditasi A nilai > 85, atau terindeks Scopus Sinta 2 Terakreditasi B nilai 70-85 Sinta 3 Hasil Evaluasi diri 60-70 Sinta 4 Hasil Evaluasi diri 50-60 Sinta 5 Hasil Evaluasi diri 40-50 Sinta 6 Hasil Evaluasi diri 30-40
  • Jadi, proses evaluasi Sinta 3, 4, 5, 6 dapat menjadi Sinta 1 dan 2 dengan syarat mendaftarkan di Arjuna. Jadi selama pendaftaran di Arjuna juga sudah dilakukan penilaian oleh Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah.

Inilah program Science and Technology Index (SINTA). Apakah ulasan ini cukup membantu dan mencerahkan kebimbangan dan kebingungan Anda? Semoga paparan artikel kali ini bermanfaat. Sebagai catatan, proses Evaluasi dan Akreditasi ini dilakukan setiap dua tahun sekali.

Penilaian berdasarkan waktu pendaftaran dan ketetapan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intektual. Jika Anda ingin mengupdate sitasi, Anda dapat mengirimkan email ke hdsinta@ristekdikti.go.id .

Bagaimana dengan ulasan cara penting mendaftar ke science and technology Index (SINTA)? Tentunya di harapkan memberikan manfaat bagi pembaca. Nah, jika Anda masih merasa kurang puas dan bingung, Anda bisa masuk ke portal ristekdikti. Karena di sana akan banyak informasi yang Akan Anda peroleh dan tentunya update. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Referensi:
Pengertian Sinta. http://sinta2.ristekdikti.go.id/about. Di akses, 3 Mei 2019
Ristasi ke SINTA Science Technology Index. https://rahmadya.com/2017/03/16/registrasi-ke-sinta-science-technology-index/. Di akses, 3 Mei 2019


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Science and Technology Index, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

deepublish

Recent Posts

Ketik Ulang agar Tidak Plagiat, Emang Bisa?

Dalam menyusun karya tulis ilmiah maka akan identik dengan penambahan kutipan. Kutipan ini biasanya dicantumkan…

7 hari ago

8 Cara Mencari Sinonim Kata untuk Prafrase

Salah satu upaya yang umum dilakukan penulis untuk menghindari plagiarisme adalah dengan melakukan parafrase. Teknik…

7 hari ago

Cara Mengubah Kata agar Tidak Plagiat dan Toolsnya

Ada banyak cara bisa dilakukan peneliti untuk menghindari plagiarisme saat menyusun karya ilmiah, salah satunya…

1 minggu ago

Cara Bebas Finansial bagi Akademisi, Bisa?

Berada di kondisi bebas finansial menjadi impian banyak orang di dunia, bisa jadi Anda termasuk…

1 minggu ago

Kerja Sama Workshop Penulisan Buku Ber-ISBN di Jakarta

Bagi sebuah perguruan tinggi, memastikan dosen-dosen di bawah naungannya menerbitkan buku ber-ISBN adalah hal penting.…

1 minggu ago

Kerja Sama Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Jakarta

Setiap perguruan tinggi di Indonesia tentu ingin memaksimalkan pencapaian IKU (Indikator Kinerja Utama). Ada banyak…

1 minggu ago