Meningkatkan Penjualan Buku Ajar lewat Marketing Online

Marketing online ada banyak bentuknya. Mulai dari facebook, twitter, Instagram, blog sampai pesan singkat seperti BBM, Line dan WhatsApp. Kemajuan teknologi menawarkan banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk pemasaran. Istilah inilah yang disebut dengan marketing online. Lewat metode marketing online inilah cara efektif memasarkan produk tanpa mengeluarkan banyak uang dan efektif pula meningkatkan hasil penjualan buku. Poin penting untuk meningkatkan penjualan buku ajar lewat marketing online.

Potensi Internet Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Buku

Marketing online lewat website/blog misalnya, ada beberapa komponen yang harus dicantumkan. Apa saja yang perlu dicantumkan? Diantarannya adalah harga produk, alamat, harga, pelayanan dan testimoni dari konsumen terhadap isi buku yang dijual. Mencantumkan elemen-elemen terbukti efektif mendukung dan meningkatkan bisnis penjualan buku secara terintegrasi secara online dan offline.

Pemasaran tidak hanya fokus di jalan online. Tetapi juga memperhatikan pemasaran secara offline. Hal ini untuk memfasilitasi mereka yang tidak bermain media sosial. Prinsip dari marketing online dan offline sebenarnya sama, yaitu mengenalkan produk kita kepada masyarakat luas. Permasalahan orang hendak beli atau tidak, itu tahap berikut. Namun, sekarang banyak yang langsung fokus bagaimana orang agar bisa membeli.

Skema secara garis besar, pemasaran secara online dan offline dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Sumber: http://www.beresweb.com

Jika fokus pemasaran bukan sebatas mengenalkan buku, melainkan menarik agar membeli bukunya. Maka, ada beberapa poin yang harus dilakukan sebagai berikut.

Menyebarkan informasi produk

Menyebarkan informasi produk adalah kunci utama. Jika konsumen tidak mengenal jenis buku yang kita jual, bagaimana mereka bisa tahu. Tahu saja tidak, maka membelipun tidak. Saat menyebarkan informasi produk pun tidak dilakukan sembarang. Ada trik lain, misalnya menyebarkan informasi berdasarkan segmentasi. Segmentasi atau target calon pembeli yang diharapkan, misal menargetkan mahasiswa, pelajar, anak-anak atau masyarakat umum.

Lantas, apa manfaat dari mengenalkan produk kepada pelanggan? Setidaknya ada banyak tujuan manfaat. Dari sudut pandang si produsen, jelas memperoleh profit/laba. Semakin banyak pembeli, semakin besar keuntungan yang diperoleh. Selain memperoleh laba juga memiliki banyak relasi. Relasi dalam hal ini bisa relasi dari pelanggan, atau relasi khusus yang datang bukan dari pelanggan, melainkan dari pebisnis yang langsung menawarkan kerjasama.

Upaya menjaga profit agar tetap stabil pun tidak mudah. Mereka bilang, mempertahankan lebih sulit daripada merintis. Begitupun dalam dunia bisnis. Menjaga profit juga demikian, menjaga kesetiaan konsumen agar pemasukan stabil. Karena, apabila terjadi kelesuan pasar, maka potensi mengalami kerugian juga lebih besar.

Selama proses menyebarkan produk yang baik usahakan untuk menonjolkan produk kita. Jangan menjatuhkan pesaing dengan cara curang. Prinsip pemasaran produk adalah, membentuk citra produk di mata konsumen. Ketika konsumen berhasil kita ambil hati dan setia dengan gaya penulisan kita, maka bukan hal asing konsumen bisa saja mengubah tingkah laku dan sudut pandang konsumen terhadap produk kita.

Strategi Promosi Lewat Website

Memasarkan buku lewat website itu bukan hal yang mustahil. Semua orang dapat melakukannya. Website salah satu media promosi yang kini banyak digunakan. Bahkan, saat ini tidak hanya untuk promosi, melainkan juga digunakan untuk branding. Potensi promosi lewat website lebih berpeluang dibandingkan media sosial (medsos). Kelemahan website ada di pengelolaannya.

Tips sukses mengelola website tahu sedikit tentang dunia programmer sederhana dan marketing onlinenya website. Diantarannya harus tahu istilah SEO, Keyword, PPC, Adsense dan bahasa pengaturan sederhana dalam website. Jika perlu, website yang digunakan ber-domain agar jangkauannya lebih luas. Seandainya jika website terlalu ribet, dapat memulai dengan layanan gratis seperti blogger.

Strategi promosi lewat website yang dapat mendongkrak pengunjung adalah kemasan yang menarik. Semakin banyak pengunjung di web, semakin berpeluang pembaca yang akan membeli buku yang ditawarkan di web. Oleh sebab itu, di web wajib dicantumkan beberapa poin penting seperti memasang yellow pages, menyediakan katalog dan iklan. Jika perlu, apabila ada pembaca yang komentar dan memiliki potensi atau ketertarikan di dunia buku, dapat kita chat secara personal. Dengan catatan, jangan terlalu agresif, tetap lekukan dengan smooth.

Cara smooth bisa dilakukan dengan cara mengirimi email secara personal. Bisa juga merancang telemarketing. Adapun cara selain dengan website, misalnya saat mendapatkan undangan mengisi atau menjadi pemateri dalam ajang seminar, bisa sekalian mempromosikannya.

Keuntungan Berjualan Lewat Marketing Online

Kelebihan marketing online tidak banyak mengeluarkan sewa tanah, ruko dan tidak harus mengajukan ijin usaha. Jam kerja pun lebih fleksibel, sewaktu-waktu dan seluang kita. Di dunia marketing online tidak mengenal kantor, tidak perlu pula display dan tidak pula membayar kontrak tiap bulannya. Meskipun untuk untuk usaha bisnis offline yang juga menjalankan marketing sosial tetap memiliki bangunan fisiknya.

Jika secara offline mereka main di promo dan displaynya. Maka marketing online pun juga sama. bedannya display yang ditawarkan dalam marketing online display tampilan web/blog/medsos. Diplay dalam website misalnya lebih fokus ke tampilan seni dalam memotret produk yang kita tawarkan. Dari foto disertai dengan artikel yang renyah dan menarik. Artikel yang rencah dan menarik adalah artikel yang komunikatif dan menarik perhatian konsumen. Artikel ini pulalah yang nantinya juga salah satu alat untuk menaikan trafik pengunjung.

Itulah keempat poin penting yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan penjualan buku ajar lewat marketing online. Jika media sosial dan kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan dengan hal-hal positif, kenapa digunakan untuk sesuatu hal yang negatif. Jika kecanggihan teknologi dapat digunakan untuk menghasilkan uang, kenapa teknologi justru sebagai tempat buang-buang uang. Yuk, cerdas bermedia sosial. semoga ulasan ini bermanfaat. [Elisa]

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang teknik menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Teknik Menulis : Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word
  2. Teknik Menulis Menyusun Laporan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar
  3. Teknik Menulis: 5 Hal dalam Buku Ajar yang Harus Diperhatikan!
  4. Teknik Menulis Buku, dengan Membaca Teks Kehidupan

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS di sini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi :

 

 

 



This post has been seen 377 times.
(Visited 137 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *