fbpx

Penulis SINTA (Science and Technology Index) – Cara Sukses

penulis sinta

Seorang dosen kurang afdol jika tidak tergabung menjadi penulis SINTA. Kenapa? karena di SINTA seorang dosen dapat menjaring konektivitas dan mengembangkan hasil penelitian lebih luas dan lebih prospek.

Anda mungkin masih belum tahu bagaimana cara menjadi penulis SINTA. Sedikit menyinggung, apa itu SINTA. SINTA merupakan kepanjangan dari Science and Technology Index. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menjadikan SINTA sebagai system yang diperuntukan untuk mengkomunikasikan karya iptek. Baik dari dosen maupun dari para peneliti.

Barangkali Anda salah satu yang tergerak ingin memperluas hasil penelitian di Sinta? Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas cara menjadi penulis SINTA. Setidaknya ada tiga hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum bergabung menjadi bagian di dalamnya. Berikut ulasannya.

Registrasi

Tahap pertama jika ingin menjadi penulis SINTA (Science and Technology Index) adalah melakukan proses registrasi.  Ada formulir yang perlu Anda lengkapi, meliputi pengisian nama, NIDN (bagi dosen  yang sudah punya), ID Google Scholar (GS), Afiliasi Perguruan Tinggi dan surat elektronik, dalam hal ini berbentuk email.

Sebagai catatan penting, teruntuk bagi Anda yang kurang menguasai Teknologi Informasi. Anda cukup mengikuti perintah yang tertulis di dalamnya. Ketika calon penulis SINTA (Science and Technology Index)  selesai mengisi formulir yang tersedia, umumnya juga akan diberi data lain sebagai pelengkap.

Setelah semua di isi, bagian akhir Anda akan mendapatkan email. Isi email Anda berbentuk tautan atau link. Link inilah yang dimanfaatkan untuk memverifikasi. Oleh sebab itu, di tahap Awal pastikan bahwa Anda benar-benar sudah menyelesaikan tahapan registrasi, agar memperoleh link verifikasi yang akan dibahas di di sub verifikasi

Verifikasi

Formulir yang sudah Anda isi secara lengkap, akan diterima oleh tim verifikator, mereka adalah dari Ristekdikti. Mereka juga akan melakukan verifikasi pemeriksaan artikal yang Anda kirimkan. Ketika tim verifikator menyatakan lolos, maka status Anda menjadi ‘verified’.

Catatan penting bagi setiap penulis SINTA (Science and Technology Index), apabila sudah terverifikasi oleh pihak verifikator, maka sifatnya final. Dengan kata lain, ID GS Anda sudah tidak dapat diubah atau di edit. Jadi hanya tim Admin SINTA yang bisa mengubah ID GS. Jadi, sejak awal buat ID GS yang menurut Anda sudah pantas, tidak asal buat.

Penulis SINTA – Singkronisasi

Tahap ketiga menjadi penulis SINTA adalah proses singkronisasi. Jadi Anda dapat menyalin tulisan yang sudah Anda masukan di GS yang sudah terverifikasi. Ketika Anda memiliki artikel di scopus, anda juga dapat memindahkannya di SINTA (Science and Technology Index). Semua artikel yang sudah Anda submite, nantinya akan di cek oleh verifikator, dan mereka akan memberi score.

Score yang muncul inilah yang paling ditunggu semua penulis SINTA (Science and Technology Index). Ketika Anda terverifikasi dan mendapatkan score, secara otomatis Anda sudah tergabung menjadi penulis SINTA. Nama Anda sudah terindeks di daftar afiliasi, sesuai dengan Perguruan Tinggi masing-masing. Sebaliknya, ketika tim verifikator tidak menemukan dan menyatakan tidak valid, maka pihaknya juga tidak akan memberikan score, sehingga nama Anda pun tidak akan muncul.

Itulah tiga hal yang penting Anda perhatikan ketika  ingin menjadi Penulis SINTA (Science and Technology Index). Dari ulasan di atas, Anda pasti bertanya, bagaimana dan seperti apa agar jurnal Anda terindeks oleh SINTA bukan? Tenang, kami akan mengulasnya di lain waktu. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar artikel Anda terindeks dengan cepat. Semoga dengan ulasan di atas bermanfaat. (Elisa)


Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis buku anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:

  1. Science and Technology Index (SINTA) – Cara Mendaftar
  2. Mendaftar Science and Technology Index (SINTA) – Cara Mudah
  3. Teknik Menulis Buku Ajar dengan Gaya Ilmiah Populer
  4. Teknik Menulis Buku Panduan yang Baik

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish