5 Trik Menulis Judul Yang Menarik Untuk Dibaca – Selain menuangkan gagasan dalam sebuah tulisan, ternyata ada satu hal yang dianggap sulit bagi sebagian besar penulis pemula. Yaitu penulisan judul yang benar dan menarik sering mengganggu sekali.

Pasalnya, menulis judul membutuhkan kreativitas dan konsentrasi. Banyak juga para penulis  harus memakan waktu berjam-jam dan berhari-hari demi sebuah judul. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagai cara agar mudah dalam menulis judul yang menarik untuk dibaca. Penasaran seperti apa? Beberapa poin di bawah ini. 

download ebook gratis

5 Trik Menulis Judul Yang Menarik Untuk Dibaca

1. Kuasai Isi dan Pesan yang Ditulis 

Kunci suksesnya penulisan judul yang benar dan baik adalah menguasai isi dan pesan yang ditulis. Tidak dapat dipungkiri, kini semakin banyak artikel yang judulnya tidak benar dan tidak sesuai dengan isi yang tertulis. 

Misalnya, judul artikel terlalu memaksakan diri. Sekarang banyak artikel yang bertujuan agar artikel di klik dan dibaca dengan membuat judul yang tidak sesuai dengan isinya. Sehingga banyak pembaca yang merasa kecewa dengan judul tersebut. Tidak jarang, banyak juga ditemukan judul yang terkesan lebay, padahal isi artikel berita tersebut biasa-biasa saja. 

Memang ada banyak alasan mereka melakukan hal demikian, salah satunya karena demi mengejar viewer saja. Penulisan judul yang benar tentu saja tidak membuat pembaca kecewa. Sekalipun biasa-biasa saja isinya, jika memang begitu adanya laporan atau hasil yang diperoleh di lapangan. Pembaca tidak akan akan merasa tidak tertipu.

Membuat judul itu mudah jika Anda mengetahui isi dan pesan yang ditulis. Karena menulis judul itu sama artinya dengan Anda meringkas dalam satu kalimat yang pas dan tepat dari artikel yang Anda sampaikan. Lantas bagaimana triknya? Akan kita lanjutkan di bab dibawah berikut. 

2. Gunakan Kalimat Aktif 

Salah satu ciri judul tulisan yang mudah dipahami adalah menggunakan kalimat aktif. Struktur kalimat aktif tersusun dari Subjek (S), Predikat (P), Objek (O) dan Keterangan (K). Pastinya ANda sudah tidak asing lagi dengan struktur SPOK ini sejak dibangku SD. 

Struktur kalimat aktif sangat tepat untuk membuat judul, tetapi cara ini tidak banyak penulis menggunakan teori ini. Bisa karena mereka tidak tahu atau terlalu menganggap kalimat aktif sepele. Kalimat aktif ini akan memberikan sedikit gambaran kepada pembaca isi dari tulisan Anda tanpa harus membaca seluruh tulisan Anda. 

PR seorang penulis adalah, bagaimana mengemas judul tidak sekedar berita sebaris, maka dibutuhkan kreativitas dalam membuat judul. Misalnya, judul tersebut dibuat penasaran, agar pembaca tidak sekedar mengetahui isi tulisan secara sekilas, tetapi juga menarik perhatian mereka penasaran ingin membaca tulisan Anda tersebut. 

Baca juga : Judul Buku Non Fiksi – 8 Rekomendasi Terbaik untuk Anda

3. Tulis Singkat Padat Jelas 

Tips menulis judul yang menarik untuk dibaca selanjutnya adalah tulis singkat padat dan jelas. Penulisan judul tidak perlu panjang lebar. Ada batas panjang penulisan judul. Ada yang bilang maksimal panjang penulisan judul 13 kata. Bagi saya, 13 kata terlalu panjang. 

Dalam ilmu jurnalistik, penulisan judul yang benar ditulis sependek mungkin, tetapi tetap singkat padat jelas. Judul yang baik adalah judul yang dapat dibaca dalam satu tarikan nafas saja. Jika judul tersebut tidak bisa dibaca dalam satu tarikan napas, maka itu bukanlah judul yang benar dan efektif maupun efisien. 

Terutama judul artikel di website dan blogger. Banyak jugul yang sangat panjang. Sampai-sampai judul tersebut bisa lebih dari 2 tarikan nafas. Nah, jika ANda ingin membaca judul, prinsipnya adalah singkat, padat dan jelas. Judul dapat dibaca dalam satu tarikan nafas saja, tidak lebih. 

4. Kenali Selera Pembaca 

Bagi penulis, ada dua alasan menulis. Ada yang menulis karena ingin menulis untuk orang lain, ada juga yang menulis untuk dirinya sendiri. Sampai di sini, kita termasuk penulis yang seperti apa? Jika Anda menulis untuk orang lain, sangat memperhatikan selera pembaca. 

Selera pembaca inilah yang akan mempengaruhi pemilihan judul tulisan kamu. Ketika menulis untuk orang lain, tulisan yang kita buat cenderung akan lebih banyak diminati pula oleh orang lain. Sebaliknya, tulisan yang ditulis untuk diri sendiri, jangan berharap bisa dicari oleh orang lain, kecuali kita memiliki relasi dan jangkauan yang lebih luas dan lebar. 

Begitupun ketika hendak membuat judul tulisan. Saat membuat judul buku, Anda pun juga perlu mengenali selera pembaca agar banyak yang membaca tulisan. Sebenarnya penulisan judul yang benar dengan cara mengenali selera pembaca tidak hanya berlaku untuk menulis artikel, tetapi di dunia perbukuan pun juga demikian. 

Tentu saja ini sangat penting bagi perusahaan yang memang ingin mengkomersialkan tulisan Anda. Jadi, jika konteks tulisan tersebut untuk penerbit, atau sekedar untuk mengisi di portal website, pastikan bahwa tulisan Anda dibuat untuk pembaca di luar. Bukan, untuk diri sendiri. Bagaimana juga, tulisan yang dimuat di website ataupun di penerbitan buku, goal akhirnya adalah berupa viewer (pembaca). Semakin banyak pembaca, maka semakin banyak uang yang masuk di dalam perusahaan tersebut. 

Baca juga : Penulisan Judul Buku Yang Benar dan Menarik – Kupas Agar Laris

5. Trik Membuat Judul Cepat 

Meskipun judul hanya pendek, nyatanya banyak orang yang merasa kesulitan membuat judul yang menggugah minat baca bagi pembaca. Bahkan, setelah melihat beberapa poin yang saya jelaskan diatas, saya yakin masih banyak yang mengalami kesulitan mempraktekannya. 

Dari beberapa poin di atas saya yakin masih banyak yang kesulitan dan dibuat pusing cara membuat judul. Biasanya saya melakukan cara ini, yang mungkin bisa Anda coba lakukan juga.

Anda bisa membuat judul dengan cara mengambil satu kalimat yang ada di dalam tulisan. Tentu saja mengambil kalimat yang paling menarik. Atau bisa juga Anda mengambil kesimpulan dari tulisan Anda seringkas mungkin untuk dijadikan sebuah judul. 

Jadi, penulisan judul dapat ditulis di bagian akhir. Sedangkan di bagian awal, Anda cukup memberikan tema besar atau topic besar yang Anda ulas. Jika tulisan tersebut ada sesi wawancara dengan narasumber, kemudian ada kalimat atau statement narasumber yang powerfull, maka statement itulah yang bisa Anda ambil untuk dijadikan judul. 

Sebenarnya menulis judul itu mudah bukan? Karena kita bisa mengambil dan tidak perlu berfikir berat tentang pembuatan judul. Anda akan berfikir keras membuat judul ketika di dalam tulisan tersebut tidak ada statement menarik ataupun tidak ada kalimat yang menarik yang Anda tulis. 

Dari pemaparan penulisan judul yang benar di atas menunjukan betapa penting menulis judul yang benar dan menarik. Ternyata menulis judul itu tidak sekedar menulis begitu saja dan tidak boleh ditulis asal-asalan. Bahkan harus diperhitungkan secara matang. 

Nah, itulah beberapa ulasan tentang 5 Trik Menulis Judul Yang Menarik Untuk Dibaca. Semoga ulasan dan penjelasan tersebut membantu Anda dalam menulis judul. Bahwa menulis judul itu mudah, dan tidak sulit. Selamat mencoba membuat judul. (Irukawa Elisa)