Kesulitan Menulis Jurnal Ilmiah Nasional? Kenali 4 Platform Berikut Ini!

sistematika penulisan jurnal internasional

Anda sedang menulis jurnal ilmiah? Namun kebingungan mencari referensi jurnal ilmiah? Tenang, karena memang hasil jurnal ilmiah nasional tidak mudah di dapatkan di pencarian google. Ada cara dan trik sendiri, yang akan di ulas dalam artikel kali ini.

Sekedar informasi, hasil jurnal ilmiah nasional lebih banyak ditemukan di kumpulan jurnal. Jurnal ilmiah diterbitkan dalam kurun waktu tertentu. Mulai dari mingguan, dua mingguan ada juga yang diterbitkan dalam kurun waktu bulanan. Ada juga yang menerbitkan jurnal ilmiah dalam interval tertentu. Prinsipnya terbit setiap berapa kali, tidak ada aturan baku.

Sebenarnya jumlah jurnal ilmiah nasional maupun internasional ada sangat banyak jumlahnya. Hanya saja memang tidak bisa ditemukan begitu saja di google. Lantas, bagaimana carannya? Carannya sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa publisher jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis, yang dapat diakses, ada plos one, nature communications, dan scientific reports.

Adapun cara memperoleh jurnal secara gratis. Anda bisa memperoleh di Institusi atau kampus yang berlangganan jurnal ilmiah. Jika tidak sempat ke kampus, Anda pun dapat memperoleh secara online. Khusus bagi Anda yang ingin mencari secara online, pastikan masuk ke beberapa pintu di bawah ini.

1. Google scholar

Ketika anda ingin mencari jurnal ilmiah nasional maupun internasional secara gratis. Anda bisa masuk ke google scholar. Di sinilah Anda dapat menemukan banyak jurnal ilmiah dari banyak aplikasi, yang akan menghubungkan dengan karya ilmiah dari para penelitia.

Di google scholar, Anda tidak hanya mendapatkan hasil penelitian dari dalam negeri. Anda juga dapat menemukan hasil penelitian dari luar negeri juga. Selain google scholar, adapun google cendikia yang bisa anda manfaatkan untuk mencari jurnal.

format penulisan jurnal ilmiah nasional

Lantas bagaimana langkah mencari jurnal lewat google scholar? Bagi Anda yang masih belum tahu bagaimana carannya. Anda bisa memulai dengan langkah pertama, yaitu masuk ke halaman https://scholar.google.co.id/ di sinilah Anda akan masuk ke sebuah halaman. Cari kolom pencarian, Anda tingga ketikan kata kunci yang Anda cari. Atau jika Anda sudah mengetahui judul jurnalnya, Anda bisa langsung mengetikan data dasarnya di pencarian.

Kedua, akan muncul hasil jurnal ilmiah nasional maupun internasional di halaman hasil. Anda bisa memilih salah satu atau lebih, yang selaras dengan penelitian Anda. Rerata, hasil penelitian yang akan ditampilkan berupa PDF. Anda pun bisa mendownloadnya.

Jika Anda ingin pencarian jurnal ilmiah nasional berdasarkan dari hasil pencarian, Anda sebenarnya juga bisa mengubah berdasarkan urutan tanggal publikasi. Dengan demikian, Anda pun lebih cepat mengupdate hasil penelitian dari yang terbaru.

2. Researchgate

Cara lain mendapatkan jurnal ilmiah nasional lebih mudah bisa menggunakan researchgate. Researchgate merupakan media sosial yang berisi oleh para akademis dan para ilmuan. Karena di dalamnya berisi tentang orang-orang penting, wajar jika researchgate ini justru sering dijadikan sebagai ajang menjalin hubungan relasi, atau membangun kolaborasi.

Jadi Anda bisa memperoleh hasil penelitian di jejaring sosial satu ini lebih update. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara bergabung ke jejaring ini? Sederhana, syaratnya cukup memiliki email institusi dari kampus atau dari lembaga penelitian.

Karena ini sifatnya jejaring sosial, jadi cara memperoleh jurnal ilmiah nasional bisa diperoleh dengan cara meminta. Bisa juga dengan membuka di website di https://www.researchgate.net/ seperti google scholar, ketika masuk, Anda bisa tinggal mengetikan kata kunci. Kelebihan di web ini memiliki folder, dimana folder tersebut memiliki beberapa menu. Mulai dari menu researcher, publication, jobs hingga menu pertanyaan.

Hal yang menarik, di laman ini Anda bisa menjadi followernya, dan mengetahui update publikasinya. Carannya cukup dengan meng-add terlebih dahulu di request full text. Ketika sudah menjadi anggota, dan sudah di konfirmasi, Anda bisa mendownloadnya. Bagaimana jika tidak terdaftar? Apakah masih bisa mendownloadnya? Jawabannya bisa, hanya saja tidak semua jurnal ilmiah bisa di download.

Adapun cara memperoleh jurnal gratis, tanpa harus mengikuti jadi anggota researchgate. Yaitu cukup dengan masuk ke layar google. Ketik di pencarian google, dengan format “kata kunci (yang Anda cari) + pdf + researcgate”. Maka jurnal yang Anda cari pun muncul. Tinggal klik dan download jurnal ilmiah yang Anda inginkan. Cukup dengan klik download full text PDF.

3. Sci – Hub

Pernahkah Anda mendengar Sci-Hub? Sci – hub merupakan mesin pencari jurnal imiah khusus. Di sini setidaknya ada 58 juta publikasi. Menariknya, semuanya dapat di download secara gratis. Kelebihan menggunakan Sci-hub tentunya akan memperoleh jurnal lebih mudah, cepat. Karena tidak harus ribet menjadi anggota terlebih dahulu atau semacam. Sifatnya seperti google, semua bisa mengakses. Hanya saja perbedaannya, Sci-hub lebih pada pencarian jurnal saja.

cara membuat jurnal kesehatan

Lantas, bagaimana cara masuk ke Sci-hub? Carannya cukup masuk ke web-nya di sini https://sci-hub.se/ seperti biasa, kita tinggal memasukan kata kunci dan mencari judul jurnal. Adapun kelemahan menggunakan Sci-hub, yaitu penulis harus mengetahui judul jurnal yang di cari. Jadi tidak seperti google, yang bisa otomatis mencari jurnal ilmiah yang terkait dengan kata kunci yang Anda tulis.

Adapun hal yang perlu diperhatikan ketika masuk di web satu ini. Anda harus mahir menggunakan bahasa Inggris. Karena website ini dipandu menggunakan bahasa inggris. Bagaimana jika tidak bisa menggunakan bahasa inggris? Anda bisa menterjemahkan secara manual. Sedangkan untuk jurnal ilmiah yang diprioritaskan dalam hal ini lebih pada jurnal ilmiah internasional. Jika memang mencari jurnal ilmiah nasional, bisa menggunakan google scholar.

4. Facebook

Siapa yang menyangka, jika media sosial seperti facebook dapat dijadikan sebagai ajang pencarian jurnal ilmiah nasional. Carannya cukup mengikuti grup khusus, mengingat di sana ada banyak sekali grup yang tersedia. Kelemahannya, memang terbatas jika mencari jurnal lewat facebook. Kecuali ada fanspage yang menyediakan artikel jurnal ilmiah ini.

Pertanyaannya, grup apa yang khusus mengulas tentang dunia jurnal ilmiah nasional? Jadi Anda bisa mencari grup paper request, atau bisa langsung klik tautan berikut https://web.facebook.com/groups/paperreqest/. Di grup inilah, kita bisa memperoleh jurnal dengan memposting atau menanyakan ke anggota yang memiliki jurnal. Mereka yang memiliki jurnal, biasannya akan saling membantu. Namun tetap saja, menurut penulis kurang efisiensi waktu .

Dari beberapa poin cara jitu mencari jurnal ilmiah di atas, apakah sudah membantu Anda? Jika masih belum puas, sebenarnya Anda bisa datang langsung ke perpustakaan loh. Khususnya perpustakaan pemerintah kota atau propinsi. Harusnya di setiap perpustakaan juga menyediakan jurnal penelitian. Setidaknya dengan cara ini Anda bisa langsung membaca lebih banyak jurnal sekaligus.

Semoga dengan ulasan di atas, membantu dan memudahkan Anda menemukan jurnal ilmiah nasional maupun jurnal ilmiah internasional. Semoga dengan memahami kemudahan pencarian jurnal, akan menambah wawasan dan sudut pandang Anda sebagai penulis jurnal. Kini Anda bisa memulai menulis jurnal dan fokus memperbanyak karya tulis ilmiah, demi kemajuan bangsa.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang karya ilmiah, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan



This post has been seen 50 times.
(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.