fbpx

Berapa Besar Pajak Royalti Penulis Buku?

pajak royalti penulis

Berapa Besar Pajak Royalti Penulis Buku? – Pajak royalti penulis yang harus dibayarkan. Ya, dalam sebuah hak royalti, ternyata penulis tidak lantas langsung mendapatkan royalti secara utuh. Sebagai warga negara indonesia yang baik, penulis tetap diwajibkan untuk membayar pajak royalti pada negara. Namun yang jadi pertanyaan, banyak narasi terkuak bahwa pajak royalti penulis buku yang terlalu mahal. Tapi apakah benar begitu? Mari kita ulas pada artikel berikut ini. 

Dilansir dari beberapa media online, kasus pajak royalti penulis buku dinilai terlalu mahal menjadi pembicaraan setelah penulis laris Tere Liye memutus kontrak dengan dua penerbit besar di Indonesia, yakni Gramedia Pustaka Utama dan Republika Penerbit, sebagai protes atas apa yang dianggapnya ketidakadilan pajak yang mencekik profesi penulis. Hal ini terjadi karena pajak yang dikenakan pemerintah terhadap profesi penulis memang terlalu tinggi.

Sebenarnya sebelum penulis kondang Tere Liye mengeluhkan tingginya pajak royalti penulis buku, sudah banyak penulis lain yang merasakan hal tersebut. Tere Liye mencontohkan jika royalti penulis dari penerbitan bukunya mencapai satu miliar, sekitar Rp 245 juta atau 24,5% harus disetor sebagai pajak.

Angka ini diperoleh dari perhitungan bahwa Rp 50 juta pertama dikenakan tarif pajak 5%. Lalu sekitar Rp 50-150 juta berikutnya dikenakan pajak 5%. Kemudian, Rp 250-500 juta dikenakan tarif 25% dan Rp 500-1 milyar dikenakan pajak 30%. Sehingga total pajak mencapai 245 juta.

Berapa Besar Pajak Royalti Penulis?

Pada umumnya, jatah royalti penulis adalah sebesar 10% dari penjualan buku. Jika tarif 15% berlaku untuk rentang penghasilan kena pajak antara Rp150-250 juta, maka si penulis setidaknya mendapat penghasilan jual buku setara Rp 1,5 miliar – Rp 2,5 miliar.

Solusinya memang sebagai penulis kita patut kritis terhadap kebijakan pemerintah. Selama itu logis dan merupakan hak penulis, tulislah kegelisahan Anda dengan cara yang benar seperti Tere Liye. Meskipun Anda akan dihadapkan oleh pajak royalti penulis buku, bukan berarti Anda langsung memutuskan tidak ingin berkarya. Tetaplah berkarya menulis buku. Niatkan bahwa menulis adalah ibadah dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. 

Pastikan Anda memilih penerbit buku yang kompetitif memberikan royalti. Seperti di Penerbit Deepublish. Anda tidak perlu khawatir soal pembagian royalti, di Penerbit Deepublish, Anda bisa mendapatkan royalti buku lebih dari 10%. 

Baca juga : Mengenal Perhitungan Royalti Penulis di Penerbit

Walaupun Bayar Pajak, Tapi Ada Keuntungan Lain Menjadi Penulis

Supaya Anda lebih semangat dalam menciptakan karya tulisan, berikut ini  kami bagikan apa saja keuntungan menjadi penulis yang perlu Anda tahu. 

1. Wawasan Semakin Luas dan Dapat Membantu Orang Lain

Sebagai seorang penulis, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat luar biasa. Terutama soal wawasan dan penguasaan kosakata. Bagaimana tidak, setiap kali Anda menulis, Anda tentu berusaha mencari informasi yang lengkap, membaca referensi kesana kemari dan terus aktif berpikir.

2. Mengetahui Gaya Penulis (Pajak Royalti Penulis Buku)

Masing – masing penulis memiliki gaya sendiri lho. Beda penulis juga beda kosakata yang sering dipilih. Perbedaan seperti ini dapat dengan mudah Anda pahami setelah bertambahnya jam terbang menulis Anda.

3. Menambah Penghasilan

Sekarang ini banyak sekali penulis yang mampu meraih pundi – pundi penghasilan pasif income dari hasil tulisan mereka. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh untuk meraih profit pada bidang ini. Berikut beberapa metode yang bisa ditempuh

  • Menjadi penulis yang dibayar pada beberapa portal media besar online
  • Menjual artikel secara online
  • Menerbitkan buku
  • Menulis di blog
  • Dll

Harga artikel sekarang ini terbilang mahal, terutama untuk artikel berbahasa Inggris. Nah bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis artikel bahasa Inggris, hal tersebut merupakan poin plus yang lumayan besar.

4. Melatih Komunikasi

Ketika Anda selalu menulis tentang dunia ekonomi, otomatis sewaktu Anda bertemu orang lain, Anda bisa dengan mudah menjelaskan tentang ekonomi. Anda akan terlihat lebih profesional, apalagi ketika Anda lengkap memberikan data dan fakta yang aktual.

Mari jadi penulis buku di deepublish dan dapatkan berbagai keuntungannya.

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish