Promo Terbatas! ⚠️

Cetak buku diskon 35%, bonus tambahan eksemplar dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Penerbit Buku Ber ISBN dan Anggota IKAPI

Penerbit Buku Ber ISBN

Kalangan akademisi seperti dosen, tentu penting sekali untuk teliti dalam memilih penerbit terutama penerbit buku ber ISBN. Sebab, seorang dosen perlu menerbitkan buku yang mengikuti standar dari Dikti. 

Dimana salah satunya adalah memiliki ISBN. Seperti yang diketahui, pengajuan ISBN tidak bisa dilakukan perorangan dan penerbit tidak resmi. Maka dalam memilih penerbit dianjurkan untuk sangat teliti. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Apa Itu ISBN?

Sebelum mengetahui bagaimana memilih penerbit buku ber ISBN, maka pahami dulu apa itu ISBN. ISBN sendiri merupakan akronim dari International Standard Book Number. ISBN adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. 

Kode ini kemudian menunjukan identitas buku yang terdapat di dalam database perpustakaan nasional Indonesia atau Perpusnas. Sehingga, ISBN akan menunjukkan judul buku, nama penulisnya, nama penerbitnya, kota terbit, dan identitas lainnya. 

Awalnya ISBN memiliki kode unik dengan jumlah 10 digit angka, akan tetapi jumlah buku yang diterbitkan secara resmi terus bertambah. Perpusnas dalam mengantisipasi kemungkinan deretan angka unik habis, maka dibuat ISBN 13 digit. 

Jadi, jika menemukan buku dengan kode ISBN yang jumlah digitnya berbeda. Tidak perlu khawatir bukan buku resmi, sebab selama jumlahnya 10-13 digit maka sudah dipastikan ISBN resmi yang dikeluarkan oleh Perpusnas. 

Bicara mengenai penerbit buku ber ISBN, maka akan membicarakan juga mengenai struktur ISBN dan penempatannya. Umumnya, kode ISBN dicantumkan di sampul belakang buku dan kode ini mirip seperti kode barcode. Selain itu juga dicantumkan di bagian lain, berikut detailnya: 

  1. Bagian sampul belakang (back cover) dan biasanya di bagian bawah. 
  2. Dicantumkan di verso, yakni halaman setelah halaman judul. 
  3. Dicantumkan di punggung buku atau spine, akan tetapi hanya bisa diterapkan untuk buku yang cukup tebal. Sehingga ISBN sangat memungkinkan dicetak di punggung buku. 

Adapun struktur khas ISBN untuk contoh ISBN 978-602-8519-93-9 misalnya, adalah sebagai berikut: 

  1. Angka pengenal produk terbitan buku dari EAN (Prefix identifier) = 978
  2. Kode kelompok (group identifier) = 602 (Default)
  3. Kode penerbit (publisher prefix) = 8519
  4. Kode Judul (title identifier) = 93
  5. Angka pemeriksa (check digit) = 9
Contoh tampilan letak ISBN

Buku yang memiliki ISBN hanya diterbitkan oleh penerbit resmi dan merupakan anggota IKAPI. Kepemilikan ISBN di dalam sebuah buku menunjukan buku tersebut juga terdata di database Perpusnas yang bisa didapatkan (dibeli) di seluruh wilayah Indonesia. 

Baca Juga:

Keuntungan Buku Ber ISBN

Dengan berhasil menemukan penerbit buku ber ISBN, maka naskah buku yang diterbitkan dijamin memiliki ISBN. Ada banyak sekali keuntungan bisa didapatkan dari kepemilikan ISBN tersebut. Misalnya: 

1. Buku Mudah Diidentifikasikan 

Keuntungan yang pertama dari buku yang memiliki ISBN adalah mudah untuk diidentifikasikan. Artinya, ada kalanya akan menemukan buku dengan judul sama persis. Namun, nama penulisnya berbeda. 

Jika salah ambil dan pembeli atau pembaca hanya fokus pada judul, tentunya akan kecewa sesampainya di rumah. Dengan adanya ISBN hal ini bisa dicegah, karena kode ini bersifat unik, sehingga satu kode hanya untuk satu buku saja. 

Jika buku salah dibeli konsumen atau mungkin ada kesalahan cetak dari pihak penerbit. Maka proses mengurusnya menjadi lebih mudah karena buku bisa dengan mudah diidentifikasi saat ada laporan. 

2. Buku Bisa Didistribusikan Secara Luas 

Kode ISBN diketahui memiliki fungsi melancarkan arus distribusi. ISBN memungkinkan sebuah buku untuk dipromosikan secara luas, baik lintas daerah maupun lintas negara. 

Sebab selain menunjukan buku tersebut diterbitkan secara resmi juga lebih diakui dan diterima berbagai toko buku. Sehingga buku bisa dijual dimana saja dan mudah diakses oleh para pembaca. 

4. Menunjukan Buku Tersebut Resmi 

Adakah buku yang tidak resmi? Pada dasarnya semua terbitan resmi selama diterbitkan oleh pihak berwenang, seperti penulis buku itu sendiri. Namun, tentunya akan sulit karena buku bisa di fotocopy dan diperbanyak orang lain. 

ISBN bisa mencegah hal tersebut, karena ISBN hanya bisa diajukan oleh penerbit resmi dan anggota IKAPI. Sehingga buku dijamin dicetak dengan kertas berkualitas dan isinya sudah dijamin layak terbit karena melalui proses panjang sesuai standar. 

Oleh sebab itu, buku dengan ISBN menunjukan bahwa buku tersebut resmi dan layak untuk dibaca oleh masyarakat. Hal ini secara tidak langsung ikut mendorong angka penjualan buku. 

5. Bagi Dosen, Buku Ber-ISBN Diakui Dikti 

Keuntungan yang terakhir dari buku dengan ISBN dan diterbitkan oleh penerbit buku ber ISBN adalah menguntungkan bagi kalangan dosen. Maksudnya disini adalah, para dosen diuntungkan dengan adanya ISBN pada buku karyanya. 

Sebab sudah memenuhi standar penerbitan buku ilmiah dari Dikti sehingga buku bisa masuk laporan BKD dan menambah poin angka kredit. Usaha keras menulis dan menerbitkan buku tersebut pun tidak sia-sia karena dijamin akan diakui. 

Baca Juga:

Penerbit Buku Ber ISBN

Dari penjelasan di atas tentunya sudah bisa disimpulkan mengenai apa itu penerbit buku ber ISBN. Jadi, istilah ini digunakan untuk menyebut penerbit resmi yang memiliki wewenang untuk mengajukan ISBN ke pihak Perpusnas. 

Semua buku yang diterbitkan oleh penerbit tersebut tentunya akan terbit lengkap dengan ISBN. Sehingga buku terdata di Perpusnas, bisa didistribusikan dengan mudah (ke daerah dan toko-toko buku), dan menjadi lebih mudah dipesan oleh para pembaca. 

Dewasa ini jumlah penerbit buku resmi yang bisa mengajukan ISBN semakin banyak. Sebagai penulis, penting untuk mencari penerbit dengan layanan profesional dan menyediakan fasilitas lebih. 

Sebagai rekomendasi, bisa menggunakan jasa Penerbit Deepublish yang sudah berpengalaman lebih dari 3 tahun. Selain itu, juga sudah terdaftar sebagai anggota IKAPI sejak tahun 2012 sampai sekarang. Nomor anggota IKAPI Penerbit Deepublish adalah 076/DIY/2012 dan Penerbit Deepublish akan selalu memperbaharui keanggotaan setiap tahunnya.

Penerbit Deepublish memenuhi syarat dari Dikti dan juga dari Perpusnas untuk menerbitkan buku-buku karya akademisi, baik guru, dosen, maupun mahasiswa. Sehingga terbitan tersebut diakui Dikti dan menambah poin angka kredit bagi akademisi. 

Terbitan yang Tidak Dapat Didaftarkan ISBN

Meskipun buku dan jenis jilidan apapun yang diterbitkan penerbit buku ber ISBN pasti memiliki ISBN. Ternyata ada aturan khusus untuk beberapa jenis dan bentuk terbitan. Dimana disebutkan tidak bisa didaftarkan ISBN alias tidak bisa memiliki kode unik tersebut. 

Berikut adalah daftar terbitan yang tidak dapat didaftarkan ISBN sesuai dengan aturan yang berlaku: 

  1. Terbitan yang terbit secara tetap (majalah, buletin, dsb.)
  2. Iklan
  3. Printed music
  4. Dokumen pribadi (seperti biodata atau profil personal elektronik)
  5. Kartu ucapan
  6. Rekaman musik
  7. Software selain untuk edukasi termasuk game
  8. Buletin elektronik
  9. Surat elektronik
  10. Permainan. 

Terbitan selain dari 10 daftar tersebut adalah terbitan yang bisa didaftarkan ISBN. Kalangan dosen yang aktif menulis buku ilmiah seperti buku ajar, monograf, referensi, dan bunga rampai termasuk terbitan yang bisa didaftarkan ISBN. Jadi, silakan pilih penerbit buku ber ISBN yang kredibel. 

Kirim Naskah ke Penerbit Buku Ber ISBN

Cara menerbitkan buku ke penerbit buku ber ISBN, yaitu Penerbit Deepublish, adalah

  1. Siapkan naskah yang siap terbit, yakni naskah yang sudah diselesaikan sampai bab terakhir dan sudah memiliki sinopsi sekaligus sudah dirapikan. 
  2. Daftarkan diri Anda dengan cara mengisi formulir di laman resmi Penerbit Deepublish melalui Daftar Menjadi Penulis Buku.
  3. Pihak Customer Service Penerbit Deepublish akan menghubungi Anda melalui kontak yang Anda masukkan ke formulir.

Mudah bukan? Segera daftarkan diri Anda dan terbitkan buku Anda bersama penerbit berkualitas, kredibel, dan terpercaya.

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama