Kenali 5 Ciri Penerbit buku yang Berkredibel , Agar Tidak Ditipu!

biaya cetak deepublish

Apa sih sebenarnya alasan Anda menulis buku? Apakah sebatas hobi? Atau karena ingin dikomersilkan. Jika Anda menulis buku dengan tujuan ingin dikomersilkan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menerbitkan buku ke penerbit buku yang berkredibel.

Kenapa harus mencari penerbit buku yang berkredibel? Karena tidak semua penerbit yang dapat dipercaya. Ada pula penerbit abal-abal dan memanfaatkan penulis. Terutama bagi penulis pemula. Banyak kasus penerbit buku nakal, misal, tidak memberikan royalti kepada penulis. Mempersulit penulis memperoleh honor dan masih banyak kasus lain.

Agar Anda tidak salah masuk ke penerbit nakal, ada beberapa indikator ciri penerbit buku yang berkredibel. Berikut beberapa cirinya.

Diberi MOU

Apakah Anda pernah menerbitkan buku di salah satu penerbit buku? Apakah Anda mendapatkan MOU? Jika tidak, tidak ada salahnya untuk meminta MOU sebelum pendatanganan kontrak. MOU atau surat kerja sama salah satu senjata, yang dapat digunakan ke ranah hukum, jika salah satu pihak menyalahgunakan.

Jadi MOU ini tidak hanya menguntungkan untuk penulis, tetapi juga menguntungkan penerbit juga. Karena penerbit juga bisa melakukan hal yang sama, jika pihak penulis tidak menyepakati. Kesimpulannya, MOU sebagai alat dan senjata, yang sebenarnya saling menguntungkan. Pastikan MOU tersebut di bubuhi materai, dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Yaitu pihak penerbit dan pihak penulis.

Hampir banyak kasus, khususnya penerbit nakal, sengaja menawarkan tema ke penulis pemula. Rerata penulis pemula tidak mengetahui aturan main di duni perbukuan atau dipenerbitan. Jadi penerbit juga tidak mengedukasi penulis pemula terkait hak-haknya. Jadi, jika Anda masih seorang penulis pemula, pastikan untuk cerdas dan kritis agar tidak mudah tergiur.

Transparansi

Penerbit buku yang berkredibel memiliki transparansi. Terkait dengan jumlah cetak, penjualan buku hingga royalti yang diterima oleh calon penulis. Jika Naskah Anda di jual putus, maka penulis tidak akan mendapatkan royalti. Tetapi penulis akan mendapatkan honor atau uang lelah di bagian awal.

biaya penerbitan buku di deepublish

Khusus metode pembayaran secara royalti, penerbit buku yang berkredibel akan melaporkan setiap tiga bulan sekali atau setiap enam bulan sekali. Jadi ada pelaporan dari pihak penerbit buku ke pihak penulis. Nah, jika kasusnya penerbit buku tidak pernah memberikan konfirmasi, transparansi atau laporan, dan setiap kali Anda bertanya jawabannya selalu menyulitkan. Maka Anda perlu mengarisbawahi, agar nanti tidak menerbitkan di penerbit tersebut.

Banyak kasus, penulis yang akhirnya merelakan naskah mereka tanpa kejelasan. Ada pula yang merelakan tidak menerima royalti sepersen pun dari hasil penjualan mereka. Pertanyaan yang sering muncul adalah, berapa bulan sekali penerbit akan melaporkan? Nah terkait setiap kapan, bisa langsung ditanyakan ke penerbit lain. Karena penerbit satu dengan penerbit lain memiliki aturan yang berbeda.

Naskah Yang Tidak Lolos Dikembalikan

Khusus penerbit mayor, apabila naskah yang Anda ajukan tidak lolos seleksi redaksi, maka naskah Anda akan dikembalikan ke rumah. Ini khusus naskah yang di kirim secara harcopy. Sedangkan naskah yang di kirim ke mayor dan dikirimkan secara softcopy, dan ternyata di tolak. Maka Penerbit buku yang berkredibel akan mengkonfirmasi jika naskah yang Anda kirim tidak lolos seleksi redaksi. Bagi penerbit yang baik, mereka akan memberikan alasan kenapa tidak menerima naskah dan sedikit koreksi.

Adapun penerbit buku nakal, tidak memberikan konfirmasi sama sekali. Meskipun tidak semua yang tidak mengkonfirmasi sebagai penerbit nakal. Kuncinya hanya satu, penulis harus aktif menanyakan keberadaan naskah Anda. Jika responsnya tidak baik, tidak ada salahnya naskah yang sudah dikirimkan Anda tarik kembali, dan diterbitkan ke penerbit lain.

Padahal kita tidak tahu, apakah itu penerbit nakal atau penerbit buku yang berkredibel, maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Maka, tidak ada salahnya jika Anda mengirimkan naskah dalam bentuk outline atau berbentuk proposal. Jadi bukan dalam bentuk naskah teks yang sudah jadi. Ketika proposal diterima, barulah naskah full bisa dikirimkan ke penerbit. Sebagai catatan, beberapa kasus, khususnya penerbit mayor besar, ada yang lebih suka mengirimkan naskah buku yang sudah jadi.

Khusus penerbit indie beda cerita. Ketika Anda memiliki naskah, dan langsung mengirimkan naskah, Maka naskah Anda tidak melalui tahap seleksi tim redaksi. Jadi naskah yang sudah Anda masukan langsung akan di proses naik cetak. Tentunya, sebelumnya ada tim dari Penerbit Indie yang menghubungi atua memfollow up naskah Anda, sebelum dilakukan naik cetak.

Penulis Di Layani

Kita tahu bahwa penerbit bisa abadi dan hidup berkat adannya penulis. Tanpa penulis, sebuah penerbit buku tidak akan hidup. Oleh sebab itu, penerbit buku yang berkredibel selalu melayani penulis. Melayani dalam hal ini tidak menuruti semua kemauan penulis. Tapi lebih ke bentuk memberi pelayanan terkait proses penerbitan dan percetakan buku.

buku terbitan deepublish

Jadi ketika penulis mengalami kesulitan terkait penerbitan buku tersebut, maka penerbit akan mengarahkan dan membantu penulis. Penerbit buku yang berkredibel menyadari hal itu. Bagaimanapun juga, berkat kehadiran penulis, penerbit masih bisa eksis. Begitupun dengan penulis, penulis juga merasa terbantu oleh keberadaan penerbit yang juga memperkenalkan penulis ke pada pembaca.

Dengan kata lain, antara penulis dan penerbit sebenarnya dua hal yang saling bersinergi dan saling menguat. Mereka tidak dapat berdiri sendiri. Inilah yang seharusnya menjadi dasar, khususnya bagi penerbit yang masih menyepelekan penulis pemula.

Berhubungan Baik

Salah satu ciri penerbit buku yang berkredibel selalu menjaga hubungan baik dengan para penulisnya. Apa sih keuntungan penerbit berhubungan baik dengan penulis? Tentu terjadi kedekatan secara emosi antara penerbit dan penulis. Jadi, editor penerbit buku yang baik, adalah editor yang hangat kepada penulis, dan tentunya sabar. Di jamin, banyak penulis pun juga akan merasa nyaman.

Ketika penulis merasa nyaman, maka buku kedua atau ketiga si penulis bisa diterbitkan lagi ke penerbit tersebut. Dari sudut pandang lain, penerbit juga akan terbantu membesarkan nama penerbit. Khususnya untuk penulis yang memang sudah memiliki nama dan sudah memiliki peluang naskah tenar.

Dari beberapa ciri penerbit buku yang berkredibel di atas, semoga membantu penulis tahu penerbit mana yang baik. Jadi bagi penulis yang memiliki naskah, pastikan untuk berhati-hati memasukan naskah. Pelajari dan kepo terlebih dahulu karakter penerbit tersebut. Agar tidak terjadi penyesalan di kemudian. Karena cukup banyak penulis pemula yang dimanfaatkan oleh penerbit nakal semacam ini.

inilah uraian tentang mengenali penerbit buku yang berkredibel, semoga Anda terbantu dan tentunya mendorong Anda untuk menulis lebih produktif. Satu hal yang pasti dan tidak kalah penting, ketika naskah buku diterima oleh penerbit. Jalin komunikasi dengan penerbit. Agar terjadi komunikasi yang baik dan mengenal lebih dekat tentang penerbit tersebut. Semoga ulasan ini bermanfaat. Salam literasi, dan selamat mempraktekkan menulis buku.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menerbitkan buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *