Percetakan Murah Buku Referensi di Penerbit Buku Deepublish

Percetakan Murah Buku Referensi di Penerbit Buku Deepublish

Dalam menunjang kegiatan mengajar, seorang dosen membutuhkan buku pegangan dan salah satunya adalah buku referensi. Buku referensi merupakan salah satu jenis buku yang menjadi pegangan dosen dalam mengajar dan melakukan penelitian. 

Isinya bersumber dari hasil penelitian yang kemudian bisa membantu dosen memaparkan materi perkuliahan di hadapan mahasiswa. Selain itu, buku referensi diterbitkan resmi dan memiliki ISBN sehingga bisa dijadikan referensi saat melakukan penelitian. 

Buku referensi disusun oleh dosen berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sendiri maupun hasil penelitian dosen lain. Menulis dan menerbitkan buku referensi termasuk tugas seorang dosen. 

Apabila naskah buku referensi siap terbit, bisa menerbitkannya ke penerbit deepublish. 

Sekilas Tentang Buku Referensi 

Hal pertama yang perlu dipahami adalah pengertian buku referensi. Secara umum, buku referensi adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya fokus pada satu bidang ilmu sehingga topik di dalamnya luas. 

Buku referens termasuk buku ilmiah atau non fiksi yang terikat oleh aturan bahasa, struktur, dan lain sebagainya. Dilihat dari aspek struktur, buku ilmiah jenis ini disusun berdasarkan logika bidang ilmu atau content oriented

Buku referensi sesuai penjelasan di awal merupakan buku yang isinya bersumber dari hasil penelitian dan disusun oleh dosen. Kemudian diterbitkan ke penerbit dan memiliki ISBN yang dipublikasikan secara luas. 

Buku referensi yang sudah terbit kemudian bisa digunakan dosen lain di seluruh Indonesia untuk mendampingi kegiatan mereka dalam mengajar maupun meneliti. Supaya lebih paham apa itu buku referensi, berikut beberapa ciri yang dimilikinya: 

  • Buku referensi berasal dari hasil penelitian.
  • Buku referensi digunakan oleh dosen untuk mengajar dan meneliti.
  • Ciri khas konten dan isi sesuai alur logika atau urutan keilmuan, contoh Case Study, serta ilustrasinya.
  • Bentuk gaya penyajiannya dengan bahasa formal sesuai kaidah format penulisan ilmiah
  • Dipublikasikan dengan ISBN (International Standard Book Number) dan diedarkan ke masyarakat luas.
  • Isi substansi dalam buku hanya membahas satu bidang ilmu saja.
  • Tebal buku paling sedikit 40 lembar dan berukuran standar unesco ukuran min 15.5 cm x 23 cm.
  • Dapat digunakan sebagai referensi, sitasi, dan dapat ditulis dalam daftar referensi ilmiah.

Menulis buku referensi adalah tugas dosen dan sifatnya wajib, setiap selesai menulis buku referensi maka perlu diterbitkan. Penerbitannya melalui penerbit resmi yang kemudian memiliki ISBN sesuai ciri-ciri yang dipaparkan di atas. 

Buku referensi kemudian dipasarkan ke berbagai wilayah untuk dijadikan pegangan dosen dalam mengajar dan meneliti. Sehingga berhasil menerbitkannya akan membantu menambah sarana penunjang kegiatan akademik di perguruan tinggi. 

Selain itu, dosen yang menulis dan menerbitkannya akan mendapatkan penambahan poin angka kredit. Sehingga bisa membantu meningkatkan jabatan fungsional yang dipangku untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. 

Baca Juga:

Mengenal Lebih Jauh tentang Buku Referensi

Keuntungan Menerbitkan Buku Ajar dan Buku Referensi

Pedoman Penulisan Buku Referensi Bagi Para Dosen

Percetakan Murah Buku Referensi dari Penerbit Deepublish 

Menulis dan menerbitkan buku referensi termasuk tugas wajib bagi seluruh dosen di Indonesia. Maka  untuk memenuhi tugas tersebut, naskah buku referensi yang sudah jadi bisa segera diterbitkan. 

Manfaatkan layanan Percetakan Murah Buku Referensi dari penerbit deepublish. Sesuai dengan namanya, layanan cetak dan penerbitan buku referensi ini disuguhkan dengan biaya yang ekonomis alias murah. 

Sehingga bisa membantu dosen untuk menerbitkan naskah buku referensinya dengan mudah dan dengan biaya yang terjangkau. Penerbit deepublish sendiri merupakan penerbit resmi dan merupakan anggota IKAPI. 

Sehingga proses penerbitan untuk naskah buku referensi akan disesuaikan dengan ketentuan yang ada. Sekaligus tersedia fasilitas pengurusan ISBN. Sehingga buku referensi yang dicetak dan diterbitkan dijamin ber-ISBN. 

Buku referensi yang diterbitkan sesuai dengan aturan berlaku membantu dosen mendapatkan poin angka kredit. Saat ini, publikasi buku referensi diganjar dengan 40 poin angka kredit. Sehingga bisa menambah akumulasi angka kredit untuk kenaikan jabatan fungsional. 

Selain untuk menambah angka kredit demi peningkatan karir akademik dosen. Menerbitkan buku referensi juga memberi banyak manfaat lainnya, seperti: 

  • Menyediakan buku yang isinya memuat topik yang luas dan beragam dari satu bidang keilmuan. Sehingga menambah bahan bacaan untuk memperdalam ilmu pengetahuan. 
  • Buku referensi bisa dimanfaatkan oleh dosen, mahasiswa, peneliti, maupun masyarakat luas yang membutuhkan. 
  • Buku referensi bisa memaksimalkan kegiatan belajar mengajar di pendidikan tinggi sehingga ikut meningkatkan mutu pendidikan di tanah air. 
  • Merupakan sumber referensi untuk kegiatan penelitian, menyusun artikel ilmiah, menyusun skripsi, makalah, dan lain sebagainya. 
  • Buku referensi bisa dijadikan rujukan untuk berargumen secara langsung. Sehingga bermanfaat untuk public speaker, politisi, pelaku bisnis, konsultan, analis, dan lain-lain. 

Keunggulan Percetakan dan Penerbitan Buku Referensi di Penerbit Deepublish 

Penerbit deepublish memahami betul manfaat besar dari penerbitan buku referensi. Sehingga sengaja menyediakan layanan bertajuk Percetakan Murah Buku Referensi. Lewat layanan ini para dosen bisa dengan mudah menerbitkan buku referensinya. 

Layanan Percetakan Murah ini juga memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya tepat dimanfaatkan para dosen. Keunggulan tersebut antara lain: 

  1. Penulis dibebaskan dari sejumlah biaya. Dimulai dari biaya desain cover, layout, ISBN, sampai biaya ongkos kirim. 
  2. Biaya cetak buku referensi dijamin murah sehingga para dosen tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk mencetak dan menerbitkan buku referensi yang berhasil diselesaikan. 
  3. Dijamin terbit secara resmi dan mendapatkan ISBN sehingga bisa menambah angka kredit dosen. 

Kisaran Biaya Cetak Buku Referensi 

Jika memang layanan Percetakan Murah Buku Referensi ini memang biayanya murah, kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan penulis? Mengenai biaya cetak, memang tidak ada perhitungan pasti karena faktor yang mempengaruhinya sangat banyak. 

Namun sebagai gambaran, bisa memperhatikan dan memahami contoh perhitungan biaya cetak berikut ini: 

Jika seorang dosen memiliki naskah buku referensi dan dicetak di kertas ukuran Unesco dengan ketebalan 200 halaman. Kemudian mencetak sebanyak 150 eksemplar (di bawah 200 eksemplar). 

Maka biaya cetak 1 eksemplarnya antara Rp 45.000 sampai Rp 50.000 saja per buku. Jika biaya dikalkulasikan maka dosen tersebut keluar biaya cetak sebesar Rp 6.750.000 saja. Jumlah 150 eksemplar kemudian dibantu penerbitannya ke berbagai wilayah di Indonesia. 

Penerbit deepublish juga menyediakan fasilitas tambahan untuk dipromosikan bersama seluruh mitra dan jaringan yang dimiliki. Sehingga buku referensi yang dicetak dan diterbitkan bisa sampai ke berbagai wilayah dengan cepat dan mudah. 

Tidak perlu ragu untuk segera menerbitkan buku referensi yang dimiliki bersama penerbit deepublish. Sebab merupakan penerbit buku ilmiah maupun non ilmiah yang terpercaya dan sudah berpengalaman. 

Sudah beroperasi selama 11 tahun dan masih terus berkembang. Sudah banyak pula buku referensi berhasil dibantu percetakan dan penerbitannya oleh penerbit deepublish. Siapa tahu, tahun ini adalah giliran naskah Anda yang terbit. 

Jika Anda sedang menulis atau memiliki naskah buku referensi yang siap diterbitkan dan dicetak serta membutuhkan penerbitan dan percetakan murah. 

Silahkan kirimkan naskah Anda kepada kami dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi form di sini.
Keterangan lebih lanjut Anda dapat melihat Website Penerbit buku Deepublish di Kontak kami yang dapat anda hubungi adalah https://penerbitdeepublish.com/kontak-penerbit/

Artikel Terkait:

Tips Menulis Buku Referensi dengan Tim Dosen

Begini Cara Menulis Buku Referensi dari Karya Essay

4 Kriteria Mutu Buku Referensi

Syarat Menulis Buku Referensi Hasil Penelitian

Tips Menulis Buku Referensi yang Harus Diketahui