Mau Poin Kredit Hingga 40 Poin? Pelajari 5 Keuntungan menerbitkan Buku Ajar atau Referensi Berikut!

panduan buku ajar penerbit deepublish

5 Keuntungan menerbitkan Buku Ajar atau Buku Referensi.

Ingin naik pangkat dengan mudah? Pendidik mana yang tidak ingin naik pangkat! Hampir semuanya ingin kenaikan pangkat. Hanya saja tidak semua pendidik atau dosen mampu merealisasikannya. Alasannya sederhana, bisa karena tidak tahu cara efektif agar poin kredit dosen naik tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga.

Menerbitkan buku adalah pekerjaan intelektual. Pekerjaan inilah yang di jadikan jalan untuk pemerintah, untuk meningkatkan dunia literasi, kompetensi dosen dan transformasi ilmu pengetahuan ke peserta didik. Selain meningkatkan dunia literasi, menulis buku referensi juga dapat digunakan untuk menaikan poin kredit dosen hingga 40 poin. Angka yang cukup besar dibandingkan dengan dengan cara lain.

contoh buku ajar hasil penelitian penerbit deepublish

Siapa yang tidak ingin poin kredit naik? Sebenarnya ada banyak sekali cara mengumpulkan poin kredit. Namun cara mengumpulkan poin kredit yang dianggap mudah dan menguntungkan hanya dengan menerbitkan buku referensi. Memang tidak semua orang bisa menulis. Justru itulah yang dapat dijadikan untuk mendorong dan memotivasi agar semakin banyak civitas dosen yang banyak menulis buku.

Mengingat di Indonesia masih terbilang sedikit dosen yang total bersedia menulis buku. baik buku referensi, monograf, buku ajar maupun buku lainnya. Kecilnya minat menulis buku barangkali karena banyak yang belum mengetahui manfaat menulis buku. Ternyata menulis buku tidak hanya untuk kenaikan jabatan atau memperoleh poin kredit, tetapi ada banyak manfaat. Berikut adalah alasan memilih menerbitkan buku dibandingkan dengan cara lain.

Buku Ajar: Mendapatkan Poin Kredit Sebesar 40

Salah satu keuntungan seorang pendidik/dosen menulis buku referensi adalah mendapatkan poin kredit sebesar 40 poin. Dibandingkan melakukan bimbingan skripsi, membuat buku jelas memiliki poin kredit lebih besar, dan lebih menyingkat waktu.

Ketika membimbing skripsi mungkin bisa 6 bulan lebih, dan hanya mendapatkan poin kecil. Sedangkan hanya dengan menulis buku hanya memakan waktu mungkin tiga bulan, sudah mampu mengumpulkan 40 poin. Tidak hanya itu, ada keuntungan lain, seperti personal branding, mendapatkan royalti, menjalin koneksi dan masih banyak lainnya.

Jika menulis buku referensi dianggap berat, Anda dapat memilih menulis dalam bentuk lain. Diantarannya menulis buku monograf, Anda akan mendapatkan poin 20. Jika ingin menulis jurnal ilmiah nasioanal yang terakreditasi, Anda akan mendapatkan nilai 25 poin.

hibah buku ajar penerbit deepublish

Sedangkan jika jurnal Anda tidak terakreditasi namun terindeks dengan DDAJ dan menggunakan bahasa Indonesia, maka Anda akan mendapatkan 15 poin. Bahkan, jika Anda menulis jurnal dan tidak terakreditasi tapi terindeks DDAJ dan jurnal yang Anda tulis menggunakan bahasa Inggris, maka Anda akan mendapatkan poin 20.

Jika ingin mendapatkan poin 40 selain dalam bentuk buku, Anda dapat menulis jurnal internasional yang bereputasi dan terindek. Jika jurnal Internasional yang Anda hanya terindeks oleh web science dan scopus, maka hanya mendapatkan 30 poin. Sedangkan jurnal internasional yang tidak terindeks oleh keduanya (scopus dan web of science) hanya memperoleh 20 poin.

Personal Branding Bagi Dosen

Selain mendapatkan poin kredit, secara tidak langsung Anda akan membranding diri. Anda akan lebih dikenal oleh pembaca. Dari segi reputasi, sebagai seorang penulis memiliki reputasi lebih baik dan jelas meningkatkan reputasi Anda sebagai dosen. Ini salah satu bentuk keberhasilan branding.

Mendapatkan Royalti

Selain mendapatkan poin kredit dan membranding diri, ternyata da kelebihan lain, yaitu memperoleh royalti. Tentu saja royalti ini hanya berlaku apabila buku ajar/monograf yang Anda tulis dijualbelikan untuk umum. Jadi, selain diperuntukan sebagai buku wajib di matapelajaran dosen, juga diperjualbelikan untuk mahasiswa/peserta didik yang lain diluar sana, yang kuliah di jurusan serupa.

Perolehan royalti yang didapatkan jika bisa menjadi buku bestseller ternyata cukup besar. Tentu ini akan membantu menambah tabungan bagi seorang Dosen. Jadi, menurut hemat penulis, jika menulis diperuntukan untuk program poin kredit saja sayang, jika tidak dijual belikan. Dari segi penyampaian buku, Anda secara tidak langsung turut Andil menstransformasikan ilmu pengetahuan.

Jika mengingat pentingnya transformasi ilmu pengetahuan. Tanpa transformasi, bisa jadi ilmu akan bisa berhenti. Fungsi transformasi adalah mewariskan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus. Selain mewariskan ilmu, diharapkan pesertadidik/mahasiswa terstimulus untuk menemukan teori dan mengembangan ilmu yang sudah ada menjadi lebih inovatif.

Memperoleh Popularitas

Bagi seorang dosen, popularitas tidak dijadikan sebagai tujuan utama, karena lebih fokus pada tridarma perguruan tinggi dan menghasilkan produk intelektual. Namun tidak dapat dipungkiri bagi dosen/peserta didik yang rajin menulis buku akan mendapatkan popularitas. Benuk popularitas dalam hal ini adalah popularitas dikalangan akademisi.

Sebagai contoh sederhana, ketika Anda menulis buku pendidikan/pelajaran, maka nama Anda akan familiar dikalangan akademik. Jika Anda aktif menulis jurnal, maka nama Anda akan populer dikalangan para peneliti. Adapun keuntungan memiliki popularitas, salah satunya membukakan peluang untuk mendapatkan tawaran kerjasama di bidang yang Anda geluti. Misal bidang yang Anda geluti melakukan penelitian sosial, maka aka nada tawaran sperti menjadi pembicara.

Membukakan Peluang Diluar Perguruan Tinggi

Ketika mampu menemukan passion dibidang penelitian dan penulisan buku, dan itu dilakukan secara konsisten, maka tidak heran jika Ada tawaran bekerjasama. Misalnya diundang dalam acara melakukan penelitian atau diundang untuk mengisi seminar.

Itulah lima keuntungan menerbitkan buku referensi yang akan membantu meningkatkan poin kredit. Semoga ulasan berikut memberikan manfaat.

Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang buku ajar, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *