7 Daftar Profesi Menjanjikan Bagi Yang Hobi Menulis – Anda memiliki hobi menulis? Jika iya, sayang bukan kalo hobi menulis Anda hanya sekedar hobi saja? Padahal hobi menulis ini memiliki prospek profesi yang keren dan bisa menjadi orang terkenal. Pastinya selain tenar, juga akan mendapatkan pemasukan yang lumayan. 

Nah, barangkali Anda salah satu yang bingung ingin menyalurkan hobi menulis kemana? Anda bisa coba beberapa profesi menjanjikan berikut yang memprioritaskan bagi Anda yang memiliki hobi menulis. 

7 Daftar Profesi Menjanjikan Bagi Yang Hobi Menulis

1. Penulis buku 

format penulisan buku unesco penerbit deepublish

Profesi menjadi seorang penulis sangat mengandalkan hobi menulis. Orang yang memiliki hobi menulis lebih mudah menjadi seorang penulis buku, daripada mereka yang tidak memiliki hobi sama sekali. Memang orang yang tidak memiliki hobi menulis juga bisa menulis buku, namun sulit rasanya orang yang tidak pernah dan jarang nulis bisa menulis. Sekalipun ada, hanya sebagian kecil saja. 

download ebook gratis

Menjadi penulis buku pun bisa dijadikan sebagai profesi yang menjanjikan. Setidaknya dari segi waktu, penulis buku bisa fleksibel dan bisa diatur waktu penulisan. Tentu saja tema buku yang ditulis bisa terserah keinginan dan apa yang Anda kuasai. 

Honor dari menulis buku pun lumayan, bisa dijadikan untuk biaya hidup. Apalagi jika buku yang ditulis banyak. Semakin banyak buku yang ditulis, semakin berpeluang dan banyak pula honor yang akan didapatkan. Adapun dari menjadi seorang penulis sukses adalah, akan banyak dikenal oleh pembaca dan semakin banyak link. 

Baca juga : Cara menjadi penulis buku handal

2. Penulis Skenario 

contoh buku ajar hasil penelitian

Profesi yang cukup menjanjikan adalah profesi menjadi penulis skenario. Minat menjadi penulis skenario dan minat menjadi penulis buku lebih banyak penulis buku. Sedangkan menjadi penulis skenario jumlahnya masih kecil. Sehingga peluang menjadi penulis skenario masih terbuka lebar. 

Jadi, hobi menulis adalah modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang penulis skenario. Selanjutnya harus tahu teknis dan aturan menulis skenario itu seperti apa dan bagaimana.Dari segi penghasilan, tentu saja scenario yang Anda tulis tidak seperti halnya buku. Dimana honor bisa berbentuk royalty. Pada penulisan skenario rata-rata jual per satuan naskah. 

Lantas berapa sih besar honor satu naskah untuk penulis script? Teman saya ada yang terbiasa berkecimpung di dunia script naskah film. Untuk satu film script FTV misalnya, bisa mencapai 3 juta. Tentu saja ini honorer yang lamayan, apalagi jika konteksnya sebagai sambilan saja dan sebagai hobi. 

3. Penulis Kolom Di Surat Kabar 

mempercepat kinerja penulisan naskah

Jika menjadi penulis dan menjadi penulis script FTV sulit, dan ingin mencoba profesi lain yang hanya bermodalkan hobi menulis? Kamu bisa mencoba menjadi seorang penulis kolom di surat kabar. Jadi kamu bisa menulis tema yang diminati oleh surat kabar atau majalah tersebut, kemudian mengirimkan tulisan atau opini kamu ke sana. 

Biasanya setiap kali tulisan dipublikasikan, Anda akan mendapatkan honor. Tentu saja jumlah honor setiap surat kabar berbeda-beda. Tergantung dari apakah surat kabar tersebut tingkat lokal atau tingkat nasional. 

Nah, di surat kabar itu sendiri tidak hanya diperuntukan buat Anda yang hobi menulis dan menulis opini saja. Tetapi juga bisa juga dimanfaatkan Anda yang juga memiliki hobi menggambar, seperti menggambar karikatur dan semacamnya. Jadi Anda bisa mengirimkan pula tulisan di sana. 

Baca juga : 5 Cara Menyalurkan Hobi Menulis

4. Menjadi Copywriter

copy writer

Profesi yang mengandalkan hobi menulis yang lain adalah menjadi copywriter. Profesi ini bisa dikatakan sangat banyak loh. Banyak perusahaan yang membuka lowongan menjadi copywriter atau pun sebagai content writer. Tentu saja kedua sama-sama memiliki tujuan untuk memajukan promosi mereka lewat copywriter dan content writer. 

Apalagi buat Anda yang tahu tentang artikel SEO, Anda bisa mendapatkan honor yang lebih besar. Karena ilmu satu ini sangat mempengaruhi jangkauan sebaran produk barang dan jasa. Sebenarnya pekerjaan satu ini lebih sering untuk mengembangkan branding perusahaan, tentu saja setiap perusahaan (baik perusahaan startup ataupun non startup) mencari dan memilih orang yang tidak sekedar “bisa menulis” tetapi mengutamakan bagi pelamar yang menjadikan hobi menulis menjadi selling point

Apalagi di era teknologi seperti sekarang, setiap kali membuka lowongan kerja, di jamin lowongan menjadi copywriter dan content writer bertebaran di mana-mana. Mengingat sekarang banyak perusahaan yang menyadari penting keterampilan menulis dan pentingnya mempekerjakan orang-orang yang memiliki hobi menulis itu sebagai kartu AS untuk mendukung produk mereka dalam dunia marketing. Atau bagi Anda yang sudah memiliki usaha kecil, Anda bisa jadikan hobi menulis Anda untuk memajukan usaha yang sudah Anda miliki loh. 

5. Editor

editor

Cocok buat Anda yang sangat teliti dalam menulis. Hobi menulis itu setiap orang memiliki kecenderungannya masing-masing. Ada yang cenderung fokus ke konten, ada yang fokus pada EYD tulisannya. Nah, buat kamu yang sangat jeli dan detail terhadap EYD, maka profesi yang dilandasi dari hobi menulis adalah pekerjaan sebagai editor buku. 

Tentu saja menjadi editor Anda tidak hanya dituntut tahu aturan EYDnya saja. Tepi juga tahu isi dari buku yang sedang di edit. Profesi ini pun juga menjanjikan, apalagi kini banyak sekali penerbit yang tersebar di berbagai kota. Peluang menjadi editor pun sulit, tidak semudah dan sebanyak peluang menjadi content dan copywriter. Jadi, buat Anda yang ingin menjadi Editor, harus berjuang lebih keras lagi nih.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengembangkan Bakat Menulis

6. Jurnalis

jurnalis

Profesi yang diawali dari hobi menulis adalah profesi menjadi jurnalis. Profesi jurnalis ini lebih cocok buat kamu yang suka dengan dunia jalan-jalan dan memiliki motivasi berprestasi. Setidaknya pekerjaan ini cocok buat kamu yang selalu penasaran dengan segala sesuatunya. Cocok buat Ada yang memiliki jiwa petualang. 

Karena profesi seorang jurnalis dituntut untuk pergi ke sana kemari dan bertemu dengan orang lain. Kelebihan dari profesi ini sebenarnya banyak sekali. Diantaranya memiliki banyak relasi dari orang-orang penting, mengetahui info dan update berita terbaru yang pertama kali sebelum orang lain, dan tentu saja dari tingkat pengalaman ada banyak sekali pengalaman. 

Mulai dari pengalaman di lapangan, pengalaman tempat unik dan tempat yang penting. Kamu pun juga memiliki pengalaman kosakata jalan. Sehingga tahu banyak jalan tikus yang bisa Anda tahu, setidaknya inilah yang saya rasakan selama menjadi wartawan 11 tahun. 

7. Blogger 

blogger hobi menulis

Jika dari beberapa profesi di atas tidak ada yang sesuai karena mengharuskan keluar rumah. Maka hobi menulis yang bisa Anda jajal adalah menjadi blogger. Menjadi seorang blogger tentu saja bebas dari jam kerja yang terjadwal. Anda bisa menjadwal sesuai keinginan. Tentu saja kamu pun juga mendapatkan uang dari hobi menulis ini loh. 

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan uang dari blogger dibutuhkan kerja keras dan kedisiplinan untuk terus menulis setiap hari. Besar uang untuk pemula pun tidak sebesar profesi yang disebutkan di atas. Kecuali Anda bisa disiplin dan mampu mengupload tulisan secara rutin dan blog Anda dikunjungi banyak orang.

Kontributor : Irukawa Elisa

Baca juga : 5 Manfaat Hobi Menulis Yang Sering Diabaikan Tapi Sangat Penting