⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Publikasi, Strategi Kembangkan Karir Dosen

Publikasi, Strategi Kembangkan Karir Dosen

Pengembangan karir seorang dosen merupakan hal penting dan mengacu pada kenaikan jabatan fungsional yang terdiri dari empat jenjang. Lewat jabatan fungsional ini, dosen menunjukan kinerja selama masa pengabdian yang kemudian berdampak pada pengembangan institusi. 

Sayangnya, mengembangkan karir di dunia akademik bukan hal mudah. Apalagi untuk sampai ke puncak, yakni menjadi Guru Besar. Berangkat dari hal ini, Penerbit Deepublish kemudian menggelar webinar dengan mengusung topik tersebut.  

Webinar Publikasi Strategi Kembangkan Karir Dosen

Penerbit Deepublish memiliki komitmen untuk mendukung para penulis terus berkarya dan membangun literasi berkualitas di Indonesia. Dimana para penulis ini juga dari kalangan dosen dan guru di seluruh wilayah Indonesia. 

Menulis dan menerbitkan buku bagi seorang dosen tidak hanya membantu membangun literasi Indonesia. Akan tetapi juga mendukung pengembangan karir akademiknya. Sebab menerbitkan buku sesuai standar Dikti membantu memenuhi BKD dan mendapat tambahan angka kredit. 

Agar buku karya para dosen ini bisa membantu pengembangan karir akademik tersebut, Penerbit Deepublish kemudian menggelar webinar bertajuk Publikasi Strategi Kembangkan Karir Dosen. 

Pada webinar kali ini, dihadirkan Prof. Susi Endrini (Rektor Universitas Abdurrab) sebagai narasumber utama. Webinar digelar online melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa, 19 Desember 2023.

Mengupayakan Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Beriringan 

Membuka webinar, Susi Endrini dalam menyampaikan materi diawali dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan mengenai hubungan jabatan struktural dengan jabatan fungsional. 

Selama ini, masih banyak dosen di Indonesia yang menganggap bahwa karir akademik adalah jabatan struktural. Padahal aktualnya bukan, karena karir akademik dosen mengacu pada jabatan fungsional. 

“Rektor itu bukanlah karir tertinggi seorang dosen, karena rektor adalah amanah sementara yang dipercayakan kepada kita. Karir tertinggi seorang dosen itu adalah Guru Besar atau Profesor, sehingga kedua-duanya saya upayakan, saya ikhtiarkan untuk bisa berjalan seiring,” kata Susi Endrini. 

Selama 20 tahun mengabdi sebagai dosen di Universitas Abdurrab, Susi Endrini diketahui sudah menjadi Profesor. Selain itu, juga mendapat amanah menjadi Rektor di universitas tersebut. Sebab memang kedua jabatan ini diupayakan olehnya untuk bisa beriringan. 

Strategi Pengembangan Karir untuk Dosen Pemula 

Lebih lanjut, Susi Endrini kemudian memaparkan materi inti yakni strategi pengembangan karir untuk dosen pemula. Strategi yang disampaikan merupakan formula khusus yang disusun dan diterapkan langsung oleh Susi Endrini. Berikut rangkumannya: 

1. Niat 

Strategi pertama dalam mengembangkan karir dosen adalah memiliki niat. Yakni niat untuk berkarir sebagai dosen dan menjadi amal jariyah bagi manusia. 

2. Kualifikasi Akademik 

Dulu dosen memang bisa diisi oleh lulusan S1, kemudian naik menjadi minimal S2, dan tidak tertutup kemungkinan di masa mendatang diminta minimal S3. Maka wajib memenuhi kualifikasi akademik ini. 

3. Sertifikasi Dosen 

Strategi ketiga adalah mengikuti sertifikasi dosen (serdos), dimana bisa dimulai dengan mengurus NIDN dan mengajukan kenaikan jabatan fungsional pertama. Fokus untuk memenuhi seluruh syarat serdos. 

4. Kenaikan Jabatan Akademik 

Strategi berikutnya adalah fokus mengurus kenaikan jabatan akademik atau fungsional. Oleh Susi Endrini dijelaskan bahwa ada beberapa hambatan yang sering dialami dosen untuk meraih hal ini. Seperti: 

  1. Kebanyakan hambatan dari publikasi ilmiah. 
  2. Publikasi ilmiah dosen terbilang masih kurang untuk jurnal internasional bereputasi. 
  3. Sering terjadi kesalahan saat menerbitkan buku monograf dan buku referensi yang sering tertukar. 

Susi Endrini kemudian juga menjelaskan bahwa kenaikan jabatan fungsional untuk dosen pemula dari Asisten Ahli ke Lektor perlu diupayakan dicapai dalam 2 tahun. Begitu juga saat mengupayakan kenaikan dari Lektor ke Lektor Kepala maksimal 2 tahun. 

Webinar yang materinya disampaikan oleh Susi Endrini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dari sejumlah peserta. Harapannya webinar ini bisa membantu para dosen yang menjadi peserta untuk bisa membangun strategi lebih baik dalam mengembangkan karir akademik. 

Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan poin KUM adalah menerbitkan buku. Aturan ini tertuang dalam PO PAK 2019.

Sayangnya, kesibukan dalam mengajar, membuat dosen lupa dengan kewajiban lainnya yaitu mengembangkan karir. Maka dari itu, Penerbit Deepublish hadir untuk membantu para dosen meningkatkan poin KUM dengan menerbitkan buku.

Kunjungi halaman Daftar Menerbitkan Buku, agar konsultan kami dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, kami juga mempunyai E-book Gratis Panduan Menerbitkan Buku yang bisa membantu Anda dalam menyusun buku. Berikut pilihan Ebook Gratis yang bisa Anda dapatkan:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama