⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

50 Quotes Islami Tenangkan Hati

Quotes Islami

Dalam menjalani kehidupan, ada kalanya merasa terpuruk dan paling menderita. Hal ini lumrah, karena ritme jalan hidup pasti naik turun. Maka penting bagi umat muslim untuk membaca quotes Islami sebagai penyemangat sekaligus menenangkan hati. 

Membaca quote tak hanya baik dilakukan saat sedang terpuruk saja, melainkan bisa kapan saja sebagai pengingat. Sekaligus sebagai sumber motivasi untuk terus berpikir positif dan memiliki wawasan luas. 

Apa Itu Quotes Islami? 

Quotes (dalam bahasa Indonesia berarti “kutipan”) merupakan kata-kata singkat yang dapat menjadi penyemangat bagi pembacanya. Sementara, Quotes Islami adalah kata-kata penyemangat yang bernafaskan agama Islam. Misalnya ada kutipan ayat Alquran maupun hadis di dalamnya. 

Bagi umat muslim, keberadaan quotes bisa menjadi sumber motivasi menjalani kehidupan dengan penuh rasa syukur. Selain itu juga bisa menjadi media untuk terus belajar mengenai agama Islam agar bisa diterapkan dalam kehidupan secara langsung. 

50 Daftar Quotes Islami 

Jika membutuhkan inspirasi quote bernafaskan Islam, maka berikut adalah 50 quote Islami yang bisa dibaca maupun disimpan di perangkat untuk pengingat di kondisi suka dan duka: 

  1. “Dan janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama orang yang sabar.” (QS. At Taubah: 10:40). 
  2. “Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu.” – Imam Syafi’i. 
  3. “Jangan biarkan hatimu mendapat kesenangan karena pujian dari orang lain, kamu akan sedih dengan kecaman mereka suatu hari nanti.” – Imam Ghazali.
  4.  “Jika kamu mencintai seseorang, biarkan dia pergi. Jika ia kembali, maka ia milikmu. Namun jika tidak kembali, ketahuilah maka dia bukan milikmu.” – Ali bin Abi Thalib.
  5. “Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.” (QS Ath-Thalaq: 8)
  6. “Takdir itu milik Allah, namun usaha dan doa adalah milik kita.”
  7. “Semoga Allah membimbing di setiap langkah, sehingga apa pun yang ku lakukan menjadi berkah. Dan apa pun yang ku usahakan berbuah indah.”
  8. “Sholatlah agar hatimu tenang, istighfarlah agar kecewa hilang. Dan berdoalah agar bahagiamu segera datang.”
  9. “Masa-masa sulit akan mengajarkanmu bagaimana menjadi kuat dan bagaimana terus berharap kepada Allah.”
  10. “Jika memulai karena Allah, maka jangan menyerah karena manusia.”
  11. “Jika ada orang yang menjatuhkanmu bangkitlah karena Allah. Jangan putus asa hanya karena manusia. Jangan menyerah hanya karena urusan dunia, ingat ada Allah. Dia Maha Segalanya. Mohonlah pertolongan pada-Nya.”
  12. “Sabar adalah perbendaharaan surga yang tidak diberikan oleh Allah kecuali bagi hamba yang mulia di sisi-Nya.” – Imam Abu Hasan Asy’ari
  13. “Lelahmu akan berubah manis ketika niatnya lillah karena Allah.”
  14. “Semakin kamu menyerahkan semua urusanmu kepada Allah, maka semakin tenang hatimu.”
  15. “Jangan sampai tampilan sudah baik tapi hati masih munafik karena Allah melihat ikhlasnya hati, bukan sucinya penampilan fisik.”
  16. “Jangan bersedih saat keikhlasanmu diragukan, jangan berhenti meski kebaikanmu dilupakan. Saat kita tidak mengharapkan pujian dari orang lain, maka balasan Allah lebih baik dari yang kita harapkan.”
  17. “Jangan pernah mendahului apa yang akan terjadi dengan berkata tidak mampu, tidak sanggup, tidak kuat, sebelum ada usaha yang menjadikan dirimu menjadi mampu, sanggup, serta kuat.”
  18. “Takkan pernah ada yang senantiasa bersamamu dalam setiap situasi, kecuali Allah.”
  19. “Titik lelahnya diganti bahagia, fase diamnya diganti senyuman, usahanya diganti keberhasilan, doanya Allah ijabah tepat dengan waktunya.”
  20. “Bercermin itu penting agar kita mengetahui siapa diri kita, apa saja kekurangan kita, sebelum memutuskan untuk menilai orang lain.”
  21. “Kurangi rasa ingin tahu tentang orang lain, niscaya ghibah mu juga akan berkurang.” – Sufyan Ats Tsauri rahimahullah, Siyar A’lam An Nubala 5/62
  22. “Orang yang ikhlas adalah orang yang menyembunyikan perbuatan baiknya sebagaimana ia menyembunyikan perbuatan jahatnya.” – Ibnu Al-Qayyim
  23. “Ikhlas adalah perpaduan antara keinginan dan niat seseorang.” – Ibn Al-Qayyim
  24. “Hati yang ikhlas dan doa yang tulus adalah dua tentara yang tak terkalahkan.” – Ibn Taymiyyah
  25. “Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir tidak mungkin, berubah menjadi mungkin.”
  26. “Orang yang paling ikhlas adalah dia yang paling mencintai Allah dan paling percaya kepada-Nya.”
  27. “Keikhlasan bisa membuat amal yang kecil bernilai besar.”
  28. “Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit.”
  29. “Ikhlas adalah melupakan pujian dari manusia dan hanya terus mencari rida dari Sang Pencipta. Barang siapa menghiasi dirinya di hadapan manusia dengan sesuatu yang tidak dimilikinya, maka ia telah jauh dari rahmat Allah.” – Ibn Al-Qayyim
  30. “Belajar tenang karena saya pernah menyesal terburu-buru. Belajar berhenti marah karena saya sering melihat penyesalan karena marah. Belajar ikhlas karena saya tahu Allah Maha Adil. Belajar memulai lagi karena hidup terus berjalan.”
  31. “Karena hati yang terlukai hanya akan terobati oleh hati ikhlas dan berserah pada Ilahi.”
  32. “Ikhlas itu seperti surat Al-Ikhlas, yang tidak ada kata ikhlas di dalamnya. Selama ikhlas masih terucap, itu berarti belum ikhlas karena hanya dia yang ikhlas, yang senantiasa berbuat tanpa pernah menyebut keikhlasannya.”
  33. “Cobalah untuk selalu mensyukuri segala nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepadamu hari ini.”
  34. “Bersyukur, karena itu lebih baik daripada kamu terus saja mengeluh karena apa yang kamu ingin belum kau dapatkan.”
  35. “Berbuatlah dengan ikhlas karena Allah Maha Tahu apa yang ada dalam hati.”
  36. “Tanda pertama dari sebuah keikhlasan adalah keberadaanmu ketika di hadapan banyak orang maupun saat sendiri tidak ada bedanya.” – Imam Al-Ghazali
  37. “Kita selalu membersihkan rumah kita saat hendak mengundang seseorang, maka begitu juga kita harus membersihkan hati kita jika ingin mengundang Allah.”
  38. “Hubunganmu dengan Allah tergantung pada hati yang bersih.” – Nouman Ali Khan
  39. “Keikhlasan adalah rahasia antara Allah dengan hamba-Nya. Bahkan sang malaikat pencatat tidak mengetahui sedikit pun mengenai itu untuk bisa dituliskannya dalam catatan amal. Setan juga tidak mengetahui sehingga dia tidak bisa merusaknya, nafsu pun tidak menyadari sehingga ia tidak bisa mempengaruhinya.” – Junayd al-Baghdadi
  40. “Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna.” – Imam Syafi’i
  41. “Percayalah kepada Allah ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kamu harapkan, Allah memiliki rencana yang baik untuk dirimu.”
  42. “Lakukanlah kebaikan sekecil apapun karena kau tak pernah tahu kebaikan apa yang akan membawamu ke surga.”
  43. “Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu.”
  44. “Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja mata kamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan,”Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya.”
  45. “Jika ada kata-kata yang melukai hati, menunduklah dan biarkan ia melewatimu.” – Ali bin Abi Thalib
  46. “Jadilah seperti pohon yang tumbuh dan berbuah lebat. Dilempar dengan batu, tapi membalasnya dengan buah.” – Abu Bakar As Siddiq
  47. “Kesabaran itu ada dua macam: Sabar atas sesuatu yang tidak kau inginkan dan sabar menahan diri dari sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.” – Ali bin Abi Thalib
  48. “Orang yang terlalu cemburu berusaha untuk menyakiti dan melukai orang lain, tetapi pada akhirnya hanya merugikan diri sendiri.”
  49. “Ingatlah apapun yang terjadi pasti Allah akan selalu bersamamu sehingga jangan sekalipun meninggalkan Sholat.”
  50. “Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk, makin keruh. Bersabarlah karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih.”

Baca Juga:

Ramadhan atau Ramadan? Cara Penulisannya di Kalimat

23 Inspirasi Ucapan Menyambut Ramadhan Berbagai Bahasa

Kultum Singkat Tema Pendidikan, Cocok untuk Para Pengajar

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama