Selalu bingung dengan kata rapi atau rapih? Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang salah kaprah dalam menggunakan kata. Kesalahan itu pun diamini dan tetap menjadi sebuah kebiasaan dalam berkomunikasi sehari-hari. Terlalu umum digunakan, kita pun sampai tidak bisa membedakan antara kata rapi atau rapih itu yang benar yang mana?

Tidak dapat dipungkiri, dalam interaksi sosial dengan orang sehari hari pun kita menggunakan kata yang tidak baku. Menariknya lagi, tidak ada yang peduli kata yang digunakan tersebut disalahkan. Karena memang dianggap sesuatu yang kurang penting jika diterapkan dalam bahasa komunikasi sehari-hari.

Akan berbeda lagi jika penggunaan kata dalam bahasa tulis. Apalagi bahasa tulis seperti skripsi, lomba menulis, ataupun untuk penelitian. Tentu saja penggunakan kata baku wajib diperhatikan. Bahkan, kata sepele seperti penggunaan kata rapi atau rapih pun juga perlu di lihat penulisan kata yang tepat. 

Rapi atau Rapih?

Menurut Anda, kata baku manakah yang tepat digunakan? Apakah kata rapi? Atau kata rapih? 

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak ditemukan kata rapih. Di sana hanya ditemukan kata ‘rapi’. Dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan  kata rapi dan rapih memang diartikan sama dan orang secara umum pun tahu artinya. Rapi dapat dimaknai dengan teratur, bersih dan enak dipandang mata. 

Penggunaan kata yang tidak baku seperti ini banyak yang menggunakan dengan cara yang salah atau kurang tepat. Banyak yang menganggap hal-hal seperti ini tidaklah terlalu penting. Bagaimanapun juga, semua orang tahu maksud yang disampaikan lewat percakapan sehari-hari. 

Penggunaan kata-kata tidak baku yang sering dianggap sepele seperti inilah yang justru memicu banyak orang menganggap remeh. Membiarkan kesalahan tersebut berlarut-larut. Tanpa dirasa dan disadari, kesalahan yang sepele tersebut menjadi sebuah kesalahan umum dan menjadi kesalahan hampir semua orang. 

Ada contoh lain penggunaan kata yang salah kaprah selain kata rapi atau rapih. Yaitu sebutan untuk menyebut pasta gigi. Era tahun 90-an seangkatan saya dan orangtua saya selalu menyebut pasta gigi dengan sebutan Odol.

Padahal Odol adalah salah satu merek pasta gigi. Sekarang sudah ada banyak sekali merek pasta gigi, meskipun demikian, bagi orang-orang tua masih saja menyebutnya dengan odol. 

Contoh yang mungkin sampai sekarang masih sering kita dengar. Pemilihan kata yang ditujukan untuk sepeda motor, namun di beberapa daerah pedesaan masih banyak ditemukan komunikasi umum menyebut sepeda motor dengan sebutan Honda.

Baca juga : 4 Kesalahan Penulisan yang Harus Dihindari saat Menerbitkan Buku

Seperti yang Anda tahu, nama Honda pun sebenarnya merek sepeda motor yang cukup melegenda pada masanya. Sehingga orangtua atau mungkin nenek kita saat ini menyebut merek motor apapun masih nyaman menyebut dengan Honda. 

Kasus penggunaan kata dan sebutan seperti rapi atau rapih ini hanya sebagian kecil bentuk dari kesalah kaprahan penggunaan kata. Memang penggunaan kata secara lisan lebih sulit dikoreksi atau diluruskan, karena sifatnya eksternal, berhadapan langsung dengan orang-orang di luar. Sedangkan dalam kasus dunia tulis menulis, kesalahkaprahan seperti ini bisa diminimalisir. 

Baca juga : Cara Cek Kesalahan Kata (Typo & Kata Baku) Melalui Google Doc

Setidaknya jika orang lain menggunakan kesalahan ini, kita bisa membenarkan untuk penulisan diri sendiri. setiap dalam dunia tulis menulis pun kita bisa langsung menggunakan bahasa yang baku dan tepat agar tidak memperparah kesalahkaprahan dalam kehidupan sehari-hari. Nah itulah kata yang tepat. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat.

Baca juga : Penggunaan Kata Di Yang Benar

Kontributor : Irukawa Elisa