Ingin Menulis Buku dengan Bahasa Inggris? Ini Langkah-langkahnya!

Teknik Menulis | Teknik Menulis Buku | Teknik Menulis Bahasa Inggris | Teknik Menulis Buku Bahasa Inggris | Teknik Menulis Buku Berbahasa Inggris |

Sebagai bahasa universal, bahasa Inggris dapat digunakan oleh hampir seluruh penduduk dunia ini bahkan jika Anda menulis buku dengan bahasa tersebut. Menguasai teknik menulis bahasa tersebut, adalah keahlian yang sangat menguntungkan.

Teknik Menulis | Bahasa Inggris memiliki sejarah panjang hingga menjadi bahasa perdagangan internasional sampai sekarang ini. Sehingga, satu-dua artikel tentang bahasa Inggris sebenarnya tidaklah cukup. Banyak sekali karya sastra dan literatur lain yang telah berkontribusi dalam perkembangan zaman secara universal. Dalam kata lain, ilmu sastra ataupun pendidikan lain yang dibukukan mempengaruhi perkembangan zaman untuk 10 sampai 1 generasi ke depan (baca: ±60 tahun). Ditambah lagi, jika bahasa yang digunakan dalam buku tersebut dimengerti lebih banyak orang, maka range untuk penyampain ilmu tersebut akan lebih luas. Oleh karena itu, menguasai teknik menulis buku dengan bahasa Inggris sangatlah prospektif.

Teknik Menulis | buku menggunakan bahasa Inggris memanglah bukan sesuatu yang baru, tetapi masih jarang dijumpai. Faktor utamanya adalah pertimbangan pasar pembaca di Indonesia, karena bahasa Inggris bukanlah bahasa yang umum digunakan. Penulis tentunya akan mempertimbangkan tentang kelarisan buku ini kelak. Meskipun begitu, buku berbahasa Inggris justru akan memperluas cakupan pemasaran buku Anda. Hal itu dikarenakan buku Anda tidak hanya dipahami di satu negara, tapi ke hampir seluruh negara yang ada di dunia. Memang terdengar idealis dan konyol…akan tetapi, jika Anda ingin menulis buku atau menerjemahkan buku yang sudah Anda cetak ke dalam bahasa Inggris, bukanlah tindakan yang salah.

Anda ingin menerbitkan buku berbahasa Inggris, tidak harus Anda yang berasal dari disiplin ilmu bahasa Inggris. Anda tetap bisa membuat karya bahasa Inggris Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tentukan tujuan Anda untuk menulis! ( Teknik Menulis )

Teknik Menulis | Secara umum, kita semua paham jikalau ingin menulis buku pasti ada tujuannya. Akan tetapi, menulis buku dengan bahasa Inggris punya beda cerita. Tidak seperti teknik menulis dengan Bahasa Indonesia, dengan bahasa Inggris banyak hal yang patut Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah kegunaan buku tersebut untuk target pembaca Anda

Hidup di sebuah negara dengan bahasa utama adalah bahasa daerah dan bahasa keduanya adalah Bahasa Indonesia, menempatkan bahasa Inggris ke peringkat berikutnya. Hal inilah yang bisa Anda jadikan sebagai PR Anda sebagai penulis buku berbahasa Inggris. Jika tujuan Anda sudah cukup jelas, hal ini amat sangatlah mudah untuk diatasi.

Teknik Menulis | Tentukan dahulu, apakah Anda akan menulis buku formal? Informal? Pendidikan? Umum? Sastra? Atau apa? Tentukan tujuan penulisan buku Anda secara matang. Jika Anda merasa ingin menulis buku pendidikan, tapi sepertinya Anda condong ke sastra, pilihlah salah satu! Pepatah mengatakan, “Jika kita mengejar kelinci yang berlari menjauh tapi berlawanan arah, maka kita tak akan mendapat keduanya”.

  1. Lakukan pre-test melalui media/aplikasi yang Anda punya

Teknik Menulis | Di dunia maya, banyak sekali aplikasi ataupun situs online yang dapat mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda. Mulai dari writing, reading, speaking, hingga listening. Pilihlah atau unduh aplikasi yang menurut Anda terpercaya. Lalu, gunakanlah aplikasi tersebut secara terjadwal, layaknya Anda sedang melakukan self-learning.

Pada tahap ini, Anda tidak perlu membuka buku pelajaran bahasa Inggris dahulu sebelum melakukan tes. Cukup modal nekat Anda, dan ukur sejauh mana Anda dapat memahaminya. Hasil apapun yang Anda dapat nantinya, akan menjadi hasil pre-test­ Anda yang tentunya sangat berguna untuk digunakan sebagai bahan evaluasi.

  1. Tuliskan kapasitas berbahasa yang menurut Anda harus ditingkatkan

Teknik Menulis | Setelah Anda mendapatkan hasil ­pre-test tersebut, saatnya Anda mengecek;bagian apa saja yang kurang dari diri Anda ketika dihadapkan oleh Bahasa Inggris. Buatlah semacam daftar prioritas, kapasitas apa yang harus ditingkatkan terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 4 kapasitas dalam berbahasa, yaitu: menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara. MIsalkan Anda masih lemah di kapasitas writing (menulis), Anda harus banyak-banyak mempelajari sub-sub kapasitasnya seperti grammar, punctuation, noun phrase, noun clause, dan sebagainya. Begitu pula yang terjadi jika Anda lemah di kapasitas yang lainnya.

  1. Sering-seringlah membaca berita, artikel, ataupun buku yang berbahasa Inggris

Teknik Menulis | Situs-situs portal berita semacam BBC, CNN, ABC News, MSN, dan sebagainya, cukup membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Sebab, bahasa-bahasa Inggris yang digunakan di dalamnya cukuplah beragam dan menantang. Jika Anda tidak terlalu suka melihat berita di depan layar monitor, Anda bisa membeli koran semacam Jakarta Post untuk lebih mudahnya. Bahkan, bagi Anda yang tidak terlalu ingin ambil pusing, Anda bisa mencari artikel-artikel ringan bahasa Inggris lainnya.

  1. Lakukan post-test setelah melakukan otodidak

Teknik Menulis | Setelah melakukan proses pembelajaran ini itu, Anda dapat mengulangi rangkaian tes yang Anda lalui. Hasil yang nantinya akan disebut sebagai post-test ini, dapat Anda gunakan untuk mengukur perkembangan diri Anda. Anda dapat mengulangi langkah-langkah tersebut sesuai kebutuhan belajar Anda.

  1. Mulailah menulis dan memeriksa ejaan tata bahasa di Komputer Anda

Teknik Menulis | Setelah Anda merasa mantap, segeralah menulis. Berlama-lama untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda, hanya akan menghambat proses teknik menulis Anda. Bersegeralah jikalau Anda sudah siap. Paling tidak Anda sudah yakin 70% bahwa Anda dapat membuat naskah berbahasa Inggris.

Seperti yang kita ketahui bersama, dalam software semacam Microsoft word sudah ada spelling and grammatical check. Setiap ejaan atau grammar yang salah nantinya akan digarisbawahi secara otomatis dengan warna-warna tertentu, sehingga Anda mengetahui letak kesalahan Anda. Cukup klik kanan lalu pilih kata yang sesuai, maka rangkaian bahasa Anda akan tertata. Tentunya mudah bagi Anda, bukan?

  1. Bergaulah dengan Warga Negara Asing (Native Speaker)

Teknik Menulis | Jika Anda punya rekan kerja, teman, kerabat, atau sekedar kenalan yang lain negara, hal itu adalah keuntungan bagi Anda. Terutama orang-orang asing yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama ataupun kedua. Bergaulah dengan mereka dan ajaklah ngobrol. Hal ini tentunya dapat membantu Anda pada bagian pembuatan dialog jikalau Anda sedang menulis buku novel atau sastra lain semacamnya.

  1. Selesaikan, evaluasi, dan terbitkanlah buku Anda!

Teknik Menulis | Jika tulisan Anda sudah cukup bagus, jangan ragu, kirimkan atau unggah ke tempat media sosial Anda. Anda tak perlu menuntut harus sempurna dahulu, karena pasti nanti Anda dapat memperbaikinya. Evaluasi pula naskah Anda, bukan untuk meringankan pekerjaan editor buku Anda, melainkan untuk meyakinkan diri Anda sendiri bahwa apa yang telah Anda kerjakan sudah sesuai harapan.

 

Anda punya RENCANA MENULIS BUKU?

atau NASKAH SIAP CETAK?

Silakan daftarkan diri Anda sebagai penulis di penerbit buku kami.

Anda juga bisa KONSULTASI dengan Costumer Care yang siap membantu Anda sampai buku Anda diterbitkan.

Anda TAK PERLU RAGU untuk segera MENDAFTAR JADI PENULIS.
SEBELUM ANDA MENYESAL 🙁

🙂

*****BONUS*****

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI TEKNIK MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS tentang CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

 

Referensi:

[Mas Aji Gustiawan]



This post has been seen 745 times.
(Visited 261 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *