Tempat yang cocok untuk menulis buku. Supaya produktif dalam menulis maka perlu mempertimbangkan 10 tempat yang cocok untuk menulis buku yang nantinya dibahas disini. Kegiatan menulis bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk kegiatan yang istimewa. Mengapa dikatakan demikian? Sebab ketika menulis ternyata pelakunya tidak bisa asal dalam memilih tempat. 

Tempat dan suasana di dalamnya termasuk juga kondisi, apakah bersih atau rapi dan sebaliknya sangat menentukan hasil kerja. Seorang penulis yang sudah memilih tempat yang tepat dan suasananya pun mendukung cenderung lebih produktif. Jika sebaliknya, kebanyakan penulis kehilangan waktu produktif sampai satu jam bahkan lebih. 

download ebook gratis

Rata-rata mengaku, pada saat menulis di tempat yang keliru maka mereka memiliki kinerja lebih lambat sampai 1 jam. Beberapa penulis bisa mengalami kendala dengan durasi lebih pendek maupun lebih lama, tergantung dari karakter dan kondisi pribadi masing-masing pada saat menulis. 

Jadi, pemilihan tempat menulis ini sangat penting bahkan krusial bagi seorang penulis. Menariknya, nyaris semua penulis memiliki kriteria tempat yang sama. Misalnya yang sepi atau sunyi kemudian juga bersih dan rapi. Semakin minim gangguan maka semakin baik. Kira-kira, tempat seperti apa yang memenuhi kriteria ini? 

Rekomendasi 10 Tempat yang Cocok untuk Menulis Buku 

Buku adalah gudang ilmu, penulis buku biasanya mencurahkan ilmu yang dimiliki atau dikuasai untuk bisa dipelajari dan dijadikan referensi banyak orang lewat buku yang ditulisnya. Tidak salah rasanya jika penulis kemudian memiliki perjuangan tersendiri yang tergolong ekstra untuk menyelesaikan satu judul buku saja. 

Menulis buku tentu bukan pekerjaan mudah, penulis perlu didukung banyak faktor untuk tetap produktif. Salah satunya memiliki tempat menulis yang kondusif. Jika bingung harus menulis di tempat seperti apa dan dimana saja. Barangkali 10 tempat yang cocok untuk menulis buku yang direkomendasikan berikut cukup ideal dengan karaktermu: 

Perpustakan

Jika berselancar di internet dan mencari tempat-tempat yang sangat direkomendasikan untuk menulis, dijamin perpustakaan akan disebutkan. Perpustakaan disebut sebagai salah satu tempat yang memenuhi berbagai kriteria untuk dijadikan tempat menulis dan membaca. 

Baca Juga: Teknik Menulis Buku : Memilih Sudut Pandang (PoV)

Tidak dapat dipungkiri bahwa perpustakaan yang didesain sebagai tempat untuk menemukan buku dan membacanya bahkan meminjamnya secara gratis. Sangat ideal untuk dijadikan tempat menulis, baik itu buku maupun tulisan jenis lainnya. 

Perpustakaan, baik perpustakaan umum maupun perpustakaan di sekolah dan kampus-kampus didesain kondusif. Misalnya selalu dipastikan oleh petugas dalam kondisi tenang, sunyi, tidak berisik. Kondisi ini kemudian membuatnya ideal dijadikan tempat untuk membuat karya tulis. 

Sebab di tempat yang sunyi seperti inilah penulis bisa dengan mudah mendapatkan inspirasi atau ide untuk menulis. Sehingga isi kepala selalu penuh dengan ide dan kemudian bilas dengan mudah dituangkan dalam bentuk tulisan. Jika sudah begini maka dalam waktu satu jam bisa menghasilkan sampai beberapa lembar. 

Tidak heran jika kemudian di perpustakaan umum dijumpai orang sibuk menulis disamping orang-orang yang fokus sekali dalam membaca. Menariknya, perpustakaan juga bisa memberi referensi ketika penulis membutuhkannya. Jadi, satu tempat memberikan dua keuntungan sekaligus. 

Cafe 

Pengisi daftar kedua dari 10 tempat yang cocok untuk menulis buku setelah perpustakaan adalah cafe. Cafe sendiri dijamin mudah sekali untuk ditemukan khususnya bagi kamu yang tinggal di kota besar. Pilihan cafe pun semakin beragam yang beberapa diantaranya ideal dijadikan tempat untuk menulis. 

Secara umum cafe didesain oleh pemilik atau pengelolanya untuk tampil dengan konsep yang tidak biasa. Beberapa cafe didesain dengan konsep tradisional, modern, industrial, kekanakan, dan lain sebagainya. Diantara beberapa konsep ini tentunya konsep yang cenderung santai dan tenang bisa dipertimbangkan. 

Pilih cafe yang memang mengutamakan kenyamanan dan ketenangan bagi pengunjungnya. Cafe seperti inilah yang sangat cocok dijadikan tempat untuk menulis buku. Sebab suasananya mendukung, demikian juga dengan konsep interiornya. 

Lebih menarik lagi, jika memilih cafe yang juga menyediakan fasilitas yang mendukung untuk menulis buku. Misalnya tersedia fasilitas Wifi gratis, perabot atau furniture yang super nyaman, dan juga menu-menu ringan yang enak dan juga punya harga terjangkau. 

Masalah variasi menu dan kisaran harganya tentu penting untuk diperhatikan. Sebab datang ke cafe tidak seperti datang ke perpustakaan yang tinggal duduk manis saja. Datang ke cafe mau tidak mau juga harus memesan menu didalamnya, minimal segelas minuman. Jadi cari yang menunya cocok dan harganya pun ramah di kantong. 

Taman Kota 

Kadang kala menulis buku di tempat tertutup atau di dalam ruangan bisa membuat pikiran atau ide mampet alias suck. Lalu, apa solusinya? Kamu perlu pindah tempat yang lebih sesuai agar ide kembali mengalir. Salah satu dari 10 tempat yang cocok untuk menulis buku adalah tempat terbuka, misalnya taman kota. 

Baca Juga: Berikut ini Tips Menulis Buku Referensi dengan Tim Dosen

Taman kota adalah fasilitas publik yang menyediakan area taman lengkap dengan beberapa fasilitas. Seperti kursi taman, toilet di dalam area taman, dan lain sebagainya. Jadi, taman kota tidak melulu berisi pepohonan dan aneka tanaman yang ditata berjejeran serapi dan seestetik mungkin. 

Namun juga tersedia fasilitas yang menunjang berbagai aktivitas, selain olahraga juga untuk menulis buku. Kamu bisa duduk di bawah salah satu pohon paling rindang di taman kota dekat rumah atau kampus dan tempat kerja. Hembusan angin yang sejuk dan kicauan burung yang suaranya sayup-sayup terdengar. 

Dijamin sukses merangsang daya imajinasi kamu dalam menulis, ide pun mengalir lebih deras dari sebelumnya. Jadi, taman kota adalah tempat yang bisa dipertimbangkan untuk menulis buku. Namun, pastikan taman ini terawat dengan baik. 

Sebab menulis di tempat yang sudah bagus namun ternyata kotor, tidak rapi, dan sebagainya. Justru memberi dampak sebaliknya dan menjadikan tempat tersebut sebagai tempat yang kurangs esuai untuk menulis buku. 

Coffee Shop 

Rekomendasi berikutnya dari total 10 tempat yang cocok untuk menulis buku di dalam artikel ini adalah coffe shop atau sebut saja kedai kopi. Hanya saja tempat satu ini lebih cocok untuk kamu yang suka atau memang merupakan pecinta kopi. Sebab aroma biji kopi apalagi yang sudah digiling dan diseduh cukup kuat. 

Kalau kamu kurang suka dengan aroma khasnya yang semerbak, maka kedai kopi tentu bukan tempat yang tepat untuk menulis buku. Alih-alih mendapatkan ide yang mengalir deras kamu justru sibuk mengurusi hidung agar tidak mencium aroma kopi berlebihan. Hal ini tentu memusingkan dan tidak mungkin untuk dilakukan. 

Sementara bagi pecinta kopi, efek yang diberikan justru sebaliknya. Kopi akan cenderung memanjakan indra penciuman dan memberi efek menenangkan. Selain itu kebanyakan kedai kopi juga didesain memiliki suasana yang cozy, sehingga nyaman, bersih, dan juga tenang. 

DItambah lagi, kebanyakan kedai kopi ini akan memutar musik dari genre yang lembut dan menenangkan. Dijamin kamu akan menyukai suasana yang diciptakan oleh perpaduan tersebut. Sehingga ide untuk menulis bisa mengalir dengan lancar dan kamu bisa produktif. 

Jika selama menulis di kedai kopi merasa lapar. Kamu tidak perlu khawatir, sebab kedai kopi umumnya juga menyediakan menu-menu makanan. Beberapa hanya menyediakan makanan ringan seperti aneka cake dan roti. Namun beberapa lagi menyediakan makanan berat seperti nasi goreng, mie goreng, dan lain-lain.

Baca Juga: Begini Cara Menulis Buku Referensi Dari Karya Essay 

Ruang Belajar atau Kerja 

Jika merasa menulis di luar rumah adalah keputusan yang mengancam kondisi kantong. Sebab rata-rata perlu keluar uang, misalnya untuk jajan makanan dan minuman di dalam atau sekitar tempat tersebut. Maka bisa mempertimbangkan 10 tempat yang cocok untuk menulis buku lainnya. 

Salah satunya di ruang belajar atau mungkin ruang kerja yang kamu miliki atau siapkan di rumah sendiri. Bagi mahasiswa tentunya punya tempat khusus untuk belajar, beberapa bisa di ruangan khusus dan beberapa lagi di salah satu sudut kamar pribadinya. 

Area ini dijamin dibuat senyaman dan serapi mungkin sehingga sangat cocok untuk dipakai menulis buku. Hal serupa juga berlaku untuk ruang kerja khusus untuk kamu yang sudah aktif bekerja dan berstatus sebagai karyawan. Bisa jadi kamu punya sampingan menjadi penulis buku seperti yang dilakukan Ika Natassa. 

Supaya ide menulis ini bisa mengalir, maka penting untuk menjadikan ruangan tersebut bersih dan rapi. Kecuali kalau kamu tipikal orang yang bisa cuek dengan kondisi sekitar saat menulis buku. 

Ruang Tamu 

Opsional 10 tempat yang cocok untuk menulis buku berikutnya adalah ruang tamu di rumah sendiri. Kenapa ruang tamu? Sebab kebanyakan orang mendesain ruang tamu dengan sangat estetik dan juga dibuat sangat nyaman. Jika selama ini tidak terlalu sering menerima tamu maka area ini cocok dijadikan tempat menulis. 

Area atau ruangan ini juga cocok untuk kamu yang sudah berumah tangga dan memiliki anak kecil di rumah. Biasanya ruang tamu bukanlah tempat bagi anak-anak untuk bermain, jadi dijamin tetap sunyi meskipun ada anak kecil di rumah. Bagaimana jika penulis adalah seorang ibu? 

Ruang tamu bisa dijadikan pilihan ketika bersebelahan atau berdekatan dengan kamar anak. Jadi, sembari mencuri waktu untuk bisa menulis bisa memastikan si anak ini masih tidur terlelap. Sehingga tetap nyaman menulis buku. 

Kamar Pribadi 

Menulis di dalam rumah tentu tidak bisa dilepaskan dari kamar pribadi, suatu area privat yang sifatnya tidak mudah dimasuki siapapun. Area ini dijamin memiliki tampilan atau desain interior sesuai keinginan dan kebutuhan. Kamu yang tinggal di kamar tersebut juga dijamin sangat memperhatikan kebersihan dan kerapian. 

Sebab, mana mungkin bisa tidur nyenyak di waktu malam kalau kamar bau dan berantakan? Oleh sebab itu kamar pribadi juga menjadi pengisi daftar 10 tempat yang cocok untuk menulis buku yang dibahas secara total di artikel ini. 

Baca Juga: Cara Menulis Buku Referensi yang Baik

Berhubung kamar ini adalah area privat maka kamu juga bisa leluasa memakai baju apapun yang sekiranya paling nyaman. Hal ini akan menciptakan kombinasi lengkap, ruang yang nyaman dan pakaian yang juga super nyaman. Sehingga aktivitas menulis buku pun terasa lebih nyaman. 

Ditambah lagi, saat sudah lelah menulis dan ingin istirahat sebentar maka tidak perlu keluar ruangan apalagi keluar rumah. Cukup di dalam ruangan kamar saja dan rebahan sebentar di atas kasur. 

Hanya saja kebanyakan penulis menjelaskan bahwa saat menulis di dalam kamar ada godaan besar untuk tidur, apalagi jika terlalu lelah. Maka kebanyakan penulis memilih menulis sambil duduk di meja kerja atau meja belajar. Sebab jika tidur sambil tengkurap biasanya kalau tidak mengantuk maka tidak tahan lama. 

Menulis di Teras Rumah 

Bagaimana jika kamar pribadi tidak memiliki ventilasi yang cukup dan AC pun tidak ada termasuk juga kipas angin? Otomatis kamar pribadi di poin sebelumnya bisa terlalu pengap dan tidak mendukung untuk aktivitas menulis. Kamu bisa pindah ke tempat lain yang ventilasi udaranya lebih baik. 

Bisa di dekat jendela bisa juga di luar rumah seperti di teras atau bahkan di halaman belakang rumah selama suasananya mendukung. Sama seperti menulis di taman, teras rumah merupakan area terbuka yang dijamin memberi semilir angin yang sejuk dan menenangkan. 

Tidak heran jika teras rumah ini masuk ke dalam daftar 10 tempat yang cocok untuk menulis buku yang juga banyak direkomendasikan. Akan lebih mendukung lagi jika teras rumah ini dekat dengan beberapa jenis tanaman hias yang ditanam sendiri atau oleh anggota keluarga lain, seperti ibu. 

Dijamin hijaunya tanaman akan meningkatkan suasana yang kondusif untuk menulis buku. Hanya saja, beberapa orang mengaku teras rumahnya dilalui oleh banyak nyamuk. Sehingga saat menulis di area ini sering diganggu nyamuk. Lalu solusinya? Jika tidak pindah tempat lain maka bisa memakai obat nyamuk favorit. 

Menyewa Working Space 

Ingin sedikit lebih loyal pada diri sendiri saat menulis buku? Maka bisa memilih keluar rumah dan memilih tempat-tempat yang sifatnya perlu disewa atau dibayar untuk bisa digunakan. Rekomendasi pertama yang juga masuk daftar 10 tempat yang cocok untuk menulis buku adalah workspace

Di kota besar sudah banyak penyedia layanan workspace yang menawarkan jasanya, beberapa bahkan bisa ditemui di pusat perbelanjaan. Namun meskipun berada di lokasi keramaian pengelola biasanya memberikan desain area yang lebih nyaman dan tenang. 

Sehingga benar-benar mendukung untuk produktif menulis. Area ini juga sering dipilih oleh para pemilik perusahaan maupun karyawan untuk bekerja. Sebagai alternatif keluar dari aktivitas bekerja dalam ruang kantor yang tentu kadang menjenuhkan. 

Hanya saja seperti yang dijelaskan sekilas di awal, tempat ini tidak gratis. Kebanyakan disewakan per jam, namun biaya ini sesuai dengan kenyamanan dan suasana kondusif maupun fasilitas lain yang disediakan. Seperti minuman gratis, akses WiFi gratis, dan lain-lain sehingga bisa dipertimbangkan. 

Baca Juga: 4 Kesalahan Pra Writing – Cara Menulis Buku untuk Diterbitkan

Menyewa Hotel

Opsional satu lagi untuk kamu yang ingin royal ke diri sendiri adalah dengan menyewa hotel atau akomodasi. Mengapa? Sebab bisa mendapatkan kamar hotel yang bersih, nyaman, dan tentunya tenang. Kamar hotel ini tentu memberi dukungan untuk menulis buku dengan nyaman. 

Hanya saja biaya yang dikeluarkan untuk menyewa kamar hotel tentu lebih besar dibanding menyewa layanan workspace. Langkah ini bisa dipertimbangkan jika kamu memang cukup royal ke diri sendiri  tanpa perhitungan. Atau bisa juga ketika menerima proyek menulis buku yang besar. 

Sehingga hasil menulis bisa digunakan untuk membayar kamar hotel tersebut dan masih memberikan banyak sisa. Sehingga masih bisa ditabung dan dipakai untuk keperluan lainnya. 

Diatas adalah 10 tempat yang cocok untuk menulis buku yang tentu sangat tepat untuk kamu pertimbangkan. Jadi, menulis itu tidak hanya bisa dilakukan di rumah sendiri namun juga bisa keluar. Selain itu, tidak hanya bisa menulis di tempat umum yang sifatnya gratis namun juga yang berbayar. 


Semua bisa dijadikan pilihan, jadi silahkan memilih yang memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Sebab masing-masing memiliki pemikiran dan pertimbangan tersendiri. Ada yang nyaman menulis di kamar, ada yang nyaman menulis di coffee shop maupun tempat lainnya. Kenali kebutuhan diri sendiri agar tempat yang dipilih benar-benar tepat.