⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Susah Fokus Saat Menulis? Anda Harus Coba Tips Ini

Tips Agar Fokus Menulis

Setiap penulis pasti memiliki teknik masing-masing agar dapat menyelesaikan tulisannya dalam target atau kurun waktu tertentu. Tentu saja berbagai tips tersebut disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Sehingga, tips agar fokus menulis bisa berbeda setiap orangnya.

Sayangnya, tak semua penulis dapat menerapkan tips tersebut dengan tepat. Beberapa ada yang mengalami kesulitan fokus sehingga harus melakukan berbagai cara, bahkan ada yang tulisannya tidak selesai sesuai target dikarenakan sulit fokus. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan mengganggu pekerjaan kita.

Lalu, bagaimana agar kita sebagai penulis dapat fokus saat menulis? Di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai tips agar fokus menulis, mulai dari alasan seseorang sulit fokus, bagaimana cara fokus saat menulis, dan teknik serta tools apa saja yang bisa digunakan agar fokus saat menulis.

Kenapa Kita Tidak Bisa Fokus?

Tentu saja akan selalu ada alasan mengapa kita sulit fokus saat menulis. Di bawah ini ada beberapa penyebab atau alasan seseorang sulit fokus saat menulis.

1. Terlalu Banyak Ide

Terlalu banyak ide bukan jadi hal baik untuk menulis, tetapi justru akan mengganggu fokus dan konsentrasi kita. Hal ini karena saat seseorang punya banyak ide, ujungnya mereka tidak akan tahu akan menulis apa dan bagaimana tulisan yang sesuai dan juga tepat. Oleh sebab itu, fokus pada satu ide dan dalami materi pada ide tersebut.

2. Hanya Menulis Saat Senggang

Meski ada pekerjaan lain selain menulis, akan tetapi tetap usahakan konsisten saat menulis. Ketika hanya mengandalkan waktu senggang saja, maka kita akan malas-malasan saat memulai menulis. Akhirnya, tulisan kita tidak selesai pada waktu yang sudah ditentukan.

3. Tempat Kurang Kondusif

Beberapa orang pasti mengalami kondisi di mana tempat yang digunakan untuk menulis kurang kondusif. Hal ini sangat mengganggu konsentrasi sehingga tulisan yang kita tulis tidak akan selesai sesuai dengan targetnya.

4. Menulis Saat Sudah Lelah

Meski harus konsisten menulis, akan tetapi hindari menulis ketika sudah lelah. Bukannya menyelesaikan tulisan, rasa lelah yang ada di diri kita justru berisiko tertransfer ke tulisan sehingga apa yang kita tulis kadang keluar dari jalur.

Tips Menjaga Fokus Saat Menulis

Agar bisa fokus saat menulis, yang harus penulis lakukan pada dasarnya adalah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan beberapa tips agar fokus menulis seperti di bawah ini.

1. Ikuti Arus

Menurut psikolog, ketika seseorang berkonsentrasi, maka harus sesuai dengan alur atau alirannya. Sehingga mereka bisa dengan sepenuhnya terlibat dalam kegiatan, termasuk saat menulis. Agar bisa fokus menulis, Anda harus menulis dengan mengalir dan tanpa mudah terdistraksi banyak hal agar tulisan segera selesai tepat waktu.

2. Jangan Mencoba Multitasking

Sama halnya seperti penjelasan sebelumnya, artinya kunci dari kegagalan konsentrasi adalah ketika kita tidak produktif. Bukan berarti multitasking adalah hal yang buruk. Akan tetapi multitasking dalam menulis bisa mengubah dan merusak konsentrasi. Orang-orang bukannya mengira kita pandai melakukan berbagai hal, justru hasil tulisan kita akan keteteran.

3. Jangan Pedulikan Gangguan

Gangguan terkadang datang tanpa kita minta dan tidak bisa kita tolak. Jika hal tersebut terjadi, biarkan saja. Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari gangguan tersebut. Misalnya berpindah tempat ketika sedang menulis tetapi kondisi tidak kondusif sehingga mengganggu konsentrasi.

4. Punya Target

Ketika seseorang tidak memiliki target dalam hidupnya, baik itu target tulisan atau target pekerjaan, maka akan sulit mengatur waktu untuk konsentrasi dan fokus. Oleh sebab itu, tetapkan target waktu saat Anda menulis. Misalnya dalam satu jam harus ada berapa kata yang Anda selesaikan.

5. Pergi ke Tempat Lain

Jika Anda merasa jenuh dan terganggu dengan kondisi di sekitar Anda saat menulis, Anda bisa berpindah tempat ke tempat yang lebih aman dan kondusif, misalnya ke coffee shop, kafe, taman, dan lain sebagainya. Perubahan suasana akan membuat Anda lebih bisa refresh otak dan pikiran sehingga fokus Anda akan kembali lagi.

6. Tetap di Tempat yang Kondusif

Namun jika Anda merasa tempat yang Anda gunakan nyaman dan juga kondusif, jangan pergi hanya untuk mencari suasana lain. Anda bisa menggunakan tempat tersebut untuk terus menulis karena tempat yang kondusif meskipun membosankan bisa jadi tetap baik untuk menjaga konsentrasi.

Tips menulis lainnya ini juga patut kamu coba.

20 Tips Membangun Kebiasaan Menulis Agar Lebih Konsisten

15 Tips Produktif Menulis yang Bisa Dicoba

15 Tips Menulis Kreatif, Dijamin Ampuh!

7. Coba Menulis di Waktu yang Berbeda-beda

Jika biasanya Anda menulis siang hari, coba ubah rutinitas tersebut menjadi ke waktu yang lain, misalnya pagi atau malam hari. Mengubah rutinitas waktu saat menulis bisa jadi mengembangkan dan meningkatkan konsentrasi seseorang karena merasa jenuh dengan kebiasaan menulis di waktu tertentu.

8. Susun Jadwal

Sama halnya seperti anak sekolah, Anda juga harus menyusun jadwal menulis. Ini sangat membantu Anda dapat melakukan manajemen waktu sehingga tugas menulis dan pekerjaan lainnya selesai dengan tepat waktu dan tidak saling mengganggu satu sama lain.

9. Matikan Gangguan

Saat menulis, usahakan matikan berbagai gangguan di lingkungan sekitar. Tutup pintu, matikan TV, radio, atau bahkan ponsel yang sering muncul notifikasi agar kita tidak terdikstrasi sehingga tak mengganggu pekerjaan menulis.

10. Siapkan Hal yang Menenangkan

Biasanya, beberapa penulis sudah menyiapkan beberapa minuman atau makanan kesukaan untuk mendampingi menulis. Misalnya secangkir teh, kopi, atau bahkan makanan ringan yang menyenangkan. Ini sangat baik untuk mengembalikan konsentrasi di kala mengantuk atau terdikstrasi berbagai hal.

Teknik dan Tools Agar Fokus Menulis

Untuk dapat fokus menulis, berikut ada beberapa teknik dan tools yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah menggunakan Teknik Pomodoro. Teknik pomodoro adalah teknik belajar termasuk menulis dengan landasan manajemen waktu. Dalam teknik ini, akan membantu orang yang sulit fokus dengan cara yang intens. Berikut beberapa cara menulis dengan Teknik Pomodoro.

1. Senyapkan notifikasi ponsel

2. Pilih tugas mana yang ingin diselesaikan terlebih dahulu

3. Kerjakan dengan fokus

4. Atur timer saat menulis dan berhenti menulis saat timer berbunyi untuk melihat target tulisan

5. Sempatkan istirahat

6. Atur kembali timer

7. Selesaikan ketika timer sudah berbunyi 4 atau 5 kali

Baca artikel lainnya terkait Teknik Menulis untuk mempermudah proses menulismu.

12 Teknik Menulis Buku Bagi Pemula

Teknik Menulis: Mari Mengenal 4 Jenis Tulisan Berikut Ini

Teknik Menulis: Syarat dan Jenis Paragraf dalam Menulis Buku

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama