fbpx

7 Tips Menjadi Penulis Sukses Dari Nol

tips menjadi penulis sukses

7 Tips Menjadi Penulis Sukses Dari Nol – Ingin menjadi penulis sukses? Ternyata menjadi penulis tidak hanya isapan jempol semata. Banyak yang beranggapan bahwa menulis itu sulit. Padahal menulis itu tidak sesulit yang dibayangkan. Nah, penasaran bukan apa aja sih tips menjadi penulis sukses?

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips menjadi penulis sukses versi saya selama ini merintis karir menjadi seorang penulis. Tentu saja rasanya pun nano-nano.

1. Banyak Membaca

membaca

Cara menjadi penulis sukses yang pertama adalah banyak membaca. Orang yang banyak membaca akan memiliki wawasan yang luas. Wawasan inilah yang akan membantu penulis dalam menyampaikan gagasan dan pesan.

Penulis yang minim membaca, tentu saja akan terasa kering dan kurang mendapatkan emosi dari pembaca. Padahal, hal terpenting dari menulis adalah melibatkan emosi pembaca. Tentu saja Anda tidak ingin tulisan yang umum begitu-begitu saja bukan?

Ciri tulisan yang baik adalah tulisan yang memiliki karakternya sendiri. Selain memiliki karakter, juga memiliki sudut pandang yang berbeda daripada sudut pandang penulis pada umumnya. Tidak dapat dipungkiri, kita sering sekali mengetik kata kunci di internet, sekalinya keluar, isinya tidak jauh berbeda. Setelah membaca, apa pesan dan kesannya? Tentu saja akan biasa saja, tidak ada value berkesan.

Baca juga : Membaca Buku Teks Tidak Akan Membosankan Jika Anda Tahu Trik Ini!

2. Aktifkan Sensitivitas Panca Indra

Tips menjadi penulis sukses yang kedua. Selain membaca, adalah membaca lewat panca indra yang kita miliki. Memang membaca tidak selalu dan tidak harus berbentuk buku, tetapi termasuk pula membaca lingkungan dan situasi yang dirasakan. Setidaknya itulah yang juga saya rasakan.
Justru saya lebih senang membaca lingkungan dan sekitar saya daripada membaca buku.

Setidaknya ketika saya mengaktifkan sensitivitas panca indra saya, tidak hanya mengaktifkan mata dan otak (saat membaca). Tetapi saya pun bisa mendengar, menyentuh dan bisa merasakan.

Hasil bacaan yang ditangkap oleh panca indra inilah yang semakin memberikan informasi dan emosi bagi perasaan saya. Kemudian dari emosi inilah yang akan memudahkan saya untuk menuangkan tulisan sesuai dengan perasaan, dan pelajaran yang bisa saya dapatkan dari pengalaman panca indra yang saya dapat.

Jadi, membaca tidak selalu membaca dalam bentuk buku. Bahkan, saat kita membaca pun, sebenarnya tidak hanya mata dan otak yang akan aktif, tetapi juga perasaan kita pun akan turut merasakan dan mengeksplorasi. Dimana hasil eksplorasi inilah yang akan memunculkan sudut pandang, pesan dan unik daripada penulis yang lain.

3. Berfikir Kreatif

berfikir kreatif
Ilustrasi berfikir kreatif

Tips menjadi penulis sukses yang tidak kalah penting adalah berfikir kreatif. Sebenarnya ini masih ada kaitan dan hubungannya dengan bab sebelumnya. Dimana kreativitas itu tidak bisa muncul begitu saja. Tetapi butuh stimulus untuk menghidupkan kreativitas.

Wah saya tidak kreatif? Barangkali ada yang berpikiran demikian? Pada dasarnya setiap orang memiliki kreativitasnya sendiri-sendiri. Setiap orang pun sebenarnya memiliki kreativitas yang unik-unik. Sayangnya, tidak semua orang mampu mengaktifkan kemampuan kreatif mereka.

Banyak yang beranggapan bahwa kreativitas hanya dimiliki hanya orang-orang tertentu saja. Padahal, tidak demikian. Lantas bagaimana cara mendapatkan kreativitas? Tentu saja setiap masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang mendapatkan dadi bermain, membaca, eksperimen dan banyak penulis yang mendapatkan kreativitas menulis itu justru dari pengalaman pahit sepanjang hidup yang sudah pernah dilaluinya.

Kesulitan hidup memang banyak macam bentuknya. Dari kesulitan inilah akan memberikan tekanan kepada penulis. Dari tekanan inilah yang akan mendorong penulis untuk merenung. Bermodal dari perenungan inilah akan melahirkan pelajaran, hikmah dan esensi yang akan membantu memperkaya tulisan.

Baca juga : Ingin Menulis Buku secara Kreatif?

4. Branding

branding

kunci jitu menjadi penulis sukses era millennial adalah melakukan branding. Bagi penulis pemula, mungkin masih asing dengan istilah branding. Branding adalah upaya memperkenalkan siapa diri kita ke masyarakat. Misalnya ingin menjadi penulis, maka kita bisa membranding diri sebagai penulis.

Bentuk brandingnya apa? Tentu saja berbeda-beda setiap orang, tergantung dari kreativitas marketing si penulis. Salah satu contoh sederhana, di instagram saya (Irukawa Elisa) saya membranding diri saya sebagai penulis sukses dengan membuat feed instagram yang sifatnya memberikan quote. Dimana quote yang saya tulis adalah quote yang saya rasakan dan saya ambil pelajaran dari apa yang saya rasakan.

Memang kita bukanlah produk atau jasa. Tetapi kita juga butuh memarketingkan diri kita sebaik mungkin. Bagaimanapun juga, seorang penulis sebagai citra yang akan mempengaruhi pembaca. Ketika tulisan kita bagus, tentu saja pembaca yang menyukai tulisan kita juga akan respek dengan kita secara personal.

Baca juga : Akun Instagram untuk Penulis, Begini Strategi Penulis Supaya Buku Laris

5. Aktif Latihan

latihan menulis buku penerbit deepublish

Tips menjadi penulis sukses dari beberapa yang sudah disebutkan di atas, Anda juga wajib latihan. Bagi penulis pemula, latihan adalah modal dasar untuk mewujudkan impian menjadi penulis sukses.
Jangan anggap latihan menulis itu selalu kaku. Harus mengikuti kelas menulis atau privat menulis.

Cukup dengan menulis apapun yang dirasakan saat ini. Atau sekedar menuliskan gagasan dan pemikiran Anda tentang isu yang sekarang berkembang saat ini.

Saat latihan menulis, jangan pikirkan tulisan Anda jelek, tidak ada yang membaca atau semacamnya. Abaikan pertanyaan yang sifatnya melemahkan semangat berlatih. Cukup tulis dan tulis.

Biarlah tulisan jelek, dan tidak bisa dipahami. Karena dalam menulis ada waktu dimana waktu editing. Di waktu mengedit inilah baru bisa dilihat kepantasan atau tidak pantas kalimat yang digunakan. Disinilah Anda bisa melakukan perombakan, dan perbaikan tulisan. Minimal agar bisa dipahami terlebih dahulu.

Baca juga : Trik Jitu Latihan Menulis Buku Tanpa Pusing

6. Membangun Relasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa menjadi penulis sukses itu tidaklah mudah. Butuh pengorbanan, darah dan tangis. Menjadi penulis itu juga tidak selalu kaya raya. Banyak penulis yang hidupnya terlunta-lunta secara ekonomi. Jadi, disini saya ingin meluruskan niat Anda, sudahkah yakin dan siap dengan proses membangun karir menjadi penulis sukses?

Jika sudah siap, maka apapun ujian dan kesulitan yang akan datang pun juga harus siap. Nah, tantangan mewujudkan impian menjadi penulis adalah membangun relasi. Tentu saja membangun relasi dari beberapa penulis, membangun relasi dengan penerbit, membangun relasi dengan surat kabar dan masih banyak yang bisa kamu bangun di sana. Kelihatan sederhana dan sepele, padahal relasi menjadi tips menjadi penulis sukses yang tidak tidak boleh diabaikan.

7. Cerdas Memanfaatkan Media Sosial

sosial media

Tips menjadi penulis sukses yang terakhir adalah cerdas memanfaatkan media social. Terutama buat Anda yang memasuki era masa millennial. Dimana pembaca buku atau membaca tulisan Anda belum tentu dari generasi yang sama. Tetapi juga dibaca oleh generasi millennial.

Dimana generasi millennial identic dengan gaya hidup bermedia social. Maka media social inilah yang dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatikan dan memperkenalkan diri kepada mereka. Setidaknya memanfaatkan fitur yang ada saat ini sebaik mungkin.

Baca juga : Tips Sukses Menulis dan Cara Menerbitkan Buku

Itulah beberapa tips menjadi penulis sukses versi Irukawa Elisa. Semoga dari ulasan di atas memberikan manfaat. (Irukawa Elisa)

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish