Tokoh muslim penulis terkenal. Mengenal 15 tokoh muslim penulis terkenal adalah sebuah hal penting bagi siapa saja, terutama kamu yang terjun di dunia kepenulisan. Bicara mengenai sastra maka tidak hanya membahas mengenai sastra Indonesia maupun sastra Inggris. Melainkan juga membahas mengenai sastra Arab yang memiliki sejumlah tokoh terkemuka di dunia. 

Sebelum mengenal tokoh-tokoh sastrawan atau penulis terkenal dari umat muslim tersebut. Mari kenali dulu pembahasan mengenai sastra. Dimana sastra termasuk ke dalam literatur yang menyediakan banyak referensi untuk ilmu pengetahuan sekaligus inspirasi cerita. Inspirasi ini kemudian diangkat menjadi pertunjukan teater, film, musik, dan lain-lain. 

download ebook gratis

Sejak dulu hingga sekarang sudah banyak sastrawan besar lahir dan menyediakan karya yang dikenal oleh dunia. Selain itu beberapa diantaranya termasuk ke dalam sastrawan lokal yang karyanya dikenal sebatas di negara asal sastrawan tersebut. Tidak tertutup kemungkinan kamu nantinya juga bisa menjadi salah satu sastrawan terkemuka. 

Supaya bisa sampai di titik tersebut, maka perlu mengenal apa itu sastra termasuk juga perkembangan sastra dalam peradaban Islam. Simak ulasannya di bawah ini. 

Apa Itu Sastra? 

Hal pertama yang akan dipahami dan dipelajari dari 15 tokoh muslim penulis terkenal adalah definisi dari sastra. Kenapa? Sebab penulis Islam atau novelis Islam termasuk ke dalam daftar sastrawan. Alangkah baiknya membahas dulu mengenai definisi dari sastra yang merupakan bidang dimana karya-karya mereka bermuara. 

Sastra diketahui sebagai salah satu ungkapan ekspresi manusia dalam bentuk tulisan atau lisan yang didasarkan pada pemikiran, pendapat, pengalaman, maupun perasaan imajinatif dan data asli (fakta di lapangan) yang dikemas dengan menggunakan bahasa yang disusun secara estetis atau indah dan menarik. 

Dalam bahasa Inggris sastra berasal dari kata “littera” yang memiliki arti “tulisan yang bersifat pribadi”. Sedangkan dalam bahasa Arab, sastra berasal dari kata “adab” yang memiliki arti “mengajak seseorang untuk makan”. Sehingga sastra merupakan suatu karya tulisan yang menyiratkan kesopanan, budaya, dan juga pengayaan. 

Baca Juga: 7 Tips Menjadi Penulis Pemula Sukses dan Berintegritas

Sastra kemudian didefinisikan oleh beberapa pakar yang kemudian memperjelas definisi sastra itu sendiri. Para pakar tersebut diantaranya adalah:

Mursal Esten 

Definisi pertama dikemukakan oleh Mursal Esten (1978) yang mendefinisikan sastra sebagai pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia dan masyarakat umumnya, melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek positif terhadap kehidupan manusia.

Artinya oleh Esten, sastra didefinisikan sebagai pengungkapan fakta artistik dan imajinatif ke dalam bentuk tulisan yang kemudian memberi efek positif atau bermanfaat kepada kehidupan manusia. Sehingga sastra tidak hanya indah untuk dibaca namun juga memberi pesan yang bermanfaat bagi pembacanya. 

Terry Eagleton 

Sedangkan menurut Terry Eagleton (2010), sastra diartikan sebagai karya tulisan indah (belle letters) yang mencatatkan sesuatu dalam bentuk bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dililitkan, dipanjang pendekan dan diputarbalikan, dijadikan ganjil atau cara penggubahan estetis lainnya melalui alat bahasa. 

Atar Semi 

Atar Semi (1988) juga menjelaskan mengenai definisi dari sastra. Menurutnya sastra merupakan Suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya (atau subjeknya) adalah manusia dan kehidupannya dengan menggunakan bahasa sebagai medium. 

Panuti Sudjiman 

Panuti Sudjiman (1990) kemudian juga memberikan definisi terhadap sastra. Menurut Sudjiman, sastra merupakan karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinilan, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapanya. 

Ahmad Badrun 

Ahmad Badrun (1983) menjelaskan bahwa sastra merupakan kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan simbol-simbol lain sebagai alat untuk menciptakan sesuatu yang bersifat imajinatif. 

Baca Juga: Cara Membangun Personal Branding Untuk Penulis Sukses

Sastra dalam Peradaban Islam 

Sastra tentu memiliki masa-masa dimana mulai dikenal dan kemudian berkembang hingga dikenal oleh masyarakat di seluruh dunia. Dilansir dari berbagai sumber, sastra pertama kali berkembang dari kalangan filsuf Yunani dan kemudian terus meluas. 

Pada suatu titik atau suatu masa, sastra ini kemudian dikenal oleh masyarakat Islam. Sastra kemudian memiliki peran penting dalam mendukung dan menunjang perkembangan peradaban Islam di seluruh dunia. Sejarah dari sastra Islam sendiri tidak terlepas dari perkembangan sastra Arab. 

Sebab bahasa Arab merupakan bahasa suci umat Islam yang kemudian menjadi bahasa di dalam kitab suci Al-Quran. Bahasa Arab dalam bentuk Qurani (kitab Al-Quran) kemudian menjadi media yang mampu memenuhi kebutuhan religius, sastra, artistik, dan bentuk formal lainnya. 

Sastra Arab dalam bahasa asalnya dikenal dengan istilah Al-Adab Al-Arabi yang kemudian menampilkan banyak sekali jenis karya. Dimulai dari puisi seperti karya Rumi, prosa, fiksi, sampai ke sastra dalam bentuk drama. 

Perkembangan sastra Arab dimulai di abad ke-16, dan diperkenalkan pertama kali ke masyarakat Arab oleh William Jones (1746 M – 1794 M). Kali pertama sastra dikenal masyarakat Arab adalah ketika agama Islam belum hadir, sehingga terjadi di masa Jahiliyah. 

Sastra Arab mulai berkembang meskipun tidak begitu pesat, dan masih sedikit sekali sastrawan yang mulai membuat karya. Kebanyakan sastra yang lahir di masa Jahiliyah tersebut berisi tentang penggambaran rasa bangga terhadap diri sendiri, suku, keturunan, dan juga terhadap cara hidup masyarakat di masa tersebut. 

Setelah Islam mulai masuk dan tumbuh di Arab, sastra kemudian berkembang dengan sangat pesat. Didorong oleh Al-Quran yang semakin mendorong perkembangannya, sebab memiliki bahasa yang indah. Makna di dalam Al-Quran kemudian juga mampu mengubah kebudayaan masyarakat secara keseluruhan. 

Sejak masa tersebut, kemudian semakin banyak tokoh muslim yang nantinya ada 15 tokoh muslim penulis terkenal yang akan dijelaskan di bawah. Mulai menghasilkan karya-karya emas, beberapa kemudian karyanya dikenal oleh dunia dan masih menjadi salah satu referensi sastra terbaik sampai saat ini. 

Baca Juga: 20 Penulis Novel Terkenal Indo dan Luar + List Bukunya

15 Tokoh-Tokoh Muslim Penulis Terkenal 

Perkembangan sastra Arab yang kemudian melahirkan sastrawan muslim atau penulis muslim terkemuka. Kemudian ikut memberi pengaruh terhadap perkembangan sastra di seluruh dunia, karya-karya yang lahir bahkan beberapa terbilang legendaris. 

Jika selama ini kamu hanya mengenal sastrawan Inggris atau mungkin para penulis di era modern alias penulis baru. Maka bisa mulai berkenalan dengan tokoh-tokoh muslim penulis terkenal yang ternyata cukup banyak. Jumlah karya yang mereka hasilkan pun tidak sedikit, dan beberapa bahkan masih dikenal luas oleh masyarakat dunia sampai sekarang. 

Berikut adalah 15 tokoh muslim penulis terkenal yang kemudian karyanya mampu memberikan ide dan inspirasi kepada banyak orang: 

Jalaludin Muhammad Rumi 

Jalaludin Muhammad Rumi adalah  tokoh muslim penulis terkenal

Tokoh Islam atau muslim pertama yang dikenal dunia lewat karya tulisnya adalah Jalaludin Muhammad Rumi yang dikenal juga sebagai Rumi. Rumi merupakan penulis besar yang lahir di Afghanistan pada 30 September 1207 yang tidak hanya dikenal sebagai penulis. 

Namun juga dikenal sebagai penyair dan pemikir yang sangat disegani oleh masyarakat luas. Hasil pemikiran Rumi menganut paham sufisme yang kemudian menjadikan karya-karyanya punya ciri khas. Salah satunya memiliki bahasa yang halus namun kaya akan makna dan memberikan pencerahan yang memikat. 

Semua karya tulisnya menjadikan Allah sebagai pusat karyanya dan kemudian menjadi kekuatan tersendiri. Memasuki abad ke-21, sekalipun Rumi sudah meninggal di usia 66 tahun pada 17 Desember 1273 namun karyanya masih mempengaruhi banyak penyair dan penulis di dunia seperti Al Matsnawi Al Maknawi

Abu Nawas Al- Hasan Ibnu Hani al Hakami 

Pengisi daftar 15 tokoh muslim penulis terkenal berikutnya adalah Abu Nawas AL- Hasan Ibnu Hani al Hakami. Masyarakat dunia lebih mengenalnya dengan nama Abu Nawas, apakah kamu cukup familiar dengan nama penulis satu ini? 

Abu Nawas merupakan salah satu tokoh sastrawan Islam dunia yang diketahui meninggal pada tahun 810 M. Selain dikenal sebagai penulis, Abu Nawas juga dikenal sebagai penyair yang mengusung tema mengenai cinta dan juga anggur. Banyak karyanya mendunia dan terkenal sampai sekarang. 

Abu Nawas juga menjadi tokoh dalam karyanya sendiri, yang kemudian menjadi legenda dan dongeng yang diceritakan secara turun-temurun. Abu Nawas digambarkan sebagai sosok cerdik yang selalu mampu membantu Sultan Harun Al Rasyid dalam menyelesaikan permasalahannya. Karya emas ini berjudul Kisah 1001 Malam

Khaled Hosseini 

Khaled Hosseini adalah  tokoh muslim penulis terkenal

Tokoh muslim yang juga dikenal sebagai penulis terkenal adalah Khaled Hosseini yang merupakan seorang dokter kelahiran Afghanistan pada 4 Maret 1965. Hosseini dikenal sebagai novelis terkenal di dunia, sampai sekarang. Beberapa karyanya kemudian diangkat ke layar lebar, yakni ketika mendapat suaka di Amerika Serikat. 

Hosseini diketahui pada masa akhir perang di Afghanistan mendapatkan suaka atau perlindungan di Amerika Serikat. Selama menetap di Negeri Paman Sam, Hosseini terus menghasilkan banyak karya emas. Seperti The Kite Runner yang pada tahun 2003 kemudian diangkat ke film layar lebar. 

Baca Juga: Contoh Biodata Penulis dan Cara Membuatnya

Muhammad Hafez Shirazi 

Muhammad Hafez Shirazi adalah tokoh muslim penulis terkenal

Pengisi daftar 15 tokoh-tokoh muslim penulis terkenal berikutnya adalah Muhammad Hafez Shirazi yang memiliki nama pena Hafez. Hafez merupakan penulis muslim dari Persia yang mulai menyusun karya-karya emasnya di abad ke-14. 

Penulis dan penyair Islam terkenal satu ini lahir di tahun 1310 di Shiraz, Iran. Selama hidupnya, Hafez banyak menulis puisi, syair, peribahasa, dan juga ungkapan. Tidak banyak sumber yang menjelaskan sosoknya, namun namanya tetap dikenal sebagai salah satu tokoh penulis Islam terkemuka. 

Naguib Mahfouz 

Naguib Mahfouz adalah tokoh muslim penulis terkenal

Penulis muslim terkenal lainnya adalah Naguib Mahfouz yang merupakan penulis kelahiran Mesir, tepatnya di Kairo pada 11 Desember 1911. Mahfouz sendiri diberi nama oleh ibunya dan diambil dari nama dokter yang membantu proses persalinannya. 

Selain aktif menulis, Mahfouz juga diketahui menjabat sebagai pegawai negeri di Mesir. Selama hidupnya, Mahfouz tercatat sudah menulis 34 judul novel, 350 cerita pendek, dan puluhan draft film maupun drama. Pada tahun 1998, Mahfouz kemudian menerima hadiah Novel Sastra, dan dirinya berpulang di tahun 2006. 

Malala Yousafzai 

Malala Yousafzai adalah  tokoh muslim penulis terkenal

Daftar 15 tokoh-tokoh muslim penulis terkenal memang didominasi oleh penulis pria, namun ada satu perempuan yakni Malala Yousafzai. Merupakan penulis yang berasal dari Pakistan, dan namanya sangat terkenal apalagi awal perjalanan karirnya dimulai dengan perjuangan melawan tradisi yang mengekang perempuan.

Baca Juga: 13 Cara Menjadi Penulis Novel & Buku Profesional 

Karya tulisnya yang dikenal dunia berjudul Saya Malala: Gadis yang Bersiap untuk Pendidikan dan DItembak Taliban. Karya ini menjadi tanda bagaimana perjuangan Malala berhasil melawan pengekangan terhadap perempuan dan dalam menempuh pendidikan. 

Amani Al- Khatahtbeh 

Amani Al Khatahtbeh adalah  tokoh muslim penulis terkenal

Selain Malala, masih ada nama Amani Al Khatahtbeh yang merupakan perempuan muslim kelahiran New Jersey, Amerika Serikat pada 6 Mei 1992. Namanya tercatat sebagai tokoh penulis Islam karena berhasil membuahkan tulisan dalam blog pribadinya. Tulisan-tulisan ini kemudian mengubah pandangan dunia. 

Terutama masyarakat di Amerika Serikat yang memiliki pandangan negatif setelah tragedi 9/11. Namanya semakin terkenal ketika mendirikan platform MuslimGirl.com dan dalam waktu singkat menjadi platform muslimah terbesar di dunia barat. 

Achmad Ibnu Husain 

Achmad Ibnu Husain

Tokoh terkenal Islam yang juga dikenal sebagai penulis terkemuka adalah Achmad Ibnu Husain yang lebih dikenal dengan nama pena Al Mutanabbi. Nama lengkapnya sendiri adalah Abu al Thayyib Ahmad ibn Hussain yang dikenal dunia sebagai penyair besar dari Arab. 

Penyair besar satu ini lahir di tahun 915 M dan wafat pada 965 M. Sebagian besar karyanya sendiri masuk ke dalam puncak tak tertandingi dalam kesusastraan Arab. Meskipun sempat menjadi pemimpin pemberontakan dan pada usia 17 tahun mengaku sebagai Nabi, namun karyanya di bidang sastra memang sudah diakui dunia. 

Abdul Ula Al- Ma’arif 

Selanjutnya adalah Abdul Ula Al Ma’arif yang dikenal dunia sebagai penyair besar, penulis prosa, dan penulis cerdas. Abdul Ula lahir di tahun 973 M dan selama hidupnya dikenal memiliki kepribadian yang moralis, rendah hati, dan mampu menyampaikan kritik yang tajam. 

Baca Juga: 11 Daftar Penulis Sukses di Indonesia dan Karya-karyanya

Muhammad Qosim Al- Harisi 

Tokoh muslim penulis terkenal berikutnya adalah Muhammad Qosim Al Harisi yang mengikuti jejak Jalaludin Rumi. Karyanya kebanyakan dalam bentuk masnawi. Melalui karyanya pula, Muhammad Qosim mampu menuntun peradaban barat. Adapun bentuk karyanya memang sebagian besar adalah syair Islami.  

Ibnu Tufail 

Ibnu Tufail

Jika membahas mengenai 15 tokoh-tokoh muslim penulis terkenal di dunia maka nama Ibnu Tufail dijamin masuk ke dalam daftar tersebut. Nama lengkap penulis muslim satu ini adalah Abu Bakar Muhammad ibnu Abdul Malik ibnu Muhammad ibnu Tufail Al-Qaisi. 

Selain dikenal sebagai seorang filsuf, Ibnu Tufail juga diketahui merupakan seorang dokter. Karyanya di bidang sastra atau tulisan kebanyakan berbentuk prosa, dan salah satu karya emasnya adalah Hay Ibnu Zaqzhon (Hidup, anak si Jaga).

Omar Khayyam 

omar khayam

Berikutnya adalah Umar Khayyam yang lebih dikenal dengan nama Omar Khayyam dan merupakan salah satu penyair besar, filsuf, dan juga astronomi dan ahli Matematika dari Persia yang saat ini dikenal sebagai Iran. Salah satu karyanya adalah Rubaiyat yang merupakan karya besarnya. 

Abdul Athiya Ismail Ibnu Qosim 

Tokoh muslim yang menekuni dunia kepenulisan berikutnya adalah Abdul Athiya Ismail Ibnu Qosim. Penulis besar satu ini diketahui lahir pada 738 M dan meninggal pada 826 M. Kebanyakan karyanya dalam bentuk syair yang kemudian masih dikenal luas oleh pecinta sastra dari berbagai negara. 

Muti Ibnu Ilyas 

Tokoh penulis muslim besar berikutnya adalah Muti Ibnu Ilyas yang hidup di masa Bani Umayyah. Penulis muslim satu ini merupakan muslim kelahiran Palestina, dan kebanyakan karyanya dalam bentuk syair. Dimana bentuk syair tersebut tidak berbeda jauh dengan syair-syair karya Abu Nawas. 

Muhammad Iqbal 

Muhammad Iqbal

15 tokoh-tokoh muslim penulis terkenal selanjutnya adalah Muhammad Iqbal yang merupakan penulis besar dari Pakistan. Dikenal dunia sebagai penulis buku, dan salah satu judul karyanya yang kemudian dikenal banyak orang di dunia adalah Javid Namah

Kebanyakan tokoh penulis muslim diatas tentu tidak kamu kenal, kecuali karyanya dan beberapa sumber terbatas di internet. Sebab kebanyakan memang lahir dan menghasilkan karya di masa-masa awal perkembangan sastra Arab. Kecuali untuk beberapa nama penulis modern yang disebutkan dalam daftar di atas.