Cara menjadi penulis novel dan buku adalah satu dari beragam profesi penulis buku di era sekarang. Salah satunya yakni penulis buku novel. Novel menjadi salah satu jenis buku yang banyak peminatnya. Selain itu novel juga merupakan salah satu jenis buku yang mudah ditulis oleh semua kalangan. Tidak ada batasan usia maupun profesi untuk menulis novel. Baik pemula ataupun profesional semua bisa menulis novel.

Tapi tidak semua bisa membuat novel dengan terstruktur dan menarik untuk dibaca. Supaya Anda dapat menulis novel dengan baik, dibutuhkan cara menjadi penulis novel profesional. Berikut ini ulasannya.

Cara Menjadi Penulis Novel & Buku Profesional

1. Belajar Membuat Ide Awal

Poin pertama menjadi penulis novel profesional adalah dengan mengetahui novel seperti apa yang ingin Anda tulis. Buatlah story line atau poin-poin cerita yang ingin Anda tulis. Hal ini akan memudahkan menjadi penulis novel mulai dari mengembangkan ide cerita.

Mengembangkan ide cerita tidak harus bersifat original. Anda bisa menggunakan ide cerita yang sudah ada sebelumnya seperti cerita tentang percintaan, persahabatan, atau mungkin pembunuhan.

Sementara untuk menentukan tema yang lebih spesifik, Anda bisa memilih tema percintaan antara si kaya dan si miskin, kisah persahabatan antara dua orang yang berbeda negara, atau tema-tema lainnya.

Jika masih bingung untuk menentukan ide atau tema cerita, cara menjadi penulis novel profesional Anda bisa mengambil inspirasi dari novel-novel yang sudah terbit atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan hal-hal yang Anda sukai.

Dengan begitu, mungkin Anda akan mendapatkan ide cerita dari apa yang telah Anda baca. Intinya, jangan malas membaca dan tetap optimis dalam menulis supaya menjadi penulis novel profesional bisa tercapai.

2. Menentukan Karakter

Cara menjadi penulis novel profesional poin ke dua adalah Anda harus memahami karakter yang Anda buat. Tentukan karakter-karakter yang ada di dalam novel Anda. Karakter ini menjadi kunci dari sebuah novel yang menarik atau tidak. Maka PR Anda sebagai penulis novel adalah bagaimana membuat karakter yang kuat dan nyata.

Kalau Anda bingung bagaimana membuat karakter, Anda bisa mencari inspirasi dari karakter disekitar dan menjadikan mereka karakter fiksi Anda. Untuk memperkuat karakter, Anda dapat mengembangkan tokoh dengan cara mendeskripsikannya.

Cara ini akan membantu pembaca untuk memvisualkan karakter dengan mendesripsikan penampilan, tingkah laku dan pemikiran tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita.

Selain itu berilah nama tokoh dan tentukan gambaran fisiknya.  Lebih kuat lagi jika menggunakan model nyata. Bisa teman, misalnya. Jangan lupa tanamkan ciri khas si tokoh yang unik.

3. Mulai Menulis Novel

Saat mulai menulis novel adalah bagian dari cara menjadi penulis novel profesional yang ditunggu-tunggu. Pada proses inilah kita sebagai penulis akan terlihat bagaimana cara mengolah kata, konflik, hingga alur yang jelas dan membuat orang terjebak di dalam emosi cerita. Tips yang bisa Anda coba sebagai cara menjadi penulos novel profesional yakni dengan belajar menulis setiap waktu.

Kebiasaan menulis setiap hari harus menjadi kebiasaan utama Anda. Kuncinya rutin. Penting bagi seorang penulis untuk punya rutinitas menulis setiap hari. Maka, menulislah setiap hari, meski hanya berupa caption di Instagram atau status di Facebook.

Tuliskan sesuatu yang membuatmu bahagia, atau sekadar untuk melepaskan beban. Syukur-syukur, tulisannya dapat membuat orang lain terinspirasi.

4. Nikmati Proses Menulis – Cara Menjadi Penulis

Seperti dijelaskan pada uraian di atas, tanpa latihan Anda tidak akan menjadi pandai dalam bidang apapun. Seorang atlet yang memenangkan pertandingan adalah atlet yang terus berlatih setiap hari.

Sama seperti naik sepeda, Anda akan segera mahir jika terus berlatih. Begitu juga dengan menulis, semakin sering Anda menulis akan makin lancar Anda menuangkan idem ke dalam kertas.

Syarat selanjutnya cara menjadi penulis novel yakni Anda sebaiknya menikmati proses dalam menulis. Menjalani proses menulis sangat penting supaya Anda tidak cepat bosan dengan apa yang sedang Anda tulis.

Nikmatilah, jangan sekali-kali Anda merasa terbebani dengan perkataan ‘aku harus nulis’, tapi sebaiknya berpikirlah bahwa ‘aku menikmati waktu menulisku’, ‘aku senang bisa menulis’, ‘aku bisa berekspresi dengan menulis’.

5. Jangan Takut Bereksperimen

Dengan bahan-bahan yang sudah Anda siapkan mulai dari menentukan ide cerita, karakter, dan latihan setiap hari. Cara menjadi penulis novel selanjutnya yakni Anda harus bereksperimen.

Bebaskan diri Anda kuntuk bereksperimen dalam menulis, artinya Anda tidak harus terfokus pada satu genre cerita saja. Ini adalah salah satu cara untuk mengenali potensi Anda dalam menulis, apakah Anda lebih cocok menulis genre yang satu atau yang lainnya.

Anda pun boleh keluar dari zona nyaman menulis Anda, misal jika selama ini Anda menulis fiksi, sesekali tulislah sebuah artikel. Ini akan meningkatkan ketrampilan menulis Anda.

Meskipun di awal Anda misal sudah menginginkan satu topik romance, tapi di tengah jalan Anda berubah pikiran menjadi jenis thriller, tidak masalah. Tulis dulu saja naskahnya. Namanya juga belajar, cara menjadi penulis novel profesional memang harus melewati tahapan-tahapan yang tidak mudah. Supaya mempermudah proses eksperimen, Anda bisa menentukan waktu menulis yang teratur.

6. Mengatur Waktu Menulis Novel

Waktu menulis novel yang tepat akan mempengaruhi cara menjadi penulis novel profesional. Tidak perlu lama-lama, sempatkan 1 sampai 2 jam dalam sehari untuk menulis di sela-sela kegiatan Anda. Lebih baik menulis sedikit daripada tidak sama sekali. Kegiatan yang rutin ini akan membuat Anda menjadi terbiasa menjadi seorang penulis.

cara menjadi penulis novel pemula

Setiap orang mempunyai jam-jam efektif untuk menulis. Nah menjadi penulis novel profesional adalah mampu mengetahui kapan diri Anda penuh dengan semangat dan punya ide banyak saat menulis.

Setiap orang memiliki waktunya sendiri-sendiri. Ada yang lebih nyaman ketika menulis di malam hari, ada yang pagi hari, ada pula yang bisa dimana saja menulis. Semua bergantung kepada tiap individunya untuk menjadi penulis novel profesional.

7. Banyak Membaca – Cara Menjadi Penulis

Semakin sering Anda membaca, cara menjadi penulis novel profesional semakin dekat. Kenapa? Semakin sering membaca, kosakata yang Anda miliki akan semakin luas.

Tentu ini akan membantu Anda dalam cara menjadi penulis novel profesional. Sehari setidaknya ambil waktu untuk membaca buku, menonton berita di TV atau info di internet. Ini akan membuat kosakata dan informasi lebih banyak.

Hal ini juga menunjang Anda dalam mengembangkan ide cerita. Ingat tujuan Anda menulis novel adalah untuk dibaca orang lain, maka pastikan kalau apa yang Anda tulis itu menarik.

8. Temukan Wadah Untuk Menyimpan Semua Tulisan

Cara menjadi penulis novel selanjutnya Anda bisa melihat progres tulisan Anda dengan menyimpan semua tulisan Anda. Temukan buku catatan atau software yang dapat menyimpan semua catatan Anda.

Entah itu buku, komputer, flashdisk atau blog. Anda bisa memilih blog untuk menyimpan semua karya-karya yang mungkin sudah Anda kirim dan dimuat.

Untuk yang belum dimuat sebaiknya Anda simpan ke dalam wadah yang lebih pribadi. Ingat ide adalah mahal, Anda tidak mau kan orang lain mencuri tulisan Anda kan?

9. Jangan Malu Untuk Membacakan Tulisan Anda ke Orang Lain

Jangan malu untuk memperlihatkan hasil tulisan Anda e teman atau saudara Anda dan mintalah koreksi jika ada yang janggal. Cara ini bisa menjadi pemacu kita dalam cara menjadi penulis novel yang handal.

Saat teman Anda membaca naskha Anda, minta tolonglah kepada mereka untuk menilai apakah novel Anda sudah layak dan enak dibaca belum. Mintalah juga saran dan pendapat darinya, tapi jangan sebal ya jika teman Anda berkomentar miring. Jadikan itu sebagai pendongktrak semangat Anda untuk menulis yang lebih baik lagi.

10. Memiliki Niat Bulat!

Cara menjadi penulis yang paling utama adalah niat. Karena niat itu ada macam-macam tingkatannya, maka tingkatan agar keinginan menjadi penulis terwujud adalah, memiliki niat full 100%. Berdasarkan observasi sendiri, selama saya mengurus Tabloid Remaja sejak 2009 sampai sekarang, banyak kawula muda yang ingin menjadi penulis. 

Sayangnya keinginan mereka hanya setengah-setengah, bahkan di bawah setengah. Sehingga di tahun ke kedua, banyak sebelum 1 tahun banyak yang akhirnya gugur. Alasan mereka gugur pun sederhana, karena mereka tidak memiliki niat yang bulat. 

Niat yang setengah-setengah inilah yang menjadi mereka mudah terdistrak dengan kegiatan atau kesibukan lain-lainnya. Sebaliknya, mereka yang memiliki niat bulat, sesibuk apapun kegiatan kewajiban mereka, mereka selalu meluangkan waktu untuk tetap menekuni dunia tulis menulis.

Kesibukan bukan menjadi alasan untuk melepas impiannya. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah masih mementingkan kegiatan lain daripada keinginan menjadi penulis? 

11. Tidak Takut Gagal dan Salah 

Segala hal yang baru selalu dibutuhkan keberanian. Keberanian untuk mencoba dan keberanian untuk memulai. Jika Anda belum pernah menulis sama sekali, dan memiliki keinginan menjadi penulis, tidak ada jalan lain untuk memulai menulis detik ini juga. 

Khawatir tulisan acak adul? Khawatir tulisan tidak bisa dipahami? Atau pertanyaan pesimis yang menghambat langkah untuk memulai menulis lain? Abaikan semua pertanyaan penghalang semacam itu.Hal yang Anda butuhkan saat ini adalah melawat semua rasa takut dan mencoba untuk bersahabat dengan kegagalan dan kesalahan. 

Kerena itulah yang saya lakukan dulu. Saya pernah melakukan kesalahan fatal saat menulis tulisan opini si surat kabar. Saya dimaki-maki habis oleh pemred saya. Saya takut? Malu? Cemas? Dan tidak mau menulis? Itu pernah saya alami. Tetapi selama saya mundur, ketakutan saya tidak akan hilang. Ketakutan saya hilang setelah saya melawannya dan mencoba dan membuktikan lebih baik lagi. 

Sederhana saja, kesalahan dan kegagalan itu hal yang lumrah dan wajar. Asalkan jangan jadikan dua hal tersebut sebagai kebiasaan. Melainkan dijadikan sebuah pembelajaran. Motto itulah yang memberikan saya kekuatan dan keberanian sampai saat ini untuk mencoba menulis dan terus menulis.

Hemat saya, tanpa gagal dan salah, kita tidak akan pernah tahu dimana letak kebenarannya. Kita juga tidak tahu ukuran kualitas tulisan saya atau semacamnya. Kuncinya hanya satu, ubah cara berpikir agar berani untuk memulai agar tidak terlalu banyak mencemaskan sesuatu hal yang tidak penting. 

12. Menulis dan Terus Menulis 

profesi menjanjikan hobi menulis

Cara menjadi penulis yang paling jitu ya menulis dan terus menulis. Tanpa menulis, angan-angan hanya sekedar angan saja. Ibarat kata, hanya OMDO (Omong Doang). Tidak ada segala sesuatu yang terwujud lewat sebatas mimpi. mimpi itu hanya sebuah angan. 

Angan yang tidak pernah dipraktekan dan diperjuangkan, hanya sekedar wacana dan imajinasi saja. Jadi, jika memang ingin menjadi penulis, tidak ada jalan lain ya memulai menulis. Banyak yang mengeluh kepada saya, menulis itu susah dan tidak bisa menulis. 

Bagi saya itu bohong. Setiap hari kita menulis pesan WA, menulis status di media social. Itu apa? bukankah itu juga termasuk aktivitas menulis? Kenapa membalas chat dan update status itu mudah? Tentu saja karena Anda memiliki pesan yang ingin disampaikan, didukung Anda memiliki ideologi atau gagasan sendiri terhadap pesan yang ingin kamu update bukan? Menulispun juga demikian. 

Jika masih sulit, pasti Anda pernah mbatin atau mengomentari kehidupan orang lain bukan? Nah, pasti lincah banget nyinyirin orang lain tanpa jeda kan? Tidak ada salahnya itu dituliskan, tetapi tidak menyebutkan nama & orangnya. Lebih fokus pada tindakan atau gagasan Anda saja. Dari situ, Anda bisa merasakan menulis itu memang mudah, semudah nyinyirin orang. Hahaha.

13. Eksplore Kemampuan Untuk Menjadi Penulis

Cara menjadi penulis novel yang terakhir adalah eksplor kemampuan menulis. Jadi Anda bisa mengirimkan tulisan ke surat kabar, media cetak, buat blog dan dipublikasikan secara mandiri atau apapun itu. Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai eksplorasi kemampuan menulis kamu. 

Bagaimana jika tulisan di tolak? Yakin deh, ketika tulisan ditolak, tidak ada orang yang tahu. Hanya Anda dan redaksi yang tahu. Jadi tidak perlu malu atau takut. Toh, itu hanya rahasia kalian berdua. Itupun pihak redaksi cuek dengan siapa diri kita. 

Jadi sebenarnya tidak ada sesuatu hal yang kita takutkan dan dikhawatirkan. Namanya juga eksplore, tentu gagal itu sudah bagian unsur warna yang wajib ada. Sebuah gambar akan terasa kurang nyeni dan kurang lengkap jika tidak ada unsur warna-warna yang lain.

Ingin menjadi penulis novel? Cara menjadi penulis novel professional bisa Anda realisasikan dengan bergabung bersama Penerbit Deepublish. Penerbit Deepublish memberikan kesempatan kepada kalian supaya dapat bereksperimen dengan tulisan Anda ditambah Anda bisa menerbitkan buku sesuai dengan keinginan Anda sendiri.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan daftar menjadi penulis atau Anda bisa langsung kirim naskah dengan mengikuti prosedur berikut pada situs kami.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menjadi penulis novel, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan