fbpx

Unsur-Unsur Dalam Menulis Artikel Ilmiah

menulis artikel ilmiah
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Unsur-Unsur Dalam Menulis Artikel Ilmiah – Artikel ilmiah adalah suatu karya ilmiah yang ditulis untuk dimuat dalam jurnal ilmiah dengan tata cara penulisan yang mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

Adakalanya Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan atau laboratorium, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan proyek. Artikel ilmiah sudah dijabarkan bahwa tulisan ini bersifat ilmiah dan sistematis.

Oleh sebab itu artikel ilmiah juga bisa menggunakan angka-angka statistik dalam bentuk tabel maupun nontabel, yang menggambarkan suatu objek pembahasan hasil daripada sebuah penelitian baik berdasarkan sampel maupun populasi. Publikasi artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah dimaksudkan untuk melakukan komunikasi gagasan atau temuan yang penting untuk diketahui oleh pembaca.

Pada umumnya gagasan yang di tulis dalam bentuk artikel adalah gagasan atau temuan baru yang mempunyai orisinalitas dan mempunyai sumbangan tinggi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dari penemu nya. Jika gagasan yang ditulis sudah umum biasanya penulis menuangkannya dalam bentuk buku atau diktat.

Dalam penulisan artikel ilmiah tidak melulu menguasai strukturnya saja. Tetapi ada juga data pendukung lain, yang sepele tapi sangat mendukung artikel ilmiah Anda memiliki kredibel dan mendapatkan poin lebih.  Untuk mempelajari lebih detail teknik penulisan artikel ilmiah yang benar, berikut beberapa penjelasan nya yang mungkin dapat Anda coba dan juga dipraktekan.

Pengertian Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan tulisan yang berisi laporan sistematis tentang hasil studi atau hasil penelitian yang disajikan kepada komunitas ilmiah tertentu, yang merupakan khalayak tertentu dengan tujuan mengkomunikasikan hasil penelitian dan kontribusi untuk refleksi, ulasan dan diskusi lisan dan tertulis. Khalayak khusus dipahami sebagai siswa, guru, peneliti, dan ilmuwan.

Bentuk artikel ilmiah dapat berupa artikel asli, mini review, review, hingga shortcommunication berupa notes ataupun komentar. Di dalam artikel ilmiah terdapat 4 dimensi yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Ukuran hasil pemikiran pada suatu objek investigasi, yang dapat berupa hasil penelitian atau gagasan analisis kritis
  2. Dimensi bahasa yang ditulis sebagai alat menyajikan hasil pemikiran penulis dalam bentuk kesatuan makna dan spidol eksplisit untuk hubungan kesatuan makna
  3. Dimensi sistematis dibuat sebagai ciri pembeda antara bentuk tertulis dari artikel dan bentuk tertulis lainnya
  4. Ukuran kaidah, font yang harus diikuti adalah universal (umum) atau lingkungan.

Fungsi dan Tujuan Artikel Ilmiah

Fungsi : Sementara untuk fungsi dari artikel ilmiah terbagi menjadi tiga, yakni sebagai rujukan, sebagai sumber untuk meningkatkan wawasan, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan.

Tujuan
Artikel ilmiah juga memiliki tujuan sebagai landasan mengapa penting untuk dibuat, berikut ini tujuan dari artikel ilmiah.

  • Menyampaikan ide
  • Memenuhi tugas dalam studi
  • Untuk mendiskusikan gagasan dalam suatu rapat atau pertemuan
  • Sebagai bagian dalam lomba
  • Untuk menyebarkan ilmu / hasil penelitian.

Baca juga : Tips Menulis Artikel Ilmiah yang Baik

Unsur-unsur Dalam Menulis Artikel Ilmiah

Unsur-unsur artikel dapat diartikan sebagai bagian yang mengisi sebuah artikel ilmiah. Berikut ini adalah unsur-unsurnya :

1. Judul

Judul adalah kepala tulisan yang mencerminkan isi artikel secara keseluruhan. Judul artikel ilmiah tidak boleh panjang-panjang, maksimal 14 kata untuk artikel bahasa Indonesia dan 12 kata untuk bahasa inggris.

2. Penulis 

Merupakan pihak yang membuat atau menulis karya ilmiah.

3. Abstrak

Merupakan ringkasan dari karya tulis ilmiah. Abstrak biasanya dalam 2 bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris. Didalamnya terdapat ringkasan latar belakang, metode penelitian yang digunakan, hasil penelitian dan kesimpulannya. Umumnya abstrak memiliki batasan tertentu, dan hanya boleh dalam 1 lembar saja.

4. Pendahuluan

Berisi tentang latar belakang, tujuan dan manfaat penulisan karya ilmiah.

5. Kajian Teori

Berisi tentang teori dasar yang mendasari penulisan karya ilmiah.

6. Metode Penelitian

Berisi tentang penjelasan metode penelitian yang digunakan, termasuk jumlah responden dan analisisnya.

7. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Unsur yang ketujuh adalah hasil penelitian dan pembasahan. Dari apa yang diteliti dituangkan dalam bab ini dan dibahas secara mendetail sesuai dengan prosedurnya.

8. Penutup

Penutup karya ilmiah terdiri dari kesimpulan, kritik dan saran.

9. Daftar Pustaka

Bagian terakhir berisi data publikasi yang dipakai penulis dalam menyusun artikelnya.

Komponen dalam Menulis Artikel Ilmiah

1. Menulis Ilustrasi

Ilustrasi dalam hal ini dapat diartikan sebagai penggambaran akan sesuatu hal, bisa berbentuk tabel, gambar, diagram, peta, denah, grafik dan masih banyak bentuk lain. 

Keberadaan ilustrasi yang sering ditemui di artikel ilmiah sebenarnya bersifat pendukung. Jadi maksud dari pendukung dalam hal ini adalah sebagai alat bantu yang sifatnya sebagai suplemen. Adapun aturan yang perlu dipersiapkan ketika hendak menuangkannya, yaitu perlu mengacu ke petunjuk penulisan. 

2. Menulis Tabel

Penulisan tabel umumnya ditulis secara terpisah dari teks nya.  Penyajian penulisan tabel perlu dibubuhkan angka. Terkait dengan penulisan angka, bisa diurutkan mengikuti angka arab. 

Satu hal penting saat memberikan nomor pada tabel, dibuat dalam halaman terpisah. Ada aturan yang tidak dibolehkan saat menulis tabel, yaitu tentang garis vertikal.

Sedangkan untuk garis horizontal hanya diperbolehkan tiga kolom, yaitu dua dibagian judul kolom dan satu dibagian penutup tabel. Dengan kata lain, penulisan tabel perlu dilakukan proses edit, agar sesuai format penulisan dan lebih rapi. 

3. Tabel Ilmiah 

Teknik menulis tabel, Anda perlu memperhatikan apakah judul tabel tersebut ditulis disisi bagian mana. Perhatikan pula, apakah penulisan juga ditulis menggunakan huruf italic atau left justification. 

Penulisan tabel ilmiah pada artikel jurnal secara umum ditulis menggunakan kata tabel sekaligus nomor tabel dengan cara mencetak tebal. Banyak yang tidak memperhatikan gaya penulisan (miring atau ditebalkan) atau tidak diperhatikan pula tanda baca seperti tanda koma atau tanda kurung. 

Baca juga : 4 Bagian Utama Artikel Jurnal Ilmiah

4. Gambar 

Gambar pada artikel ilmiah dalam hal ini ada yang berbentuk grafik, diagram, foto, bagan, peta, denah dan bentuk gambar yang lainnya. Dari semua macam bentuk gambar tersebut data yang dipaparkan memaparkan angka-angka hasil pengamatan atau data. 

Khusus lampiran gambar, pastikan sudah disesuaikan dengan ketentuan jurnal yang akan dituju. Pada prinsipnya, penyajian data ini sebagai bentuk untuk menyajikan data. Jadi gambar dilampirkan pada halaman terpisah.  Penulisan gambar mirip ketika menulis daftar tabel, yaitu perlu dituliskan nomor gambar dan keterangan gambar. Fungsinya agar tidak membingungkan pihak editor atau reviewer. Buatlah identitas pada gambar tersebut.

5. Ilustrasi 

Ilustrasi sebagai pendukung data saja, sebagai penguat data saja. Sesuai peranannya, sebagai pendukung data, sudah pasti ilustrasi memiliki kekuatan untuk meningkatkan kredibilitas dan keyakinan bahwa artikel ilmiah Anda, benar-benar valid, baik dan ilmiah. Karena ada sumber dan pendukung data yang jelas.

Kurang lebih di atas adalah penjelasan tentang unsur-unsur artikel ilmiah. Baca juga artikel yang lain berikut ini :

a. Aturan Penulisan Karya Ilmiah
b. 6 Macam-macam Jurnal Ilmiah
c. 9 Situs Jurnal Internasional Untuk Referensi Karya Ilmiah


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish