9 Situs Jurnal Internasional Untuk Referensi Karya Ilmiah

jurnal internasional pendidikan

Dalam mengerjakan karya ilmiah, mahasiswa seringkali membutuhkan jurnal sebagai referensi materi. Jurnal internasional merupakan sebuah publikasi periodik dalam bentuk artikel yang diterbitkan secara berkala. Dalam hal ini biasanya jurnal diterbitkan pada interval waktu tertentu yakni setiap 4 bulan atau 1 tahun sekali.

Ada beberapa jenis jurnal yang dapat ditemui, diantaranya adalah Professional or Trade Journals, Popular Journals, dan Scholarly Journals. Dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik, kedudukan jurnal memang lebih penting dan lebih bergengsi. Karena bergengsi, maka jurnal ilmiah kini banyak dijalankan oleh para dosen dan peneliti.

Ketika menulis karya tulis ilmiah, yang paling penting adalah kamu harus diperkaya oleh beberapa referensi yang jelas dan terpercaya. Tujuannya adalah agar karya ilmiah kamu punya acuan yang tegas dan dapat dipercaya. Salah satunya sumber acuan adalah jurnal.

Saat ini, kebanyakan dosen biasanya meminta mahasiswa untuk mengambil acuan dari jurnal – jurnal internasional. Namun, kendalanya adalah ternyata masih ada mahasiswa yang belum tahu situs – situs apa aja yang bisa digunakan untuk menemukan jurnal – jurnal internasional.

Berikut ini kami berikan informasi tentang 9 situs jurnal internasional yang bisa Anda jadikan referensi karya ilmiah.

Jurnal Internasional – E-resources.perpusnas.go.id

Situs penyedia jurnal internasional pertama yang bisa Anda kunjungi adalah E-resources.perpusnas.go.id. Situs ini merupakan situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia. Dalam situs ini terdapat banyak jurnal yang bisa kamu gunakan sebagai kajian dalam skripsi Anda. Syarat untuk bisa masuk situs ini dan mengunduh jurnal secara gratis adalah Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri menjadi anggota perpus. Langkah pendaftaran situs ini:

  • Silahkan menuju alamat tersebut dan klik Daftar.
  • Selanjutnya Anda akan di arahkan ke Petunjuk Pendaftaran Anggota, mulai dari persyaratan hingga Hak dan Kewajiban. Lalu klik Lanjutkan Pendaftaran.
  • Isi form pendaftaran dengan identitas asli Anda.
  • Perlu diingat, hasil dari pendaftaran ini berupa NOMOR ANGGOTA. Yang artinya Anda harus mencatat dan mengingat nomor tersebut agar bisa login. Jika Anda melupakan nomor anggota maka Anda harus mengurusnya dengan langsung datang ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.
  • Setelah mendaftarkan diri Anda hanya perlu berkunjung ke http://e-resources.perpusnas.go.id/, situs tempat Anda mencari jurnal, ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Silahkan mengetikkan nomor anggota, password, dan mengklik tombol Login untuk masuk ke dalam portal layanan e-Resources.

Yang jelas terlihat berbeda dari Google Scholar adalah kita bisa mensortir lebih spesifik sesuai kebutuhan. Ada berbagai sumber yang bisa digunakan. Pada Jurnal, tidak hanya artikel yang dibutuhkan saja yang ditampilkan tapi juga satu edisi volume ditampilkan di samping kiri tampilan preview. Anda bisa melihat artikel lain di edisi volume yang sama ATAU Anda juga bisa melihat edisi volume lain bahkan di tahun yang berbeda.

judul jurnal internasional

Namun jika Anda mencari jurnal nasional, e-book nasional maka hasil pencarian yang Anda dapatkan akan lebih sedikit. Walapun begitu untuk bagian Internasional sangat memuaskan dan layak menjadi sumber utama Anda untuk mencari jurnal, ebook dan sumber pustaka online lainnya.

Untuk pencarian yang lebih luas lagi dan lebih mudah, Anda juga bisa mencari di EBSCO. Situs ini juga bekerja sama dengan PNRI. Caranya, saat di deskripsi artikel jurnal ada logo EBSCO bagian atas. Silahkan klik logo atau tulis kata kunci dari pencarian Anda.

Jurnal Internasional – Google Scholar

Bagi mahasiswa mungkin tidak asing lagi dengan situs ini, karena kebanyakan mahasiswa mencari jurnal untuk tugas review jurnal dari situs yang satu ini. Google Scholar merupakan situs mencari jurnal atau skripsi yang dikembangakan oleh Google. Cara untuk mendapat jurnalnya tinggal ketikkan nama Jurnal Internasional yang kamu cari di mesin pencari di Google Scholar.

Dalam pencarian google scholar Anda hanya perlu mengunjungi situsnya kemudian mencari kata kunci yang diinginkan. Begini langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs Google Scholar.
  • Ketikkan kata kunci yang ingin kamu cari, semisal: marketing mix, perbedaan hukum pidana dan perdata atau pengertian sistem informasi, dll
  • Setelah itu pilih Custom Range yang ada di sebelah kiri, masukkan rentang waktu tahun yang kamu inginkan, semisal tahun 2010 hingga tahun 2017
  • Klik search untuk memulai pencarian. Nanti akan ditampilkan beberapa refrensi dari jurnal, makalah hingga karya ilmiah dari luar maupun dalam sesuai dengan tahun atau kata kunci yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Anda pun bisa mengunduh sumber refrensi tersebut ke dalam bentuk pdf atau word.

Tidak semua refrensi free (gratis) karena ada beberapa situs luar yang diharuskan untuk membayar saat akan mengunduh. Jika ada yang gratis, kenapa kita harus mencari yang berbayar? Jadi pintar-pintarlah dalam memilih dan mencari refrensi yang Anda butuhkan.

Jurnal Internasional – International Journal of Education and Research

Situs yang satu ini memuat review jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications), yang telah terakreditasi. Anda bisa unduh jurnal internasional yang Anda inginkan.

Jurnal Internasional – Directory of Open Access Journal

Ada juga Directory of Open Access Journal (DOAJ) yang bisa Anda jadikan acuan referensi jurnal. DOAJ atau Direktori Jurnal Akses Terbuka adalah situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA). Proyek ini mendefinisikan jurnal akses terbuka sebagai jurnal ilmiah dan keilmuan yang memenuhi standar kualitas tinggi melalui penelaahan sejawat atau kontrol kualitas editorial serta menggunakan model pendanaan yang tidak mengenakan biaya kepada pembaca atau institusi mereka untuk mengaksesnya.

contoh jurnal internasional pdf

Untuk jurnal yang dimasukkan dalam DOAJ sebagai hak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke naskah lengkap artikel-artikel tersebut. Tujuan DOAJ adalah untuk meningkatkan visibilitas dan kemudahan penggunaan jurnal-ilmiah dan akademik akses terbuka sehingga meningkatkan penggunaan dan dampaknya. Pada 25 Februari 2018, basis datanya kini berisi sekitar 11.210 jurnal.

Untuk mengunduh jurnal internasional dari situs ini, Anda cukup mengetikkan jurnal yang diinginkan di mesin pencari. Aksesnya terbuka untuk siapa saja dan tidak berbayar, jadi kamu bisa unduh jurnal sebanyak – banyaknya yang Anda mau.

Jurnal Internasional – ScienceDirect

Situs ini memuat jurnal – jurnal internasional dan buku yang sebagian harus dibayar untuk mendapatkannya. Namun ada juga yang gratis, yang dapat dicari pada bagian open access. Situs ini mengandung lebih dari 12 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik. Jurnal-jurnalnya dikelompokkan menjadi empat bagian utama: Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities. Abstrak artikel tersedia secara gratis, tetapi akses teks lengkapnya (PDF dan HTML) memerlukan akun berlangganan atau bayar per unduhan.

Jurnal Internasional – Akademia

Di situs ini tersedia banyak jurnal, termasuk jurnal internasional yang bisa kamu peroleh secara gratis. Bisa dibilang Academia ini media sosialnya para akademis di dunia. Cara kerjanya hampir sama dengan Facebook, hanya saja konten yang dibagikan lebih fokus ke tema pendidikan. Kalau sedang membutuhkan materi pendidikan, Anda bisa mendapatkannya di sini.

Lebih dari itu, Academia juga menyediakan jutaan makalah dan ratusan ribu jurnal yang telah dipublikasikan oleh para peneliti. Jangan lupa daftar dulu, ya jika ingin mengakses situs jurnal internasional gratis yang satu ini. Daftarnya bisa pakai akun Google atau Facebook yang Anda miliki.

Jurnal Internasional – Research Gate

Di situs ini, Anda bisa request jurnal yang Anda inginkan karena disini adalah komunitas para peneliti yang mengupload jurnalnya. Cara untuk mendaftar ke situs ini adalah dengan menggunakan email institusi/ kampus masing – masing. Selain itu Anda juga dapat mengupload jurnal internasional Anda secara gratis.

Selain itu, di sini Anda bisa dengan bebas melontarkan pertanyaan publik atau berdiskusi untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan terkait penelitian yang sedang Anda lakukan. Kalau sedang mencari referensi ilmiah, di sini juga bisa, lho. Ada yang bisa diunduh secara gratis, namun ada juga beberapa jurnal yang tidak dibuka untuk publik melainkan harus mendapat izin akses dari pemiliknya. Meski begitu, ResearchGate ini benar-benar alternatif yang tepat.

Jurnal Internasional – Cambridge Journal

Situs jurnal internasional yang satu ini menyediakan jurnal internasional. Sama seperti situs lainnya, cara mengunduh jurnalnya tinggal mengetikkan di mesin pencari jadi sangat mudah untuk kita mendapatkan jurnal yang kita inginkan.

Jurnal Internasional – Jurnal Online LIPI (jurnal.lipi.go.id)

Sebagai lembaga pemerintahan non kementrian yang bergerak di bidang keilmiahan, LIPI memberikan dedikasi kepada masyarakat Indonesia berupa kumpulan jurnal dengan berbagai tema seperti jurnal kimia dan jurusan fisika. Dan kabar gembiranya, dari banyak jurnal yang tersedia di situs jurnal online LIPI, Anda bisa mengunduhnya secara gratis.

Sebenarnya masih banyak sekali jurnal-jurnal internasional yang bisa Anda unduh secara gratis. Selain informasi di atas, Anda juga bisa mencari jurnal lainnya dengan bertanya kepada teman- teman kamu, dosen, atau sama orang lain yang tahu tentang situs jurnal internasional. Tunggu apalagi, gunakan ponsel pintar Anda untuk mencari jurnal yang Anda inginkan.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri dan DAFTAR JADI PENULIS atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang jurnal internasional, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *