Kenali 5 Cabang Jurnal Penelitian yang Tepat Sasaran

jenis penelitian ilmiah

Apakah Anda seorang dosen yang sekarang tengah disibukan dengan penelitian? Barangkali Anda ingin menjadi calon dosen juga aktif membuat jurnal penelitian. Ternyata, tidak semua dosen bisa mahir menulis jurnal. Bahkan, Tidak banyak yang tahu jika ada banyak macam-macam jurnal.

Berbicara tentang jurnal, ada beberapa cabang jurnal penelitian. Ternyata ada banyak jenis. Dari masing-masing jenis jurnal, memiliki sub penelitian. Di mana dari sub-sub tersebut juga memiliki cabang ilmu yang lain. Berikut adalah macam-macam jurnal yang sebenarnya bisa dilakukan penelitian. Berikut beberapa macam jurnal.

Cabang Jurnal Penelitian: Ilmu Sosial

Ada macam jurnal ilmu sosial, yaitu ilmu yang mengulas seputar tentang ilmu sosial. Ilmu sosial meliputi ilmu manajemen, akuntansi, hukum, peradaban islam hingga ilmu komunikasi. Adapun ilmu lain seperti ilmu antropologi, administrasi Negara dan hubungan internasional.

Misal jurnal ilmu komunikasi, maka hasil penelitian yang dilakukan di seputaran dunia komunikasi. Di dalam ilmu komunikasi itu sendiri memiliki banyak cabang ilmu lain. Ilmu komunikasi termasuk ilmu sosial karena masih ada hubungan dan keterkaitan dengan interaksi sosial. Begitupun juga dengan cabang ilmu lain yang telah di paparkan di atas.

Cabang Jurnal Penelitian: Pendidikan dan Sains

Pernahkah Anda mendengar macam jurnal pendidikan dan sains? Bagi yang masuk ke jurusan ini pasti tahu. Meskipun demikian, juga tidak menjamin. Adapun macam-macam jurnal pendidikan dan sains, diantarannya ada jurnal penelitian pendidikan, jurnal penelitian biologi, jurnal penelitian matematika, jurnal penelitian kimia dan jurnal penelitian fisika.

jenis jenis penelitian pendidikan

Dari beberapa macam sub jurnal pendidikan dan sains, ada jurnal penelitian yang lain, yaitu jurnal penelitian sejarah dan umum, jurnal anak usia dini dan sekolah dasar, jurnal penelitian bimbingan dan konseling dan ada juga jurnal penelitian seni, bahasa termasuk sastra.

Masing-masing jurnal penelitian yang disebut di atas tentunya memiliki keistimewaan dan hasil analisa yang menarik masing-masing. Apa saja sih hal yang paling penting dalam melakukan jurnal penelitian di setiap masing-masing jurnal? Jawabannya sederhana, yaitu membuat kerangka karangan. Bagaimana membuat kerangka, ada di ulasan di web Deepublish.

Cabang Jurnal Penelitian: Psikologi

Jurnal psikologi memang termasuk ilmu sosial, namun di dalam jurnal psikologi sebenarnya juga memiliki sub cabang jurnal penelitian lain. Apa saja sub penelitian tersebut? Diantaranya terdapat jurnal penelitian psikologi klinis, jurnal penelitian psikologi perkembangan, jurnal penelitian psikologi abnormal, jurnal penelitian psikologi politik dan jurnal penelitian psikoterapi.

Adapun sub cabang yang lain, yaitu cabang jurnal penelitian psikologi industry dan organisasi, jurnal penelitian psikologi sosial dan jurnal penelitian psikologi kepribadian. Dari segala bentuk hasil penelitian, hasil penemuan jurnal psikologi yang paling menarik pembaca memang dari jurnal psikologi. Karena di kehidapan masyarakat, hasil yang diperoleh memberikan dampak yang sangat baik.

Cabang Jurnal Penelitian: Teknik

Macam-macam jurnal yang keempat ada jurnal teknik. Setidaknya ada enam jurnal penelitian di cabang ilmu satu ini. Yaitu jurnal penelitian teknik mesin, jurnal penelitian teknik, jurnal penelitian teknik industry, jurnal penelitian teknik informasi, jurnal penelitian informatika, jurnal penelitian teknik computer dan jurnal penelitian teknik kelistrikan atau mekanikal.

Dari beberapa cabang jurnal penelitian di atas, manakah pernah Anda kerjakan? Siapa yang menyangka jika jurnal teknik juga memiliki peminat yang cukup besar. Terutama untuk jurnal teknik komputer dan informatika. Meskipun demikian, cabang jurnal penelitian yang lain juga cukup banyak diminati. Berbicara tentang ilmu teknik, ternyata ilmu teknik lulusan Indonesia juga tidak kalah bagus.

Cabang Jurnal Penelitian: Pertanian dan Peternakan

Apakah Anda salah satu peneliti atau dosen yang berkecimpung di dunia pertanian dan peternakan? Ternyata hasil penelitian dibidang pertanian tidak cukup banyak yang berkecimpung di sini. Sekalipun ada, hanya di konsumsi oleh kalangan tertentu, misal kalangan dosen dan kalangan akademisi. Untuk hasil jurnal yang langsung bisa di sasar oleh petani, masih terbilang kecil.

Jurnal pertanian dan peternakan juga memiliki cabang jurnal penelitian, yaitu jurnal penelitian pertanian, jurnal penelitian kehutanan, jurnal penelitian perikanan dan jurnal penelitian peternakan. Kembali menyinggung jurnal penelitian dari cabang ilmu pertanian dan peternakan, ternyata memiliki prospek yang cukup besar.

cabang jurnal penelitian

Mengingat sekarang banyak penerus negeri yang lebih tertarik dibidang cabang ilmu lain, yang sifatnya terbaru. Sedangkan penelitian semacam penelitian peternakan dan pertanian, tidak begitu di lirik oleh kaum milenial. Sekalipun ada, hanya sebagian kecil saja. Karena minatnya yang kecil dan sedikit inilah, yang menjadikan hasil penelitian ini memiliki prospek dan peluang yang lebih besar.

Dari kelima cabang jurnal penelitian di atas, sebenarnya itu hanya sebagian lagi. Masih ada cabang ilmu yang juga bisa digunakan untuk melakukan penelitian. Bagi dosen dan peneliti melakukan penelitian sesuai dengan cabang ilmu yang di geluti. Rerata penelitian dilakukan memang dilakukan selaras dengan kompetensi dasar dosen.

Bagaimana jika seorang dosen melakukan penelitian di luar cabang ilmu atau kompetensi dosen? Ada beberapa yang mengakali hal semacam ini dengan menggaet salah satu rekan, yang memiliki gelar yang selaras dengan hasil penelitian. Kemudian dilakukanlah penelitian secara berkolaborasi.

Itulah beberapa ulasan tentang macam-macam jurnal penelitian. Apakah Anda masih ragu ingin melakukan jurnal hasil penelitian? Jika Anda memang tertarik, Anda dapat memulai penelitian sesuai dengan jurusan Anda.

Dari beberapa macam-macam cabang jurnal penelitian di atas, semoga bermanfaat dan semakin mendorong Anda untuk semangat produktif melakukan penelitian. Semoga ulasan ini bermanfaat.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri dan DAFTAR JADI PENULIS atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang jurnal penelitian, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *