Membongkar Alur Cara Menerbitkan Buku Agar Buku Diterbitkan

cara menulis novel

Banyak yang memiliki ide dan gagasan brillian, sayangnya tidak semua orang mampu dan tahu bagaimana cara menerbitkan buku. Banyak yang binggung dan tidak tahu alur yang tepat untuk menerbitkan buku. Banyak pula penulis yang akhirnya menjadi korban penipuan, karena ditipu oleh oknum tertentu.

Terkait cara menerbitkan buku, pada kesempatan kali ini akan mengulas alur cara menerbitkan buku itu seperti apa? Sekedar tambahan informasi, pastikan mengenali penerbit buku yang akan disasar. Karena setiap penerbit memiliki alur penerbitan yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini akan mengulas, alur cara menerbitkan buku di penerbit buku Deepublish. Seperti apa dan bagaimana, sebagai berikut.

Cara Menerbitkan Buku: Mendaftarkan Diri

Langkah awal khusus Anda yang sudah berencana menerbitkan buku, Anda bisa langsung mengirimkan data diri Anda di web penerbit deepublish, di www.penerbitdeepublish.com di sana akan keluar pop up, dan Anda bisa mengisikan form. Dari form yang masuk, yang nantinya akan di follow up oleh tim Deepublish.

Ada cara menerbitkan buku yang lebih cepat. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki naskah. Anda bisa langsung klik link berikut https://penerbitdeepublish.com/kirim-naskah/. Agar lebih cepat lagi, Anda bisa langsung melampirkan file naskah Anda, maka naskah Anda pun akan segera di tangani lebih cepat. Semakin cepat di follow up, semakin cepat pula Anda menerbitkan buku.

Calon Penulis Akan Dihubungi Oleh tim CS

Data yang sudah masuk ke database Deepublish, akan dihubungi oleh tim Customer Care Deepublish. Di tahap inilah, calon penulis bisa menanyakan hal-hal yang terkait cara menerbitkan buku. Anda pun juga dapat menanyakan terkait teknis atau apapun yang masih terkait. CS yang menghubungi bisa menghubungi via WA, telfon dan kadang via email. Jika Anda belum juga di hubungi, Anda dapat melakukan konfirmasi ke media social Deepublish, baik di Facebook, Linkedin ataupun di Instagram. Agar Tim kami bantu untuk mengkonfirmasi ke tim lain.

Pengiriman Surat Perjanjian dan Formulir Pendaftaran Penulis Melalui Email

Setelah tim CS menghubungi, dan Anda tertarik ingin menerbitkan buku di Deepublish, serta sudah ada kesepakatan bersama, maka langkah selanjutnya adalah Tim kami akan mengirimkan surat perjanjian dan formulir pendaftaran penulis melalui email. Calon penulis dapat mempelajari MOU yang sudah dikirimkan.

Jika Anda setuju dengan MOU, Anda bisa langsung melengkapi formulir yang disertaikan oleh data-data MOU. Jika formulir ini ada yang kurang, maka biasannya kami akan membantu untuk mengkonfirmasi kepada penulis. Jika anda setuju, maka tahap selanjutnya dilakukan penandatanganan MOU.

cara membuat novel

Bagaimana jika surat MOU itu ada yang tidak sesuai dengan keinginan Anda? Bisa dibicarakan dan dicari jalan keluar. Tentunya berdasarkan dengan kesepakatan bersama. Salah satu kelebihan cara menerbitkan buku di Deepublish adalah, dapat dimusyawarahkan, selama tidak melanggar aturan.

Penandatanganan MOU

Terkait dengan penandatanganan MOU, ada syarat. Penandatanganan MOU diketahui oleh dua saksi, yang juga ikut bertandatangan. Setelah semua penandatanganan MOU sudah terisi, maka penulis yang tidak memungkinkan datang ke kantor, Anda dapat mengirimkan scan perjanjian surat perjanjian ke penerbit buku. Jika lokasi dekat, Anda juga bisa mengirimkan langsung hardcopy ke kantor. Proses pengiriman ini sebagai salah satu bentuk surat keaslian naskah.

Cara Menerbitkan Buku: Pengiriman Draft Naskah Buku

Anda pun bisa langsung mengirimkan naskah, jika MOU yang dikirimkan dari pihak penerbit tidak ada masalah. Sedangkan bagi Anda yang sejak pertamakali mengisi form dan mengirimkan naskah lewat web, maka Anda cukup melakukan tandatangan MOU. Sebelum akhirnya akan di garap dan diproses ke bagian produksi.

Terkait pengiriman draf naskah buku, pastikan jika buku yang Anda tulis sudah selesai dan lengkap. Karena ini akan memudahkan tim untuk melakukan rekap atau pendataan. Jadi, jika naskah belum lengkap, Anda bisa menyelesaikan seluruh naskah, setelah semua sudah siap, baru dapat diproses dan ditindaklanjuti dengan tim Penerbit Deepublish.

Pemprosesan di Bagian Produksi

Dibagian produksi, naskah akan diproses melalui banyak tahap. Mulai dari tahap penempelan cover, ISBN, dan dilakukan layout. Aturan khusus di Penerbit Deepublish, naskah yang masuk, sebelum dilakukan cetak, akan mengirimkan dummy book terlebih dahulu lewat email ke penulis.

Penulis akan Memperoleh Dummy Book

Tahap cara menerbitkan buku yang selanjutnya, Anda akan mendapatkan sampel atau dummy dari tim kami. Jadi naskah yang sudah masuk di tim redaksi, akan kami layout, kita beri cover dan semacamnya. Jadi sebelum masuk ke cetak, akan dapatkan dummy. Dummy naskah ini berfungsi untuk melihat preview naskah yang Anda tulis. Apakah naskah Anda sudah tidak ada revisi? atau sudah sempurna. Jika masih ada revisi, di tahap inilah Anda dapat mengajukan revisi ke tim penerbit. Jika tidak ada revisi sama sekali, maka naskah Anda bisa langsung masuk ke tahap selanjutnya. Yaitu masuk ke dapur percetakan.

Cara Menerbitkan Buku: Proses Cetak Naskah

Jika semua dianggap sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah, Anda dapat melakukan proses cetak naskah. Cetak naskah mengikuti permintaan dari penulis. Jika penulis ingin mencetak dalam jumlah sedikit, maka pihak penerbit pun juga akan mencetak sedikit. Terkait dengan cetak naskah, jika penulis menginginkan cetak warna bagian dalam, sebenarnya bisa. Jadi penerbit Deepublish hanya mencetak sesuai permintaan penulis.

toko buku

Naskah yang sudah dicetak, naskah akan dikirim ke lokasi penulis. Jika penulis masih di area Jogja, penulis tidak dikenakan biaya cetak. Sebaliknya, jika penulis berasal dari luar pulau jawa, penulis dikenakan beban biaya cetak. Tenang, karena biasannya ada promo atau program diskon ongkir.

Itulah alur cara menerbitkan buku di penerbit Deepublish. Dari alur di atas, barangkali Anda masih merasa binggung? Sebagai catatan, penerbit Deepublish adalah penerbit Indie. Dimana penulis yang menanggung beban biaya cetak dan biaya promosi. Namun, sebagai bentuk pelayanan prima Deepublish, pihak penerbit juga bersifat membantu menjual buku Anda.

Jalur pemasaran di penerbit Deepublish bukan lewat jalur offline, melainkan secara daring. Ada beberapa tempat cetak buku, diantaranya di marketplace seperti di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lewat website Deepublish. Adapun banyak reseller Deepublish yang tersebar diberbagai daerah. Buku yang berhasil dijualkan oleh Penerbit Deepublish, penulis berhak memperoleh royalty hingga 15%. Terkait persis berapa persen, tentunya sesuai dengan diskusi dan kesepakatan kedua belah pihak.

Bagaimana? Anda sudah yakin ingin tahu cara menerbitkan buku gratis di tempat penerbit Deepublish. Pastikan Anda mendaftarkan diri di link yang sudah dicantumkan di paragraph awal. Dan, bersiaplah menjadi seorang penulis. Dijamin tidak menyesal, karena dengan menjadi penulis, Anda akan dapatkan banyak manfaat. Selain manfaat secara materi, Anda juga berinvestasi memperoleh keuntungan non materi. Misal, popularitas, sering diundang untuk mengisi acara dan tentunya masih banyak manfaat lain.

Semoga paparan cara menerbitkan buku bermanfaat dan memotivasi Anda untuk produktif dan terus berkarya. Salam litarasi.


Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Deepublish, buku Anda kami terbitkan secara GRATIS. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda di sini. atau Anda bisa langsung Kirim Naskah dengan mengikuti prosedur berikut ini: KIRIM NASKAH

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang cara menerbitkan buku, Anda dapat melihat artikel-artikel kami berikut:

Jika Anda mempunyai BANYAK IDE, BANYAK TULISAN, tapi BINGUNG bagaimana caranya MEMBUAT BUKU, gunakan fasilitas KONSULTASI MENULIS dengan TIM PROFESSIONAL kami secara GRATIS disini!

Kontributor: Novia Intan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *