⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

APIK, Teknik Menulis Buku/Publikasi Ilmiah Guru

apik (asli, perlu, ilmiah, konsisten), teknik menulis buku guru

Guru yang melaksanakan kewajiban menulis dan menerbitkan buku tentu memiliki kebutuhan untuk paham teknik menulis buku APIK. Seluruh publikasi ilmiah yang dilakukan oleh seorang guru memang diwajibkan untuk ditulis secara APIK. 

APIK disini memiliki kepanjangan dari empat kata, dimulai dari kata Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten. APIK kemudian menjadi standar yang harus dipenuhi guru dalam menyusun karya ilmiah. Lalu, bagaimana teknik menulis yang baik agar hasilnya APIK? 

Aturan Guru Harus Menulis Buku

Selama ini masyarakat mengira bahwa tugas utama seorang guru hanya mengajar siswa, baik di kelas maupun di luar kelas. Benarkah demikian? Ternyata tidak, sebab seorang guru juga perlu melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). 

Dalam kegiatan PKB tersebut, seorang guru dituntut untuk melakukan tiga kegiatan. Dimulai dari pengembangan diri yang mencakup mengikuti diklat dan mengikuti kegiatan profesi. Kemudian kegiatan publikasi ilmiah dan disusul kegiatan menciptakan karya inovatif. 

Sehingga, guru memiliki kewajiban sekaligus kebutuhan untuk menulis karya tulis ilmiah. Publikasi ilmiah ini bisa dalam bentuk buku pelajaran, buku bidang pendidikan, dan buku pedoman guru. Kemudian publikasi ilmiah dalam bentuk modul, artikel populer, dll. 

Dalam proses menulis buku, penguasaan teknik menulis buku APIK menjadi penting untuk dilakukan. Sebab dengan teknik inilah guru bisa menulis buku berkualitas dan sesuai dengan standar maupun aturan yang ditetapkan. 

Seorang guru yang sudah menunaikan kewajiban untuk menulis buku kemudian akan mendapatkan tambahan angka kredit. Sehingga angka kredit ini digunakan untuk mengembangkan kenaikan pangkat atau jabatan fungsional guru. 

Jenis Buku yang Menunjang Kenaikan Pangkat Guru

Lalu, apakah semua guru memiliki kewajiban menulis buku dan menguasai teknik menulis buku APIK? Terkait hal ini, maka bisa mengacu pada PermenPAN & RB Nomor 16 Tahun 2009. Disebutkan bahwa kewajiban ini mulai berlaku untuk guru dengan golongan IIIb ke atas. 

Guru dengan golongan IIIa sampai IIIb diwajibkan untuk fokus pada kegiatan pengembangan diri. Misalnya dengan rutin mengikuti diklat. Setelah naik ke golongan IIIb ke atas, maka selain melaksanakan pengembangan diri juga diwajibkan melakukan kegiatan publikasi ilmiah. 

Dalam kegiatan publikasi ilmiah, seorang guru bisa mempublikasikan karya tulis berbentuk buku. Ada lima jenis buku yang bisa ditulis dan beberapa diantaranya wajib diterbitkan dengan ISBN, beberapa lagi tidak diterbitkan. Berikut penjelasan detailnya: 

1. Buku Pelajaran 

Jenis buku karya seorang guru yang pertama untuk menunjang kenaikan pangkat adalah buku pelajaran. Buku pelajaran adalah  buku berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru. 

Buku pelajaran yang diterbitkan seorang guru jika lolos penilaian oleh BNSP maka berhak mendapat tambahan angka kredit sebesar 6 poin. Jika buku tersebut diterbitkan dengan ISBN maka menambah angka kredit 3 poin dan 1 poin tanpa ISBN. 

2. Modul 

Jenis buku kedua yang harus disusun menggunakan teknik menulis buku APIK oleh seorang guru adalah modul. Modul sendiri termasuk karya tulis ilmiah guru berbentuk buku yang tidak wajib diterbitkan dengan ISBN. 

Modul adalah  materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. 

3. Buku dalam Bidang Pendidikan 

Selanjutnya adalah buku dalam bidang pendidikan, yaitu buku yang berisi  pengetahuan yang terkait dengan bidang kependidikan. Sehingga isinya adalah pengetahuan yang mengusung isu-isu terkini di bidang pendidikan. Buku jenis ini wajib diterbitkan oleh guru, terutama diterbitkan dengan ISBN. 

4. Buku Terjemahan 

Buku terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia. Buku jenis ini juga membantu kenaikan pangkat guru. 

5. Buku Pedoman Guru 

Terakhir, adalah buku pedoman guru. Yaitu buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. Isi dari buku jenis ini adalah perencanaan dari guru untuk melaksanakan kewajibannya. 

Teknik Menulis Buku APIK

Dalam menulis buku, Anda yang berprofesi sebagai guru diharapkan dan bahkan diwajibkan untuk menguasai teknik menulis buku APIK. APIK sendiri merupakan akronim dari empat kata berikut: 

1. Asli 

Buku atau karya tulis ilmiah yang disusun oleh guru wajib asli. Artinya, karya tersebut disusun atas kerja keras sendiri bukan menjiplak. Teknik ini praktis akan membantu seorang guru untuk menghindari plagiarisme dalam publikasi ilmiah. 

2. Perlu 

Teknik menulis buku APIK yang kedua adalah Perlu. Artinya, dalam menyusun suatu karya tulis ilmiah, guru perlu memastikan topik dalam karya tersebut memang diperlukan. Misalnya mendukung pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran, dll. 

3. Ilmiah 

Ketiga adalah Ilmiah yaitu karya tulis yang disusun oleh guru wajib bersifat ilmiah. Yakni memiliki kerangka isi yang jelas dan mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah yang benar sesuai dengan ketentuan. 

4. Konsisten 

Terakhir adalah Konsisten, yaitu isi atau topik yang diusung guru dalam karya tulis ilmiahnya harus sesuai dengan tugas yang dimiliki. Dengan kata lain, isi dari karya tulis tersebut sesuai dengan tugas pokok yang diemban oleh guru yang menyusunnya. 

Anda seorang Guru dan mau naik pangkat dengan menulis buku? Artikel berikut akan membantu Anda memahami jenis buku dan perbedaannya. Ketahui ini agar tidak salah mengkategorikan buku.

Kenapa Harus APIK?

Kenapa guru perlu menguasai teknik menulis buku APIK tersebut? Ada banyak alasan kenapa teknik APIK ini harus dikuasai dan selalu diterapkan guru dalam proses menulis buku maupun karya tulis ilmiah lain. Diantaranya adalah: 

a. Memiliki Karya Orisinil 

Lewat teknik APIK, maka seorang guru akan berusaha untuk menyusun karya tulis ilmiah dengan kerja keras sendiri. Sehingga terhindar dari tindakan plagiarisme yang bisa menurunkan kredibilitas diri sendiri dan karya lain yang dimiliki. 

b. Membuat Publikasi yang Sesuai 

Lewat teknik menulis buku APIK maka seorang guru juga bisa menyusun karya tulis ilmiah yang relevan atau sesuai. Pertama, sesuai dengan bidang yang dikuasai. Kedua, mampu menulis karya sesuai kebutuhan peserta didik dan guru lain di Indonesia.  

c. Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat 

Menggunakan teknik APIK membantu seorang guru untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat melalui publikasi ilmiah. Sebab karya orisinil dan memenuhi teknik APIK lainnya akan diakui dan memberi tambahan angka kredit. 

d. Bisa Terus Produktif Melakukan Publikasi Ilmiah 

Teknik APIK juga membantu seorang guru untuk terus produktif dalam berkarya. Sehingga bisa terus melakukan publikasi ilmiah untuk sampai ke puncak karir dan mendapatkan manfaat lainnya. Seperti mendapat penghasilan tambahan dari royalti. 

Penjelasan mengenai teknik menulis buku APIK tersebut, tentu meningkatkan pemahaman mengenai arti penting menguasainya dan terus menerapkannya. Jadi, pahami betul teknik APIK ini agar bisa konsisten diterapkan dan membantu memiliki karir yang terus berkembang. 

Guru yang mau menerbitkan buku sebaiknya menerbitkan buku ber ISBN. Kenapa begitu? Angka kredit buku ber-ISBN lebih tinggi dibandingkan dengan buku yang tidak memiliki ber-ISBN. Apa itu ISBN dan dimana menerbitkan buku ber-ISBN?

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama