Apakah saat ini sedang bingung bagaimana memilih penerbit buku terpercaya? Kendala seperti ini tentu dialami oleh sejuta umat kalangan penulis. Sebab memilih penerbit yang tepat ternyata tidak selalu semudah membalikan telapak tangan. 

Kesalahan dalam memilih penerbit bisa diminimalisir jika sudah paham bagaimana menentukan pilihan dengan tepat. Salah satunya dengan mengetahui apa saja ciri-ciri penerbit buku yang terpercaya dan sesuai dengan naskah buku yang dimiliki. 

Lalu, apa saja yang menjadi ciri khas penentu sebuah penerbit bisa mendapat predikat terpercaya? Temukan jawabannya melalui uraian berikut ini. 

Kenapa Harus Teliti Memilih Penerbit? 

Sebelum mengetahui apa saja ciri-ciri dari penerbit buku terpercaya maka bisa memahami dulu kenapa perlu teliti menentukan pilihan. Jadi, penerbit di Indonesia jumlahnya sangat banyak apalagi sejak pemerintah memberi kemudahan perizinan bagi perusahaan penerbit indie. 

Jumlah penerbit di tanah air kemudian mencapai ratusan di seluruh wilayah Indonesia. Dalam satu kota misalnya bisa ditemukan belasan sampai puluhan penerbit yang memiliki fokus beragam. 

Ada yang fokus menerbitkan naskah ilmiah, naskah remaja, dan bahkan mencakup semua genre. 

Meskipun jumlahnya banyak, ternyata tetap ada resiko penerbit tersebut tidak kredibel dan tidak bertanggung jawab. Kemudian ada juga resiko dimana penulis mendapatkan perjanjian kerjasama yang timpang sebelah. 

Detailnya, berikut adalah beberapa resiko yang menjadi alasan kenapa perlu jeli sekaligus teliti dalam memilih penerbit buku terpercaya: 

  • Menghindari resiko terjadi perjanjian kerjasama yang timpang sebelah, misalnya terkait besaran royalti yang diterima oleh penulis dan kategorinya sangat rendah dibanding royalti pada umumnya. Hal ini tentu merugikan penulis sebagai pemilik naskah atau karya yang diterbitkan penerbit. 
  • Resiko naskah tidak kunjung terbit namun penulis sudah diminta membayar di muka, sehingga ibarat sudah jatuh masih harus tertimpa tangga. Naskah tidak akan pernah terbit dan penulis sudah keluar biaya yang lumayan. 
  • Menghindari resiko naskah tidak diterima karena baru sadar di belakang bahwa penerbit tersebut tidak menerbitkan genre naskah yang dikirimkan. Resiko ini bisa dialami penulis pemula atau penulis yang kurang teliti memperhatikan genre penerbit. 
  • Resiko kehilangan hak terhadap naskah, misalnya ada perjanjian jika naskah tidak diterbitkan atas nama penulisnya. Resiko ini sangat mungkin terjadi, terutama bagi penulis pemula yang masih minim pengalaman. 
  • Resiko naskah buku terbit apa adanya, padahal bisa jadi masih ada kesalahan sehingga akan tampak kurang berkualitas di mata pembaca. 
  • Editing yang minim dari pihak penerbit bisa membuat naskah lolos tanpa di cek ada tindakan plagiarisme atau tidak. Padahal untuk menjamin mutu tulisan, maka wajib dipastikan bebas plagiarisme. Apalagi untuk naskah ilmiah seperti buku pendidikan. 
  • Buku yang terbit susah untuk laku, karena proses promosi yang minim atau karena kualitas cetak dan kualitas tulisan yang rendah. Sehingga masyarakat enggan membaca atau membelinya. 

Resiko-resiko tersebut tentu bisa dihindari jika penulis sudah paham bagaimana memilih penerbit buku terpercaya. Ada banyak hal perlu diperhatikan agar tidak keliru dalam menentukan pilihan. 

Baca Juga:

Contoh Naskah Buku yang Diterima Penerbit

Perbedaan Penerbitan dan Percetakan

Mengapa Memilih Penerbit IKAPI?

Ciri-Ciri Penerbit Buku Terpercaya 

Salah satu cara paling mudah agar bisa terhindar dari penerbit buku abal-abal adalah mengetahui ciri-ciri dari penerbit yang terpercaya seperti apa. Berikut adalah sejumlah ciri-ciri yang bisa memastikan sebuah penerbit memang terpercaya atau sebaliknya: 

1. Identitas Penerbit yang Jelas 

Ciri-ciri penerbit terpercaya yang pertama adalah memiliki identitas yang jelas. Sama seperti proses mengenal seseorang, identitas yang jelas dan kredibel menjadi kunci untuk membangun kepercayaan. 

Hal serupa juga berlaku saat melamar pekerjaan, sebelum mengirimkan dokumen lamaran dijamin akan mencari identitas perusahaan tersebut. Tidak ada seorangpun yang mau melamar pekerjaan di perusahaan abal-abal. 

Apalagi ini untuk penerbit yang nantinya diberi amanah oleh penulis untuk membaca keseluruhan naskah, mengurus proses cetak, penerbitan, sampai promosi. Jadi, jangan sampai kecolongan dengan mendapatkan penerbit yang tidak kredibel. 

Identitas penerbit bisa dicari melalui internet seperti website maupun media sosial. Sehingga penulis bisa mencari tahu kapan penerbit berdiri, alamat dimana, buku apa saja yang diterbitkan, proses cetaknya bagaimana, fasilitasnya apa saja, dan lain-lain. 

Di era digital seperti sekarang, dimana sangat sedikit intensitas pertemuan dengan tatap muka langsung. Maka mencari informasi melalui internet menjadi keharusan untuk membangun kepercayaan. Utamakan penerbit yang membangun jejak online. 

2. Layanan yang Diberikan Memuaskan 

Ciri-ciri kedua dari penerbit buku terpercaya adalah dari kualitas layanan yang baik, alias layanan yang disediakan memang memuaskan. Pasalnya, perusahaan penerbitan menyediakan jasa untuk mencetak naskah dan menerbitkannya. 

Konsumen perusahaan penerbitan adalah para penulis yang membawa naskah buku siap terbit. Penulis tentu akan rutin menjalin komunikasi dengan pihak penerbit, khususnya bagian marketing atau pemasaran dan juga bagian editor. 

Komunikasi yang baik sekaligus tim penerbit yang sigap dalam menjawab pertanyaan dan memberi penjelasan yang mendalam. Sudah tentu memberi kepuasan tersendiri bagi penulis. 

Tidak semua penerbit bisa menyediakan layanan yang bagus, inilah alasan kenapa aspek layanan masuk ciri-ciri penerbit terpercaya. Jadi, pastikan memilih penerbit yang memang sejak awal mampu memberikan layanan yang baik. 

3. Memiliki Program yang Bagus dan Jelas 

Secara umum, penerbit mayor maupun penerbit indie akan rutin memberikan program pelatihan terkait bidang kepenulisan. Misalnya workshop maupun seminar yang mengusung tema cara menulis, cara menerbitkan naskah, dan lain-lain. 

Memilih penerbit yang rutin mengadakan program bisa memberi jaminan jika penerbit buku tersebut terpercaya. Sebab menyelenggarakan program tentu tidak mudah dan pihak penerbit harus keluar modal lumayan. 

Alhasil hanya penerbit buku terpercaya yang paling umum menyelenggarakan program-program menarik. Apalagi jika program tersebut hasil kolaborasi, baik dengan penulis terkemuka, lembaga atau perusahaan swasta, maupun pemerintah. 

Namun, untuk membedakan program dari penerbit terpercaya dan penerbit abal-abal. Maka bisa mengecek detail program dan tata cara pelaksanaannya. Jika dikelola dengan profesional dan jelas, maka dijamin diselenggarakan penerbit unggul. 

4. Rutin Menerbitkan Buku yang Bagus 

Penerbit yang terpercaya sudah tentu memiliki reputasi yang baik, dan salah satu bentuk reputasi disini adalah dari buku-buku yang sudah diterbitkan. Penerbit terpercaya sudah tentu akan memastikan naskah yang diterima punya kualitas baik. 

Sehingga penerbit tersebut dikenal rutin menerbitkan buku bagus atau berkualitas untuk bahan bacaan masyarakat. Buku-buku yang diterbitkan bisa di cek sendiri kualitasnya lewat website penerbit tersebut. 

Bisa juga dengan membaca beberapa jika koleksinya ada di sebuah perpustakaan, dimiliki teman atau keluarga, dan lain sebagainya. Bisa juga membeli beberapa judul yang disukai maupun yang dibutuhkan. Sehingga bisa mengecek langsung kualitas terbitannya seperti apa. 

5. Penerbit yang Banyak Direkomendasikan Penulis 

Kebanyakan penulis di era sekarang tentunya bergabung di dalam satu atau beberapa komunitas penulis. Biasanya komunitas penulis mudah ditemukan di media sosial, dan beberapa juga memiliki grup berbasis blog namun jarang. 

Beberapa juga memilih membangun komunitas melalui aplikasi pesan instan, seperti membuat grup di WhatsApp maupun Telegram. Setiap anggota komunitas dijamin akan selalu berbagi pengalaman dan meminta masukan atau saran. 

Ada kalanya akan membahas mengenai penerbit dan rekomendasi penerbit buku terpercaya. Jadi, untuk menemukan penerbit yang handal dan bisa dipercaya maka utamakan yang sering direkomendasikan oleh kalangan penulis. 

Menemukan jawaban dari pencarian ini akan semakin mudah jika memilih bergabung dalam grup kepenulisan. Sudahkah menjadi anggota komunitas penulis? Jika belum, maka silahkan bergabung ke salah satunya. 

6. Perjanjian Kerjasama yang Jelas dan Adil

Ciri-ciri berikutnya adalah berhubungan dengan perjanjian kerjasama yang sebaiknya ada kemudian isinya jelas sekaligus adil. Jadi, utamakan penerbit yang memang memberikan surat perjanjian kerjasama. Dikenal dengan istilah MoU. 

MoU akan mencantumkan sejumlah kesepakatan antara penerbit dengan penulis. Ada banyak kesepakatan di dalam MoU tersebut dan salah satunya terkait royalti. Jadi, pastikan mendapatkan royalti dan besarannya juga lumayan. 

Tidak harus super besar, setidaknya seperti royalti secara umum yakni antara 10-15% dari total hasil penjualan buku. Jika lebih maka termasuk beruntung, sebab sama artinya naskah yang dihasilkan mampu memberi pendapatan yang lebih baik. 

Selain itu, pastikan dan utamakan penerbit yang memberikan MoU di awal sebelum naskah naik ke proses cetak. Kenapa? Sebab tidak semua penerbit terpercaya dan bersedia terikat dengan penulis bersama MoU. 

Jadi, jika ada MoU maka membuktikan penerbit tersebut terpercaya. 

7. Waktu Pengerjaan yang Efisien  

Dalam memilih penerbit tentu ingin mencari yang pengerjaannya cepat, sehingga tidak menunggu kepastian terlalu lama. Sekaligus naskah tidak mengendap di penerbit lebih dari 6 bulan bahkan setahun. 

Resiko ini bisa saja dialami jika memang sejak awal kurang teliti saat memilih penerbit. Jadi, pilih penerbit yang banyak direkomendasikan dan dikenal memiliki waktu pengerjaan yang efisien alias cepat. 

Sehingga setelah naskah dikirimkan bisa mendapatkan konfirmasi, apakah diterima, ditolak, atau diterima dengan catatan khusus. Kemudian, proses pengurusan ISBN sampai naik ke proses cetak tidak memakan waktu berbulan-bulan. 

Tujuannya adalah untuk memastikan naskah bisa segera terbit dan kemudian dimanfaatkan masyarakat luas. Sekaligus mempercepat naskah tersebut laku terjual, untuk personal branding, kenaikan jabatan bagi dosen, dan lain-lain. 

8. Harga Kompetitif 

Jika naskah buku diterbitkan ke penerbit mayor, maka biaya cetak maupun biaya lainnya sampai buku beredar di pasaran ditanggung penerbit. Namun jika menerbitkan buku ke penerbit indie, maka penulis yang harus keluar biaya. 

Ada baiknya mengunjungi beberapa penerbit buku terpercaya dan kemudian membandingkan harga layanannya. Mencakup biaya cetak, biaya desain cover, layout, pengurusan ISBN, dan lain-lain. 

Jika ingin berhemat atau mungkin anggaran memang minim, maka sebaiknya mencari penerbit dengan harga kompetitif. Sebab jauh lebih aman, karena terlalu murah bisa berpotensi ditipu dan begitu juga jika biayanya terlalu mahal. 

Sebaiknya mencari biaya yang normal, umum, dan cenderung kompetitif. Yakni beda-beda tipis dengan penerbit lain yang serupa. Sehingga bisa memperbesar peluang menemukan penerbit terpercaya. 

9. Menyediakan Paket Cetak yang Beragam 

Kembali ke pemilihan penerbit indie yang terpercaya, sebaiknya memilih penerbit yang menyediakan paket cetak beragam. Kenapa? Supaya penulis bisa menyesuaikan paket cetak dengan anggaran yang tersedia. 

Maupun disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk dosen, yang ingin fokus menerbitkan bukunya secara elektronik. Sehingga hanya akan mencetak di bawah 10 eksemplar. 

Tentu penting memilih penerbit buku terpercaya yang melayani permintaan tersebut. Sehingga dosen yang bersangkutan tidak harus mencetak terlalu banyak dan keluar uang berlebihan melebihi kebutuhannya. 

Jadi, cek seluruh paket penerbitan yang disediakan penerbit tersebut. Semakin lengkap tentu semakin baik karena memang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran. 

Ciri-ciri penerbit buku terpercaya di atas bersifat umum, yang artinya berlaku untuk penerbit mayor maupun penerbit skala kecil seperti penerbit indie. Sehingga, jenis penerbit buku seperti apapun selalu gunakan ciri-ciri di atas sebagai panduan menentukan pilihan. 

Penerbit Deepublish sebagai Penerbit Buku Terpercaya di Indonesia 

Penerbit Deepublish sebagai penerbit buku terpercaya memiliki tekad kuat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penulis. Penerbit Deepublish menjamin kualitas mutu buku yang diterbitkan. Selain itu, Penerbit Deepublish juga transparan dalam proses penerbitan naskah dan pendistribusian buku. 

Penerbit deepublish sudah mampu membuktikan kredibilitasnya setelah mendapatkan banyak penghargaan. Selain dikenal menerbitkan buku ilmiah seperti buku pendidikan. Hingga saat ini, Penerbit Deepublish telah sukses mencetak lebih dari 10.000 naskah buku ber-ISBN resmi, 4000 lebih penulis, dan 400.000 lebih eksemplar buku. 

Artikel Terkait:

Sejarah Perkembangan Penerbit di Indonesia

5 Poin Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengirimkan Naskah

7 Ciri Penerbit Buku yang Baik dan Berkualitas

Strategi Penulis Pemula Supaya Naskah Diterima Penerbit