fbpx

Cara Membuat Pembukaan Cerpen

pembukaan cerpen

Cara membuat pembukaan cerpen yang menarik. Menulis sebuah cerpen, novel, artikel, atau apapun adalah salah satu kegiatan kreativitas. Dimana Anda dituntut untuk membuat suatu tulisan dari bagian awal, tengah, hingga akhir. Sebagai penulis, pernahkah Anda merasaka kebingungan untuk mengawali sebuat cerita cerpen? Jika iya, wajar kok. Apalagi jika Anda masih terhitung penulis pemula.

Perlu dipahami bahwa kalimat pembuka dalam sebuah tulisan, baik cerpen maupun novel menjadi penentu apakah pembaca mau melanjutkan membaca atau tidak. Saking pentingnya paragraf pertama pada suatu tulisan, sering kali banyak orang merasa kesulitan saat menulisnya.

Sudah jadi rahasia umum, jika sebuah paragraf pertama adalah penentu nasib cerita di dalamnya. Maka tugas kita sebagai penulis cerpen adalah buat pembaca terus terpancing dengan tulisan kita sehingga mau membaca sampai habis. Tapi bagaimana caranya?

Berikut ini tips cara membuat pembukaan cerpen yang menarik :

  1. Berikan Garis Besar Cerita.
  2. Berikan Kejutan dan Rasa Penasaran.
  3. Ambil Momen Penting.
  4. Menambah Karakter yang Menarik.
  5. Beri Ketegangan.
  6. Menampilkan Lokasi dan Kondisi.
  7. Berikan Sentuhan Emosi.
  8. Sudut Pandang Memukau.
  9. Hadirkan Keromantisan Mendalam.

#Cara 1 : Berikan Garis Besar Cerita

Cara membuat pembukaan cerpen yang menarik langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memberikan garis besar cerita. Sering kali dengan memberikan gambaran cerita atau garis besar cerita dalam paragraf pertama cerpen merupakan hal yang mempunyai risiko.

garis besar cerita

Artinya begini, jika saja Anda membaca sebuah cerita, lantas pada awal kalimat atau awal paragraf sudah mendapatkan gambaran tentang cerita tersebut, ada kemungkinan Anda malas untuk melanjutkan membacanya. Apa lagi menyelesaikan sampai tuntas. Biasanya cerita dengan paragraf seperti itu sudah bisa ditebak endingnya seperti apa. Itulah kebanyakan orang malas untuk melanjutkan membaca. Untuk itu, Anda harus hati-hati jika memulai menulis dengan paragraf seperti ini.

Kembali ke atas ▲

#Cara 2 : Beri Kejutan dan Rasa Penasaran

Hal yang pembaca rasakan adalah ketika membaca beberapa kalimat pertama sebuah cerpen dengan rasa terkejutnya dan menimbulkan rasa penasaran. Maka cara membuat pembukaan cerpen yang menarik adalah memberi sebuah kejutan dan rasa penasaran di paragraf awal.

kejutan penasaran

Inilah yang harus digali seorang penulis cerpen. Banyak penulis dengan latar belakang dan gaya penulisan yang sangat berbeda, seperti inilah yang kadang membedakan gaya dan bahasa dari satu cerita.

Kembali ke atas ▲

#Cara 3 : Ambil Momen Penting

Kalimat pertama dalam cerpen bisa menggunakan momen penting. Jika di novel Anda terdapat karakter yang benar-benar unik, sangat menarik, atau mungkin aneh dalam arti mampu menarik perhatian, Anda dapat menggunakan satu situasi tentang mereka dalam kalimat pembuka cerpen Anda. Hal ini sebagai cara membuat pembukaan cerpen yang menarik.

momen penting

Bagaimana pun juga seseorang dengan karakter yang menarik di dunia nyata selalu mampu mempesona kita atau menjadi bahan pembicaraan dan gosip, bukan sebuah karakter imajinasi yang tidak masuk akal.

Kembali ke atas ▲

#Cara 4 : Menambah Karakter yang Menarik

Karakter yang menarik juga dapat Anda munculkan di awal kalimat pembuka. Keluarkan kalimat menarik dari karakter yang telah Anda buat. Jika di cerpen Anda terdapat karakter yang benar-benar unik, sangat menarik, atau mungkin aneh dalam arti mampu menarik perhatian, Anda dapat menggunakan satu situasi tentang mereka dalam kalimat pembuka cerpen Anda.

karakter menarik

Bagaimana pun juga seseorang dengan karakter yang menarik di dunia nyata selalu mampu mempesona kita atau menjadi bahan pembicaraan dan gosip, bukan?

Contoh: Kami memanggilnya sang Profesor. Dan, dia memanggil anak lelakiku Root—akar, karena, sang Profesor berkata, puncak kepala anakku yang datar mengingatkannya pada simbol akar kuadrat. (The House Keeper & The Professor, Yoko Ogawa)

Kembali ke atas ▲

#Cara 5 : Beri Ketegangan ( Cara Membuat Pembukaan Cerpen )

Pada sebuah cerpen sering kali menyampaikan cerita yang membuat pembaca tegang, memicu adrenalin dan membuat jantung pembaca berdebar. Terdengar seperti berlebihan sih tapi ini salah inilah salah satu cara membuat pembukaan cerpen yang menarik. Banyak orang yang justru menyukai cerita-cerita seperti ini.

ketegangan

Mereka bilang, cerita yang bisa membuat jantung berdetak keras lebih asyik ketimbang cerita yang hanya memunculkan keromantisan saja. Meski terbilang relatif memang. Semua orang tentu dengan kesukaan masing-masing yang mungkin saja beda satu dengan yang lainnya. Namun satu hal, seperti yang sudah diuraikan di atas bahwa dengan memberikan tulisan yang menarik pada paragraf pertama cerpen merupakan hal wajib dilakukan oleh setiap penulis.

Kembali ke atas ▲

#Cara 6 : Menampilkan Lokasi dan Kondisi

Cara membuat pembukaan cerpen yang menarik, kita dapat mencontoh dari karya penulis Dewi Lestari. Penulis lebih sering dipanggil dengan nama Dee, telah banyak menerbitkan karya-karya terbaiknya, berupa lagu, novel bahkan beberapa cerpennya yang terkenal.

lokasi dan kondisi

Dee merupakan seorang diantara sedikit penulis Indonesia yang cerdas dan menghasilkan banyak karya dengan berbagai tema yang unik dan memberikan makna yang berkesan terhadap pembaca, salah satu diantaranya saat ia menulis cerpen dengan paragraf pertama di bawah ini.

Pacarku ada Lima : Merayap pelan di jalan Katamso Jakarta, saat jam bubar sekolah merupakan pelatihan observasi yang baik. Seolah mengamati dunia dalam mikroskop, kecepatan lambat memungkinkan kita menangkap dengan detail jalanan yang berlubang, trotoar yang hancur, angkot yang mengulur waktu untuk menelan penumpang sebanyak-banyaknya, pedagang kaki lima yang bersesak memepet jalan aspal, dan manusia … lautan manusia. (Dewi Lestari)

Paragraf pertama di atas menunjukkan satu lokasi dengan kondisi yang sangat jelas. Keadaan di Jakarta di suatu jalan yang begitu padat kendaraan, pedagang dan orang lalu lalang. Hal-hal inilah yang membuat pembaca seringkali jadi lebih tertarik untuk membaca cerpen Anda jika cara membuat pembukaan cerpen yang menarik sudah diawali dengan paragraf yang detail dan mengandung rasa penasaran.

Kembali ke atas ▲

#Cara 7 : Sentuhan Emosi

Emosi seringkali diibaratkan sebuah kemarahan, padahal tidak selalu seperti itu. Nah cara membuat pembukaan cerpen yang menarik bisa menggunakan pendekatan emosi. Emosi bisa juga berupa kesedihan, kegembiraan, keharuan, pokoknya segala hal yang berkaitan dengan perasaan.

cara membuat pembukaan cerpen dengan sentuhan emosi

Dengan memberikan sentuhan emosi, pembaca akan tersentuh oleh cerita Anda. Mereka membayangkan diri mereka sendiri berada di situasi yang Anda ciptakan di cerpen Anda, jadi berikan mereka kesempatan untuk merasakan emosi karakter Anda, sehingga mereka akan terus membaca cerpen Anda.

Contoh: Apa kau akan mati kalau tiba di sini sebelum tengah hari? Aku duduk di sini, di tengah-tengah serpihan hidupku seperti yang kau tahu, dan kau…kalau aku memang mengenalmu, kau pasti baru saja bagun. (Attachments, Rainbow Rowell)

Kembali ke atas ▲

#Cara 8 : Sudut Pandang Memukau ( Cara Membuat Pembukaan Cerpen )

Selain kalimat mengejutkan, cara membuat pembukaan cerpen yang menarik bisa dengan mengambil sudut pandang yang memukau. Sudut pandang memukau memang sanggup menarik emosi pembaca sehingga terhanyut dalam setting cerpen.

sudut pandang

Langkah ini disukai pembaca yang baperan. Jika target pembaca Anda merupakan perempuan, maka strategi kalimat yang memukau bisa dicoba. Kalimat seperti ini akan langsung menetapkan bahwa sepanjang sisa cerpennya, penulis akan terus menggunakan gaya bahasa seperti itu.

Contoh: DUHAI Sang Raja, yang duduk di atas takhta kejayaan, yang dimandikan oleh kemerlip cahaya lelampu warna-warni dan wewangi asap dupa-dupa. (Dewi Khayalan, Kahlil Gibran)

Kembali ke atas ▲

#Cara 9 : Hadirkan Keromantisan Mendalam

Cara membuat pembukaan cerpen yang menarik selanjutnya yakni dengan menghadirkan keromantisan mendalam. Cerpen dengan cerita cinta romantis merupakan yang paling mudah ditemukan. Memang, cerpen dengan genre seperti ini agak-agak membosankan. Eit, tapi jangan salah justru cerpen romantis seperti inilah yang paling banyak dicari. Terutama mereka-mereka yang tengah dilanda api asmara.

cara membuat pembukaan cerpen dengan keromantisan

Mungkin saja Anda salah satunya. Sebuah paragraf pertama pada cerpen bertema romantis ini seringkali menghipnotis pembacanya sehingga mereka seperti terbawa diantara cerita yang bergulir di dalamnya. Dan hebatnya lagi, pembaca seakan diseret untuk terus menuntaskan isi dari cerita tersebut.

Kembali ke atas ▲

Demikian 9 cara membuat pembukaan cerpen yang menarik yang bisa Anda coba saat memulai menulis cerpen. Jika Anda telah menulis banyak cerpen, tidak ada salahnya juga untuk segera diterbitkan.

Ada banyak keuntungan jika Anda menerbitkan kumpulan cerpen. Ulasannya bisa Anda lihat pada artikel-artikel di Penerbit Deepublish. Selamat menulis cerpen, segera terbitkan kumpulan cerpen Anda!


 

Kontributor: Novia Intan

Ayo baca juga artikel:


PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

hubungi deepublish

kantor deepublish

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

PENERBIT BUKU DEEPUBLISH​

hubungi deepublish

kantor deepublish

Situs ini adalah milik Penerbit Buku Deepublish dengan tujuan untuk membantu para calon penulis buku dalam menyelesaikan serta menyempurnakan naskah bukunya.

Pada situs ini pula Penerbit Buku Deepublish menawarkan kerjasama spesial yang sangat mudah, cepat, transparan, dan tentunya menguntungkan kepada para pendidik Indonesia.

Segala gambar dan konten yang digunakan memiliki hak cipta dari pemiliknya masing-masing. Situs ini dapat diakses secara gratis oleh seluruh netizen di Indonesia.

Klik tombol dibawah ini untuk mengubungi Penerbit Buku Deepublish.

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581 

Telp/Fax kantor : (0274) 453-3427​

Kritik/Saran Pelayanan 1 : 0821 – 3533 – 8522
Kritik/Saran Pelayanan 2 : 0822 – 1148 – 9554

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© Penerbit Buku Deepublish