⚠️ Cetak buku diskon 35% dan gratis ongkir se-Indonesia, MAU? Ambil diskon di sini!

Cara Menambahkan Buku di Google Play Book + Terindeks Google Scholar

Cara Menambahkan Buku di Google Play Book

Dosen maupun mahasiswa tentu penting sekali untuk mengetahui cara menambahkan buku di Google Play Book dan terindeks Google Scholar. Sebab lewat pemahaman ini maka akan memudahkan akses publikasi tersebut oleh masyarakat luas. 

Khususnya masyarakat ilmiah dan termasuk kalangan akademisi yang menjadi target pembaca. Hal ini bisa memaksimalkan sitasi dan menaikan reputasi publikasi karya dosen. Namun, sudahkah paham tata caranya? Jika belum bisa menyimak penjelasan berikut. 

Tentang Google Play Book 

Sebelum membahas tata cara menambahkan buku di Google Play Book dan terindeks Google Scholar. Maka dibahas dulu mengenai apa itu Google Play Book yang bagi kalangan milenial tentu tidak lagi asing. 

Secara umum, Google Play Book adalah aplikasi buku elektronik yang ditawarkan oleh Google yang dapat digunakan untuk membaca buku, mengunduh buku, maupun membeli buku secara resmi (bukan buku bajakan). 

Lewat aplikasi atau situs ini, para pengguna bisa menemukan referensi buku yang menarik. Beberapa sifatnya dijual dengan harga tertentu, beberapa lagi hanya di tampilan beberapa bagian untuk membantu pembaca mengenal buku, sebagian isi, dan melakukan sitasi. 

Banyak penulis buku memanfaatkan Google Play Book untuk menerbitkan karyanya, yakni melalui jalur self publishing. Hanya saja, jika mengandalkan platform ini maka buku tersebut tidak memiliki ISBN. 

Bagi akademisi seperti dosen, sangat disarankan untuk menerbitkan buku ke penerbit resmi. Tujuannya agar memiliki ISBN dan memenuhi kriteria lain dari Ditjen Dikti agar bisa masuk BKD dan PAK, atau diakui oleh Ditjen Dikti. 

Baru kemudian menerapkan cara menambahkan buku di Google Play Book dan terindeks Google Scholar. Selama buku sudah resmi dan sudah disitasi paling tidak dua kali, maka buku tersebut otomatis terindeks di Google Scholar. 

Baca Juga:

Manfaat Publikasi Buku Dosen ke Google Play Book

Meskipun penerbitan buku karya dosen sudah cukup dengan bantuan penerbit. Ada kalanya pihak penerbit tidak membantu publikasi online melalui Google Play Book. Maka dosen bisa melakukannya secara mandiri maupun menggunakan jasa profesional. 

Saat ini sudah ada banyak jasa yang menawarkan layanan untuk menambahkan buku karya para penulis ke dalam Google Play Book. Langkah ini bisa dipertimbangkan jika mengalami kesulitan melakukannya sendiri. Misalnya karena tak ada waktu, tidak paham, dll. 

Dosen yang mempublikasikan atau menambahkan buku karya miliknya ke Google Play Book tentu bukan tanpa keuntungan atau manfaat. Jika dilakukan maka bisa mendapat beberapa manfaat berikut ini: 

1. Terindeks ke Google Scholar 

Manfaat pertama adalah bisa terindeks di Google Scholar. Khususnya jika sudah ada sitasi dari buku yang masuk ke Google Play Book. Hal ini akan otomatis membuatnya masuk ke database Google Scholar. 

Seperti yang diketahui, akun Google Scholar dosen akan terhubung langsung dengan akun SINTA yang menjadi portofolio online dosen. Sehingga saat terindeks maka akan ikut terindeks di SINTA dan mendorong peningkatan reputasi publikasi. 

2. Bisa Dijual Secara Mandiri 

Bagi dosen yang ingin mendapat manfaat ekonomi maka bisa menambahkan buku yang dibuat ke Google Play Book. Sebab disini, dosen bisa menjual kepada para pengguna dengan kisaran harga yang ditentukan sendiri. 

3. Meningkatkan Sitasi 

Sejalan dengan manfaat di poin sebelumnya, maka ketika buku sudah terindeks di Google Scholar bisa mendorong sitasi. Pasalnya, Google Scholar sering menjadi destinasi masyarakat ilmiah mencari referensi kredibel. 

Sehingga ada lebih banyak orang yang memang mencari referensi untuk dikutip maupun menjadi dasar penyusunan KTI, dasar penelitian, dll. Sehingga bisa masuk daftar pustaka dan meningkatkan sitasi yang mengembangkan kredibilitas buku. 

4. Meningkatkan Manfaat Buku 

Manfaat berikutnya dari penerapan cara menambahkan buku di Google Play Book dan terindeks Google Scholar adalah meningkatkan manfaat buku. Sebab akan semakin banyak yang membaca dan memetik manfaat dari isi di dalamnya. 

Cara Menambahkan Buku di Google Play Book dan Terindeks Google Scholar 

Sesuai penjelasan sebelumnya, publikasi karya tulis dalam bentuk buku elektronik memang sangat mudah dilakukan di Google Play Book. Penulis dalam hal ini tidak dipungut biaya dan tetap bisa mendapatkan pembeli, sehingga tetap mendapatkan royalti. 

Hanya saja, buku yang dipublikasikan lewat Google Play Book sampai saat ini belum diketahui bisa memberikan ISBN. Hal ini sejalan dengan aturan yang menyebutkan bahwa pengajuan ISBN hanya bisa dilakukan penerbit resmi. 

Inilah alasan, jika mempublikasikan buku ke Google Play Book tidak diwajibkan mengisi ISBN. Namun, bagi dosen tentu semua buku karyanya wajib ber-ISBN agar bisa masuk BKD dan dinilai oleh Tim PAK untuk kenaikan jabatan fungsional. 

Maka cara menambahkan buku di Google Play Book dan terindeks Google Scholar sebaiknya buku sudah memiliki ISBN. Caranya dengan menerbitkan naskahnya melalui penerbit resmi, misalnya anggota IKAPI. Jika sudah, tinggal menerapkan langkah-langkah berikut: 

  1. Buka browser di perangkat yang digunakan dan masuk ke laman publikasi di Google Play Book, yakni di laman Book Partner Center
  2. Setelah laman terbuka sempurna, klik tombol “Sign In” untuk masuk ke akun menggunakan alamat email dari Gmail. 
Masuk dengan menggunakan Email
  1. Setelah berhasil masuk, klik tombol “Add Book”  yang terletak di bawah keterangan “Book Catalogue”. 
klik tombol “Add Book”  yang terletak di bawah keterangan “Book Catalogue”
  1. Klik tanda panah, maka akan ditemukan dua pilihan. Pertama, “Sell ebook on Google Play” jika tujuannya untuk menjual buku. Kedua, “Offer a preview on Google Books only” jika ingin publikasi dan menampilkan beberapa halaman saja ke pengguna. Pada dosen, bisa memilih pilihan kedua. 
Pilih “Sell ebook on Google Play" atau “Offer a preview on Google Books only”
  1. Tahap berikutnya adalah mengisi nomor ISBN. Baru kemudian klik tombol “Save & Continue”. 
  2. Tahap selanjutnya adalah mengisi data buku dalam empat menu dimulai dari “About The Book”, “Genre”, “Contributors”, dan “Setting”. Silakan diisi sesuai dengan data buku dan penulis, baru kemudian klik tombol “Save”. 
Isi data buku
  1. Selesai, penulis atau dosen tinggal menunggu proses review dari pihak Google Play Book yang biasanya berjalan selama 12 hari. 

Mengecek buku sudah masuk ke indeks Google Scholar maka bisa masuk ke laman resminya. Kemudian ketik nama dosen maupun judul buku tersebut, maka Google Scholar akan menampilkan hasil pencarian. Jika sudah terindeks maka akan tampil di layar perangkat. 

Itulah penjelasan mengenai tata cara menambahkan buku di Google Play Book dan terindeks di Google Scholar. Prinsipnya adalah buku dipublikasikan dulu ke Google Play Book, baru kemudian menunggu sitasi minimal 2 kali agar bisa terindeks di Google Scholar. 

Bagaimana jika tidak juga disitasi oleh dosen lain maupun mahasiswa? Maka dosen yang bersangkutan bisa mengutip karya sendiri untuk publikasi ilmiah atau memperkenalkan jurnal pada rekan atau mahasiswa untuk meningkatkan pengutipan. Misalnya ada topik di artikel ilmiah sesuai topik di buku, maka silakan dikutip dan dipublikasikan. Hal ini akan mendorong indeksasi di Google Scholar dan mendorong sitasi dari pihak lain. 

Baca Juga:

Mau menulis tapi waktu Anda terbatas?

Gunakan saja Layanan Parafrase Konversi!

Cukup siapkan naskah penelitian (skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah atau naskah lainnya), kami akan mengonversikan jadi buku yang berpeluang memperoleh nomor ISBN!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

logo deepublish

Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, pernah meraih penghargaan sebagai Penerbit Terbaik pada Tahun 2017 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Kritik/Saran Pelayanan  : 0811-  2846 – 130

Alamat Kantor

Jl.Rajawali G. Elang 6 No 3 RT/RW 005/033, Drono, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581

Telp/Fax kantor : (0274) 283-6082

E1 Marketing : [email protected]
E2 Marketing : [email protected]

© 2024 All rights reserved | Penerbit Buku Deepublish - CV. Budi Utama